Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

8 Cara Promosi Jastip yang Efektif Menjaring Pelanggan


Cara Promosi Jastip - Saat ini jasa pelayanan online mulai banyak ditawarkan orang. Salah satunya seperti penawaran jasa yang tugasnya membantu memudahkan orang ketika berbelanja atau mencarikan jenis barang tertentu. 

Jenis jasa ini populer dengan sebutan "Jastip", yang merupakan singkatan dari kata Jasa Titip. 

Sekilas Sejarah Munculnya Bisnis Jastip

Bisnis jasa ini mulai marak dijalani orang sejak makin meningkatnya trend belanja online pada masyarakat Indonesia. Memang perkembangan bisnis online berkembang dengan sangat cepat. Saat ini bisa dikatakan hampir semua jenis produk di cari orang melalui pasar daring. 

Fenomena diatas sebenarnya tidaklah mengherankan, karena semua produsen, pedagang dan UKM kini sudah pada tumplek plek berjualan disana semua. Anda bisa lihat sendiri di marketplace terkemuka Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll, hampir semua produk ada dijual di sana.

Jadi ya wajarlah kalau kini masyarakat Indonesia lebih cenderung mencari produk yang diperlukannya melalui pasar daring (marketplace/e-commerce).   

Nah, karena kini masyarakat cenderung mencari barang yang dibutuhkannya melalui pasar daring, maka ini jadi tantangan tersendiri bagi pedagang yang ada di pasar online tersebut. 

Kenapa jadi tantangan? 

Begini penjelasannya:

Biasanya ada diantara calon pembeli yang mencari produk tertentu yang tergolong barang unik dan langka. Ada pula pembeli yang memesan jenis barang yang mesti di import terlebih dulu (built up), karena produk itu tidak beredar di dalam negeri. 

Kondisi diatas jika produk yang dicari hanya tersedia di luar negeri (China atau Jepang misalnya). Sedangkan jika produknya ada didalam negeri, maka biasanya orang akan memakai layanan jastip karena produk itu jauh di luar jangkauan. Misalnya produk hanya tersedia di luar kota, sehingga tidak ada waktu dan sulit membelinya sendiri. 

Yang jadi pokok masalah adalah: tidak semua pedagang online yang tahu jalur ('link'/'channel') importir atau produsennya. Sehingga cukup kesulitan untuk mendapatkan produk tersebut. 

Dari semua kondisi itulah kemudian mulai bermunculan jasa-jasa titip barang ini. 

Biasanya mereka yang menawarkan jasa ini adalah orang-orang yang sudah berpengalaman mengimport barang. Atau mereka yang punya banyak akses dan koneksi bisnis, sehingga lebih mudah mendapatkan produk-produk tertentu. 

Catatan: Pengguna jasa titip ini ada yang dari kalangan pedagang (untuk memenuhi pesanan buyernya), ada juga yang memesan secara pribadi (produknya untuk digunakan sendiri).

Jadi kalau Anda cukup berpengalaman di bidang import barang, atau punya kenalan bisnis yang luas, maka sebenarnya Anda juga bisa buka bisnis Jastip ini. 😊 

Jika Anda baru memulai bisnis ini, maka diperlukan pemahaman yang cukup mendalam tentang sistem dan cara memulai promosinya. Tujuannya agar Anda bisa mengembangkan layanan jasa ini dengan baik dan sukses. 

Berikut pembahasan lebih lengkap tentang sistem dan cara promosi jastip yang perlu dipelajari.

Simak terus hingga tuntas yuk!

Mengenal Sistem Dalam Bisnis Jastip

Sebagai penyedia layanan, tentunya pemahaman tentang sistem jastip perlu diperjelas. 

Jasa titip pada dasarnya berupa pre-order untuk produk-produk tertentu yang akan dijual ke customer. Sehingga Anda sebagai pemilik layanan hanya akan membeli barang bila sudah ada pemesannya. Itulah mengapa diperlukan strategi promosi jastip yang tepat agar bisnis ini bisa berjalan.

Anda bisa mengawali usaha tersebut dengan membuka promosi, bisa melalui grup chatting maupun media sosial. 

