Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Ide Jualan Minuman Bulan Puasa (Laris & Menguntungkan)

9 Ide Jualan Minuman Bulan Puasa (Laris & Menguntungkan)

Bulan suci Ramadhan merupakan waktu yang paling dinanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Selain waktunya untuk beribadah, momen ini adalah waktu terbaik untuk menambah pundi-pundi keuangan dengan berjualan. 

Nah, bagi yang tertarik untuk berjualan namun bingung apa yang akan dijual, jangan khawatir karena ada banyak ide jualan minuman bulan puasa yang enak dan tentunya menguntungkan!

Minuman Tradisional yang Tetap Menjadi Favorit

Pada saat ingin membatalkan puasa, orang biasanya akan mencari minuman dingin yang menyegarkan tenggorokan. Dengan alasan ini, pilihlah ide minuman yang dingin dan menyegarkan, namun tidak sampai membuatnya sakit. 

Bagi yang ingin mencoba, berikut adalah beberapa ide kreatif yang bisa dibuat dan tentunya akan menguntungkan.

Cekidot!

1. Es Kolak

Ide jualan minuman bulan puasa yang mungkin sudah umum dan dijual oleh banyak orang adalah es kolak. Minuman ini pasti akan laris manis di pasaran karena rasanya yang pas dan segar di tenggorokan. Bagi yang tidak suka minuman yang dingin juga dapat menyajikannya secara hangat.

Jika ingin membuatnya berbeda dengan kolak yang lainnya, maka tambahkan variasi rasa atau isi. Contohnya, jika rasa kolak biasanya hanya manis saja, tambahkan variasi milk tea ke dalamnya. Dengan begitu, rasanya akan unik namun tetap lezat.

2. Es Pisang Ijo

Jika mencari opsi lain yang tidak mudah ditemukan di daerahnya, maka cobalah es pisang ijo. Berbeda dengan kolak, minuman ini menggunakan pisang yang telah dibungkus dengan tepung. Cara pembuatannya pun cukup sulit, sehingga tidak semua orang bisa membuatnya. Hal ini tentunya membuat peluang berjualan semakin besar dan menguntungkan.

3. Kacang Ijo

Kacang ijo merupakan ide jualan minuman bulan puasa lainnya yang mudah dibuat dan banyak dijual. Sama halnya dengan es kolak, kacang ijo dapat dijual secara dingin atau hangat, dan akan tetap terasa lezat. 

Jika ingin tenggorokan terasa hangat setelah seharian berpuasa, maka opsi panas adalah yang terbaik. Namun, bagi yang ingin tenggorokannya terasa segar, maka tambahkan es untuk membuatnya terasa dingin.

Es kacang ijo memang menjadi favorit para penjual karena memiliki banyak keuntungan. Selain proses pembuatannya mudah, seluruh bahan yang dibutuhkan untuk minuman ini bisa didapatkan dimana saja. Jadi, jika ingin berjualan minuman yang mudah, cobalah ide ini.

4. Dawet Ayu

Minuman tradisional yang juga akan selalu dicari oleh orang adalah es dawet ayu. Dengan perpaduan santan kelapa, gula aren dan dawetnya, minuman ini begitu nikmat diminum saat cuaca sedang panas. Jadi tidak heran jika minuman ini banyak diserbu ketika buka puasa tiba.

Namun sama halnya dengan es pisang ijo, proses pembuatan dawet ayu memang tidak mudah. Tidak semua memiliki kemampuan membuat dawet yang empuk dengan rasa yang enak. Namun, bagi suka dengan ide ini, maka belilah dawet jadi lalu raciklah isinya sendiri.

Info Menarik Lainnya : Modal Jualan Es Buah Cuma 150 Ribuan? Ternyata Cukup Lho!

Ide Minuman Kekinian Untuk Jualan

Selain ide yang tradisional, cobalah berjualan minuman kekinian dengan rasa yang unik. Jangan lupa untuk membuat penampilannya menarik juga untuk membuat pembeli penasaran dengan rasanya. 

Berikut adalah beberapa ide simpel hingga kreatif yang dapat dicoba pada bulan puasa:

1. Jus Buah & Soda

Bagi yang sedang mencari ide jualan minum pada bulan puasa dengan komposisi yang sehat, maka buatlah jus murni. Komposisi minuman ini hanyalah 10% air dan 90% buah. Dengan begitu, jus tersebut aman dikonsumsi baik untuk yang diet ataupun yang tidak suka dengan minuman terlalu manis.

