Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengganti Kartu Telkomsel Dengan Nomor yang Sama


Cara Mengganti Kartu Telkomsel Dengan Nomor yang Sama - Bagi yang kehilangan SIM cardnya karena HP yang hilang atau memang lupa menaruhnya dimana, jangan khawatir karena nomor tersebut masih bisa digunakan. Namun, untuk bisa menggunakannya kembali, para pengguna harus menghubungi petugas Telkomsel terlebih dahulu. 

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama sebenarnya mudah, asalkan semua persyaratan yang dibutuhkan lengkap.

Yuk simak ulasan selengkapnya.

Alasan Mengganti Kartu SIM

Pada umumnya, orang mengganti SIM card dengan kartu yang baru adalah karena yang lama telah hilang. Namun ada juga yang menggantinya karena SIM card yang lama usianya sudah lama sehingga menyebabkan sinyal sering hilang dan tidak bekerja dengan optimal. 

Sedangkan jika kondisi kartu masih bagus, orang biasanya mengganti kartu karena memang ukurannya sudah tidak sesuai dengan ukuran ponsel yang digunakan.

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama sebenarnya tidak sulit, jika alasannya adalah yang kedua maupun ketiga. Sebaliknya, jika ingin membuat kartu yang baru karena alasan hilang, prosesnya akan lebih panjang dan membutuhkan dokumen yang lebih banyak.

Proses Penggantian Sim Card Telkomsel

Nah, agar proses penggantian tidak sampai terhenti atau terhambat, ada baiknya para pengguna mengetahui terlebih dahulu cara serta persyaratan yang dibutuhkan untuk mengganti kartu Telkomsel. 

Untuk membantu para pengguna mengganti kartunya, berikut adalah beberapa proses dan persyaratan yang dibutuhkan:

1. Email ke CS Telkomsel



Cara pertama untuk mengganti kartu dengan nomor yang sama bisa dilakukan secara online melalui email. Cara ini sangat praktis dan mudah namun hanya bisa dilakukan apabila nomor tersebut tidak terhubung ke perbankan. Sedangkan jika terhubung, maka pengguna tidak akan bisa melanjutkan prosesnya.

Cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama adalah dengan mengirimkan email ke customer service Telkomsel dengan subjek ganti kartu spasi nomor yang ingin diganti kartunya. 

Selanjutnya, pada bagian isi email lampirkan foto diri yang sedang memegang KTP, fotocopy E-KTP dan kartu keluarga. Pastikan foto yang sedang memegang KTP terlihat jelas, agar proses verifikasinya menjadi lebih mudah. 

Terakhir, jangan lupa untuk memasukkan nomor HP yang bisa dikontak.

Nantinya, para pengguna akan dihubungi oleh petugas Telkomsel. Petugas akan melakukan konfirmasi kembali mengenai pemilik kartu dengan menanyakan nama yang diregistrasikan hingga berapa nomornya. 

Jika semua sudah sesuai, maka petugas akan membuatkan kartu yang baru untuk pelanggannya. Proses ini biasanya yang membutuhkan waktu terlama atau sekitar 1 minggu. Nantinya jika kartu sudah jadi, SIM card akan dikirimkan ke alamat yang telah diinformasikan, dengan biaya dibebankan kepada pelanggan.

Secara keseluruhan prosesnya cukup simpel dan mudah. Hanya saja, jarak waktu antara mengirim email hingga kartu jadi memang cukup lama. Khusus untuk pelanggan Pascabayar, pastikan kartunya sudah bebas tagihan sebelum memulai proses diatas.

2. Datang ke Grapari



Bagi yang tidak memiliki email atau nomornya terhubung dengan perbankan, maka pengguna harus datang ke Grapari untuk mendapatkan nomor yang baru. 

Pengguna tinggal datang ke Grapari terdekat dan menunggu hingga gilirannya tiba. Jika tidak mau mengantri terlalu lama, ada baiknya untuk datang pagi ketika baru buka.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Agar Bisa Digunakan Kembali

3. Membawa Dokumen Untuk SIM Card yang Hilang

Bagi yang kehilangan SIM card, maka ada beberapa dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat mendapatkan kartu kembali dengan nomor yang sama. 

Pertama, pastikan bahwa nomor tersebut sebelumnya sudah didaftarkan sesuai nama nomor KTP sang pemilik. Nantinya, data yang didaftarkan serta dokumen yang diserahkan akan diverifikasi. Jika ada yang tidak sama, maka prosesnya akan lebih sulit bahkan tidak bisa diganti.

Jika sudah terdaftar, maka jangan lupa membawa fotocopy e-ktp sebanyak dua lembar beserta yang asli juga. Bagi yang tidak memiliki e-ktp, maka bisa menggunakan surat keterangan asli yang bisa didapatkan dari Dinas Kependudukan atau kartu identitas yang lain seperti SIM atau KK.

Proses pembuatan baru bisa diwakilkan, namun dengan syarat melampirkan surat kuasa dengan materai 6000. Selain itu, surat tersebut juga harus memiliki lampiran fotokopi e-ktp, hingga kartu keluarga yang asli. Syarat-syarat di atas juga berlaku bagi WNA yang kehilangan SIM card dan ingin membuat yang baru.

Jika semua dokumen diatas sudah lengkap, petugas akan membantu verifikasi data. Selanjutnya, petugas akan melakukan proses validasi dengan menanyakan beberapa pertanyaan seperti nominal pulsa terakhir, tanggal isi ulang hingga nomor yang sering dihubungi dalam satu bulan terakhir. 

Hal ini hanya untuk memastikan bahwa pelanggan tersebut memang pemilik sim card yang hilang.

Info Menarik Lainnya : 6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone

4. Dokumen Untuk yang Ingin Upgrade Kartu/ Mengubah Ukuran Kartu



Bagi pelanggan yang hanya ingin mengubah kartunya, maka prosesnya akan lebih mudah dan cepat. 

Proses validasi dan verifikasi akan tetap ada, hanya saja jumlah pertanyaannya tidak sebanyak jika kehilangan SIM card. Khusus untuk yang ingin upgrade kartu, silahkan membawa kartu SIM yang masih aktif serta fotokopi e-KTP.

5. Pembuatan Kartu SIM yang Baru



Jika semua data dan dokumen sudah lengkap, maka petugas akan membantu membuatkan kartu yang baru. Apabila datang langsung ke Grapari, prosesnya akan lebih cepat dibandingkan melalui online. 

Bahkan, kartu SIM yang baru akan langsung keluar setelah proses validasi selesai. Hanya saja, kartu biasanya tidak bisa langsung digunakan karena harus menunggu 1x24 jam terlebih dahulu.

Itulah cara mengganti kartu Telkomsel dengan nomor yang sama yang dapat dilakukan oleh para pelanggan. 

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Karena di Reset Pabrik

Jika tidak ingin keluar rumah dan mengantre, cara terbaik adalah dengan melalui online. Hanya saja, kartu SIMnya tidak bisa langsung diterima pada saat itu juga. Apabila membutuhkan kartu SIM dengan segera, maka datanglah ke Grapari terdekat dengan membawa dokumen yang lengkap.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengganti Kartu Telkomsel Dengan Nomor yang Sama"