Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Jenis Keripik Unik untuk Usaha Kecil, Simak Prospeknya Yuk!



Bisnis makanan selalu diwarnai dengan inovasi dan kreasi dari para pelakunya. Contohnya pada bisnis makanan ringan, khususnya keripik unik untuk usaha kecil. Keunikan ini bisa dari bahan baku, pengemasan, bahkan cara pemasarannya. Yang jelas, keripik unik ini merupakan ceruk usaha yang berpotensi besar.

Di masa pandemi, orang cenderung lebih kreatif menciptakan sesuatu karena tuntutan kebutuhan. Diversifikasi produk seolah terus bermunculan, salah satunya bahan baku pembuat keripik. Walaupun masih didominasi penggunaan tepung, namun bahan utama lainnya terus bertambah.

Bagaimana peluang dan apa saja jenis keripik unik untuk usaha kecil ini?

Baca terus artikel ini sampai habis yuk!

Peluang Usaha Keripik Unik

Keripik unik untuk usaha sangat cocok dengan karakteristik masyarakat digital dewasa ini. Konsumen semakin sulit dipuaskan dan cenderung tertarik atau membeli hal-hal yang unik dan viral. Hal ini terjadi pula pada bisnis keripik.

Mungkin masih segar diingatan Anda bagaimana fenomenalnya keripik singkong pedas Maicih.

Sebenarnya, keripik Maicih hanyalah keripik singkong biasa yang diberi bumbu dan rasa yang sangat pedas. Namun yang membuatnya unik adalah resep keripik itu sendiri dan cara pemasarannya.

Pemilik usaha keripik Maicih itu menemukan resep khas dari seorang nenek, lalu dibuat secara terbatas, dan memasarkannya lewat Twitter. Lokasi berjualan pun berpindah-pindah sehingga konsumen harus memburunya.

Nah, berbekal cerita kesuksesan ini, peluang keripik unik terbuka lebar.

Keunikan keripik ini bisa dari bahan bakunya, bumbu-bumbu penyusun rasa, cara mengkomunikasikannya kepada konsumen, dan tentu saja bagaimana keripik dipromosikan. Peluang ini menjadi lebih lebar lagi karena sebenarnya produk ini sangat mudah dipasarkan.

Bahkan, produsen bisa memproduksi keripik sesuai pesanan. Dengan tren Open PO, tidak perlu khawatir modal lama kembali karena produksi didasarkan pada pesanan.

Keuntungan dan kebutuhan modal menjadi lebih terukur. Kemudian, kekuatan media sosial sangat bisa diandalkan untuk meraup atensi dari calon konsumen. Untuk itulah usaha ini dinilai layak digeluti dan berpotensi untung.

Ide Keripik Unik Untuk Usaha

Seperti telah disampaikan di atas bahwa peluang usaha ini terbuka lebar, namun sayangnya ide bahan baku yang unik sulit sekali ditemukan. Lebih tepatnya, sulit menemukan bahan baku yang tepat untuk membuat keripik unik. Untuk itulah, artikel ini hadir membantu memberikan percikan ide.

Berikut ini adalah beberapa keripik unik untuk usaha yang bisa dicoba:

1.  Keripik Pare

Pare terkenal dengan rasa pahitnya, namun justru inilah yang membuat keripik pare unik.

Rasa pahit pare ternyata bisa dihilangkan dengan pengolahan dan pemberian bumbu yang tepat. Walaupun tidak bisa hilang sepenuhnya, namun justru disinilah keunikannya. Belum lagi manfaat bagi kesehatan dari pare itu sendiri.

Keunikan bahan baku serta manfaatnya yang besar bagi kesehatan, membuat keripik pare menjadi mudah dipasarkan.

Sebagai sayuran yang jarang dibuat menjadi keripik, pare punya keunggulan kompetitif. Yaitu sebagai sayuran bermanfaat untuk kesehatan, enak rasanya, hilang pahitnya begitu diubah menjadi keripik.

2.  Keripik Kaca

Siapa yang tak tahu camilan fenomenal ini. Semenjak trending dan viral di sejumlah media sosial, semakin banyak orang yang mencoba peruntungan berjualan keripik kaca.

Dari namanya saja sudah terlihat kalau keripik ini pasti unik. Ternyata, bahan bakunya sangat sederhana, yaitu tepung maizena yang diberi campuran bumbu pedas serta air.

Nyatanya, dari bahan baku yang sederhana ini tapi dipasarkan dengan cara yang unik, bisa menimbulkan rasa penasaran. Dari rasa penasaran ini, pembelian terjadi.

Karena sedang booming, ide menjual atau membuat keripik kaca bisa dicoba, lho. Jangan lupa untuk memanfaatkan kekuatan media sosial dalam pemasarannya.

