Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menghapus Cache di HP Samsung (Agar Memori Ponsel Berkurang)

Cara Menghapus Cache di HP Samsung (Agar Memori Ponsel Berkurang)


Cara Menghapus Cache di HP Samsung - Salah satu hal yang membuat kapasitas memori HP berkurang adalah karena adanya file-file tersembunyi yang tidak terhapus. Seringkali pengguna sudah menghapus file, foto, video hingga aplikasi namun memorinya masih saja penuh. 

Jika hal diatas terjadi pada perangkat Anda, maka cobalah pelajari cara menghapus cache di HP Samsung tersebut.

Yuk kita ulas caranya hingga tuntas.

File cache seringkali menjadi file sampah yang tersimpan di dalam HP. Karena tidak terlihat, pengguna seringkali tidak menyadari bahwa file ini justru yang membuat memori ponsel penuh. Oleh karena itu, ketika ingin membersihkan HP untuk mengurangi memori, cobalah menghapus file cache terlebih dahulu.

Apa Itu File Cache?

Bagi yang belum tau, file cache adalah data sementara yang disimpan dalam memori ponsel. Pada dasarnya setiap aplikasi memiliki file cache untuk mempermudah dan mempercepat proses kerjanya. Setiap kali pengguna membuka atau menggunakan sebuah aplikasi, maka file cache baru akan muncul dalam memori HP.

Dengan begitu, jumlah file cache akan terus menumpuk di dalam memori ponsel. Agar tidak sampai penuh, maka ada baiknya pengguna menghapusnya secara rutin. Namun, seringkali pengguna tidak menyadari adanya file cache tersebut. 

Nah, bagaimanakah cara menghapus cache di HP Samsung agar memorinya dapat berkurang?

Berikut ini caranya:

1. Melalui Menu Pengaturan


Cara Menghapus Cache di HP Samsung (Agar Memori Ponsel Berkurang)


Cara menghapus cache di HP Samsung yang pertama adalah melalui menu pengaturan. Pertama, bukalah bagian atau menu Pengaturan yang ada pada ponsel. Selanjutnya, pilihlah menu Aplikasi, dan pilih salah satu aplikasi yang sering digunakan.

Ketika sudah masuk ke menu informasi aplikasi, pilihlah menu Penyimpanan. Nantinya di bagian bawah layar akan muncul tulisan hapus data, hapus memori. Untuk menghapus file cache dari aplikasi tersebut, tinggal pilih Hapus Memori

Nantinya seluruh data cache untuk aplikasi tersebut akan terhapus hingga bersih. Untuk membersihkan seluruh data cache di setiap aplikasi, maka lakukan langkah ini secara berulang untuk semua aplikasi.

2. Menggunakan Fitur Perawatan Perangkat


Cara Menghapus Cache di HP Samsung (Agar Memori Ponsel Berkurang)

Samsung memiliki sebuah fitur yang dikenal dengan Perawatan Perangkat. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan kinerja ponsel dengan membersihkan isi ponsel dari dokumen atau file-file yang tidak penting seperti cache. Prosesnya pun cukup mudah dan cepat karena pengguna tidak perlu membuka aplikasi satu per satu.

Cara untuk menggunakan fitur ini adalah dengan membuka bagian Pengaturan terlebih dahulu. 

Selanjutnya, pilihlah menu Perawatan Perangkat dan Baterai yang biasanya terletak di atas menu aplikasi. Pengguna tinggal klik opsi Optimalkan Sekarang yang ada di bagian bawah layar. 

Selanjutnya, fitur ini akan langsung membersihkan semua file cache dari aplikasi yang ada di HP.

3. Melalui Metode Recovery


Cara Menghapus Cache di HP Samsung (Agar Memori Ponsel Berkurang)

Cara lain untuk menghapus cache secara keseluruhan adalah dengan melalui Mode Recovery

Solusi ini bisa dilakukan untuk para pengguna Samsung atau Android lainnya. Cara menghapus cache di HP Samsung adalah dengan mematikan smartphone terlebih dahulu. Ketika sudah dalam kondisi mati, maka tekan tombol Volume dan Power pada waktu yang bersamaan.

