Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Promosi di FB Gratis untuk Pebisnis Pemula


Menggunakan facebook sebagai media jualan, sudah lazim digunakan oleh para pelaku usaha online. Bagi para pemula, ada cara promosi di fb gratis yang harus dipelajari agar mendatangkan konsumen dan meningkatkan penjualan. 

Cara-cara ini tidak terlalu sulit, namun perlu dilakukan secara konsisten. Apalagi, jika baru memulai usaha dan mengandalkan facebook sebagai media promosinya.

Lalu, langkah seperti apa saja yang perlu dilakukan agar cara promosi di FB gratis itu bisa efektif?

Yuk simak ulasan selengkapnya. 

1. Pahami Target Pasar

Hal pertama yang harus diketahui agar cara promosi di fb gratis semakin efektif adalah dengan memahami target pasar. 

Sebagai pelaku usaha, mengetahui produk serta ceruk market merupakan keterampilan yang harus dimiliki. Tidak semua produk atau bisnis yang dijalani akan sesuai dengan berbagai kalangan.

Maka dari itu, pengusaha perlu mengetahui audiensi agar unggahan yang disebarkan sesuai dan berterima dengan pasar. Postingan berupa gambar dan caption yang tepat dengan pasar tentu akan memberikan efek positif yang lebih besar.

2. Berpartisipasi dalam Grup Sejenis

Sebagai pendatang baru, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan grup penjual produk sejenis yang sudah lebih dulu ada. Facebook memang memfasilitasi grup tempat berkumpulnya beberapa akun untuk saling bertukar informasi.

Grup semacam ini dapat dimanfaatkan, selain untuk meningkatkan skill jualan, juga menjadi cara promosi di fb gratis karena akun akan semakin dikenal. Tujuan utamanya adalah memperkenalkan usaha kepada lebih banyak orang, sehingga terbangun jaringan yang semakin luas.

Ketika memilih grup, jangan juga asal-asalan. Pilih grup yang komunikatif dan produktif. 

Komunikatif dalam arti ada interaksi dan sharing positif di dalamnya, terutama terkait dengan produk yang dijual. Sementara kategori produktif, bisa dilihat dari banyaknya anggota yang join, yang tentunya akan meningkatkan insight akun facebook yang dikelola.

Setelah bergabung dengan grup, membaurlah dengan perlahan. Jangan tiba-tiba memasarkan produk, melainkan lebih dulu memperkenalkan diri dan merespons postingan anggota grup lain. Setelah beberapa hari ada di grup, barulah melakukan promosi dan pantau perkembangannya.

3. Gunakan Halaman Facebook

Facebook memiliki fitur fanpage yang sangat sering digunakan untuk berjualan. Hal ini juga menjadi salah satu cara promosi di fb gratis, karena fanpage ini memungkinkan pemilik akun memberikan informasi lebih detail.

Sebagai langkah awal, pengguna fanpage bisa menampilkan data detail bisnisnya. Tampilkan juga informasi berupa deskripsi produk dengan jelas, sehingga para pengunjung akan melihat dengan jelas hal apa yang ditawarkan. Halaman ini dinilai efektif mengundang konsumen bagi para pelaku usaha yang berpromosi di facebook.

Meskipun halaman facebook dinilai efektif, namun masih banyak juga pedagang yang tidak memanfaatkannya dengan optimal. Misalnya, halaman hanya diisi foto-foto saja tanpa deskripsi jelas. Selain itu, halaman juga tidak digunakan untuk promosi sesuai dengan kata kunci.

4. Sematkan Link Website

Facebook dapat digunakan juga sebagai jembatan untuk mengarahkan pengunjung pada website. Kolom website ini dapat langsung di-klik dan seketika membawa pengunjung facebook masuk ke web karena bersifat live. Memanfaatkan kolom ini, tentu saja dengan terlebih dahulu membangun website berisi katalog produk.

Dengan menggunakan fitur ini, siapapun yang menyukai halaman facebook akan mendapatkan notifikasi melalui email. Dengan demikian, teknik menyisipkan website ini bisa digunakan sebagai cara promosi di fb gratis. Selain itu, live link juga bisa dimanfaatkan menjadi backlink gratis.

5. Memperbarui Fanpage

Membangun jaringan salah satunya dapat dilakukan dengan meningkatkan popularitas. Fanpage yang sudah dibangun, jangan ditinggalkan begitu saja, karena facebook tidak mengenal autopilot untuk pembaruan unggahan dan akun.

