Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Terbaik (Simpel & Elegan)

Tips Dekorasi Rumah Minimalis - Rumah bergaya minimalis sedang trend saat ini di Indonesia. Bisa dikatakan sebagian besar rumah masyarakat modern saat ini mengadopsi gaya rumah minimalis. Mulai dari rumah gedongan di cluster perumahan mewah, hingga rumah sederhana milik warga pinggiran kota, semuanya sama-sama kena 'demam' gaya minimalis.

Sebenarnya hal wajar jika tipe rumah ini disukai banyak orang. Ada beberapa faktor penyebabnya.

Diantaranya:

- Rumah minimalis bentuknya sangat unik dan sederhana. Ciri khas paling utamanya yaitu minim ornamen, sehingga ruangan rumah minimalis terkesan sangat bersih dan simpel. Tapi justru karena kesederhanaan itulah yang membuat tipe rumah ini jadi tampak elegan.

Gaya rumah minimalis bersifat sangat fleksibel. Artinya bisa diterapkan pada rumah sederhana milik masyarakat kebanyakan. Dan bisa juga diterapkan pada rumah gedongan milik orang kaya kelas menengah keatas.

- Pengerjaannya relatif lebih mudah dan cepat. Hal ini erat kaitannya dengan gaya rumah yang serba minimalis tersebut. Sehingga pengerjaannya bangunannya jadi lebih simpel dan sederhana.

Namun disamping kelebihannya, tentu rumah bergaya minimalis ini juga ada sisi kekurangannya. Yang dimaksud dengan kekurangan di sini dalam konteks kendala yang seringkali dialami oleh orang yang memiliki rumah minimalis.

Kendala itu paling sering dialami oleh rumah minimalis yang berukuran kecil. Yakni rumah minimalis milik masyarakat kebanyakan. Rata-rata rumah minimalis mereka berukuran mini. Dalam satu rumah itu paling ada 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, dan sepetak ruang tamu. 


5 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Kekinian, Simak Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Redbara Artwork (Youtube).

Akibat dari ruang yang sangat terbatas itu, terkadang membuat mereka jadi kesulitan dalam menatanya. Memang betul rumah gaya minimalis itu tidak perlu banyak ornamen dan perabotan didalamnya. 

Iya,,, itu memang betul,,,,

Namun bukan berarti tidak ada isi sama sekali didalam ruangan rumah tersebut. Setidaknya harus ada 1 perabotan dan beberapa ornamen sebagai hiasan didalamnya.     

Nah, yang jadi fokus perhatian kita adalah; bagaimana caranya menata perabotan dan ornamen tersebut didalam rumah minimalis yang berukuran mini?  

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendekorasi rumah minimalis sederhana. Contohnya seperti pemilihan perabotan yang tepat, seni penataan barang, hingga pengaturan cahaya lampu yang tepat. Tujuannya agar ruangan rumah yang mungil itu jadi terkesan lebih luas dan nyaman ditempati. 

Berikut Ini Ada 5 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Yang Bisa Dilakukan. 

Simak terus hingga tuntas yuk.

Cekidot!

1. Menyortir Barang dan Perabotan yang Tidak Terlalu Diperlukan

Bagian penting pertama dari tips dekorasi rumah minimalis ini, yaitu menyingkirkan barang dan perabotan yang tidak terlalu diperlukan. Tujuannya agar ruangan rumah tersebut tidak tampak sempit dan berantakan.

Setelah barang yang tidak diperlukan itu dipindahkan, kemudian lihatlah ke sekeliling ruangan sekali lagi. Sortir perabotan mana saja yang masih dibutuhkan, dan mana yang tidak. 

Pikirkan pula bagaimana caranya agar bisa meletakkan barang tersebut sesuai dengan tempatnya. 

