Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Peluang Usaha Jualan Kue Basah & Cara Memulainya

 


Jualan Kue Basah - Salah satu jenis usaha yang banyak ditemukan di Indonesia dan memiliki peluang yang besar adalah jualan kue basah. Meskipun saat ini sudah banyak penjual kue basah di Indonesia, namun usaha ini tetap menggiurkan dan keuntungannya cukup besar. 

Bagi yang suka membuat kue, maka jualan kue basah merupakan salah satu peluang usaha yang tidak boleh dilewatkan. 

So, daripada hanya dijalankan sebagai hobi, tentu akan lebih baik jika dijadikan sebuah usaha, sehingga hobi itu bisa menghasilkan uang. Betul 'kan? 

Mungkin akan timbul pertanyaan: "Bagaimana caranya agar bisa bersaing dengan penjual yang sudah ada?"

Nah, agar hobi ini bisa menghasilkan dan mampu bersaing, maka para penjual harus mengetahui peluang serta tips dalam menjalankan bisnis tersebut.

Yuk kita ulas lebih dalam lagi, simak terus ya!

Mengapa Usaha Jualan Kue Basah Banyak Diminati?

Ketika mendengar kata "jualan kue basah", mungkin banyak orang yang langsung meragukan prospek bisnis ini. Padahal jika dijalankan dengan benar, maka usaha ini cukup menjanjikan dan menguntungkan. 

Bagi yang masih ragu untuk menjalankannya, berikut ini ada beberapa alasan mengapa usaha jualan kue masih memiliki peluang yang besar di Indonesia.

1. Pasar yang Luas

Salah satu alasan yang membuat usaha kue basah laris manis adalah karena segmen pasarnya yang luas. 

Penyebabnya karena kue basah disukai oleh hampir semua kalangan. 

Bahkan kue basah juga sangat diminati oleh para wisatawan dari berbagai negara. Dengan pasar yang sangat luas itulah maka potensi kue basah yang terjual di pasaran sangatlah besar.

2. Tak Pernah Lekang Oleh Waktu

Kelebihan lain dari usaha jualan kue basah adalah tidak pernah lekang oleh waktu. Kue basah memang makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dulu. 

Hingga saat ini kue basah masih sering disajikan ketika ada acara penting. Misalnya seperti kegiatan rapat, ulang tahun, lamaran, pernikahan, dll.

3. Proses Pembuatannya yang Mudah & Cepat

Membuat kue basah mungkin tampak sulit bagi sebagian orang. Tapi sebenarnya membuat kue basah itu cukup mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. 

Dengan beberapa kali kursus, Anda bisa membuat kue basah dengan hasil yang tak kalah lezat. Jadi, bagi orang yang tidak punya keahlian membuat kue basah tetap bisa berlatih membuatnya dengan mudah.

4. Biaya Bahan Baku yang Tak Mahal

Hal lain yang membuat usaha jualan kue basah menarik untuk dijalankan adalah biayanya yang murah. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membutuhkan kue tidaklah mahal dan bisa didapatkan dimana saja. 

Jika ingin mendapatkan harga bahan baku yang termurah, maka tempat terbaik untuk membelinya adalah di pasar tradisional.

5. Dapat Dijual Dimana & Kapan Saja

Kue basah merupakan jenis makanan yang dapat dikonsumsi kapan saja. 

Meskipun sebagian orang hanya mengkonsumsi makanan ini pada saat ada acara besar, namun makanan ini juga dapat dikonsumsi pada pagi hari (sarapan) atau saat malam hari. 

Jika ingin dikonsumsi pada malam hari, maka sesuaikan jadwal pembuatannya agar kue tidak bau dan masih bisa dimakan.

Cara Memulai Usaha Kue Basah Agar Laris

Saat ini usaha jual kue basah di Indonesia memang sudah banyak. Hal ini akan membuat persaingan menjadi lebih ketat dan sengit, namun bukan berarti sudah tidak ada peluang lagi untuk mencobanya. 

Nah agar usaha berjalan dengan lancar, pastikan untuk mempersiapkannya dengan baik. Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha kue basah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Diantaranya sebagai berikut:

1. Menentukan Target Pasar

Sebelum memilih jenis kue basah yang akan dijual, tentukan siapa yang akan menjadi pembeli utama kue-kue tersebut. Karena hal ini juga akan mempengaruhi pemilihan lokasi penjualan kue tersebut. 

