Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

6 Cara Buka Blokir Website Dengan Mudah, Simak Yuk!

 

6 Cara Buka Blokir Website Dengan Mudah, Simak Yuk!

Cara Buka Blokir Website - Pernahkah mencoba untuk membuka sebuah situs, namun ternyata situs tersebut diblokir karena alasan tertentu? Mungkin ada rasa kecewa karena situs tersebut tidak bisa diakses kembali. Namun jangan khawatir, karena ternyata ada beberapa cara untuk membuka blokir website yang ada di internet.

Perlu diingat, bahwa pada dasarnya internet bersifat terbuka dan tidak ada larangan dari pemerintah mengenai internet service provider (ISP). Kalaupun ada situs yang diblokir oleh pemerintah, hal ini biasanya terjadi karena situs tersebut mengandung konten yang tidak layak diakses oleh orang lain. 

Nah jika tidak ada konten yang aneh atau melanggar peraturan (konten sadis, jud!, melanggar norma, dll) maka seharusnya situs tersebut dapat diakses secara normal.

Tapi jika masih tidak bisa di akses, maka jangan khawatir, karena ada cara buka blokir website yang bisa dicoba oleh para pengguna. 

Selain dapat diterapkan pada PC, cara-cara berikut juga dapat dilakukan pada ponsel masing-masing.

1. Menggunakan & Mengunduh VPN


6 Cara Buka Blokir Website Dengan Mudah, Simak Yuk!


Jika ingin membuka situs yang terblokir, maka salah satu cara termudah yang bisa dicoba adalah dengan mengunduh dan menggunakan aplikasi VPN

Dengan VPN, pengguna bisa mengenkripsi lalu lintas internet serta mengubah alamat IP. Dengan begitu, ketika pengguna sedang browsing, tidak ada yang mengetahui keberadaan sang pengguna dan situs yang terblokir pun tidak dibatasi atau terblokir lagi.

Bagi para pengguna PC yang ingin menggunakan VPN, pertama-tama bukalah menu Pengaturan

Selanjutnya, masuk ke bagian Network & Internet dan tekan tombol Tambah VPN Connection. Isi kolom tersebut dengan IP dan Server yang ada, lalu tekan Enter

Jika sudah selesai, maka jangan lupa untuk menyambungkan profil VPN yang sudah dibuat dengan internet yang akan digunakan agar bisa membuka situs yang terblokir.

Sedangkan bagi pengguna ponsel, untuk bisa menggunakan VPN, pastikan mengunduh aplikasi VPN terlebih dahulu. 

Jika sudah berhasil diunduh, pengguna tinggal connect atau mengaktifkan aplikasi untuk menggunakan internet dengan VPN. Apabila tidak digunakan, maka tinggal mematikan aplikasinya.

2. Menggunakan Proxy Terbuka


6 Cara Buka Blokir Website Dengan Mudah, Simak Yuk!

Cara buka blokir website dengan sistem yang hampir sama dengan VPN adalah menggunakan proxy terbuka. 

Dengan menggunakan cara ini, pengguna tidak perlu melakukan instalasi maupun pengaturan tertentu untuk bisa membuka situs yang terblokir. Selain itu, proxy terbuka akan menyembunyikan alamat IP yang asli sehingga tidak dapat diketahui oleh situs tersebut.

Sayangnya, meskipun mudah dan cepat digunakan, proxy memiliki kekurangan yang cukup mengganggu. Beberapa penyedia proxy bisa memantau kegiatan online yang dilakukan seseorang bahkan bisa juga menyebarkan alamat IP pengguna. 

Jadi berhati-hatilah ketika memilih dan menggunakan proxy terbuka untuk membuka situs tertentu.

3. Mengunduh & Membuka Opera

6 Cara Buka Blokir Website Dengan Mudah, Simak Yuk!
Salah satu browser yang bisa membantu pengguna dalam membuka situs yang terblokir adalah Opera. Ini merupakan browser yang banyak digunakan oleh orang selain Firefox dan Chrome. 

