Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Paling Efektif


Fenomena TikTok sebagai media sosial idola anak muda masih terasa gaungnya sampai hari ini. Walaupun sempat mengalami pemblokiran, justru kini penggunanya mencapai lebih dari 22 juta di Indonesia saja. Bukan hanya karena serunya berbagi video di aplikasi ini tapi juga ternyata ada cara menghasilkan uang dari TikTok.

TikTok nyatanya bisa jadi mesin cuan yang ampuh untuk mendatangkan Rupiah bagi mereka yang tahu caranya. Kabarnya, penghasilan dari aplikasi ini bisa datang lebih cepat dan lebih mudah daripada membuat konten di YouTube. 

Mau tahu seperti apa cara dan tipsnya? Simak penjelasannya di artikel ini sampai selesai.

Cara Menghasilkan Uang dari TikTok

Inti dari aplikasi ini adalah membagikan video singkat yang diiringi musik. Siapa sangka aplikasi yang dulunya dianggap “alay” dan hanya cocok untuk “alayers”, nyatanya bisa menambah isi dompet. Siapa saja yang cocok mencari uang di TikTok, jawabannya siapa saja. Bisa para pemilik usaha, influencer, pemilik merek, bahkan pemula.

Menariknya lagi, ternyata menghasilkan uang dari TikTok bukan hanya lewat produk yang dipasarkan melalui aplikasi ini. Ada banyak profesi dan trik lain yang bisa dijajal oleh para pengguna. Saking powerful-nya, aplikasi ini telah memunculkan banyak peluang dan pekerjaan baru di dunia digital.

Contoh kecilnya adalah seringnya video TikTok muncul sebagai iklan di YouTube. Bagi konten kreatornya, dari cara ini saja sudah mendatangkan uang. Padahal, tidak hanya ini yang bisa dilakukan agar platform ini mendatangkan uang. 

Penasaran apa saja? Berikut ini penjabarannya:

1.  Memposting Sponsored Content

Jika kebetulan followers TikTok sudah banyak, katakanlah ratusan ribu, maka cara yang pertama ini bisa dijajal. Yaitu dengan mengkampanyekan atau mempromosikan sebuah merek/brand dari produk atau jasa milik orang lain. 

Umumnya, para pemilik atau agensi bakal melihat dulu, apakah follower dari influencer TikTok ini sesuai dengan target pasar mereka.

Berarti ini tidak cocok untuk pemula, dong? 

Bisa dibilang begitu, tapi akan jadi cocok kalau bisa meningkatkan jumlah follower. 

Caranya tentu saja dengan rutin posting dengan konten di niche tertentu, posting pada waktu prime time, pastikan video menarik tampilannya, ikut challenge viral, kolaborasi, dan membagikannya di medsos lain.

2.  Mengumpulkan Koin TikTok

Ini bisa dibilang yang paling populer dan hampir pasti dilakukan oleh semua pengguna TikTok. TikTok memiliki koin yang bisa ditukarkan dengan uang betulan. 

Caranya yaitu dengan mengunggah video pada menu live streaming. Disini, para penonton atau viewers akan memberikan gift sticker sebagai donasi dan setelah terkumpul bisa diuangkan.

Agar bisa mendapatkan donasi, maka video yang diunggah harus menarik dan unik. Ini perlu dilakukan supaya penonton terkesan dan sukarela memberikan donasi. Stiker ini bisa diuangkan oleh penerima karena pemberi stiker pun membeli agar bisa mendapatkan stiker donasi tadi. 

Maka dari itu, tidak semua video bakal mendapat donasi, melainkan yang menarik perhatian saja.

3.  Membangun Akun lalu Dijual

Untuk para pengguna yang memiliki keahlian membangun engagement dengan para pengikutnya, bisa mencoba cara ini. Bisa jadi, karena keahlian membesarkan sebuah akun menjadi community, seseorang membuat banyak akun untuk dijual. 

Siapa pembelinya? 

Tentu saja pemilik brand atau perusahaan yang memiliki kebutuhan membangun awareness serta promosi.

Bagaimana caranya membangun akun? 

Kembali lagi ke konsep dasar yaitu create akun dengan niche atau minat tertentu, bangun engagement dengan rutin posting untuk menambah jumlah pengikut/like/tayangan, menciptakan komunitas yang memiliki minat sama terhadap topik, dan terakhir membesarkan akun tersebut untuk dijual.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus

4.  Marketing ala TikTok

Instagram mungkin jadi corong promosi paling ampuh hingga TikTok datang. Kehadiran TikTok seolah menjadi magnet baru bagi para pelaku digital marketing. 

