Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Bisnis Budidaya Unik yang Menguntungkan, Simak Yuk!


Selalu ada cara untuk memulai sebuah bisnis. Salah satunya adalah bisnis budidaya unik. Bisnis ini juga terbilang unik karena bisa menciptakan permintaan baru, menimbulkan tren, serta mendatangkan keuntungan besar. Tentu saja dengan perhitungan dan manajemen yang baik.

Namun, orang kadang enggan menjalankan bisnis ini karena takut mencoba dan juga tidak memiliki ide apa yang harus dibudidayakan. Padahal, ada banyak hal unik yang dapat dibudidayakan hingga menjadi komoditas yang bernilai. 

Artikel kali ini akan mengulas mengapa bisnis ini layak dijalankan dan apa saja ide produknya.

Simak hingga tuntas yuk!

Potensi Bisnis Budidaya Unik

Budidaya selalu dikaitkan dengan hewan atau tumbuhan dan ini ada benarnya. 

Budidaya merupakan tipe usaha yang membutuhkan keuletan, ketelatenan, dan juga kemauan untuk terus belajar. Ini karena potensi kegagalannya cukup tinggi di awal-awal usaha apalagi bagi orang yang belum banyak pengetahuan soal membudidayakan sesuatu.

Maka budidaya unik berarti membudidayakan sesuatu yang jarang atau belum pernah dibudidayakan sebelumnya. 

Artinya, permintaan masih sedikit atau belum ada sama sekali. Ketiadaan permintaan ini bisa jadi karena belum ada pengetahuan soal nilai atau manfaat produk, atau memang kurang peminat. Hal-hal inilah yang harus digali dan dijadikan bahan pertimbangan sebelum menjalankan bisnis ini.

Tapi bukan berarti bisnis budidaya ini tidak potensial karena justru ada kekuatan tersendiri dari usaha ini. Pelaku usaha bisa menciptakan tren baru dari komoditas unik yang dibudidayakannya. 

Permintaan bisa diciptakan dengan menimbulkan kondisi-kondisi yang mendorong terjadinya permintaan.

Caranya bisa dengan mulai mengenalkan produk kepada masyarakat dengan menjelaskan apa saja manfaat produk. 

Kemudian jelaskan juga apa yang mungkin dilewatkan masyarakat jika tidak memiliki produk unik ini. Ciptakan tren baru dari budidaya produk yang tak biasa. Viral tren baru saat ini sangat mudah terjadi dengan bantuan social media dan internet.

Lalu, siapa konsumennya? 

Untuk bisa menjawab hal ini, tentu harus melihat lagi apa manfaat dari komoditas yang sedang dibudidayakan. Dengan mengetahui manfaat, maka akan diketahui juga siapa orang-orang yang akan terpenuhi kebutuhannya lewat komoditas tadi.

Ide Budidaya Unik yang Potensial

Dari besarnya potensi dan nilai ekonomis sebuah komoditas unik, tentu memancing rasa ingin tahu apa saja yang bisa dibudidayakan. Sebenarnya, dengan modal kemampuan membaca peluang, tidak sulit untuk memulai bisnis ini. 

Berikut ini adalah beberapa ide bisnis budidaya sesuatu yang unik:

1.  Ternak Kroto

Kroto merupakan telur dan larva dari semut rangrang. Kroto umumnya digunakan sebagai pakan burung kicau. 

Dulu, peternak burung biasanya mencari kroto di hutan karena memang inilah habitat aslinya. Namun, seiring berkurangnya hutan kemudian tingkat kesulitan yang tinggi dalam pencarian kroto di hutan, maka muncul ide untuk membudidayakan kroto.

Budidaya kroto termasuk unik karena tidak banyak orang yang melakukannya. Padahal, usaha ini tidak memerlukan lahan besar, bahkan di tempat yang sempit pun bisa. Cukup dengan membuat sarang dari kaleng atau toples bekas, kemudian beri makan dari makanan sisa. 

Dengan harga yang mencapai 200 ribu rupiah per kilo, tentu usaha ini potensial. Pecinta burung kicau sangat membutuhkannya, lho.

2.  Beternak Jangkrik

Budidaya jangkrik juga sama potensialnya dengan budidaya kroto. Jangkrik juga dikenal sebagai pakan hewan seperti burung kicau dan ikan. Usaha ini tergolong potensial karena pemainnya belum banyak. 

Mencari jangkrik di alam bebas mulai sulit apalagi bagi orang -orang di kota besar. Maka, lebih baik membudidayakan lalu dipasarkan kepada mereka yang memerlukan.

Walaupun sering dianggap hama oleh sebagian besar petani, jangkrik memiliki banyak manfaat. 