Jika berencana untuk menjual kue di pasar tradisional, maka pastikan harganya dapat bersaing. Jangan membuat kue dengan harga yang terlalu mahal, sebab tentu akan kalah bersaing dengan penjual yang lainnya.

Jika harga jualnya memang lebih tinggi, maka cobalah menjual kue basah di supermarket atau toko-toko modern. Dengan menjual kue basah di tempat modern, target pasarnya akan jadi lebih luas dan dapat menjangkau kalangan menengah ke atas. 

Kalau Anda ingin pasar yang lebih luas lagi, maka jangan lupa untuk membuka open order atau menerima pesanan.

2. Menentukan Jenis Kue yang Akan Dijual

Setelah menentukan target pasar dari usaha tersebut, saatnya menentukan kue apa yang akan dijual. Jenis kue yang bisa dibuat sangatlah banyak, jadi tentukan salah satu kue basah yang akan Anda jual. 

Karena baru memulai usaha ini, maka pilihlah 1-2 jenis kue saja. Tentu harus memprioritaskan jenis kue yang paling banyak diminati oleh masyarakat di lingkungan usaha Anda. 

Nantinya, jika sudah mulai mendapatkan banyak pelanggan dan jumlah kue yang terjual cukup banyak, maka Anda bisa menambahkan variasi kue secara bertahap. 

Lakukan survey terlebih dahulu mengenai jenis kue yang harus dijual. Tujuan survey dilakukan adalah agar kue yang dijual dapat laris manis di pasaran dan dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Salah satu tips agar kue yang dijual dapat laris di pasaran adalah membuatnya dengan rasa yang lezat. Kalau soal ini sudah perlu dipertanyakan lagi ya,,, soal cita rasa, itu adalah harga mati dalam bisnis makanan. 😊

Dan jika ingin usaha Anda punya ciri khas yang berbeda, maka buatlah kue basah dengan variasi rasa baru. Hal ini mungkin cukup beresiko, namun jika para pelanggan menyukainya, maka variasi rasa ini akan menjadi kekuatan utama usaha kue basah Anda.

3. Buatlah Kemasan yang Berbeda

Pada umumnya, orang menjual kue basah dengan bentuk dan kemasan tradisional. Untuk membuatnya terlihat berbeda, maka buatlah kemasan dalam bentuk yang unik. 

Anda boleh-boleh saja membuat kemasan kue basah dengan gaya modern maupun tradisional. Yang penting desain dan kemasannya tampak lebih unik dibandingkan produk milik kompetitor. Sehingga calon pembeli dan pelanggan Anda lebih tertarik untuk membeli kue buatan Anda tersebut.

4. Menetapkan Harga yang Kompetitif

Hal lain yang harus ditentukan dengan hati-hati adalah mengenai harga jualnya. Dengan banyaknya pesaing yang ada, maka harga jual kue basah tidak boleh terlalu mahal, namun juga jangan sampai Anda merugi karena menjual terlalu murah. 

Oleh karena itu, pastikan untuk menghitung HPP hingga harga jualnya dengan benar. Sesuaikan harga jualnya dengan lokasi jualannya juga, jadi jangan memasang mahal jika dijual di pasar. Dan juga jangan menjual terlalu murah jika sewa lokasi usaha Anda tergolong mahal.  

5. Mencari Tempat yang Strategis

Salah satu kunci agar usaha jualan kue basah laris di pasaran adalah mendapatkan lokasi jualan yang strategis. Lokasinya bisa dimana saja, mulai dari pasar, toko swalayan, sekolahan hingga toko online. 

Jika ingin memperkenalkan dagangan baru, maka usahakan untuk menaruhnya di beberapa tempat sekaligus. 

Titipkan dagangan pada teman, saudara atau menaruh di toko milik orang lain yang pengunjungnya sudah ramai. Dengan cara begitu, maka peluang kue basah Anda dibeli orang akan lebih besar.
Karena prospeknya cukup besar, sehingga tidak perlu heran jika usaha jualan kue basah ini sudah banyak yang menjalaninya di Indonesia. 

Meskipun sudah banyak penjualnya di Indonesia, namun usaha ini masih tetap menjanjikan dan menguntungkan. Apakah Anda juga ingin mencobanya?

Semoga sukses selalu untuk Anda. 😉

Post a Comment for "Peluang Usaha Jualan Kue Basah & Cara Memulainya"