Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Usaha Kecil yang Menjanjikan di Kampung Halaman

Membuka usaha kecil yang menjanjikan tidak harus di kota besar. Anda juga dapat merintis usaha, dan bahkan bisa meraih sukses di kampung halaman. Selain itu, di masa krisis seperti saat pandemi seperti ini, gelombang PHK di kota besar banyak terjadi. Akibatnya, banyak orang yang memutuskan pulang ke kampung halaman, demi untuk membuka usaha kecil mandiri.



Usaha kecil yang menjanjikan biasanya bertumpu pada potensi-potensi ekonomi daerah setempat


Maka, jika memutuskan membuka usaha di kampung, ada hal-hal yang perlu diketahui dan dipertimbangkan lebih dahulu. Artikel kali ini akan membahas usaha apa saja yang cocok dibuka di kampung halaman beserta tantangannya. Yuk disimak!

Apakah Anda Kena PHK Karena Perusahaannya Krisis Akibat Corona? Akhirnya Memutuskan Pulang Kampung untuk Membuka Usaha? Nah Berikut Ini Tantangan dan Keuntungannya


Dimanapun, sebuah usaha pasti memiliki tantangan tersendiri. Sama halnya dengan membuka usaha di kampung halaman, tantangannya berbeda dengan di kota besar. Misalnya, jika di kota besar persaingan sangat ketat namun daya beli masyarakat tinggi. Sedangkan di kota kecil, minim pesaing namun daya beli masyarakat tidak terlalu besar.

Tantangan lain datang dari stigma masyarakat setempat. Mayoritas orang di daerah sulit percaya pada produk-produk baru. Oleh karena itu, promosi dan pengenalan produk ke masyarakat setempat harus dilakukan dengan gencar. Promosi dari mulut ke mulut masih menjadi strategi yang efektif di daerah.

Selain itu, faktor daya beli masyarakat juga harus dipertimbangkan. Pengusaha harus menyediakan produk yang harganya sesuai dengan pendapatan masyarakat setempat. Lalu, jangan lupakan juga karakteristik masyarakat setempat. Sesuaikan produk dengan kultur dan kondisi sosial ekonomi di kampung halaman.

Namun, bukan berarti di kampung halaman tidak ada peluang usaha kecil yang menjanjikan. Justru, keuntungan membuka usaha di kampung halaman salah satunya adalah mudah mencari tenaga kerja. Biasanya, di awal usaha, pengusaha akan mempekerjakan kerabat dan sanak saudaranya. Setelah usaha berjalan, barulah bisa merekrut karyawan baru lagi.

Keuntungan lainnya adalah mudah memantau usaha karena mobilitas yang mudah. Seperti diketahui di kota kecil tidak ada kemacetan atau jam sibuk seperti di kota besar. Maka, mobilitas dari rumah ke tempat usaha lebih mudah. Dengan begini, koordinasi dengan staf juga lebih mudah dilakukan karena jarak dan waktu tidak menjadi masalah.

Sangat disarankan untuk mencari peluang usaha kecil yang menjanjikan di kampung halaman. Alasannya adalah sebuah usaha bisa membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat. Jika usaha dikelola dengan baik dan bisa tumbuh dan berkembang, maka akan lebih banyak lagi lapangan kerja yang bisa dibuka.

Artikel Menarik Lainnya : 12 Usaha Potensial Di Desa Yang Perlu Anda Tahu (Prospeknya Bagus Lho)

Contoh Usaha Kecil yang Menjanjikan


Peluang usaha kecil yang menjanjikan di kampung halaman ternyata cukup banyak. Agar usaha bisa langgeng, usahakan membuka usaha yang cocok dengan karakteristik dan kebutuhan masyarakat setempat.

Berikut ini beberapa contoh usaha yang bisa dijajal dengan modal kecil:

1. Warung Makan Sederhana


Bisnis ini termasuk yang bisa dibuka dimana saja dan tahan terhadap segala kondisi. Jenis warung makan yang dibuka bisa menjual makanan khas kampung halaman. Namun, bisa juga menjual makanan yang belum ada sebelumnya. Misalnya, membuka warung masakan khas Betawi, Sunda dan Jawa.


7 Usaha Kecil yang Menjanjikan di Kampung Halaman
Ilustrasi Warung Makan Khas Sunda.

Bisa juga menjual makanan jenis lauk pauk sehari-hari yang dilengkapi dengan jajanan kecil dan gorengan. Biasanya, warung jenis ini laris manis di pagi hari karena orang banyak mencari sarapan dan bekal anak sekolah. Usaha ini bisa dibuka dengan modal kecil dan memanfaatkan lahan pribadi.

2. Warung Kopi Yang Menjual Gorengan dan Makanan Ringan


Di era gelombang ketiga industri kopi ini, warung kopi semakin menjamur. Namun begitu, warung kopi tidak pernah sepi pembeli atau kehilangan pelanggan. Usaha ini juga cocok dibuka di kota kecil dan di desa. Tentu saja menunya harus disesuaikan dengan keadaan dan kultur masyarakat setempat.


