Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

8 Cara Promosi di TikTok Untuk Tingkatkan Popularitas Brand

8 Cara Promosi di TikTok Untuk Tingkatkan Popularitas Brand

TikTok kini termasuk aplikasi yang paling banyak diunduh oleh generasi milenial. Aplikasi ini juga membuka jalan lebar bagi para penjual untuk mengembangkan bisnisnya. Tentunya pemahaman mengenai cara promosi di TikTok harus diperdalam agar dapat memasarkan brand secara maksimal. 

Lalu, Bagaimanakah Cara Promosi di TikTok yang Efektif dan Tepat?

Yuk simak ulasan selengkapnya.

Keunggulan TikTok Sebagai Media Promosi Online

Melakukan promosi sebuah produk maupun brand sebetulnya dapat dilakukan di berbagai media. Pemilihan Tiktok sebagai tempat untuk memasarkan produk merupakan salah satu pilihan yang tepat. 

Apa alasannya?

Karena TikTok adalah aplikasi yang paling sering didownload sejak tahun 2020. Itulah sebabnya, brand atau produk yang dipromosikan pada TikTok dapat dikenali oleh banyak pengguna.

Melalui TikTok, pebisnis online dapat memaksimalkan media ini untuk mengenalkan brand ke customer. 

Misalnya dengan pembuatan challenge tertentu agar menjadi viral. Tidak menutup kemungkinan produk yang dijual akan mendapat kepercayaan customer. Sehingga, dapat dipastikan bila penjual akan langsung kebanjiran order.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan wadah bagi pebisnis untuk mengepakkan usahanya. 

Melalui fitur Ads, penjual dapat memaksimalkan penggunaan iklan agar dapat menjangkau customer lebih banyak. Terdapat beberapa tipe iklan yang dapat dimanfaatkan bagi penjual online shop. 

Berhasil tidaknya pemasaran tersebut selebihnya tergantung dari kualitas konten yang diunggah oleh admin.

Cara Melakukan Promosi Brand Atau Produk di TikTok

Dalam membangun bisnis online, penjual patut memahami cara promosi di TikTok agar dapat memaksimalkan keuntungan. 

Pada dasarnya, poin penting dalam promosi terletak pada keaktifan admin dalam berinteraksi dengan pengguna lain. Tujuannya untuk membuat customer percaya pada produk yang ditawarkan. 

Berikut panduan cara promosi yang bisa diterapkan oleh penjual online shop:

1. Daftarkan Akun Bisnis dan Lengkapi Profil

Bila sebelumnya pengguna sudah memiliki akun, cara promosi di akun TikTok dapat dilakukan dengan mendaftar akun bisnis. Opsi ini bisa ditemukan pada menu 'Kelola Akun Saya'

Silahkan melengkapi informasi dasar mengenai produk atau brand yang ingin diperkenalkan pada pengguna lain. Agar lebih menarik, pasang foto profil yang menarik di akun tersebut.

Salah satu ciri khas dari promosi online adalah adanya link menuju website atau media sosial lain yang berkaitan dengan produk. Pebisnis dapat mengisikan tautan ini di bagian Bio

Tambahkan pula keterangan singkat mengenai produk yang dijual. Dengan demikian, orang-orang yang ingin berbelanja dapat membuka tautan tersebut dengan mudah.

2. Pahami Sistematika TikTok

Sebagai salah satu pengguna TikTok, pebisnis harus memahami cara kerja aplikasi ini terlebih dahulu. Sebab, pada dasarnya TikTok memiliki tampilan yang berbeda dibandingkan media sosial lain seperti Facebook atau Instagram. 

Di samping itu, kebanyakan pengguna Tik Tok merupakan generasi milenial yang memiliki jiwa kreatif dalam membuat konten.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Paling Efektif

3. Tingkatkan Kualitas Konten Untuk Brand

Setelah memahami sistematika media sosial ini, cara promosi di TikTok dapat dilakukan dengan membuat konten yang kreatif. Sebab, popularitas brand akan diperoleh saat pebisnis mampu membuat konten yang viral. 

Dengan demikian, diperlukan keteraturan bagi seorang admin untuk mengunggah beragam konten agar dapat berinteraksi dengan follower secara aktif.

Adapun cara promosi di TikTok tidak hanya dapat dilakukan dengan postingan yang mengarah langsung pada iklan. Pebisnis dapat mempelajari beberapa konten yang paling sering muncul di beranda. 

Biasanya orang-orang akan membuat konten edukasi, tutorial, behind the scene, dan lain sebagainya. Setelah terwujud kepercayaan customer, silahkan mulai memperkenalkan brand yang dimiliki.

