Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus

Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus

TikTok merupakan salah satu aplikasi yang kini menjadi favorit anak muda Indonesia. Selain bisa melihat serta membuat berbagai video kreatif, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi ini sebagai wadah promosi bisnis. Namun dalam penggunaannya, terkadang ada orang yang tidak sengaja menghapus, sehingga membuat akun Tiktok-nya menghilang. 

Apakah ada cara mengembalikan akun Tiktok yang terhapus secara sengaja atau tidak?

Yuk simak ulasan selengkapnya.

Mengembalikan Akun yang Terhapus dan Hilang

Akun Tiktok biasanya dapat menghilang dan terhapus secara sengaja atau tidak sengaja. Biasanya orang menghapusnya karena sudah bosan menggunakannya. Namun, tidak jarang platform TikTok sendiri yang suka menghapus akun yang dirasa tidak memenuhi syaratnya, baik secara konten maupun usia. 

Untungnya, meskipun hal ini terjadi, masih ada cara mengembalikan akun Tiktok yang terhapus. 

Cobalah beberapa langkah berikut:

1. Mengunduh Kembali TikTok


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus

Untuk bisa mengembalikan akun yang telah terhapus, hal pertama yang harus dilakukan tentunya mengunduh kembali aplikasinya terlebih dahulu. Unduhlah aplikasi ini secara gratis pada Play Store maupun App Store bagi pengguna iPhone.

2. Masuk ke Akun & Lakukan Reactivate


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus

Jika sudah berhasil terinstal, maka cobalah masuk ke akun yang sudah terhapus dengan memasukkan No telepon atau Email yang pernah dipakai. Gunakan salah satu yang dulu pernah dipakai untuk mendaftar TikTok. Selanjutnya, Log in ke dalam akun dan nantinya akan ada peringatan bahwa user tersebut sudah terhapus.

Jika belum dihapus secara permanen, maka nanti akan muncul dua pilihan untuk Log out atau Reactivate. Jika ingin menyalakan akun tersebut kembali, maka pilih Reactivate. Nantinya, akun akan kembali lagi, dengan video dan kondisi yang sama sebelum terhapus. 

Namun sebaliknya, jika tidak muncul halaman ini, maka itu berarti akun tersebut sudah dihapuskan secara keseluruhan dan hilang selamanya.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Watermark Tiktok di HP Android, Simak Yuk!

3. Menggunakan Verifikasi Kode Melalui No HP


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus

Cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus berikutnya adalah dengan menggunakan kirim kode ke nomor HP yang didaftarkan. Namun cara ini hanya bisa dilakukan jika pengguna pada awal pendaftaran, atau selama pemakaian pernah mendaftarkan no HP nya ke akun tersebut. Jika tidak pernah mendaftarkan no HP, maka cara ini tidak akan berhasil.

Pertama, masukkan akun yang ingin dikembalikan terlebih dahulu. Selanjutnya, pengguna akan diberikan dua pilihan untuk mengirimkan kode melalui telepon atau email. Pilihlah No Telepon dan masukkan nomor yang digunakan. Selanjutnya tekan Kirim Kode.

Nantinya pengguna akan mendapatkan kode verifikasi melalui nomor HP tersebut. Selanjutnya masukkan kode tersebut ke akun TikTok agar aplikasi dapat melakukan proses pengembalian. 

Jika kode yang dimasukkan benar, maka akan muncul opsi Aktifkan Kembali pada bagian bawah layar. Tinggal Anda klik opsi tersebut untuk mengembalikan akun yang pernah hilang itu.

4. Membatalkan Penonaktifan


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus

Jika akun TikTok yang digunakan terhapus secara tidak sengaja dan belum lama hilang, maka batalkan penonaktifan. Cara untuk membatalkan pun cukup mudah, yaitu dengan masuk ke dalam akun seperti biasa. 

Nantinya akan ada pesan bahwa akun tersebut sudah tidak aktif lagi karena dihapus oleh pengguna.  Untuk bisa mengembalikannya, tinggal pilih Batalkan Penonaktifan. Opsi ini bisa ditemukan pada bagian bawah.

Namun perlu diingat, bahwa pengembalian akun yang sudah terhapus hanya bisa kembali jika diproses dalam waktu maksimal 30 hari. 

Jadi, jika pengguna menghapusnya hari ini, maka pastikan untuk melakukan langkah-langkah diatas dalam waktu 30 hari. Jika lebih dari waktu tersebut, maka akun akan terhapus secara keseluruhan dan permanen, sehingga tidak bisa dikembalikan lagi.

Hal lain yang dibutuhkan untuk bisa mengembalikan akun yang terhapus adalah alamat Email dan Nomor HP. Jika ingin akunnya kembali, maka nomor HP harus dalam keadaan aktif dan alamat emailnya jangan sampai lupa. Karena pada kedua hal tersebut itulah kunci keberhasilan pengembalian akun Anda.

Info Menarik Lainnya : Cara Download Video Tiktok yang Diprivasi, Simak Yuk!

5. Menghubungi Support TikTok


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus


Apabila semua cara mengembalikan akun Tiktok yang terhapus diatas belum berhasil, padahal waktunya masih kurang dari 30 hari, maka Anda bisa menghubungi customer service aplikasi. 

Caranya adalah dengan masuk ke akun seperti biasa. Jika tidak muncul opsi apa-apa, maka masuklah ke bagian Privacy & Setting. Selanjutnya pilih Report a Problem.

Nanti akan ada beberapa jenis issue yang bisa dilaporkan, namun pilihlah Account Issue. Pengguna diharuskan mengisi data seperti Email dan Nomor HP yang digunakan. 

Selanjutnya lapor dan tuliskan masalah yang dihadapi agar bisa diketahui oleh pihak TikTok. Tulislah masalahnya sedetail mungkin, agar tim TikTok bisa lebih jelas mencari solusinya.

Jika sudah selesai, maka klik Kirim untuk mengirimkan keluhan kepada pihak TikTok. Nantinya tim Tiktok akan merespon melalui Email atau No HP yang Anda berikan. Semoga dengan cara terakhir ini pengguna bisa mendapatkan akunnya kembali.

Info Menarik Lainnya : Cara Beriklan di Tiktok Agar Efektif & Menguntungkan

Cara Menghindari Akun Terhapus Oleh TikTok

Alasan lain yang menyebabkan akun hilang dan terhapus oleh TikTok adalah syarat pengguna yang tidak terpenuhi. Hal ini bisa disebabkan karena banyak hal, mulai dari umur pengguna yang belum memenuhi syarat, hingga kontennya yang tidak senonoh. Jadi, cara menghindari akun terhapus adalah dengan memastikan semua syaratnya sudah terpenuhi.

Pertama, ketika membuat akun pastikan usia dari pengguna memenuhi syaratnya, yaitu minimal 13 tahun. Jika dibawah usia tersebut, maka pengguna tidak akan bisa melanjutkan proses pembuatan. 

Selain itu, saat membuat video, maka perhatikanlah isinya, apakah sudah sesuai dengan persyaratan dari TikTok atau belum. Jika memenuhi syarat silahkan diposting, kalau kalau sekiranya melanggar maka jangan diposting.

Itulah diatas beberapa cara mengembalikan akun TikTok yang terhapus. 

Sebelum melakukan beberapa cara di atas, pastikan dulu apakah akun terhapus atau tidak. Carilah terlebih dahulu dengan bantuan Google atau aplikasi lain. Jika memang tidak ada, maka cobalah cara-cara diatas untuk mengembalikannya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus"