Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Beriklan di Tiktok Agar Efektif & Menguntungkan

Cara Beriklan di Tiktok Agar Efektif & Menguntungkan

TikTok kini menjadi salah satu aplikasi paling terkenal di dunia. Tidak hanya di Indonesia, pengguna dari aplikasi Cina ini bahkan berasal dari negara-negara maju di dunia seperti Jerman, Perancis hingga Arab Saudi. 

Hingga saat ini, pengguna aktifnya mencapai 14,3 juta orang. Dengan pengguna yang semakin meningkat setiap bulannya, tidak heran jika banyak pebisnis yang mulai melirik cara beriklan di tiktok.

Untuk memenuhi keinginan para pebisnis, Tiktok kini telah meluncurkan berbagai format untuk beriklan. Beberapa format diantaranya adalah in-feed video, brand takeover hingga hashtag challenge. 

Dengan beberapa format tersebut, setiap pengguna bisa menentukan target, hingga berapa kali iklan ingin ditayangkan. Hal ini nantinya juga akan menentukan biaya yang perlu dikeluarkan untuk memasang iklan.

Cara Memunculkan Iklan di Tiktok

Sebelum menentukan jenis iklannya,  ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh para pengguna. Salah satunya adalah membuat akun Tiktok serta menentukan target audiens yang diinginkan. 

Nah, agar tidak sampai salah, berikut adalah cara memunculkan iklan di aplikasi yang sedang viral ini:

1. Mendaftar & Membuat Akun

Untuk bisa memasang iklan, setiap pengguna pastinya harus memiliki akun di Tiktok Ads. Nantinya akun pada media ini digunakan untuk mengelola hingga menganalisa apakah iklan efektif atau tidak.

Pertama, unduh aplikasi Tiktok dan langsung kunjungi bagian untuk bisnis. Jika sudah di halaman yang tepat, klik Sign up untuk membuat akun. Nantinya, disini para pengguna harus mengisi beberapa informasi general sebelum akun terbuat.

2. Memilih Jenis Iklan & Anggaran

Setelah berhasil membuat iklan, maka pengguna akan menuju ke halaman selanjutnya. Pilihlah bagian Tab campaign dan tekan Klik untuk membuat yang baru. Pada bagian ini, pengguna harus menentukan tujuan dari pembuatan iklan. Tiga opsi yang ditawarkan oleh aplikasi adalah Traffic, Conversions dan App Install.  

Selain menentukan tujuan iklan, disini para pengguna juga harus menentukan anggaran untuk beriklan. Pengguna bisa memilih antara harian, total atau tanpa batas. Namun, perlu diketahui bahwa terdapat minimum anggaran yang harus dipenuhi untuk dapat menjalankan iklan. 

Jika sudah menentukan anggarannya, maka lanjutkan dengan menekan Continue.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Watermark Tiktok di HP Android, Simak Yuk!

3. Mengatur Detail & Target Pembuatan Iklan

Ini merupakan salah satu bagian terpenting dalam cara beriklan di Tiktok. Pada tahap ini, pengguna harus menentukan target, placement hingga mengunggah informasi mengenai situs bisnis yang ingin diiklankan.

Pertama, tentukan terlebih dahulu dimana iklan akan ditempatkan. Salah satu kelebihan pemasangan disini adalah adanya beberapa platform yang bisa dipilih selain Tiktok sendiri. Beberapa diantaranya adalah Vigo Video, News Republic, Buzz Video dan masih banyak lagi.

Selain itu ada juga opsi otomatis. Jika dipasang secara otomatis, maka Tiktok yang akan mengarahkan platform yang terbaik untuk iklan tersebut. Jadi, aplikasi yang akan menentukan tempat terbaik untuk menayangkan iklan yang telah dibuat. Aplikasi akan tetap mempertimbangkan target serta tujuan iklan dibuat.

Selanjutnya, jangan lupa untuk memasukkan target audiens yang ingin dituju mulai dari lokasi, usia, jenis kelamin hingga bahasanya. Isilah kriteria serta parameter sedetail mungkin untuk mendapatkan audiens yang tepat.

Terakhir, sertakan juga detail informasi mengenai toko online atau situs yang harus dituju untuk mengetahui lebih detail mengenai iklan tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan nama situs, toko online, hingga URL yang dapat dibuka langsung oleh audiens. 

Pengguna juga bisa menambahkan hingga 20 kata kunci yang berhubungan dengan iklan atau produk yang ditayangkan.

Info Menarik Lainnya : Cara Download Video Tiktok yang Diprivasi, Simak Yuk!

4. Mengatur Waktu Iklan

Membuat iklan di Tiktok tidaklah murah, bahkan bisa menghabiskan $5000 per hari. Jika memiliki lebih dari satu grup, maka pastikan untuk mengatur anggarannya dengan tepat. Salah satu caranya adalah dengan menentukan durasi serta waktu penayangannya.

Salah satu opsi yang dapat dipilih oleh para pengguna adalah Day Parting. Dengan opsi ini pengguna bisa memilih salah waktu dalam sehari atau pada hari Minggu untuk menayangkannya. Namun, jika ingin waktu yang ramai saja, pilih opsi pengoptimalan cerdas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Membuat Iklan yang Menarik Untuk Ditayangkan

Bagian terakhir cara beriklan di Tiktok adalah membuat desain serta formatnya. Untuk membuat desainnya, para pengguna bisa menggunakan aplikasi Tiktok dan menggunakan berbagai template yang ada di dalamnya. Selain itu, ada juga latar musik yang bisa membuat iklan menjadi lebih menarik.

Ketika iklan sudah dibuat dan disetujui oleh pihak Tiktok, maka iklan akan mulai ditayangkan. Dengan menggunakan akun yang telah dibuat, pengguna bisa melihat kinerja serta efektifitas kerjanya melalui dashboard aplikasi.

Info Menarik Lainnya : Cara Download Video TikTok Tanpa Logo, Simak Yuk!

Jenis Tiktok Ads yang Sering Digunakan

Tiktok memang menyediakan beberapa jenis iklan yang dapat dipilih oleh para pengguna. Namun, dari sekian banyak yang ditawarkan, salah satu yang paling sering digunakan adalah In-Feed Video

Jenis iklan ini akan muncul di bagian bawah video sehingga akan mudah dan sering dilihat oleh para audiens. Selain itu, harga jenis ini tergolong lebih terjangkau dan murah dibandingkan yang lain.

Jenis lainnya yang tidak kalah populer dan banyak digunakan brand besar adalah Hashtag challenge

Iklan yang satu ini biasanya akan memberikan tantangan kepada orang lain untuk membuat video atau adegan dengan brand tersebut. Dengan begini, jumlah orang yang menggunakan hashtag tersebut akan meningkat hingga muncul di halaman depan aplikasi.

Cara beriklan di Tiktok sebenarnya sangat mudah, namun memang membutuhkan biaya yang tidak murah. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, pastikan platform, jenis audiens hingga anggaran yang dimiliki. Dengan begitu, target dari pemasangan iklan dapat tercapai dan menguntungkan bisnis.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Beriklan di Tiktok Agar Efektif & Menguntungkan"