Sertakan pula harga jual produk yang sudah mencantumkan biaya untuk pengiriman, sehingga tarif yang ditetapkan lebih tinggi dibanding harga produk aslinya. 

Buat list pemesanan dan mulailah untuk membeli produk yang telah dipesan oleh customer sebelumnya.

Cara Promosi Jastip di Media Sosial

Mengingat saat ini hampir sebagian besar orang sudah mempunyai akun media sosial, maka Anda bisa mengambil keuntungan dengan melakukan promosi. 

Adapun cara promosi jastip bisa dimulai dengan mempersiapkan segala kemungkinan yang dibutuhkan agar customer tertarik pada layanan. 

Supaya memperoleh arahan yang tepat, berikut panduan cara promosi jasa titip yang bisa disimak:

1. Siapkan Akses Komunikasi Publik

Agar dapat mengumumkan pembukaan order untuk produk, Anda perlu menyediakan akses komunikasi publik yang memadai. Salah satunya dengan membuat akun untuk jastip yang dapat dihubungi oleh semua orang. 

Bila telah memiliki pelanggan yang tetap, siapkan grup chatting seperti Telegram atau Whatsapp. 

Mulailah dengan melakukan pre-order untuk beberapa macam produk.

Layanan jastip ini pada dasarnya akan memuat berbagai produk, mengingat setiap pelanggan memiliki kebutuhan masing-masing. Dengan demikian, Anda harus memiliki relasi yang luas. 

Biasanya para penyedia produk dalam negeri yang paling banyak dipesan oleh customer. Sedangkan untuk pesanan produk luar negeri, maka Anda harus menguasai bahasa asing, minimal bahasa Inggris.

2. Tentukan Target Promosi

Dalam membangun layanan jastip, sebaiknya Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. 

Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar minat orang-orang dalam menggunakan jasa titip yang tersedia. Sehingga nantinya Anda bisa menganalisis target promosi yang tepat. Di samping itu, sangat penting untuk mengetahui ketersediaan tempat belanja produk yang dipesan customer.

Melalui jasa titip, costumer akan dikenakan tarif khusus. Agar harga produk tidak melambung cukup tinggi, sebaiknya pilihlah tempat belanja produk yang memiliki harga grosir. Sehingga dapat memperoleh harga yang lebih murah daripada di pasaran. 

Dengan penerapan cara tersebut, maka Anda bisa memasang harga produk yang tidak terlalu mahal untuk customer.

Info Menarik Lainnya : Ide Bisnis Titip Beli Barang Ibu Rumah Tangga, Simak Yuk!

3. Siapkan Konten yang Bisa Diunggah

Bukan hanya persiapan produk, Anda juga perlu mengatur cara promosi jastip yang efektif untuk dipublikasikan. 

Konten visual biasanya lebih diminati sebagian besar orang dibandingkan promo pre-order yang hanya menyertakan tulisan saja. Oleh karena itu, sebaiknya dokumentasikan terlebih dahulu contoh produk yang akan diterima konsumen bila membeli.

Kendala yang mungkin ditemukan bagi para pebisnis ketika memilih konten untuk diunggah adalah belum pernah membeli produknya secara langsung. Adapun cara mengatasinya bisa dilakukan dengan meminta foto langsung dari produsen. 

Namun bila cara diatas tidak memungkinkan, maka silahkan mencari foto produk yang terdapat di internet. Tapi ingat! Pastikan foto produk tersebut benar-benar sama persis dengan produk yang akan Anda jual.

4. Pilih Produk Berkualitas yang Banyak Digemari

Pada awal merintis jasa titip barang, Anda mungkin akan mengalami kesulitan bila membuka berbagai pesanan produk. Sebagai alternatif, sebaiknya pilihlah beberapa jenis produk yang paling banyak digemari customer. 

Misalnya seperti produk skincare, makanan, pakaian, dan sebagainya. Fokuskan merintis usaha dari beberapa jenis produk terlebih dahulu (agar Anda tidak mengalami kesulitan).

Setelah jastip mulai berkembang dan Anda telah memiliki relasi yang cukup banyak. Silahkan perluas usaha dengan menawarkan jastip untuk berbagai pilihan produk unik yang sering dicari customer, termasuk jenis produk tertentu yang hanya ada diluar negeri (built up). 