Namun, jika ingin membuatnya berbeda dari jus pada umumnya dan tidak sehat, maka tambahkan soda ke dalamnya. Agar tidak mengandung gula yang terlalu tinggi, maka tambahkan soda sedikit saja untuk memberikan rasa yang berbeda. Selain itu, jangan tambahkan gula pada saat membuat jus agar rasanya tidak terlalu manis.

2. Mojito

Ide minuman lainnya yang bisa menggunakan soda sebagai salah satu bahannya adalah es mojito. 

Mungkin minuman yang satu ini belum terlalu familiar di telinga orang tua, namun variasi ini cukup terkenal di kalangan anak muda. Selain rasanya yang enak dan menyegarkan, cara membuat es mojito juga tergolong mudah.

Untuk bisa membuat minuman ini, siapkan sirup, soda, jeruk nipis (atau buah lainnya), es batu dan jelly atau biji selasih. Campur semua bahan tersebut untuk membuat es mojito yang segar dan lezat. 

Bila ingin membuat penampilannya tampak cantik, maka gunakan syrup yang berbeda warna untuk bagian bawah dan atasnya.

Info Menarik Lainnya : 7 Cara Mengembangkan Usaha Depot Air Minum yang Tepat

3. Kelapa Muda Dengan Berbagai Topping & Rasa

Minuman yang juga mudah ditemukan di pinggir jalan selama bulan puasa adalah es kelapa muda. Jika banyak orang menjualnya polosan, maka buatlah versi yang berbeda dengan menambahkan topping atau syrup. Kalau tidak ingin mengubah rasanya, maka tambahkan saja topping ke dalamnya, seperti nata de coco, jelly dan yang lainnya.

Namun, jika ingin membuat rasanya semakin lezat, maka campurkan dengan syrup rasa lychee, strawberry atau vanilla. Selanjutnya, tambahkan topping juga ke dalamnya untuk menyempurnakan minuman yang akan dijual tersebut.

4. Susu Kurma

Salah satu alternatif minuman yang bisa menggantikan boba, namun dengan biaya yang lebih murah adalah susu kurma. Kurma sendiri merupakan salah satu makanan yang biasanya dikonsumsi oleh orang saat berbuka puasa. Nah, selain bisa dimakan secara langsung, kurma juga enak dibuat minuman lho.

Salah satu cara untuk membuat minuman dari kurma adalah dengan merendam kurma di dalam air dan menyimpannya di dalam kulkas selama semalaman. Selanjutnya, masukkan kurma tersebut ke dalam blender bersamaan dengan susu, dan sedikit air. Blender hingga semua kurma halus dan sajikan ketika dingin.

Info Menarik Lainnya : Cobalah Bisnis Minuman Kemasan Cup yang Sedang Laris

5. Minuman Boba

Ide jualan minum bulan puasa yang terakhir yang bisa dicoba adalah susu boba. 

Sekilas, minuman ini mirip dengan susu kurma hanya saja varian rasanya lebih banyak serta isinya adalah jelly dan boba. Untuk membuat minuman ini laris di pasaran, tawarkan variasi rasa seperti susu coklat, green tea hingga caramel.

Cara untuk membuat minuman kekinian ini pun cukup mudah. Bila tidak ingin repot, belilah boba jadi untuk dijadikan isi minuman. Namun kalau ingin membuatnya sendiri, maka buatlah boba dari tepung tapioka, nutrijell, bubuk coklat dan garam. Selanjutnya, siapkan sirupnya dengan mencampurkan gula pasir dengan air.

Terakhir, untuk bahan milk tea, campurlah teh celup yang telah dibuat dengan susu segar dan kental manis yang secukupnya. Jangan lupa mencobanya untuk mengetahui tingkat kemanisannya. Setelah jadi, campurkan dengan syrup dan boba yang telah dibuat sebelumnya.

Ada begitu banyak ide jualan minuman bulan puasa yang bisa dicoba bagi yang ingin berjualan. Kalau Anda tidak ingin cara yang lebih praktis, maka pilihlah ide yang simpel seperti kacang ijo dan susu kurma. Namun, jika ingin yang berbeda dan mendapatkan keuntungan yang maksimal, cobalah ide yang unik dan jarang ada seperti es mojito.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "9 Ide Jualan Minuman Bulan Puasa (Laris & Menguntungkan)"