Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menambahkan Lagu Sendiri di TikTok (Mudah & Praktis)


Cara menambahkan lagu sendiri ke TikTok jadi makin sering dikulik karena belakangan aplikasi ini tidak lagi mengizinkan pengguna mengunggah file musik dari ponsel. Platform berbagi video yang semakin hits ini tentu butuh dukungan audio agar semakin menarik penonton.

Bagi yang sudah terlanjur memperbarui app-nya, jangan khawatir karena tetap ada cara untuk bisa mengupload lagu sendiri. Artikel kali ini akan membantu para pengguna yang ingin ekslpor kreatifitas dalam membuat konten yang keren.

Cara Membuat Lagu Sendiri di TikTok Agar Video Tambah Kece

Sedikitnya ada dua langkah pembuatan konten pada aplikasi ini. Pertama, mengambil gambar langsung di app lalu menambahkan musik dari sana juga, kemudian membagikannya. Yang kedua, dengan menggunakan kamera pada ponsel untuk merekam. Sound bisa ditambahkan sendiri juga tanpa perlu mengambil dari perpustakaan Tiktok.

Cara membuat lagu sendiri di TikTok ini menjawab hasrat para pengguna untuk berkreasi. Walaupun koleksi library app ini jumlahnya sangat banyak, terkadang tetap saja ada rasa kurang cocok. Itulah mengapa banyak yang memilih menggunakan koleksi pribadi baik itu unduhan atau memang hasil produksi sendiri.

Nah, bagaimana sebenarnya detail agar para pengguna bisa memakai lagu koleksi pribadi di video yang dibuat? 

Berikut ini caranya:

1.  Memasukkan Musik ke Video dari App



Kasus yang pertama ini adalah pengguna sudah memiliki musik di smartphone-nya. Maka yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi TikTok, membuat akun, lalu tentu saja menambahkan konten. 

Misalnya yang ingin dibuat adalah konten lipsing, berikut langkah-langkahnya:

  • Buat videonya dengan klik logo + pada app
  • Lanjutkan menambahkan audio, pilih menu Suara
  • Selanjutnya, apabila ingin mengedit rekaman yang tadi dibuat, masuklah ke menu dan pilih Berikutnya. Masukan tittle, hashtag, serta keterangan video. Atur juga privasi jika ingin menentukan siapa saja yang boleh melihat, apakah hanya teman atau boleh untuk umum. Setelahnya, posting konten dan selesai.Masuk ke library, ada banyak sekali pilihan musik, pilih yang sekiranya cocok dengan rekaman video. Klik tanda centang disana.
  • Lanjut ke pembuatan video, caranya yaitu menekan pilihan Rekam Merah.
  • Tekan terus tombol Rekam sambil menyesuaikan gerakan bibir.
  • Tambahkan efek.

Setelah dirasa selesai, klik centang kemudian lakukan Reshoot apabila hasil masih belum memuaskan.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus

2.  Menambahkan Lagu Sendiri ke TikTok dengan BeeCut




Untuk para pengguna dengan kreatifitas tinggi, menggunakan file yang sudah ada di koleksi aplikasi bisa sedikit membosankan. Pun juga kurang menantang. Walaupun terkesan rumit, mengunggah musik pribadi ke dalam video TikTok menyenangkan juga, lho. Video yang dibuat jadi makin unik dan outstanding.

Langkah pertama yang harus diambil adalah mengunduh aplikasi BeeCut. Tersedia dalam versi desktop dan app, pengguna bebas memilih mana yang sesuai dan nyaman. Kegunaanya adalah untuk mengedit video dengan rasio yang cocok di TikTok yaitu sekitar 9:16.

User bisa menambahkan filter, special effect, mempercepat atau melambatkan video, memasukkan stiker, dan juga hal menyenangkan lainnya. Pada versi aplikasi, biasanya BeeCut ini dikenal juga dengan nama LightMV. Jangan khawatir, penggunaannya cukup mudah, kok. Hanya perlu membiasakan diri saja.

Lalu, bagaimana caranya? Ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasinya untuk bisa melakukan impor video serta audio, klik Media.
  • Edit dengan memilih opsi New Project dan atur rasio ke 9:16.
  • Drag file yang ingin dipilih ke area media untuk dilakukan editing.
  • Tambahkan filter serta desain sesuai kreasi.
  • Simpan di perangkat, caranya yaitu menekan icon +.

Disarankan untuk menyesuaikan antara durasi musik dan video supaya tidak terjadi tumpang tindih yang berpotensi saling memotong. 

Setelah selesai, unggah video ke TikTok seperti biasa yaitu dengan masuk ke app dan klik logo +. Jangan lupa juga untuk menambahkan hashtag, judul, serta keterangan baru kemudian posting. Bagikan dan bersiaplah untuk viral apabila disukai orang banyak.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Watermark Tiktok di HP Android, Simak Yuk!

3.  Menambahkan Musik Pribadi dari Smartphone Android



Bagi yang menyukai kepraktisan dan semua hal tentang mobile, penggunaan ponsel pintar adalah yang paling tepat ketika ingin memposting sesuatu di TikTok. Dari perangkat ini, pengguna juga bisa menggunakan audio koleksi pribadi, lho.

Hal pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan mengunduh aplikasi di Playstore bernama Light MV. Cara kerjanya hampir sama dengan BeeCut dimana user bisa mengedit videonya terlebih dahulu sebelum diunggah ke TikTok.

Apa saja yang bisa dilakukan? 

Tentu saja menambahkan efek agar wajah atau gambar terlihat semakin menarik misalnya. Special effect ini dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, menghilangkan noda, dan juga membuat wajah tampak berkilau. Kemudian, bisa juga memasukkan filter, topeng seperti yang ada di Snapchat, serta melambatkan dan mempercepat rekaman.

Bagaimana tahapannya? Ikuti langkah berikut:

  • Masuk ke Light MV lalu pilih TikTok template.
  • Tambahkan foto serta video sesuai instruksi yang tampil di layar.
  • Masukkan lagu koleksi pribadi dengan cara menekan Ubah Musik.
  • Edit dengan memasukkan efek, filter, stiker, serta desain lainnya.
  • Klik Produce setelah selesai mengedit untuk bisa menyimpan hasil edit tadi.
  • Tunggu sampai proses berakhir.

Tahapan selanjutnya yaitu mengunggah video hasil dari Light MV tadi ke TikTok dengan menekan logo + di aplikasinya. Jangan lupa juga untuk menambahkan judul, hashtag serta keterangan sebelum upload video.

Info Menarik Lainnya : Cara Download Video TikTok Tanpa Logo, Simak Yuk!

Kesimpulannya, cara membuat lagu sendiri di TikTok cukup mudah dilakukan. Bisa dengan menambahkan dulu musik ke perangkat untuk kemudian diedit pada software third party. Atau juga mengambil langsung dari aplikasi TikTok sendiri. 

Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Menambahkan Lagu Sendiri di TikTok (Mudah & Praktis)"