Lalu lepas semua tombol secara bersamaan dan tunggulah hingga muncul logo Samsung. Pilihlah menu Android Recovery untuk masuk ke menu Wipe Cache Partition. Selanjutnya pilih Yes untuk menghapus cache yang ada di ponsel. Terakhir, pilihlah Reboot System Now untuk melakukan restart kembali pada ponsel.

4. Mengunduh CCleaner


Cara Menghapus Cache di HP Samsung (Agar Memori Ponsel Berkurang)

Jika ingin cara yang lebih praktis, maka gunakan aplikasi lain. Seperti CCleaner untuk membersihkan cache secara menyeluruh pada ponsel dengan langkah yang lebih mudah. 

Kelebihan dari aplikasi ini adalah mampu menghapus seluruh cache baik yang terlihat, sehingga dapat membersihkan file-file yang tidak dibutuhkan secara tuntas.

Untuk bisa menghapus file-file tersebut, pertama unduhlah aplikasi ke dalam ponsel. 

Selanjutnya, buka aplikasi dan pilih Clean Now. Nantinya, aplikasi akan langsung membersihkan seluruh data maupun file sampah yang tidak berguna di dalam ponsel. Dengan hilangnya file-file tersebut, maka kinerja ponsel akan kembali optimal.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghapus Cache di HP Oppo Agar Tidak Memenuhi Memori

5. Menggunakan Booster for Android


Cara Menghapus Cache di HP Samsung (Agar Memori Ponsel Berkurang)

Aplikasi pembersih lainnya yang berfungsi untuk menaikkan performansi ponsel adalah Booster for Android. Salah satu cara untuk menaikkan performa ponsel adalah dengan menghilangkan file sampah seperti cache di HP. Dengan begitu, RAM ponsel pu dapat bekerja dengan maksimal.

Untuk bisa memaksimalkan kinerja ponsel, maka bukalah aplikasi dan klik Optimize

Selanjutnya, aplikasi akan langsung bekerja menutup aplikasi yang tidak digunakan, menghapus file yang tidak digunakan hingga menghapus file cache pada setiap aplikasi. Secara total, proses optimasi ini sangat cepat, jadi bersabarlah.

Info Menarik Lainnya : Cara Setting Penyimpanan Otomatis ke Kartu SD Agar HP Tidak Penuh

6. Menggunakan Nox Cleaner


Cara Menghapus Cache di HP Samsung (Agar Memori Ponsel Berkurang)

Aplikasi terakhir yang juga memiliki banyak fitur di dalamnya, termasuk untuk menghapus file cache adalah Nox Cleaner. Sama halnya dengan dua aplikasi lainnya, Nox Cleaner berfungsi untuk meningkatkan kinerja ponsel Android dengan berbagai cara, seperti membersihkan file sampah.

Untuk membersihkannya, pengguna tinggal memilih menu Optimize yang selalu berada di tengah layar. 

Selanjutnya, aplikasi akan melakukan tugasnya dan membersihkan seluruh isi ponsel untuk meningkatkan kinerjanya. Bagi yang ingin membersihkan cache saja dapat memilih menu membersihkan cache agar prosesnya lebih mudah dan cepat.

Info Menarik Lainnya : 6 Cara Memperbaiki Kartu SD yang Tidak Terbaca di Smartphone

Manakah Cara yang Terbaik?

Bagi yang tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan untuk menghapus cache, menggunakan cara manual untuk menghapus cache pada aplikasi. Cara ini cukup lama karena harus dilakukan satu persatu pada setiap aplikasi.

Sedangkan bagi yang sering menggunakan aplikasi dan memorinya sudah cukup penuh, maka coba gunakan fitur bawaan Samsung untuk menghapus file cache yang ada di ponsel. Jika cara ini tidak ampuh, maka cobalah cara menghapus cache di HP Samsung dengan menggunakan aplikasi seperti CCleaner hingga Nox Cleaner.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghapus Cache di HP Samsung (Agar Memori Ponsel Berkurang)"