Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Komplain Shopee (Barang Rusak, Hilang, Tak Sesuai, dll)

Shopee adalah salah satu marketplace andalan masyarakat Indonesia. Semua kebutuhan dan barang bisa dibeli di Shopee bahkan untuk produk-produk digital. Tetapi, sebagai tempat belanja yang ramai, tidak jarang Shopee juga mengalami kendala. Jangan khawatir, ada cara komplain Shopee yang mudah bagi pengguna.

Pengguna Shopee di Indonesia tercatat lebih dari 72 juta dengan mayoritas pengguna adalah Millenial. Millenial dikenal sebagai generasi yang menyukai kepraktisan dalam hal apapun. Tak terkecuali dalam hal komplain.

 

Cara Komplain Shopee (Barang Rusak, Hilang, Tak Sesuai, dll)


Nah artikel kali ini akan membahas tentang cara komplain Shopee, kualitas layanan, dan solusi permasalahannya.

Simak sampai tuntas yuk!

Permasalahan Umum Belanja di Shopee

Shopee memang menawarkan pengalaman belanja online yang unik. Selain bisa berbelanja berbagai produk baik produk fisik dan digital, Shopee juga berfungsi sebagai alat pembayaran. Tidak hanya itu, ada banyak fitur-fitur menarik lainnya yang membuat orang betah berkunjung ke Shopee.

Namun dibalik semua kenyamanan itu, tetap ada kendala atau permasalahan yang sering terjadi ketika berbelanja di Shopee. Masalah ini bisa datang dari sisi penjual, sistem Shopee, masalah saat pengiriman, bahkan dari pembeli itu sendiri.

Masalah umum yang datang dari sisi penjual antara lain masalah ketersediaan barang. 

Keterangan barang pada display atau foto menyatakan stok tersedia. Ketika pengguna melakukan pembelian, barulah diketahui bahwa ternyata barangnya habis. Sehingga penjual menawarkan peoduk lain yang mirip dengan yang dipesan. Kalau pembeli tidak bersedia, barulah penjual menawarkan refund uangnya. Namun, ini tentu merepotkan pembeli karena harus mengajukan refund dan pembatalan. 

Kasus diatas masih mending. Terkadang ada juga kasus yang stok produk masih ada, namun warna produk yang dipesan pembeli sudah habis. Nah ada penjual nakal yang tanpa konfirmasi terlebih dulu, main kirim aja produk yang berbeda warna tersebut. Alhasil tentu saja pembeli jadi merasa kecewa berat.

Bahkan, ada beberapa menjual dengan PEDE menjawab pada kolom chat, bahwa produk yang diinginkan oleh pembeli ''ada" (tanpa mengeceknya terlebih dahulu). Entah dengan tujuan agar bisa “memaksa” pembeli untuk membeli produk lain (yang nantinya ditawarkan). Atau memang karena ketidaktahuan sang seller bahwa produknya sudah habis. Tentu ini hanya sang seller yang tahu pasti. Namun, hal-hal seperti ini memang seringkali terjadi ketika belanja di Shopee.

Masalah lain adalah penjual yang slow respon. 

Pertanyaan pengguna terkait ketersediaan dan pengiriman terkadang sangat lama dijawab. Padahal, pengguna Shopee yang mayoritas millennials tidak suka menunggu berlama-lama.

Kemudian, masalah pengiriman dan pembayaran juga sering jadi masalah. 

Pada pengiriman, barang terkadang lama sekali sampai hingga melebihi batas waktu. Bahkan pada beberapa kasus, ada barang pesanan yang rusak atau hilang pada saat pengiriman. Sedangkan pada saat pembayaran, seringkali pilihan cara pembayaran tidak aktif. Sehingga pengguna terpaksa menggunakan cara pembayaran lain.

Baca Juga : Cara Komplain SiCepat (Ketika Paket Kiriman Terkendala)

Masalah lain yang juga dijumpai oleh pembeli adalah adanya unsur penipuan pada seller-seller di Shopee. Tidak sedikit pembeli yang mendapat barang kiriman tidak sesuai dengan apa yang dipesan. Sayangnya, kualitas barang yang buruk tidak termasuk dalam jenis komplain yang bisa ditangani oleh Shopee. 

Cara Komplain Shopee untuk Pesanan Bermasalah

Untuk menjaga pelanggan tetap puas walaupun mengalami pesanan bermasalah, ada cara komplain Shopee yang disediakan oleh marketplace ini. 

Pengguna bisa memilih salah satu dari cara-cara yang akan diuraikan di bawah ini:

1. Komplain Melalui Email : support@shopee.co.id

Cara komplain Shopee yang pertama adalah melalui email. Pengguna bisa menyampaikan keluhan terkait pesanan ke email Shopee di atas. Ada customer service 24 jam yang siap melayani dan merespon keluhan pelanggan.

Customer service Shopee umumnya melayani keluhan pelanggan dengan ramah dan cepat. Setelah pelanggan mengirim email, akan ada email balasan berisi nomor tiket keluhan. Kemudian, pengguna juga akan kembali mendapat email balasan yang berisi respon atau tanggapan terkait permasalahan yang disampaikan oleh pelanggan.