Info Menarik Lainnya : Pingin Coba Model Rumah Minimalis Atap Rata? Ini Contohnya

2. Memilih Warna Cat yang Tepat

Langkah berikutnya yaitu memilih warna cat yang tepat. Bagian ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Apa sebab? Karena jika salah memilih warna, maka ruangan rumah jadi tidak nyaman dilihat. Misalnya Anda memilih warna yang terlalu ngejreng, sehingga tidak cocok dengan konsep rumah gaya minimalis.

Maka dari itu, sebaiknya pilih saja warna-warna yang netral. Contohnya seperti warna putih, cream, biru, atau coklat. Semua warna netral itu mampu menciptakan suasana ruangan yang segar dan nyaman.

Apalagi kalau Anda juga pandai dalam mengatur lampu dan pencahayaannya. Dijamin ruangan rumah Anda akan tampak semarak memancarkan cahaya. Sehingga makin memperkuat kesan minimalis, sesuai seperti desain rumah impian Anda. 

Pastikan untuk menggunakan satu atau dua paduan warna saja. Karena rumah minimalis memang tidak identik dengan warna-warni yang ramai.

Info Menarik Lainnya : Cara Menata Halaman Rumah Sederhana agar Terlihat Menarik

3. Pilih Perabotan yang Sederhana dan Simpel

Ingin menampilkan kesan rumah minimalis yang nyaman dan tidak sempit? 

Maka Anda harus bisa memilih perabotan yang modelnya sederhana dan simpel. Biasanya jenis perabotan yang cocok dengan kriteria tersebut adalah perabotan tipe multifungsi. Artinya perabotan itu bisa dilipat, sehingga bisa menjadi lebih kecil ukurannya. Dan Anda bisa merubah ukuran perabotan itu kapanpun Anda inginkan.

Jadi furniture model lipat sangat cocok untuk ruangan rumah minimalis sederhana. 

Untuk tempat duduknya, maka hindari memilih sofa berukuran besar. Pilihlah kursi berkaki kayu atau besi dengan dudukan yang empuk. Cara ini akan sangat efektif untuk menghemat space pada ruangan rumah minimalis sederhana tersebut.

Info Menarik Lainnya : 6 Desain Jendela Rumah Minimalis Modern, Lihat Yuk!

4. Maksimalkan Pencahayaan

Mengatur pencahayaan yang sesuai juga sangat penting. Tujuannya agar ruangan yang sempit itu tidak terkesan suram dan pengap. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jendela besar pada beberapa ruangan penting. 

Contohnya seperti ruang tamu, kamar tidur, dan ruang keluarga. Hal ini perlu dilakukan agar cahaya bisa masuk dengan mudah, sehingga ruang tersebut terkesan tampak lebih luas.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk meletakkan perabotan di tempat yang tepat. Tujuannya agar tidak menimbulkan bayangan yang mengganggu di ruangan kecil tersebut. 

Bila perlu gunakan hiasan dekorasi lampu-lampu kecil di dinding. Nantinya lampu itu dapat jadi pengganti cahaya alami. Selain itu bentuknya juga sangat menarik saat malam hari tiba.

Info Menarik Lainnya : 5 Ide Desain Rumah Panggung Kayu Minimalis, Intip Yuk!

5. Tambahkan Karya Seni Menarik

Tips dekorasi rumah minimalis berikutnya yaitu meletakkan karya seni yang tepat. Ini bertujuan agar dapat menghidupkan suasana ruangan rumah sederhana tersebut. 

Pilihlah lukisan yang sesuai dengan tema ruangan. Anda bisa menaruh lukisan berbagai aliran sesuai selera. Yang penting bentuk lukisannya senada dengan gaya rumah Anda.

Itulah diatas beberapa tips dekorasi rumah minimalis bisa dicoba. Tentunya diperlukan perencanaan matang dan ide-ide kreatif. Sehingga rumah minimalis impian Anda dapat terealisasi dengan baik. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Tips Dekorasi Rumah Minimalis Terbaik (Simpel & Elegan)"