Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video - Ketika merekam video menggunakan ponsel, seringkali hasilnya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Meskipun kualitas gambarnya bagus, namun tidak jarang ada suara bising di sekitarnya yang akhirnya merusak video tersebut. 

Namun jangan khawatir, karena untungnya ada cara menghilangkan suara bising di video. 

Sehingga hasil video dapat lebih jernih dan bagus.

Bagaimana caranya? Yuk simak artikel ini hingga tuntas.

Suara yang bising pada video biasanya berasal dari lingkungan sekitar. Terkadang pengguna tidak bisa mengontrol orang atau lingkungan di sekitar untuk diam (hening) ketika sedang merekam video. Oleh karena itu, pengguna harus memikirkan cara lain untuk menghilangkan suara bising tersebut. 

Kini ada beberapa cara menghilangkan suara bising di video dengan mudah dan cepat. 

Seperti berikut ini:

1. Menggunakan Adobe Premiere

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Salah satu aplikasi yang pasti sudah tidak asing di telinga para editor video adalah Adobe Premiere

Aplikasi ini dikenal memiliki fitur yang lengkap, seperti menghilangkan suara bising yang ada pada video. Untuk bisa melakukan hal ini ada baiknya pengguna menggunakan PC atau laptop, agar prosesnya menjadi lebih mudah.

Jika sudah memiliki aplikasi ini di PC, maka buka dan Import video yang ingin diedit. Selanjutnya, klik menu Effect dan pilih Audio Effect. Lalu nantinya akan ada pilihan Noise Reduction atau Restoration yang berfungsi untuk mengurangi suara bising pada video.

Pilih fitur tersebut, kemudian Drag dan Drop fitur Effect Denoise ke Timeline video. Nantinya, pengguna tinggal menaikkan Gain menjadi minimal 15 dB untuk menghilangkan suara yang mengganggu. 

Sebelum menyimpannya, coba mainkan kembali video tersebut untuk mendengar dan melihat hasilnya. 

Bila masih ada suara yang mengganggu, maka naikkan kembali Gain-nya.

2. Mengunduh Noise Reducer


Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Aplikasi lainnya yang bisa membantu mengurangi suara bising ada pada video adalah Noise Reducer

Cara menghilangkan suara bising di video dapat dilakukan dengan mengunduh dan menginstall aplikasi ini pada ponsel. Selanjutnya, masukkan video atau audio yang ingin diedit. 

Nantinya, aplikasi ini akan langsung melakukan proses Denoising secara otomatis. Prosesnya akan membutuhkan waktu sekitar 2-3 menit, jadi bersabarlah.

Selanjutnya hasil video yang telah diedit akan muncul kembali di layar. Putar kembali video untuk mengetahui hasilnya. Jika ingin melihat perbedaannya dengan sebelumnya, maka tekan Play Original

Kalau hasilnya sudah sesuai, maka tinggal Save as dan pilih format yang diinginkan. Namun jika belum sesuai, simpan dan ulangi kembali langkah tersebut.

3. Menggunakan Aplikasi Lexis Audio Editor

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Jika Noise Reducer kurang mempan, maka cobalah menggunakan aplikasi Lexis Audio Editor. 

Aplikasi ini juga berfungsi untuk mengubah dan menghasilkan suara yang lebih bagus untuk video. Untuk bisa mengedit suara video, pertama-tama unduhlah aplikasi ke dalam ponsel. Selanjutnya, masukkan video yang ingin dihilangkan suaranya.

Dengan aplikasi ini, pengguna bisa memilih bagian-bagian yang ingin dihilangkan dengan menekan tombol Play dan Stop. Untuk menghilangkan suara, berhentilah pada waktu suara tersebut muncul.

Selanjutnya klik tombol tiga titik diatas dan pilih menu Effects. Untuk menghilangkan suara bising maka pilih kembali Noise Reduction. Aplikasi ini sudah memiliki settingan default yang cukup bagus, namun jika hasilnya tidak sesuai, maka pengguna bisa mengaturnya kembali.

Untuk melihat hasilnya, silahkan tekan tombol Play kembali dan dengarkan hasil suaranya. 

Terakhir, atur kembali Pre-amplifier-nya dan klik Apply untuk mengaplikasikannya pada video. Jika sudah sesuai, maka tinggal Simpan dan Export video tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi Video Youtube di Adwords yang Efektif

4. Menggunakan Filmora Untuk Mac & Windows


Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Bagi yang ingin mencari cara menghilangkan suara bising di video dengan PC (baik pada Windows maupun Mac), maka cobalah menggunakan Filmora

Untuk menghilangkan suara, maka pilih terlebih dahulu video yang ingin diedit. Selanjutnya, pisahkan audio dari video dengan cara klik kanan pada bagian fitur Video, dan kemudian pilih Pisahkan Video.

Klik dua kali pada bagian Audio dan pilih menu Hapus Kebisingan Latar Belakang. Nantinya, aplikasi akan langsung menghilangkan suara bising yang ada di latar belakang. 

Jika hasilnya belum sesuai yang diinginkan, maka pengguna bisa mengatur kembali hingga sesuai dengan yang diinginkan.

Info Menarik Lainnya : 5 Contoh Kata Kata Promosi Channel Youtube (Agar Subscriber Bertambah)

5. Menggunakan Filmora Dengan Menambahkan Musik


Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Cara menghilangkan suara bising di video yang paling mudah adalah dengan menambahkan musik pada video tersebut. 

Beberapa suara seperti suara mobil, orang berbicara hingga pintu dibanting merupakan suara yang tidak bisa dihapus dengan mudah. Kalaupun dihapus, suaranya akan tetap ada, meskipun dengan volume yang kecil.

Untuk menghilangkan suara bising tersebut, maka cukup tambahkan lagu ke bagian Audio di Timeline Video. Lalu, sesuaikan kecepatan, volume hingga durasi musik yang diinginkan dalam video tersebut. 

Dengan langkah simpel ini, maka pengguna bisa menghilangkan suara yang mengganggu tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Watermark Video Dengan Mudah & Gratis!

6. Menggunakan Audioremover.com

Cara Menghilangkan Suara Bising di Video

Untuk yang tidak suka mengunduh aplikasi pada komputer, maka cobalah aplikasi online seperti Audio Remover.com. Sesuai namanya, aplikasi ini mampu menghilangkan audio pada video, termasuk suara yang mengganggu.

Untuk menghilangkan audio-nya, bukalah situs Audioremover.com terlebih dahulu. Selanjutnya klik Browse dan pilih video yang ingin dihilangkan suaranya. Perlu diketahui bahwa video yang dapat diubah dengan aplikasi ini adalah MP4, AVI dan MOV. 

Selanjutnya, dari Timeline Video, pilihlah rentang waktu dari audio yang ingin dihilangkan. Untuk melihat hasilnya, tinggal tekan tombol Play kembali. Jika sudah sesuai jangan lupa untuk disimpan dan diunduh ke PC masing-masing.

Cara menghilangkan suara bising di video memang tidak mudah dan membutuhkan usaha yang lebih. 

Jika tidak ingin repot, maka gunakan aplikasi yang memiliki fitur Denoising, dimana suara bising dapat dihilangkan secara otomatis. Namun perlu diketahui bahwa kekurangan fitur ini adalah tidak bisa diatur secara manual, sehingga terkadang hasilnya kurang maksimal.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda. 

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Suara Bising di Video"