Nyatanya, platform ini memiliki fasilitas TikTok Ads yang algoritmanya sangat bisa diandalkan. Iklan yang dipasang bisa dilihat oleh orang-orang yang memang disasar para pemilik brand.

Kehandalan lainnya adalah kemampuan TikTok Ads melakukan pemasaran berulang. Yaitu dengan menayangkan kembali iklan pada viewers yang sebelumnya melihat iklan. 

Ini sangat efektif karena sebuah brand, produk, atau jasa ditanamkan ke benak audience lebih dari sekali. Awareness makin cepat terbentuk. Yang pasti, ini bisa menghasilkan uang secara efektif.

5.  Konsultan TikTok

Ini salah satu profesi baru yang mulai banyak digeluti oleh anak muda jaman sekarang. Generasi TikTok yang memahami seluk beluk aplikasi ini ternyata bisa menjual pengetahuan mereka tentang bagaimana membuat platform ini mendatangkan uang. 

Caranya dengan menjadi konsultan bagi klien yang ingin mengelola sendiri akunnya tapi tidak memahami step-stepnya.

Yang dilakukan konsultan TikTok ini adalah memberikan saran strategis tentang konten seperti apa yang harus dibuat, kapan diunggah, siapa penontonnya, dan hal-hal teknis lain. Terkesan sepele, tapi nyatanya banyak orang yang membutuhkan jasa konsultan TikTok ini.

Info Menarik Lainnya : Cara Beriklan di Tiktok Agar Efektif & Menguntungkan

6.  TikTok Agency

Layaknya di Instagram, ada pengguna-pengguna TikTok yang masuk dalam kategori influencer. Influencer ini biasanya jadi incaran para pemilik brand atau perusahaan untuk diajak kerjasama mempromosikan atau mengkampanyekan produknya. 

Di TikTok, ada layanan yang memungkinkan perusahaan untuk langsung bekerjasama dengan para influencer.

Namun, yang menjadi kendala adalah harga yang dipatok sangat mahal. Maka, disinilah fungsi dari TikTok Agency, yang perannya adalah sebagai perantara antara perusahaan dan influencer, dengan harga yang jauh lebih murah. 

Umumnya cara ini dijalankan oleh mereka-mereka yang ahli di bidang content marketing. Ingin coba peruntungan? Peluangnya masih terbuka lebar, lho.

7.  Menjadi Influencer TikTok

Jika cara sebelumnya adalah dengan menjadi agency influencer, maka cara ketujuh adalah menjadi influencer-nya. Ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang percaya diri, yakin bisa membuat konten yang menarik, serta mampu mengelola engagement dengan followernya. 

Dan ini merupakan salah satu cara paling populer dalam menghasilkan uang lewat TikTok.

Bagaimana cara cuannya? 

Cuan bisa datang ke influencer lewat berbagai bentuk kerjasama antara lain brand ambassador, affiliated marketing, endorsement, sponsored content post, campaign, dan lainya. Semakin banyak follower, biasanya akan membuat popularitas si influencer tadi meningkat. Alhasil, tawaran kerjasama pun semakin banyak.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Watermark Tiktok di HP Android, Simak Yuk!

8.  Layanan Jasa Admin

Ada banyak perusahaan atau pemilik brand yang kini memasukkan TikTok sebagai platform media sosialnya. Kegiatan promosi dan awareness building banyak dilakukan disana. Tentunya, mereka memerlukan seseorang untuk mengelola akun TikTok ini, bukan? Disinilah timbul profesi admin TikTok.

Jika dirasa punya keahlian dalam pengelolaan social media, jangan ragu menjalankan profesi ini. Bisa dengan mendaftar ke agency atau justru membangun agency sendiri. Apalagi jika sebelumnya sudah punya akun TikTok yang memiliki followers banyak, komunitasnya kuat, serta engagement-nya juga kuat.

Sempat dikatakan sebagai media sosialnya anak alay, nyatanya TikTok menjelma jadi platform idola semua orang. Banyak orang mempromosikan dagangannya di TikTok sampai menjadi influencer. 

Profesi serta peluang usaha baru tercipta dari platform ini. Jadi, bisa disimpulkan menghasilkan uang dari TikTok sangat beragam caranya.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Paling Efektif"