Info Menarik Lainnya : Peluang Usaha Kuliner Dari Bahan Singkong, Simak Yuk!

3.  Keripik Brownies

Keripik tak harus gurih, lho. Ide keripik manis nyatanya juga disukai apalagi jika dibuat dari sesuatu yang unik. Brownies yang dicetak sangat tipis kemudian dikemas dalam kemasan yang menarik berpeluang mendapatkan konsumen yang besar.

Lebih baik lagi jika keripik brownies ini bisa jadi oleh-oleh daerah atau kota setempat.

Di Surabaya dan Bandung banyak ditemui keripik brownies yang dijadikan oleh-oleh khas.

Untuk bisa tampil lebih unik, kreasi pada rasa atau resep sangat disarankan. Kemudian selain kreasi pada resep, keunikan lain juga bisa ditampilkan dari desain kemasan. Tentu saja tidak ketinggalan bagaimana keripik brownies ini dikomunikasikan di media sosial.

4.  Keripik Terong

Sudah lama diketahui bahwa terong merupakan jenis sayuran kaya manfaat. Kandungan vitamin yang terdapat pada terong mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Nah, selain diolah menjadi masakan lauk pauk, terong juga bisa diolah menjadi keripik yang lezat dan unik, lho. Sebagai snack sehat, tentu akan banyak orang menggemari keripik terong.

Pengolahan yang tepat dan bumbu yang benar akan meningkatkan cita rasa terong.

Namun perlu diingat bahwa tekstur terong yang berpori, berpotensi menyerap minyak banyak. Jadi, jika ingin mengolahnya menjadi keripik, disarankan menggunakan teknik oven. Teknik ini agar kandungan gizi dalam terong tidak hilang saat proses menggoreng.

Info Menarik Lainnya : 7 Ide Snack Kering Serba Goreng untuk Jualan, Simak Yuk!

5.  Jengkol Kriuk

Dikenal sebagai buah dengan aroma yang sangat tajam, jengkol ternyata justru digemari mayoritas masyarakat Indonesia.

Umumnya diolah menjadi semur atau balado, jengkol ternyata bisa tampil unik sebagai keripik. Untuk membuatnya lebih mantap lagi, beri tambahan bumbu pedas dengan rempah-rempah nusantara.

Supaya keripik jengkol yang unik ini bisa disukai masyarakat, maka hendaknya melakukan promosi dengan tepat. Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan rempah-rempah berkualitas agar aroma jengkol bisa dihilangkan.

Untuk memasarkannya, maka bisa menggunakan media sosial atau tampil sebagai UMKM daerah. Dengan menjadi komoditas suatu daerah, keripik jengkol bisa menjadi oleh-oleh wisata daerah.  

6.  Keripik Bayam

Satu lagi bahan unik yang bisa dipakai membuat keripik adalah bayam. Bayam dikenal tinggi iron dan baik untuk pembentukan Hb dalam darah.

Ternyata, lembaran daun bayam bisa diolah menjadi keripik yang bentuknya mirip dengan rempeyek. Cara pengolahan yang mudah membuat siapa saja pasti bisa membuatnya.

Agar keripik bayam tampil lebih cantik, usahakan memilih bayam yang berdaun lebar. Selain lebih apik dilihat, bayam berdaun lebar lebih mudah dijadikan keripik karena tidak cepat hancur.

Perhatikan juga masalah pengemasan. Usahakan bisa mengakomodir agar keripik tidak melempem dan berikan desain yang eye-catching.

Info Menarik Lainnya : 10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

7.  Keripik dari Bonggol Pisang

Bahan baku yang satu ini sangat unik dan memerlukan pengelolaan yang tepat. Untuk bisa menghasilkan keripik bonggol pisang yang lezat, ada tahapan pengolahan yang harus dilewati.

Pertama adalah mengupas bonggol pisang lalu merendamnya semalaman menggunakan air kapur sirih. Tujuannya adalah agar getah bisa hilang sehingga rasa tidak pahit.

Keesokannya, setelah melewati proses perendaman, bonggol sudah bisa diiris tipis lalu diberi campuran bumbu-bumbu. Lumuri dengan tepung lalu goreng dan tiriskan hingga tidak ada sisa minyak. Biasanya, keripik ini jadi oleh-oleh khas daerah di Jawa Tengah seperti Solo dan Jogja.

Indonesia memiliki banyak sekali bahan yang bisa diolah menjadi keripik unik. Bahkan serangga seperti laron dan jangkrik pun bisa dijadikan bahan baku keripik. Keripik unik untuk usaha selalu bisa dijadikan pilihan berwirausaha.

Selamat mencoba dan semoga sukses untuk Anda.

Post a Comment for "7 Jenis Keripik Unik untuk Usaha Kecil, Simak Prospeknya Yuk!"