Nah, Opera bisa membantu pengguna membuka situs yang terblokir dengan fitur VPN yang ada di dalamnya. Jadi ketika sedang browsing lalu ada situs yang terblokir, maka pengguna tinggal mengaktifkan fitur VPN yang ada di dalamnya.

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu lagi melakukan pengaturan di bagian network seperti ketika menggunakan VPN biasa. Sekilas, sistem kerjanya sama seperti aplikasi VPN yang ada di ponsel. Pengguna tinggal mengaktifkan dan mematikan fitur ketika ingin menggunakannya.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuka Blokir WiFi Indihome Agar Bisa Digunakan Kembali

4. Menggunakan Alamat IP


6 Cara Buka Blokir Website Dengan Mudah, Simak Yuk!

Ada banyak penyebab mengapa sebuah situs terblokir. Salah satu penyebabnya adalah situs yang dibuka berbentuk URl bukan IP. Jika ini adalah penyebabnya, maka cara buka blokir website adalah dengan membuka alamat IP nya saja.

Jadi, berbeda dengan URL alamat IP terdiri dari deretan angka saja. Untuk bisa membuka situs tersebut, pengguna tinggal menemukan IP situs tersebut dan menyalinnya ke browser. Jika alamat IPnya benar, maka situs harusnya langsung terbuka.

Salah satu cara untuk mengetahui alamat IP sebuah situs adalah dengan menggunakan CMD. 

Pertama, bukalah program Command Prompt pada PC masing-masing. Selanjutnya, ketik kata Ping beserta nama situs yang ingin dibuka, lalu tekan Enter

Jika perintah yang dimasukkan benar, maka alamat IP situs tersebut seharusnya muncul. Tinggal memasukkan alamat IP tersebut ke browser yang digunakan.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Agar Bisa Digunakan Kembali

5. Mengunduh Browser TOR


6 Cara Buka Blokir Website Dengan Mudah, Simak Yuk!

Selain Opera, salah satu browser yang juga bisa membantu pengguna membuka situs yang diblokir adalah TOR. 

Berbeda dengan Opera, TOR memiliki pengaturan serta jaringan tersendiri yang dapat menjaga privasi para penggunanya sehingga tidak dapat diketahui oleh orang lain selain pemakainya sendiri. Dengan begitu, para pengguna tetap bisa mengakses situs-situs yang telah diblokir.

6. Mengunduh & Menginstall Betternet


6 Cara Buka Blokir Website Dengan Mudah, Simak Yuk!

Sebuah software yang dapat membantu para pengguna membuka situs terblokir dengan mudah adalah Betternet. Untuk bisa menggunakan software ini pengguna harus mengunduhnya terlebih dahulu. 

Selanjutnya, ketika sudah diunduh, pengguna tinggal Log in dan mengaktifkan software agar tersambung dengan koneksi internet yang digunakan.

Sekilas software ini sama seperti VPN, karena dapat melindungi privasi para penggunanya. Namun salah satu kelebihan software ini adalah masih gratis dan belum banyak digunakan oleh orang. Jadi pengguna tidak perlu khawatir ketika mengunduh atau menggunakannya.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Activate Windows 10 dengan Aman

Kesimpulannya, meskipun sebuah situs diblokir oleh pihak tertentu, pengguna masih bisa membuka situs tersebut dengan beberapa cara diatas. 

Jika tidak ingin ribet melakukan pengaturan VPN pada PC, maka unduhlah browser seperti Opera dan TOR yang memiliki fitur tersendiri. Sedangkan bagi pengguna ponsel, maka cara buka blokir website yang termudah adalah dengan mengunduh dan menginstall VPN.

Post a Comment for "6 Cara Buka Blokir Website Dengan Mudah, Simak Yuk!"