Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Tips Jualan di Shopee agar Laris Manis Untung Melimpah


Shopee kini menjadi marketplace andalan bagi para pelaku usaha online. Jumlah pengguna Shopee yang begitu banyak dari berbagai kalangan, membuat platform ini semakin menjanjikan untuk berjualan online di sana. 

Namun di sisi lain, semakin banyaknya pedagang online disana, justru jadi pemicu persaingan ketat diantara pengguna platform Shopee itu sendiri. 

Nah jika Anda termasuk salah satu pedagang yang berjualan online di Shoppe, maka ada beberapa tips dan trik tertentu yang harus dilakukan. Tujuannya tentu agar Anda mampu bersaing dan berhasil menjual banyak produk di platform marketplace tersebut.  

Kali ini akan dibahas tips jualan di Shopee secara efektif. 

Targetnya agar barang bisa laris manis dan toko online Anda mampu terus bersaing (top seller).

Berikut beberapa tips dan trik yang perlu dilakukan:

1. Gunakan Foto Produk yang Bagus

Salah satu daya tarik sebuah toko online adalah katalog produknya. Saat berbelanja online, calon pembeli pasti akan melihat terlebih dulu foto produknya secara cermat. 

Jadi salah satu cara terbaik untuk menarik perhatian calon pembeli adalah dengan menghadirkan foto produk yang bagus dan menarik. 

Lewat foto produk tersebut, nantinya calon pembeli akan mempertimbangkan apakah produk tersebut layak untuk dibeli atau tidak. 

Usahakan untuk memasang foto produk yang berkualitas bagus dan bisa menampilkan produk sejelas-jelasnya. Ingat, jangan pernah berniat membohongi pelanggan dengan foto produk yang diedit secara berlebihan. 

Selain harus bagus, foto produk juga harus asli (sesuai dengan ukuran, bentuk, dan kondisi produk sebenarnya).

2. Sediakan Banyak Varian

Sangat disarankan bagi penjual untuk menyediakan lebih banyak varian produk di platform Shopee. Semakin banyak varian produknya, maka akan semakin besar juga peluang orang untuk membeli di toko online Anda tersebut. 

Misalnya untuk produk baju, berikan pilihan beberapa ukuran dan warna. Jadi satu jenis produk tersedia dalam banyak varian yang dapat dipilih oleh pembeli.

Shopee sendiri telah menyediakan fitur penambahan varian produk yang bisa digunakan oleh penjual. 

Lewat fitur ini penjual bisa menambahkan banyak variasi produk. Jadi penjual cukup mengunggah satu produk tapi bisa menawarkan banyak varian. Produk yang hadir dengan banyak varian biasanya memiliki daya tarik yang lebih besar di mata pembeli.

3. Tuliskan Deskripsi Produk dengan Jelas

Salah satu tips jualan di Shopee yang cukup efektif untuk diterapkan adalah tulis deskripsi produk sejelas mungkin. Selain foto, pembeli juga akan menilai produk dari deskripsinya. 

Sebelum membeli biasanya pelanggan akan melihat foto produk kemudian mencari informasi lengkap produk lewat deskripsi. Dari situlah bisa diambil kesimpulan apakah memang produk tersebut sesuai harapan atau tidak.

Usahakan untuk menulis deskripsi yang lengkap pada setiap produk yang dijual. Semakin jelas deskripsi yang dituliskan, maka akan semakin disukai oleh calon pembeli. 

Selain digunakan untuk meyakinkan pembeli, deskripsi produk juga dibutuhkan demi mencegah komplain dan menghindari terjadinya kekecewaan pembeli.

4. Tetapkan Harga Kompetitif

Dalam dunia bisnis, penentuan harga jual produk sangat penting untuk dipertimbangkan secara matang. Sebaiknya jangan memasang harga jual yang terlalu tinggi namun juga jangan terlampau murah. 

Pastikan untuk melakukan perhitungan yang tepat, hingga akhirnya Anda bisa menetapkan harga jual yang sesuai. Tidak terlalu mahal sehingga produk sulit laku, dan jangan pula terlalu murah yang justru bikin usaha Anda jadi merugi. 

Hal diatas sangat penting untuk diperhatikan, karena akan sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis online yang sedang dijalankan.

Sebelum menetapkan harga, cobalah untuk melakukan riset terlebih dahulu. Cari tahu berapa harga yang beredar di pasaran untuk produk tersebut. Selanjutnya bisa ditetapkan harga yang kompetitif artinya bisa bersaing dengan penjual lain yang menawarkan produk sama. 

Kesimpulannya: Tak perlu mengejar untung terlalu banyak, tapi jangan juga untungnya terlalu sedikit. 

Yang sedang-sedang sajalah. 😊  

Info Menarik Lainnya : Cara Komplain Shopee (Barang Rusak, Hilang, Tak Sesuai, dll)

5. Gunakan Fitur Naikkan Produk

Shopee sebenarnya sudah menyediakan banyak pilihan fitur untuk membantu produk terjual dengan baik. Salah satunya adalah fitur naikkan produk. Fitur ini berfungsi untuk membuat produk yang akan dijual tampil di hasil pencarian teratas. 