Pelanggan bisa membalas kembali email balasan dari customer service jika dirasa permasalahan belum selesai. Shopee akan berhenti membalas email pelanggan jika pelanggan sudah menyatakan puas dan permasalahan solved. Sampai pada level ini, cara komplain melalui email ini cukup efektif.

Baca Juga : Simak! Cara Komplain J&T Agar Cepat Direspon

2. Komplain di Twitter @ShopeeID dan @ShopeeCare

Sebagai marketplace yang kekinian, Shopee menyediakan juga layanan komplain melalui Twitter. Layanan ini termasuk unik karena pengguna bisa melayangkan keluhan lewat Twitter. Cara ini tergolong sangat cepat dan mudah karena tidak perlu membuat panggilan telepon atau memasukkan alamat email.

Keluhan akan ditanggapi oleh customer service Twitter Shopee sesuai dengan antrian. Memang ada waktu tunggu yang cukup lama karena tentu antrian keluhan di Shopee cukup banyak. Namun, jumlah customer service di Shopee juga banyak jadi waktu tunggu pelanggan masih dalam taraf wajar.

3. Komplain Melalui Telepon di Nomor : (021) 8064 7100 / 1500702 / 021-39500300

Cara komplain Shopee yang terakhir adalah melalui telepon pada nomor di atas. Komplain melalui telepon merupakan cara yang paling efektif karena pengguna bisa berinteraksi langsung dengan customer service Shopee. Selain itu, pada beberapa jenis masalah, solusi bisa langsung didapatkan.

Agar panggilan telepon ke nomor telepon ini tidak menyedot banyak pulsa, maka jangan bertele-tele ketika menyampaikan keluhan. Arahkan juga customer service untuk segera menjawab keluhan dan tidak membicarakan hal-hal yang tidak perlu.

Baca Juga : Cara Komplain Bukalapak (Terima Barang Tidak Sesuai Pesanan)

4. Komplain Melalui Fitur Live Chat

Fitur Live Chat tergolong fitur baru yang memudahkan pengguna menyampaikan keluhannya. Fitur ini bisa dijumpai ketika membuka aplikasi Shopee dan masuk ke menu bantuan. Saat membuka aplikasi, Fitur Live Chat akan muncul pada pojok kanan bawah layar. Pengguna bisa membukanya dan menyampaikan keluhan di situ.

Customer service dari Shopee akan langsung menanggapi keluhan. Waktu untuk menyampaikan keluhan ini tidak dibatasi. Keluhan terkait salah transfer, seller tidak merespon, pembatalan sepihak, pengiriman bermasalah, dan permasalahan lainnya bisa dilaporkan melalui cara ini.

Baca Juga : Pesanan Tidak Sesuai? Simak Cara Komplain Tokopedia Yuk!

Kualitas Penanganan Keluhan di Shopee

Shopee terus meningkatkan kualitas penanganan keluhan pelanggannya walaupun masih harus dilakukan perbaikan di berbagai sisi. Pengguna umumnya puas namun ada juga yang merasa penanganan keluhan di Shopee masih kurang memuaskan.

Masalah yang sering dirasakan pengguna ketika menyampaikan keluhan di Shopee adalah lamanya waktu penyelesaian. Hal ini karena proses eskalasi masalah yang cukup panjang sehingga memakan waktu. Dengan banyaknya keluhan, proses yang panjang ini tentu akan menambah panjang waktu penyelesaian yang dibutuhkan.

Selain itu, pengguna merasa bahwa Shopee masih menggunakan jasa bot untuk menangani masalah. Anggapan ini muncul karena banyaknya jawaban-jawaban normatif dan default diberikan kepada pelanggan ketika menyampaikan keluhan.

Sebenarnya, pelanggan bisa memastikan apakah jawaban diberikan oleh bot atau bukan. Caranya dengan mengecek nama customer service. Jika yang muncul adalah nama maka besar kemungkinan itu bukan bot, namun jika bukan, bisa saja itu akun bot.

Kualitas penanganan keluhan Shopee bisa dikatakan baik karena respon yang cepat. Pada fitur live chat, dan telepon respon sangat cepat. Namun, kelemahan Shopee adalah proses penanganan yang dirasa cukup lama. Hal ini dirasakan oleh pengguna yang melakukan komplain melalui email dan Twitter.

Balasan terkait penanganan masalah bisa sangat lama bahkan pengguna harus mengirimkan email lagi baru balasan diterima. Rasanya Shopee perlu mempersingkat proses eskalasi agar tidak terlalu panjang. Penanganan dan penyelesaian masalah yang cepat dan tepat tentunya akan memberi kepuasan lebih pada pelanggan.

Baca Juga : Cara Belanja Cicilan di Shopee (Lebih Irit & Sangat Mudah)

Kesimpulannya, cara komplain Shopee mudah dilakukan oleh para pengguna. Terlebih lagi, kualitas penanganan di Shopee terus diperbaiki untuk menjaga kepuasan pelanggan. Hanya saja, memang ada beberapa kekurangan di penyelesaian masalah di Shopee yaitu lamanya proses penyelesaian dan kualitas kemampuan customer service yang perlu ditingkatkan.  

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua, terutama bagi yang suka berbelanja online.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Komplain Shopee (Barang Rusak, Hilang, Tak Sesuai, dll)"