Selain sebagai pakan ikan atau burung, ternyata jangkrik dapat diolah menjadi makanan. Bahkan, olahan makanan dari jangkrik bisa diekspor. Sudah tahu belum, kalau serangga adalah makanan masa depan?

Info Menarik Lainnya : Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan, Simak yuk!

3.  Budidaya Lintah

Dikategorikan sebagai hewan berbahaya karena bisa menghisap darah membuat lintah sangat ditakuti orang. Namun dibalik anggapan itu, lintah ternyata memiliki manfaat yang dapat berguna untuk manusia. 

Beberapa orang yang berkecimpung di bidang Kesehatan berpendapat bahwa lintah memiliki khasiat untuk mengatasi beberapa penyakit.

Karena adanya kebutuhan untuk terapi lintah ini, maka membudidayakan lintah sangat potensial, bukan? 

Sekarang ini cukup sulit mencari lintah di lingkungan sekitar tempat tinggal. Tentu akan sangat sulit apabila para terapis harus berburu ke alam liar. Nah, cobalah untuk membudidayakan lintah ini karena peluang bisnisnya terbilang bagus.

4.  Membudidayakan Keong Mas

Binatang ini juga seringkali dianggap hama oleh para petani. Tetapi ternyata banyak juga orang yang menyukai rasanya ketika diolah menjadi masakan. Dari sinilah muncul peluang untuk budidaya keong mas. Beberapa orang yang sudah melakukannya mengaku bisa meraup keuntungan yang tidak sedikit.

Keong mas masih bisa dijumpai dengan mudah di alam bebas dan lingkungan pedesaan. Maka dari itu, bagi orang yang tinggal di pedesaan dan ingin memulai usaha, budidaya keong mas bisa dicoba. 

Kandungan gizi dari keong mas sangat besar dan jika sudah masuk ke rumah makan, harganya cukup mahal. Silahkan dicoba, ya.

Info Menarik Lainnya : Modal Ternak Kambing Pemula dan Potensi Usahanya

5.  Beternak Belut

Si licin yang satu ini dikenal memiliki cita rasa yang lezat dan kaya kandungan gizi. Bahkan, belut juga menjadi salah satu komoditas ekspor. Namun begitu, belum banyak orang yang membudidayakan belut dengan berbagai alasan. Belut masih banyak didapatkan dari alam bebas dan bukan dari hasil budidaya.

Beternak belut memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan sebenarnya tidak sulit dilakukan. Bahkan di lahan rumah pun bisa. Kolam terpal dan tong plastik adalah salah satu tempat pembibitan yang bisa dijajal. 

Karena merupakan komoditas ekspor, tak heran harga per kilonya bisa sangat mahal. Nah, jangan sampai melewatkan peluang ini.

6.  Membiakkan Jamur Enoki

Budidaya jamur memang sudah banyak dilakukan namun tidak untuk jenis jamur enoki. Jamur yang satu ini seringkali dijumpai pada masakan rebusan seperti shabu-shabu, nabe, dan masakan hot pot lainnya. 

Jamur enoki yang ada di Indonesia masih didominasi oleh jamur enoki import. Padahal, peminatnya sangat banyak apalagi dengan menjamurnya restoran jepang, korea, dan china.

Membudidayakan jamur enoki sangat berpotensi menambah pundi-pundi uang karena bisa panen sepanjang tahun. Pertumbuhan yang cepat membuat usaha cepat balik modal. 

Dengan media tanam serbuk gergaji dan bonggol jagung yang ditempatkan di dalam botol, seseorang sudah bisa memulai menanam jamur enoki. Usaha ini juga tidak memerlukan lahan luas, lho.

Info Menarik Lainnya : 7 Usaha Kecil yang Menjanjikan di Kampung Halaman

7.  Budidaya Sukulen

Tren tanaman hias tampaknya belum akan hilang walaupun perkembangannya sedikit terhambat. Namun begitu, ada satu tanaman unik yang belum banyak dibudidayakan yaitu sukulen atau kaktus mini. 

Tanaman yang satu ini memiliki keunikan yaitu tidak perlu sering-sering disiram. Warnanya pun beragam dan bentuknya sangat menggemaskan.

Berkembang biak secara vegetatif, sukulen bisa dikembangbiakkan dengan mudah. 

Cukup lewat memotong daun atau batang lalu tempatkan di media tanam. Letakkan di lokasi yang terkena sinar matahari dan tak perlu setiap hari disiram. Mudah, bukan?

Itulah diatas beberapa inspirasi tentang bisnis budidaya unik dan potensi usahanya yang bisa dicoba. 

Beberapa komoditas unik memang tampak sedikit menyeramkan untuk dikembangbiakkan. Tapi ingat, minimnya pesaing di bisnis ini berpotensi membuat pendapatan lebih banyak. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Bisnis Budidaya Unik yang Menguntungkan, Simak Yuk!"