Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyembunyikan Foto di HP Dengan Aman

Cara Menyembunyikan Foto di HP Dengan Aman

Cara Menyembunyikan Foto di HP - Ponsel merupakan salah satu perangkat yang seharusnya bersifat pribadi. Namun, tidak jarang perangkat yang satu ini dipinjam oleh teman hingga terbuka informasi yang seharusnya tidak mereka ketahui (contohnya seperti foto di dalam galeri). 

Nah biasanya untuk mengakali hal ini, pemilik HP akan mengunci galeri agar tidak bisa dibuka oleh sembarang orang. 

Kini ada cara menyembunyikan foto di HP yang lebih mudah dan canggih.

Mau tau caranya? Yuk simak artikel ini hingga tuntas!

Kini ada banyak fitur bawaan HP serta aplikasi yang bisa membantu pemilik menyembunyikan foto di dalam galerinya. Bagi yang tidak ingin ribet bisa menggunakan fitur bawaan yang ada pada HP seperti yang ada pada Samsung, Xiaomi dan Vivo. 

Sebaliknya, bagi yang tidak memiliki fitur tersebut bisa mengunduh aplikasi tambahan untuk menyembunyikannya. Nah bagi yang sedang mencari cara menyembunyikan foto di HP, berikut adalah beberapa opsi yang bisa dicoba:

1. Menggunakan Fitur Bawaan HP


Cara Menyembunyikan Foto di HP Dengan Aman


Bagi yang memiliki ponsel dengan merk Samsung, Vivo atau Xiaomi maka manfaatkan fitur bawaannya yang dikenal dengan sebutan Hidden Apps. Dengan fitur ini, pemilik bisa menyembunyikan folder tertentu yang berada di dalam galeri.

Untuk bisa menghilangkan foto, kumpulkan terlebih dahulu menjadi satu folder. Jika sudah, maka pilihlah ikon yang biasanya ada di kanan atas layar. Nantinya akan tampil beberapa opsi seperti tampilkan album atau sembunyikan album. 

Pilihlah album-album yang ingin disembunyikan lalu geser tombol slider ke kanan. Pastikan warnanya sudah merah untuk menandakan folder tersebut telah disembunyikan.

Sama halnya dengan Android, iPhone juga memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan foto. Untuk menyembunyikan foto, masuklah ke apps Photos terlebih dahulu. 

Selanjutnya, pilihlah foto-foto yang ingin disembunyikan dan pilihlah share extension dan tekan hide. Terakhir, tekan enter untuk melakukan konfirmasi.

Nantinya semua foto tersebut akan tersembunyi di dalam album tersebut. Untuk membukanya, pengguna tinggal masuk ke dalam apps photo lagi, lalu pilih album dan hidden. Jika ingin mengeluarkan foto, tinggal di kembalikan ke folder yang ada di galeri.

2. Menggunakan File Manager


Cara Menyembunyikan Foto di HP Dengan Aman


Salah satu aplikasi bawaan yang ada pada hampir semua HP Android adalah File Manager. Selain bisa digunakan untuk mengolah data di HP, aplikasi ini ternyata juga bisa menyembunyikan folder di dalam HP. 

Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan membuka aplikasinya terlebih dahulu. Selanjutnya, pastikan semua foto yang ingin disembunyikan sudah masuk menjadi satu folder.

Tekan folder tersebut agak lama hingga muncul beberapa opsi lanjutan. Jika sudah muncul, pilihlah opsi ubah nama. Untuk menghilangkan folder tersebut, beri tanda titik pada bagian depan namanya. 

Contohnya, berilah nama folder dengan .Looser. Selanjutnya, tekan enter untuk mengubah namanya. Seharusnya folder sudah menghilang dan tampak tidak ada.

Untuk mengembalikan folder, tinggal masuk ke dalam aplikasi File Manager kembali. Untuk memudahkan pencarian, ketik nama folder yang disembunyikan. Selanjutnya ubah nama folder dengan menghilangkan titik di awal namanya.