Jadi ketika ada pembeli yang memasukkan kata kunci produk tertentu di kolom pencarian, maka produk tersebut akan langsung tampil di bagian paling atas.

Fitur ini bisa digunakan maksimal untuk 5 jenis produk dan hanya dapat diaktifkan 4 jam sekali. 

Karena fitur ini sangat bermanfaat, maka cobalah untuk menggunakan fitur ini sesuai aturan tersebut. 

Cara mengaktifkan fitur ini juga sangat mudah, cukup masuk ke profil Toko, kemudian scroll ke bagian bawah dan pilih produk. Selanjutnya sudah ada opsi Naikkan Produk dan bisa langsung diklik saja.

6. Aktifkan Program Gratis Ongkir

Tips jualan di Shopee berikutnya yang juga bisa bekerja efektif adalah dengan mengaktifkan program gratis ongkir. 

Coba posisikan diri Anda sendiri sebagai pembeli. Saat akan belanja online, setelah melihat kualitas produk dan harga, pasti biaya pengiriman dan fitur ongkirnya akan Anda periksa terlebih dahulu. Pasti Anda akan memastikan apakah toko online tersebut menyediakan fitur gratis ongkir atau tidak.

Betul seperti itu 'kan? Nah demikian juga halnya dengan para calon pembeli. Pada umumnya calon pembeli akan memilih untuk membeli produk di toko yang memberikan fasilitas gratis ongkir.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan banyak pelanggan di platform Shopee, maka cobalah mengaktifkan fitur gratis ongkir terlebih dahulu. 

Agar bisa memberikan penawaran gratis ongkir kepada pelanggan, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Proses pendaftaran ini bisa diakses melalui menu pengaktifan Gratis Ongkir di halaman utama akun Toko. Lengkapi dulu persyaratannya dan lakukan registrasi sesuai ketentuan.

Info Menarik Lainnya : Cara Belanja Cicilan di Shopee (Lebih Irit & Sangat Mudah)

7. Bagikan Voucher bagi Follower

Selain berburu gratis ongkir, biasanya pelanggan toko online juga akan mencari voucher. Belanja memakai voucher tentu akan dianggap lebih menguntungkan oleh calon pembeli (lebih hemat). 

Jadi Anda bisa membuat beragam jenis voucher untuk dibagikan kepada calon pembeli dan pelanggan.

Jenis voucher yang bisa dibagikan kepada pembeli cukup beragam. Anda bisa segera membuat voucher toko dengan cara mengakses fitur Voucherku yang bisa ditemui pada menu Promosiku

Setelah itu pilih opsi Voucher Baru dan isikan informasi yang dibutuhkan terkait voucher tersebut. Calon pembeli sudah pasti akan lebih tertarik berbelanja di toko yang memberi penawaran voucher.

8. Manfaatkan Fitur Flash Sale

Shopee sangat populer dengan fitur flash sale-nya. Banyak sekali pengguna Shopee yang menantikan event flash sale dan memilih untuk membeli produk lewat event tersebut. 

Jadi salah satu tips jualan di Shopee yang tak boleh dilewatkan adalah jualan lewat event flash sale. Toko online Anda akan bisa meraup keuntungan yang lebih besar dengan cara memanfaatkan fitur flash sale tersebut.

Pilihlah jenis produk yang tepat untuk dijual dalam event ini. Tentukan harga yang tepat sehingga fitur flash sale ini bisa benar-benar menarik minat para pembeli. 

Shopee sendiri sudah memberikan ketentuan khusus mengenai event flash sale. Ikuti saja aturannya dan tetapkan harga sesuai ketentuan Shopee. Program flash sale ini bisa diikuti secara berkala untuk menarik minat pelanggan.

Info Menarik Lainnya : Cara Menjadi Member Shopee dan Reward dari Shopee Loyalty

9. Sebarkan di Media Sosial

Penggunaan platform Shopee juga harus seimbang dengan pemanfaatan media sosial. Sebarkan link toko online Shopee ke media sosial seperti Facebook atau Instagram. 

Sampai saat ini media sosial masih menjadi platform yang sangat efektif untuk berjualan online. Semakin sering dibagikan di media sosial maka semakin besar juga peluang untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Kerja sama dengan influencer di media sosial juga bisa menjadi pilihan lainnya untuk mendongkrak branding toko online Anda. 

Saat ini peran influencer di media sosial sangat besar dan bisa meningkatkan angka penjualan bisnis dengan begitu pesat. Jalinlah kerja sama dengan influencer, terutama jika Anda memiliki dana yang memadai dan Anda yakin hasilnya akan efektif.

Itulah diatas rangkaian tips jualan di Shopee yang efektif untuk diterapkan. 

Tentunya kualitas produk juga harus menjadi pertimbangan utama dalam pengembangan bisnis. Jika kualitas produk selalu dijaga, maka dagangan Anda akan berpeluang besar laris manis di pasaran dan akan terus diburu oleh banyak orang.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Jualan di Shopee agar Laris Manis Untung Melimpah"