Lakukan update terbaru tentang bisnis dan produk yang dijual, atau berikan informasi apapun yang terkait dengan produk yang dijual. Informasi bisa berupa berita atau cerita testimoni, sehingga pengunjung fanpage akan semakin melihat jika produk ini laris.

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi Laundry Lewat Facebook Efektif dan Mudah

6. Kemas Halaman dengan Menarik

Tak dapat dipungkiri jika penampilan tetap menjadi nomor 1. Demikian halnya dengan halaman facebook yang menarik, agar mendatangkan target lebih banyak. Pelaku usaha pun harus benar-benar memperhatikan hal tersebut, karena halaman yang dikemas menarik adalah cara promosi di fb gratis dan efektif.

Hal yang bisa diperhatikan misalnya profile picture dan cover halaman. Kedua hal tersebut biasanya menjadi perhatian pertama pengunjung. Ibarat berada di sebuah toko, maka profile dan cover adalah halaman depan yang menunjukkan nama toko. Jika halaman depannya tak enak dipandang, tentu toko tersebut akan dilewati oleh pedagang begitu saja.

Selain itu, berikan juga gambaran yang jelas tentang toko di bagian ‘about’, serta lengkapi juga informasi-informasi lainnya. Dengan demikian, calon konsumen akan menemukan informasi lengkap sejak awal mengunjungi halaman facebook. Apalagi, jika ditambahkan juga dengan beberapa unggahan gambar dan testimoni.

Kreasi halaman yang menarik bisa juga dengan menata unggahan dengan warna background dan tulisan yang seragam. Selain itu, paduan konten juga akan membuat halaman tampak rapi atau berantakan. Maka pastikan mengunggah jenis konten dengan sangat konsisten dan terjadwal.

Info Menarik Lainnya : 7 Cara Jualan Online Laris yang Jarang Diketahui Orang

7. Buat Konten Menarik

Cara mudah untuk promosi secara gratis di media sosial adalah dengan mengunggah konten-konten menarik. Konten menjadi cara untuk menarik followers. Maka gunakanlah dengan baik facebook yang dikelola, dengan mengunggah gambar dan caption yang mengundang rasa penasaran.

Penting juga untuk mengatur konten supaya tidak membosankan. Misalnya, dengan memadukan gambar promosi dengan artikel, tips, atau bahkan unggahan video ringan dan candaan. Hal itu penting untuk menjaga ritme agar followers tidak bosan mengikuti unggahan yang rutin.

Bagikan artikel dan tips, tentunya yang sesuai dengan produk yang dijual. Hal semacam ini juga penting dan banyak follower yang mencari, untuk menambah pengetahuan tentang penggunaan atau pengalaman lain terkait produk tersebut.

8. Mempromosikan Akun Facebook

Meskipun telah membuat akun facebook atau fanpage, bukan berarti akun tersebut akan otomatis dikenal. Pelaku usaha masih harus mempromosikan akun facebook tersebut ke berbagai media. Misalnya yang sederhana, menyebarkan link akun ke story WA, dan meminta para pembaca untuk follow dan like.

Selain itu, fanpage bisa juga dipromosikan ke grup-grup yang sudah diikuti sebelumnya. Dengan demikian, minimal insight fanpage akan meningkat positif. Jika followers sudah dibangun, maka celah untuk berpromosi dan menjual produk akan semakin terbuka lebar. Cara ini bahkan digunakan dan efektif sebagai cara promosi di fb gratis.

Info Menarik Lainnya : 7 Trik Jualan Online Agar Cepat Laku (Olshop Wajib Nyimak)

9. Buat Jadwal Posting

Mengelola akun facebook membutuhkan effort yang lebih besar. Apalagi jika akun tersebut dibuat untuk promosi gratis. Tak sedikit para pelaku usaha online yang menggunakan admin khusus untuk mengelola media sosial. Hal itu agar facebook atau platform lain yang dipakai promosi bisa terjadwal dengan baik.

Penting bagi pemilik akun bisnis untuk membuat jadwal rutin untuk posting. Selain itu, sangat penting juga untuk melihat dan merespons setiap komentar yang muncul di halaman. Hal tersebut akan meningkatkan engage pebisnis dengan konsumen.

Banyak hal yang bisa dilakukan sebagai cara promosi di fb gratis. Hal yang paling penting adalah menjaga konsistensi dalam mengelola facebook sebagai media promosi. 

Selain itu, pastikan semua pelanggan yang mampir ke halaman facebook mendapat respons yang cepat dan ramah, agar menjaga pelanggan tetap bertahan dan membeli produk yang ditawarkan.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Promosi di FB Gratis untuk Pebisnis Pemula"