Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengaktifkan GPS di iPhone Agar Akurat & Tepat

Cara Mengaktifkan GPS di iPhone Agar Akurat & Tepat

GPS kini menjadi salah satu fitur penting di semua jenis HP termasuk iPhone. Selain bisa menjadi alat navigasi yang membantu menentukan arah, GPS kini juga bisa memberikan informasi mengenai layanan darurat terdekat. Untuk bisa merasakan manfaat dari fitur ini, mari pelajari cara mengaktifkan GPS di iPhone.

Mengaktifkan Layanan GPS Pada iPhone

Cara mengaktifkan GPS di iPhone sebenarnya sangat mudah dilakukan. Hanya dengan mengubah pengaturannya, GPS sudah bisa digunakan untuk beberapa tujuan. Namun, ada kalanya orang mengalami kesulitan dalam mengaktifkan GPS, terutama untuk beberapa aplikasi. 

Nah, bagi yang mengalami masalah yang sama, cobalah mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Membuka Bagian Pengaturan

Cara mengaktifkan GPS di iPhone bisa dilakukan dengan membuka menu pengaturan terlebih dahulu. Menu ini bisa ditemukan di tampilan utama layar yang berupa gambar roda gigi. Jika tidak menemukan layanan ini, maka geserlah layar ke bawah hingga menemukan pengaturan.

2. Mengatur Privacy

Ketika menu ini sudah terbuka, maka pemilik akan melihat banyak opsi yang dapat dipilih mulai dari Emergency SOS hingga App Store. 

Dari pilihan yang ada, pilihlah Privacy yang ditunjukkan dengan gambar telapak tangan. Bukalah menu tersebut dan pilihlah Location Services untuk menyalakan GPS. Jika tandanya sudah berubah menjadi warna hijau, maka artinya GPS sudah menyala dan dapat digunakan.

3. Pilih Aplikasi

Jika GPS sudah menyala, namun masih tidak bisa berfungsi untuk beberapa aplikasi, maka kembalilah ke menu pengaturan. Pada bagian bawah menu Location Services akan muncul aplikasi-aplikasi yang sudah bisa digunakan dengan GPS. Para pengguna juga bisa memilih apakah layanan ini mau digunakan untuk semua aplikasi atau yang tertentu saja.

Untuk menyalakan GPS, pilihlah salah satu aplikasi dari daftar. Selanjutnya, akan muncul pilihan never, while using the app dan always. Jika hanya ingin GPS menyala ketika menggunakan aplikasi saja, maka pilihlah yang kedua. Namun, jika ingin layanan ini selalu menyala, maka pilih always.

4. Memastikan Lokasi Tepat

Bagi yang ingin menggunakan layanan lokasi untuk membagi posisi yang akurat, maka sebaiknya gunakan Wifi atau jaringan seluler yang kuat. Kekuatan jaringan mempengaruhi akurat atau tidaknya sebuah titik lokasi.

Untuk memastikan bahwa titik GPS akurat dan sesuai dengan posisi saat ini, maka pastikan untuk memilih menu lokasi tepat pada bagian layanan lokasi. Dengan menyalakan opsi ini, maka GPS akan memberikan lokasi yang benar-benar akurat dan sesuai dengan yang aslinya. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa opsi ini hanya ada pada iOS 14 saja.

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Mengembalikan Chat Whatsapp yang Terhapus di iPhone Praktis

Solusi Untuk Layanan yang Bermasalah

Jika langkah-langkah diatas telah dilakukan, namun GPS masih belum bisa menyala, maka bisa jadi layanan tersebut diblokir di menu pembatasan. Untuk bisa menggunakannya kembali, maka aktifkan kembali pada menu yang sama. 

Untuk yang tidak tau caranya, berikut adalah cara untuk mengaktifkan kembali GPS di menu pembatasan:

1. Memastikan Memiliki Koneksi Internet

Sebelum melakukan pengecekan lebih detail di menu pembatasan, cobalah mengecek terlebih dahulu koneksi internet pada iPhone. Jika koneksi internet sedang lemah, maka GPS akan sulit untuk mencari akses atau mendeteksi lokasi sesuai yang diinginkan.

Selain itu, periksa juga tanggal dan waktu yang digunakan dalam layanan tersebut. Jika waktunya tidak sesuai atau sama dengan saat ini, maka GPS tidak akan bisa bekerja sama maksimal. 

Untuk menghindari hal ini terjadi, maka gunakan pengaturan jam secara otomatis. Dengan begitu, jam dan tanggal di layanan ini akan langsung menyesuaikan dengan aslinya.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka File ZIP di iPhone Dengan & Tanpa Aplikasi

2. Membuka Pengaturan Kembali & Pilih General

Cara pertama untuk mengaktifkan kembali GPS yang terblokir adalah membuka kembali menu pengaturan. Namun, kali ini bukalah bagian General untuk melakukan pengaturan umum iPhone. Selanjutnya, pilihlah menu restriction untuk mengaktifkan kembali layanan GPS yang terblokir.

3. Mengetik Kata Sandi Untuk Menu Pembatas

Sebelum bisa lanjut ke bagian layanan Location Service, pengguna harus mengetik kata sandi terlebih untuk membuka menu Restriction.  

Masukkan angka atau huruf sesuai awal untuk bisa lanjut ke langkah berikutnya. Jika tidak ada yang berhasil, cobalah angka seperti 0000 atau 4 angka kembar karena biasanya angka tersebut adalah password umum yang digunakan.

Namun, jika angka tersebut juga tidak berhasil, maka pengguna harus melakukan pengaturan ulang pada perangkat iOS. Nantinya pengguna harus mereset ulang kata sandi lama dan membuat yang baru untuk bisa membuka menu tersebut. 

Usahakan untuk membuat kata sandi yang mudah diingat agar hal ini tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.

Info Menarik Lainnya : Cara Melacak iPhone Tanpa iCloud Ternyata Bisa Dilakukan

4. Mengubah Pengaturan Location Services

Jika sudah berhasil memasukkan password yang diminta, maka lanjutkan dengan membuka Privacy dan Location Services. Pada bagian ini, pastikan untuk memilih Allow Changes agar dapat mengaktifkan kembali layanan GPS pada HP. Untuk memastikan layanan sudah bisa aktif kembali, cobalah ke langkah awal kembali.

Apabila layanan lokasi sudah tidak digunakan, maka matikan kembali untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, layanan lokasi yang menyala secara terus menerus juga bisa menyebabkan baterai cepat habis. Jadi, gunakan pada saat dibutuhkan saja, untuk menjaga keamanan serta ketahanan baterai iPhone.

Itulah sekilas mengenai cara mengaktifkan GPS di iPhone yang bisa diterapkan untuk semua perangkat iOS. Caranya simpel dan sangat mudah dilakukan jika tidak ada masalah lebih lanjut. 

Untuk mendapatkan hasil yang akurat dan tepat, pastikan memiliki koneksi internet yang stabil dan kuat. Jika tidak, maka GPS tidak akan bisa bekerja dengan maksimal dan hasilnya bisa jadi tidak akurat.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengaktifkan GPS di iPhone Agar Akurat & Tepat"