Jangan pernah takut mencoba hal baru, sebab bisa jadi melalui produk unik tersebut Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Info Menarik Lainnya : Pingin Tau Barang yang Laku Dijual Online? Simak Daftarnya!

5. Tentukan Tarif yang Sesuai

Secara umum, ongkos untuk jastip memang cukup besar ketimbang customer membeli produknya sendiri. 

Sebab, tidak mudah dalam mencari produk yang berada di luar kota hingga luar negeri sesuai pesanan customer. Sehingga Anda perlu memasang tarif yang wajar agar pelanggan tetap merasa puas dan bersedia memesan lagi di lain waktu.

Jangan pernah memasang tarif jasa titip terlalu tinggi, karena tentu costumer akan merasa kecewa (jika dia akhirnya tau tarifnya kemahalan). Kemungkinan paling buruk; pelanggan Anda beralih memilih layanan jastip lain yang menawarkan tarif jasa lebih murah. 

Jadi masalah tarif ini sangat penting untuk diperhitungkan dengan matang. Jangan terlalu mahal dan jangan pula terlalu murah, yang sedang-sedang saja. 

6. Mulai Mengunggah Konten Untuk Publik

Foto atau video menjadi salah satu konten yang paling ditunggu oleh para pelanggan jastip. Adapun cara promosi jastip yang dapat dilakukan yaitu dengan memanfaatkan akun media sosial untuk mengunggah visualisasi produk. 

Tuliskan pula tarif dan estimasi barang sampai agar customer bisa mempertimbangkannya sebelum memesan produk.

7. Berikan Respon yang Baik Untuk Customer

Sebagaimana ungkapan pembeli adalah raja, maka Anda perlu memberikan pelayanan terbaik. 

Salah satunya ditunjukkan dengan respon yang cepat terhadap permintaan maupun pertanyaan dari customer. Sebab, setiap orang memiliki pemahaman yang berbeda-beda. Meski sudah diberikan keterangan pada postingan, tetapi ada kemungkinan sebagian orang masih belum memahami sistem jastip.

Itulah sebabnya, Anda juga harus telaten dalam memberikan penjelasan mengenai layanan dan detail produk. 

Semakin tanggap dalam merespon permintaan dari customer, maka akan semakin banyak orang yang berlangganan pada layanan jasa Anda tersebut. Sehingga mereka tidak akan ragu lagi untuk menggunakan jastip Anda bila ingin membeli suatu barang.

Info Menarik Lainnya : 10 Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Tahan Segala Kondisi

8. Sesekali Berikan Bonus

Pengadaan bonus merupakan cara promosi jastip yang paling efektif untuk mendatangkan pelanggan baru. Saat mengadakan program bonus, sebaiknya lakukan perhitungan yang matang agar adanya bonus itu tidak sampai menimbulkan kerugian pada bisnis Anda. 

Setelah mengadakan bonus, biasanya akan mampu membuat jastip Anda semakin dikenal dan menerima banyak pesanan.

Program bonus ini bentuknya sangat beragam. Intinya Anda bisa memberikan bonus sesuai kemampuan. Misalnya potongan harga untuk jastip di bulan tertentu, sehingga diharapkan pelanggan akan berlomba-lomba memesan produk pada periode yang ditentukan tersebut. 

Anda juga bisa memberikan bonus berupa gratis ongkir khusus untuk pemesanan (repeat order). Misalnya khusus untuk repeat order ketiga, keempat, atau kelima dan seterusnya (terserah Anda mau menentukan bonus untuk yang mana, pilih saja yang paling memungkinkan).

Itulah diatas pembahasan mengenai cara promosi jastip yang dapat dijadikan sebagai pedoman untuk mendapat perhatian customer. 

Anda bisa memulai layanan dengan memilih kategori fashion, skincare, sepatu, tas, atau produk unik lainnya (pilihlah yang biasanya paling banyak dicari oleh customer). 

Jangan lupa untuk giat memposting jasa titip Anda, agar semakin banyak pelanggan yang mempercayakan pembelian produk melalui layanan jasa milik Anda tersebut.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "8 Cara Promosi Jastip yang Efektif Menjaring Pelanggan"