7 Usaha Kecil yang Menjanjikan di Kampung Halaman
Ilustrasi Warung Kopi.

Biasanya, warung kopi yang laris di kota kecil dan desa adalah dengan konsep lesehan atau tempat nongkrong santai. Kopi bisa dibuat dengan metode manual brew atau juga dengan mesin espresso. Sedangkan, model warung kopi ala café yang modern dan serius biasanya kurang diminati di desa.

Artikel Menarik Lainnya : 19 Peluang Usaha Ternak Yang Menguntungkan Dan Menjanjikan, Serta Tips Memulainya

2. Toko Sembako


Usaha kecil yang menjanjikan lainnya adalah toko sembako. Jika di daerah sekitar perumahan atau dalam satu kawasan belum ada toko sembako, tidak ada salahnya menjajal usaha ini. Apalagi jika jarak ke pasar kota jauh, maka usaha ini sangat cocok dijalankan.


7 Usaha Kecil yang Menjanjikan di Kampung Halaman
Ilustrasi.

Toko sembako bisa berkonsep grosir atau eceran. Jika berkonsep grosir, maka tentu saja membutuhkan lahan yang cukup besar dan modal yang besar. Namun jika berkonsep eceran, carilah tempat kulakan yang murah sehingga keuntungan bisa maksimal.

3. Agen LPG


Jika kawasan tempat tinggal jauh dengan agen atau pangkalan LPG, maka tidak ada salahnya membuka usaha ini. Selain keuntungannya besar, usaha ini sangat membantu masyarakat akan kebutuhan gas LPG. Agen LPG bisa memenuhi kebutuhan pengecer dan juga rumah tangga.


7 Usaha Kecil yang Menjanjikan di Kampung Halaman
Ilustrasi.

Kebutuhan LPG di daerah juga cukup besar. Malahan, terkadang pasokan untuk para pengecer sering tersendat karena minimnya jumlah agen. Kalaupun ada, lokasinya cukup jauh. Maka, ini sebuah peluang yang bisa ditangkap. Menjadi agen LPG, adalah contoh usaha kecil yang menjanjikan di kampung halaman.

5. Beternak Bebek dan Ayam Kampung


Lahan di kampung halaman biasanya lebih luas daripada di kota besar. Lahan yang luas ini bisa dimanfaatkan untuk beternak bebek dan ayam kampung. Selain dagingnya, telur bebek dan ayam kampung juga banyak dicari orang.


7 Usaha Kecil yang Menjanjikan di Kampung Halaman
Ilustrasi.

Modal untuk beternak bebek dan ayam kampung tidak terlalu besar. Yang diperlukan hanyalah modal untuk membeli anak bebek/ayam kampung, pakan, vitamin dan pembuatan kandangnya. Jaga kebersihan dan kesehatan bebek/ayam yang diternak agar konsumen puas, dan akhirnya melakukan pembelian kembali.

Artikel Menarik Lainnya : Rincian Modal Usaha Telur Ayam (Serta Tips Peternakannya)

6. Minuman Kekinian


Bisnis minuman termasuk bisnis yang cocok dijalankan dimana saja. Pasalnya, modal yang dibutuhkan kecil namun harga jualnya bisa tinggi. Keuntungan yang didapat bisa maksimal. Usaha minuman yang cocok dibuka di kampung halaman adalah jenis ice blend.


7 Usaha Kecil yang Menjanjikan di Kampung Halaman
Ilustrasi.

Ada banyak franchise untuk usaha ini atau bisa juga memakai merek sendiri. Bahan baku untuk bisnis ini juga banyak tersedia baik secara online ataupun di toko bahan makanan. Carilah lokasi yang dekat dengan sekolah atau tempat keramaian seperti alun-alun.

7. Barbershop


Usaha ini tidak pernah sepi pelanggan dan cocok untuk dibuka di kampung halaman. Biasanya, di kota kecil masih jarang tempat potong rambut pria dengan konsep barber. Maka, karena konsep barbershop masih tergolong baru, usaha ini layak dijajal.


7 Usaha Kecil yang Menjanjikan di Kampung Halaman
Ilustrasi.

Agar usaha Anda di desa bisa langgeng, maka jangan mematok harga sama dengan di kota besar. Sesuaikanlah dengan tingkat ekonomi dan daya beli masyarakat setempat.
Jangan lupa untuk usahakan mencari sewa tempat yang murah. Atau, Anda bisa juga memanfaatkan lahan milik sendiri, teman atau kerabat dengan sistem bagi hasil atau sewa dengan harga miring.

Artikel Menarik Lainnya : 10 Usaha Sampingan Modal Kecil

Nah, ternyata peluang usaha yang menjanjikan di kampung halaman cukup banyak, bukan?

Maka dari itu, jika kebetulan ada diantara Anda yang sedang terkena gelombang PHK akibat krisis corona, maka jangan pernah berputus asa. Anda masih bisa mencari penghasilan di kampung halaman dengan cara membuka usaha mandiri. Manfaatkanlah sebaik-baiknya pesangon yang diberikan oleh pihak perusahaan untuk hal-hal produktif seperti ini.

Yuk tetap semangat! 💪😉

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "7 Usaha Kecil yang Menjanjikan di Kampung Halaman "

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)