Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Promosi Channel Youtube di Google Paling Efektif

Cara Promosi Channel Youtube di Google Paling Efektif

Lewat jumlah viewers dan subscribers, seorang kreator YouTube bisa menuai banyak keuntungan. Tapi memang dibutuhkan usaha promosi yang tepat, agar channel atau konten YouTube yang dikelola menarik perhatian banyak orang. 

Sudah tahukah Anda? Bahwa Google menyediakan fitur dan fasilitas untuk mempromosikan channel atau konten YouTube. Nah tentunya semua fitur tersebut dapat Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Kali ini akan dibahas seperti apa cara promosi channel YouTube di Google secara efektif dan mudah.

Simak hingga tuntas yuk!

Pembuatan Konten YouTube

Sebelum dipromosikan, tentu channel YouTube harus diisi dengan konten-konten yang menarik. 

Tak hanya perlu tahu cara promosi channel Youtube di Google, kreator juga harus paham betul bagaimana cara membuat konten yang bagus. Jika kontennya bagus maka promosi channel bisa lebih mudah dilakukan. 

Berikut ini beberapa tips pembuatan konten YouTube bagus dan menarik:

1. Angkat Topik yang Sedang Tren

Pertama, cobalah membuat konten dengan topik yang saat ini sedang menjadi tren. Jika konten YouTube yang dibuat mengangkat topik terkini, maka pasti jumlah viewers akan meningkat dengan mudah. 

Orang pun juga lebih mudah tertarik dengan konten-konten yang memang sedang viral. Lain halnya dengan konten yang sudah ketinggalan zaman pasti akan diabaikan begitu saja.

2. Buat Konten Sesuai Target Audiens

Selanjutnya hal yang penting untuk dilakukan saat membuat konten adalah harus disesuaikan dengan target audiens. 

Saat seorang kreator YouTube mulai membuat channel, maka harus ada rencana yang matang. Harus direncanakan pula siapa yang akan menjadi target audiens dari konten-konten di channel tersebut. 

Dengan begitu konten yang ditampilkan bisa dibuat sesuai dengan ketertarikan target audiens.

Misalnya, target audiens yang dibidik adalah perempuan penggemar produk skin care atau perawatan wajah. 

Artinya konten-konten yang akan diunggah di channel tersebut adalah konten yang berhubungan dengan produk skin care. Ini akan mempermudah channel YouTube mendapatkan lebih banyak viewers juga subscribers.

3. Pastikan Ada Manfaat yang Diberikan

Konten dari sebuah channel YouTube harus bisa memberikan manfaat bagi penikmatnya. Audience yang menonton konten tersebut harus bisa mendapatkan manfaat. Ini merupakan salah satu ciri konten yang baik, bukan hanya sekadar hiburan semata. 

Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam membuat konten dan pastikan bahwa konten tersebut memang memberi manfaat.

4. Atur Durasi Video dengan Baik

Salah satu ciri konten YouTube yang baik adalah durasinya pas, tidak terlalu panjang juga tidak terlalu pendek. Perlu diketahui bahwa audiens saat ini sebagian besar tidak tertarik dengan konten video yang berdurasi lama. Paling tidak standar durasi konten adalah 15-20 menit.

Jangan pula membuat konten video dengan durasi yang terlalu singkat. Pastikan durasi video bisa benar-benar memuat informasi yang ingin disampaikan. Selain itu pastikan juga video tersebut tidak membosankan juga bisa dinikmati dengan baik oleh target audiens yang diharapkan.

5. Edit dengan Tampilan Terbaik

Pembuatan konten yang bagus tidak hanya bergantung pada topik dan durasi saja, tetapi juga pada kemampuan editing video yang dimiliki oleh kreator. 

Tentunya semua audiens ingin menikmati konten video yang secara visual bagus sehingga enak untuk dipandang. Itulah mengapa proses editing ini terbilang penting karena akan meningkatkan nilai estetika dari video konten tersebut.

Berikan efek-efek yang sekiranya bisa membuat konten terlihat jadi lebih menarik. Tambahkan sound yang relevan dan pastikan sound tersebut tidak merusak isi dari konten. Perbaiki tampilan gambar jika dirasa terlalu buruk dan tidak nyaman untuk dinikmati sampai akhir.

