Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Scan Barcode di iPhone Gampang Banget, Hanya Modal Kamera

Cara Scan Barcode di iPhone Gampang Banget, Hanya Modal Kamera

Kode batang sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat sekarang. Mulai dari pembayaran, mengisi data-data pendaftaran, sampai untuk urusan absen bisa dilakukan cukup dengan scanning lewat smartphone. Cara scan barcode di iPhone, ponsel yang terbilang canggih, adalah sangat mudah.

Tapi terkadang ada saat-saat dimana kode sulit discan. Kalau sudah begini biasanya pengguna merasa kesal dan panik karena takut ponselnya rusak. Padahal, error tidak selalu karena perangkat. 

Yuk, baca sampai habis bagaimana caranya scanning lewat iPhone dan kendala umumnya.

Barcode vs QR Code, Sama atau Beda?

Fungsi keduanya sama yaitu merepresentasikan data yang isinya angka dan huruf lewat tampilan grafis berupa batang  pada barcode dan kotak bertitik pada QR Code. Yang membedakannya adalah, selain bentuk tentunya, yaitu kapasitas besaran data yang mampu ditampung.

Pada kode batang, tidak bisa menyimpan data yang terlalu besar. Sedangkan pada QR code dapat melakukan penyimpanan sampai ratusan file. 

Kegunaan barcode awalnya adalah untuk memudahkan identifikasi barang untuk tujuan komersil. Contoh paling umum adalah ketika di supermarket, hampir semua produk memiliki barcode di bagian kemasannya.

Terinspirasi dari kode morse, barcode digunakan untuk menyimpan identitas dan juga informasi soal barang. Pencatatan di gudang, pemantauan keluar masuk produk jadi lebih mudah karena cukup melakukan scan dengan sinar infra merah tepat ke barcode.

Sekarang, penggunaannya lebih dari itu dan teknologi semakin canggih sehingga scanner bisa ditemukan dengan mudah pada smartphone. 

Lewat kamera ponsel, orang bisa scan lalu mendapat informasi soal harga, jenis barang, bahkan diarahkan ke sebuah situs tertentu. Yang terkini yaitu bisa melakukan pembayaran hanya dengan scanning.

iPhone merupakan salah satu ponsel yang paling canggih untuk urusan scan kode batang maupun QR. Dukungan fitur-fitur yang ada di dalamnya membuat cara scan barcode di iPhone jadi sangat mudah dan bisa dilakukan oleh setiap pengguna.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka File ZIP di iPhone Dengan & Tanpa Aplikasi

Scan Barcode di iPhone Mudah dan Praktis Anti Gagal

Tanpa disadari, sekarang kode batang maupun QR sudah bertebaran di mana-mana. Mengusung konsep go green dan pencegahan penularan virus corona melalui benda, saat ini hampir semua ruang public menyediakan barcode. 

Contohnya restoran yang tak lagi menggunakan buku menu melainkan scan QR. Cukup dengan mengarahkan smartphone ke kode, pilihan menu langsung tampil di layar.

Berikut ini cara scan barcode di iPhone:

1.  Lewat Kamera

Sebagai ponsel ekslusive, iPhone bisa dengan mudah melakukan fungsi layaknya scanner ketika kameranya diarahkan ke barcode. 

Caranya pun terbilang sangat gampang yaitu hanya mengarahkan kamera utama ke kode batang. Tak perlu menunggu lama informasi seperti harga dan merek produk akan tampil di layar. Sangat berguna ketika sedang di supermarket, bukan?

Lalu bagaimana apabila QR code atau barcode letaknya di dalam ponsel itu sendiri, misalnya dari situs yang sedang dibuka? 

Sederhana saja, pengguna hanya perlu masuk ke web melalui Safari. Kemudian, aktifkan force touch agar browser bisa menginterpretasikannya. Akan muncul notifikasi di bagian atas, klik lalu bacalah informasi yang dihasilkan.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak iPhone Tanpa iCloud Ternyata Bisa Dilakukan

2.  Gunakan Aplikasi ScanLife

Sebagai cadangan ketika fitur scanning bawaan sedang tidak bisa berfungsi normal, maka software pihak ketiga perlu dimiliki. Melalui App Store, unduhlah ScanLife app yang fungsinya untuk menerjemahkan data dan informasi dari barcode atau QR code

Cara menggunakannya juga terbilang mudah, cukup dengan membuka aplikasi yang tadi sudah di download, kemudian langsung saja arahkan pada kode batang, tunggu sejenak sampai data masuk. 

Pengguna juga bisa menyimpan alamat web yang diarahkan oleh app setelah menyorot barcode. Simpan di history untuk dibuka di lain waktu.

3.  Memakai Bar-Code App

Aplikasi lain yang bisa dijajal dan sangat efektif adalah Bar-code. Software ini bisa diunduh dan mendukung untuk ponsel iPhone. 

Setelah download, saat ingin scanning, pengguna tidak perlu masuk ke app. Hanya butuh mengarahkan kamera ke barcode, maka otomatis aplikasi akan langsung bekerja menampilkan informasi hasil scanning.

Sama seperti ScanLife, alamat website juga bisa disimpan pada history agar bisa dibuka lain waktu. Kemudian, app ini tidak memberatkan kinerja ponsel dan sangat bisa diandalkan ketika kamera utama tidak sedang berfungsi maksimal menjalankan fitur scanning.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone, Terbukti Manjur!

Masalah Saat Scan Barcode Pada iPhone

Gagal scanning QR code bisa disebabkan oleh banyak hal walaupun idealnya tidak ada kegagalan. 

Sumbernya bisa dari perangkat atau kode itu sendiri. Ponsel yang tak berhasil memindai umumnya karena kerusakan pada software apabila pemindaian dilakukan lewat aplikasi pihak ketiga. Bug dan app yang belum di update bisa jadi pemicunya.

Selain itu, kerusakan pada komponen kamera juga bisa menjadi penyebab iPhone gagal melakukan scan. 

Misalnya saja ada kotoran yang menempel, lensa rusak, terjadi retak, atau malfungsi komponen lainnya. Kemudian, tidak adanya koneksi internet juga bisa menyebabkan kegagalan. Terutama untuk barcode yang tujuannya mengarahkan pengguna ke alamat website tertentu.

Yang terakhir adalah terjadi kesalahan pada struktur barcode itu sendiri. Hal ini disebabkan karena proses pembuatan yang mungkin tidak sempurna. Akibatnya, ponsel jadi tidak bisa menerjemahkan informasi dari kode batang atau QR. 

Contohnya adalah misalnya ketika sedang di kasir, petugas gagal melakukan scan pada produk, akhirnya ia harus memasukkan secara manual angka-angka disana.

Itulah tadi beberapa cara scan barcode di iPhone yang bisa dikulik. Nah, kalau suatu saat ada masalah, bukan berarti perangkatnya rusak, ya. Bisa saja karena memang kode batang tidak kompatibel untuk dipindai. Atau mungkin karena software scanner sudah kadaluarsa.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Cara Scan Barcode di iPhone Gampang Banget, Hanya Modal Kamera"