Sebagai contoh, untuk mempromosikan produk kosmetik pebisnis dapat membuat konten tutorial cara menggunakan make up. Jelaskan setiap step dengan gaya penyampaian yang menarik. Pada bagian akhir, barulah perkenalkan produk kosmetik yang digunakan dalam pembuatan konten tersebut. 

Selanjutnya arahkan follower untuk mencoba dengan membeli produk pada website yang tersedia.

Pada waktu tertentu, penjual juga bisa mengisi waktu senggang dengan mengunggah konten behind the scene. Tunjukkan proses dibalik layar dari brand yang sedang dipromosikan. 

Dengan upaya ini, pebisnis dapat terus berinteraksi dengan follower. Sehingga, tingkat kepercayaan terhadap brand tersebut semakin tinggi dan membuat customer tidak ragu untuk membeli.

Info Menarik Lainnya : Cara Beriklan di Tiktok Agar Efektif & Menguntungkan

4. Ikuti Event yang Sedang Trend di TikTok

Sebuah trend bisa berupa penggunaan filter, lagu, dan gaya video yang ramai dibahas oleh pengguna TikTok lain. Strategi ini dinilai sangat efektif untuk meraih minat customer agar meluangkan waktu untuk melihat akun bisnis penjual. .

Setelah tertarik, orang-orang akan melihat kumpulan video yang pernah diunggah di akun tersebut. Dengan demikian, jumlah tayangan dari video akan semakin banyak.

Meski cara promosi di TikTok menggunakan strategi ini mudah dilakukan, akan tetapi sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu konten tersebut dengan produk. 

Apa alasannya?

Karena tidak semua tipe bisnis akan cocok digunakan pada konten yang sedang viral. Sehingga, pebisnis juga harus lebih pandai dalam memilah-milah konten trend apakah yang cocok untuk dijadikan dalam promosi produk.

5. Adakan Challenge Menggunakan Hashtag

Penjual dapat membuat hashtag khusus yang mencirikan produk yang ditawarkan. Adanya hashtag ini juga bisa dijadikan dasar pembuatan challenge bagi para follower. Misalnya seperti dance challenge yang akan banyak diikuti oleh generasi milenial. 

Tambahkan pula hadiah khusus untuk beberapa creator yang mengunggah konten paling menarik agar semakin giat dalam mengikuti challenge.

6. Manfaatkan Fitur Stitch

Berbagai fitur yang tersedia di TikTok pada dasarnya tersedia untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Misalnya fitur Stitch yang dapat dimaksimalkan untuk membuat postingan berupa tanggapan dari video pengguna lain. 

Selain untuk hiburan, fitur ini dapat dimanfaatkan sebagai layanan untuk memposting berbagai iklan di TikTok.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Terhapus

7. Gunakan Jasa Influencer Populer di TikTok

Ketika memulai bisnis, penjual juga perlu mempertimbangkan modal yang akan digunakan. Termasuk dana untuk membuat iklan bila memilih menggunakan jasa influencer untuk mempromosikan sebuah brand. 

Bila menggunakan cara ini, sebaiknya amati dulu audiens dari influencer tersebut. Sehingga, pemasaran iklan yang dilakukan menjadi tepat sasaran.

8. Daftarkan Fitur Ads

Selain menggunakan jasa influencer, cara promosi di TikTok dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Ads. Layanan yang tersedia di TikTok ini diperuntukkan bagi para pebisnis yang ingin menjual produknya melalui aplikasi ini. Sebab, ada beberapa kategori yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan promosi secara online.

Untuk iklan yang tampil dengan layar penuh, pebisnis dapat menggunakan layanan Brand Takeover

Bila menginginkan iklan yang bisa di Like dan dikomentari seperti sebuah postingan, cobalah menggunakan layanan In-Feed Video. Selain itu, ada juga iklan yang bisa diperoleh memanfaatkan penggunaan filter dan stiker. Jenis iklan ini disebut Branded AR Content.

Demikianlah penjelasan mengenai cara promosi di TikTok beserta keunggulan dari aplikasi ini untuk dijadikan sebagai tempat beriklan. 

Dalam beriklan di media sosial, keaktifan menjadi aspek utama yang perlu diterapkan bagi setiap admin. Sehingga pada aplikasi TikTok, penjual harus mampu selalu menghadirkan konten yang fresh agar interaksi dengan follower terjalin dengan baik.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "8 Cara Promosi di TikTok Untuk Tingkatkan Popularitas Brand"