Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir

Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir

Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir - Tiktok merupakan platform video online yang sedang booming beberapa tahun belakangan. Dengan platform ini, pengguna bisa mengunggah dan mengunduh video dari aplikasi. Namun apabila video yang diunggah tidak sesuai ketentuan yang telah ditetapkan Tiktok, maka biasanya akun akan diblokir. 

Nah apabila hal itu terjadi, bagaimana cara mengembalikan akun Tiktok yang diblokir tersebut?

Yuk kita ulas hingga tuntas!

Akun Tiktok biasanya akan diblokir jika pengguna melakukan pelanggaran. Contohnya seperti mengunggah video yang terlarang. 

Makna terlarang pun sebenarnya sangat luas, namun beberapa kasus diantaranya adalah video yang mengandung ujaran kebencian, SARA hingga berita hoaks. Jadi jika tidak ingin akunnya diblokir, pastikan mengunggah video yang sopan dan sesuai aturan yang berlaku di platform Tiktok.

Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir Sementara Atau Permanen

Ketika akun Tiktok diblokir, maka pengguna tidak akan bisa menggunakan akunnya kembali, baik untuk mengunggah atau mengunduh video. Jika hal ini terjadi, maka jangan terlalu khawatir, karena masih ada potensi untuk mengembalikan akun Tiktok yang lama. 

Bagi Anda yang mengalami masalah ini, cobalah beberapa langkah berikut:

1. Mencari Penyebab Akun Diblokir


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir

Jika akun telah diblokir, maka coba cari tau penyebabnya. Pada umumnya akun akan diblokir jika melakukan pelanggaran seperti yang telah disebutkan diatas. Namun, pemberian giveaway juga bisa menyebabkan akun Tiktok diblokir oleh pihak manajemen.

Jadi sebelum komplain atau melakukan pengaduan, cobalah cek kembali video yang telah diunggah ke akun Tiktok. Jika ada yang melanggar aturan, maka segera hapus video tersebut agar akunnya bisa digunakan kembali.

2. Menunggu Akun Dibuka Oleh Tiktok


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir

Jika sudah menghapus video yang dianggap melanggar, maka seharusnya Tiktok langsung membuka akun tersebut dalam waktu 2x24 jam. 

Cobalah untuk Log-in secara terus menerus pada akun tersebut hingga berhasil. Namun, jika dalam waktu 2x24 jam tidak juga berhasil, maka kemungkinan akun tersebut memang belum akan dibuka oleh Tiktok. 

Solusinya, cobalah cara mengembalikan akun tiktok yang diblokir lainnya dibawah ini.

3. Menghapus & Install Kembali Akun Tiktok


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir

Jika sudah menghapus video yang dianggap melanggar, maka hapus dulu aplikasi yang lama. Selanjutnya unduh kembali aplikasi tersebut dan lakukan Log-in seperti biasa. 

Terkadang aplikasi hanya butuh diperbarui agar bisa berfungsi seperti sedia kala. Jika sudah masuk dan tampilan serta fungsinya sudah berjalan normal kembali, maka berarti akun sudah terbuka dari blokir.

4. Menghubungi Pihak Tiktok

Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir

Apabila cara mengembalikan akun tiktok yang diblokir di atas masih tidak berhasil, maka langkah selanjutnya adalah menghubungi pihak Tiktok. Pengguna bisa email ke feedback@tiktok.com atau ke creators@tiktok.com

Ketika membuat email, jelaskan terlebih dahulu masalah yang terjadi. 

Jika memang melakukan pelanggaran, maka jangan lupa untuk meminta maaf dan informasikan apa yang telah dilakukan untuk menghapus kesalahan tersebut. Sebaliknya, bagi yang tidak tau mengapa akun diblokir, jelaskan secara baik-baik saja apa yang telah terjadi.

Nantinya pihak Tiktok akan membalas email tersebut dengan menginformasikan kesalahan pengguna dan solusi yang harus dilakukan. 

Jika pihak Tiktok merasa bahwa pelanggaran yang dilakukan tidak fatal, maka biasanya pihak Tiktok akan mengembalikan akun pengguna. Sebaliknya kalau kesalahan sudah dianggap fatal, maka akun tersebut kemungkinan sulit untuk didapatkan kembali.

Kalau sudah dikembalikan oleh pihak Tiktok, maka pengguna bisa log-in ke dalam akunnya seperti biasa. Proses dari waktu email hingga akun kembali biasanya membutuhkan 3x24 jam, namun prosesnya juga bergantung dari pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna.

5. Melakukan Verifikasi Data


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir


Penyebab lain yang bisa membuat akun terblokir adalah umur pengguna yang masih dibawah ketentuan dari aturan Tiktok. 

Jika memang pengguna masih dibawah umur, maka pengguna tidak akan bisa menggunakan Tiktok. 

Namun jika pengguna sudah cukup umur tapi ada kesalahan saat memasukkan usia, maka solusinya tinggal cantumkan kembali usia yang benar. Biasanya pihak Tiktok hanya akan meminta bukti yang menunjukkan bahwa usia pengguna lebih dari 17 tahun.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghasilkan Uang dari TikTok Paling Efektif

Cara Menghindari Akun Tiktok Diblokir

Selain mempelajari cara mengembalikan akun tiktok yang diblokir, ada baiknya pengguna juga mencari tau cara agar akun tetap aman dan terhindar dari blokir. 

Bagi yang suka bermain Tiktok, maka perhatikan beberapa tips dan aturan berikut:

1. Mengunggah Video yang Sesuai Aturan


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir

Seperti yang diinformasikan sebelumnya, Tiktok memiliki beberapa aturan bagi penggunanya yang ingin mengunggah video. Pastikan untuk selalu mengunggah video yang sesuai dengan aturan tersebut. Tujuannya agar tidak sampai terkena pengaduan oleh pengguna lain maupun blokir dari Tiktok.

Unggahlah video yang menghibur dan juga sopan. Jangan sampai menampilkan video dengan kandungan SARA, p*rno atau hoaks. Usahakan juga videonya tidak ada kata-kata yang menjatuhkan orang, karena hal itu juga bisa menyebabkan akun diblokir.

Info Menarik Lainnya : Cara Menambahkan Lagu Sendiri di TikTok (Mudah & Praktis)

2. Memastikan Semua Profil Benar

Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir

Selanjutnya, ketika mengisi profil akun, pastikan untuk mengisi semua informasi dengan benar. 

Jika ada yang salah, terutama bagian umur, maka akun bisa dengan mudah diblokir oleh pihak Tiktok. Jadi ketika membuat akun Tiktok, perhatikan setiap informasi yang diisi.

3. Menghindari Video Giveaway


Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir

Meskipun tidak jelas alasannya, namun video giveaway ternyata juga bisa menyebabkan sebuah akun Tiktok diblokir. Oleh karena itu, jika ingin terhindar dari pemblokiran akun, maka ada baiknya tidak mengunggah video dengan unsur giveaway. 

Jika ingin membagi-bagikan hadiah, maka cobalah cara lain agar tidak sampai terdeteksi oleh pihak Tiktok.

Itulah beberapa cara mengembalikan akun tiktok yang diblokir serta tips untuk menghindarinya. Jika kesalahan yang dilakukan tidak fatal, maka akun bisa kembali. Sebaliknya, jika sudah dianggap fatal maka bisa jadi akun tersebut tidak akan bisa digunakan kembali lagi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Akun Tiktok yang Diblokir "