3. Mengunduh Aplikasi KeepSafe Photo Vault


Cara Menyembunyikan Foto di HP Dengan Aman


Bagi yang tidak memiliki fitur bawaan jangan khawatir karena ada cara menyembunyikan foto di HP dengan aplikasi seperti KeepSafe Photo Vault. Aplikasi yang satu ini bisa memasang PIN pada galeri sehingga tidak sembarang orang bisa membukanya. Namun, aplikasi ini juga menyediakan fitur hide your photos untuk menyembunyikannya.

Untuk menyembunyikan foto, pertama masuklah ke aplikasi dan masukkan kode verifikasi yang sudah dibuat. Selanjutnya nantinya akan ada album dimana pemilik bisa menyimpan foto yang tidak ingin ditampilkan di galeri. Untuk menambahkan foto ke dalamnya, tinggal tekan tombol + pada kanan atas layar.

Info Menarik Lainnya : Cara Menyembunyikan Video di Hp Oppo, Simak Yuk!

4. Mengirimnya ke Aplikasi Vault


Cara Menyembunyikan Foto di HP Dengan Aman


Aplikasi yang tidak kalah canggih dan bisa membantu menyembunyikan foto adalah Vault. Untuk bisa menggunakannya, pastikan sudah mengunduhnya terlebih dahulu pada HP. 

Selanjutnya, bukalah galeri dan pindahkan foto-foto yang ingin disembunyikan lalu klik share ke aplikasi Vault. Nantinya semua foto tersembunyi di dalam aplikasi tersebut.

Cara lain untuk menyembunyikannya adalah dengan membuka aplikasi secara langsung. Selanjutnya, klik gambar gembok dan pilihlah foto-foto yang ingin dimasukkan ke dalam folder tersebut. Selain tersembunyi, orang harus memasukkan pin terlebih dahulu untuk bisa membukanya.

Info Menarik Lainnya : Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD Agar HP Tidak Penuh

5. Menggunakan Aplikasi KYMS


Cara Menyembunyikan Foto di HP Dengan Aman


Bagi pengguna iPhone & iPad, ada juga aplikasi khusus yang bisa menyembunyikan foto tanpa terlihat. Aplikasi ini disebut dengan KYMS, yang bentuknya menyerupai kalkulator. Jadi ketika membuka aplikasi ini orang tidak akan menyadari bahwa ini merupakan aplikasi penyembunyi foto.

Untuk bisa masuk ke dalam aplikasi, pengguna harus memasukkan 4-digit angka terlebih dahulu, lalu menekan = sebagai pengganti enter. Setelah aplikasi terbuka, pengguna bisa memasukkan apa saja ke dalamnya mulai dari foto, video, dokumen hingga rekaman suara.

Info Menarik Lainnya : 6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone

6. Menyimpannya Dengan Reporter Camera


Cara Menyembunyikan Foto di HP Dengan Aman


Aplikasi berikutnya yang bisa digunakan untuk perangkat Apple adalah Reporter Camera.

Dibandingkan aplikasi lain, aplikasi ini sangat membantu karena pengguna tidak harus lagi memindahkan foto ke folder lainnya. Jadi ketika mengambil foto dengan aplikasi ini, foto akan langsung tersimpan ke dalam aplikasi tersebut tanpa ke galeri.

Meskipun ini adalah aplikasi menyimpan foto, namun hasil jepretannya tidak kalah dengan aplikasi lainnya. Bahkan aplikasi Reporter Camera memiliki beberapa pengaturan serta filter seperti White Balance, signature dan masih banyak lagi.

Itulah berbagai cara menyembunyikan foto di HP baik dengan menggunakan aplikasi atau fitur bawaan. 

Jika tidak ingin kapasitas memori di HP berkurang karena adanya aplikasi tambahan, maka gunakan saja fitur bawaan yang ada di HP Anda. Biasanya beberapa HP seperti Samsung, iPhone dan Xiaomi memiliki fitur ini. 

Namun, bagi yang tidak memiliki fitur bawaan, maka bisa menggunakan aplikasi canggih untuk menyembunyikan foto yang ada di ponsel Anda. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menyembunyikan Foto di HP Dengan Aman"