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi Video Youtube di Adwords yang Efektif

Bagaimana Cara Promosi Channel YouTube?

Setelah konten YouTube sudah siap, maka kini tugas kreator untuk mempromosikan channel-nya. Jelas sekali bahwa langkah promosi ini dibutuhkan untuk membuat channel tersebut semakin populer. Jika promosi berhasil maka jumlah viewers dan subscribers akan bertambah pesat. 

Berikut ini adalah petunjuk cara promosi channel YouTube di Google:

1. Gunakan Kata Kunci yang Tepat

Saat ini banyak sekali pengguna YouTube yang ingin menonton sebuah video namun melakukan pencarian lewat Google. Tidak langsung di YouTube pengguna biasanya akan mengetikkan kata kunci melalui mesin pencari Google. 

Oleh sebab itu, cobalah untuk mengunggah video dengan kata kunci yang tepat sehingga relevan dengan pencarian di Google.

Ingat, keyword ini harus sesuai atau relevan dengan isi konten video. Keyword harus menggambarkan dengan baik keseluruhan isi konten yang ditampilkan dalam video tersebut. 

Lakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan keyword yang tepat dan berpotensi di search engine atau mesin pencari Google.

2. Unggah dengan Embedded di Blog

Langkah selanjutnya yang bisa dicoba adalah mengunggah video dengan embeded di sebuah laman blog. Cara ini diketahui sangat efektif untuk mempopulerkan channel juga konten YouTube. Mudah sekali, buatlah artikel di sebuah blog atau laman website kemudian tanamkan video dalam artikel tersebut.

Pastikan untuk memilih laman blog atau website yang memiliki peringkat tinggi di mesin pencari Google. Jika website tersebut memiliki performa tinggi di mesin pencari maka peluang video YouTube ditonton oleh banyak orang akan semakin besar. 

Jangan lupa sesuaikan juga jenis artikel atau konten blog dengan konten video yang ingin ditampilkan.

Info Menarik Lainnya : 5 Contoh Kata Kata Promosi Channel Youtube (Agar Subscriber Bertambah)

3. Pasang Iklan Melalui Google

Cara promosi channel YouTube di Google berikutnya adalah memasang iklan melalui fasilitas mesin pencari satu ini. 

Seperti diketahui bahwa Google menyediakan fasilitas beriklan yang sangat mendukung para pembuat konten juga pelaku usaha. Fitur ini dikenal dengan nama Google Ads yang ternyata ada banyak sekali pilihan jenisnya. Tinggal dipilih saja sesuai dengan kebutuhan.

Silakan pasang iklan di Google dengan menggunakan landing page video yang akan dipromosikan. Selain itu bisa juga dipasang iklan teks yang muncul di laman pencarian dari Google. Iklan teks ini biasanya akan dibayar sesuai dengan jumlah klik atau dikenal juga dengan nama PPC, pay per click.

4. Lakukan Optimasi SEO Video

Tidak hanya website saja yang perlu dioptimasi dengan SEO, video pun juga bisa. Kreator bisa menerapkan strategi SEO dengan cara jeli memperhatikan semua aspek yang ada pada YouTube. 

Tak hanya melakukan optimasi lewat keyword namun juga perlu memperhatikan thumbnail yang akan digunakan dalam video. Thumbnail inilah yang akan menarik perhatian audiens sehingga mau menikmati video.

Pembuatan judul juga akan sangat berpengaruh pada optimasi video yang dibuat. Faktor ini juga bisa meningkatkan popularitas video sekaligus memperbesar peluang video ini mendapatkan lebih banyak viewers. 

Buatlah judul yang menarik dan relevan, artinya judul tersebut tidak sembarang clickbait. Video dengan judul yang relevan dan menarik akan membuat video tersebut tampil di peringkat teratas saat keyword dimasukkan.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengaktifkan YouTube Premium Nonton Video Bebas Iklan

Itulah ragam cara promosi channel YouTube di Google yang efektif dan mudah diterapkan. Demi mendapatkan viewers dan subscribers yang banyak, pastikan untuk terus konsisten membuat konten yang menarik. 

Promosi juga harus dilakukan secara konsisten dan jangan lupa lakukan evaluasi sehingga pengelolaan channel YouTube tersebut bisa berjalan lebih baik dari waktu ke waktu.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Promosi Channel Youtube di Google Paling Efektif"