Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Kata Kata Promosi lewat Whatsapp & Tips Membuatnya

Contoh Kata Kata Promosi lewat Whatsapp & Tips Membuatnya


Contoh Kata Kata Promosi lewat Whatsapp - Berbagai jenis media digital telah banyak dimanfaatkan orang untuk kepentingan promosi. Salah satu yang paling populer adalah Whatsapp. Aplikasi pesan ini kini tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk chatting saja. Kini fungsinya telah berkembang lebih luas lagi, yaitu sangat efektif digunakan untuk media marketing. 

Nah apakah Anda juga ingin memanfaatkannya untuk alat promosi? Kalau iya, maka yuk simak artikel ini hingga tuntas!

Lalu Seperti Apa aja sih Contoh Kata Kata Promosi lewat Whatsapp itu?

Sebenarnya cukup banyak contoh kata kata promosi lewat Whatsapp yang dinilai efektif dan menguntungkan. Kali ini akan kita bahas dengan lebih lengkap mengenai pemakaian kata-kata promosi tersebut.

Cara Promosi di Whatsapp

Sebelum belajar lebih jauh tentang penyusunan kata-kata promosi di Whatsapp, mari pahami dulu cara promosi yang bisa diterapkan. 

Whatsapp sendiri sebenarnya mendukung proses promosi dengan fitur-fitur menarik yang tersedia. 

Berikut ini ada beberapa cara promosi Whatsapp yang efektif untuk dilakukan:

1. Tandai Kontak Target Promosi

Hal pertama yang perlu dilakukan saat akan promosi bisnis adalah memilih target promosinya. 

Ingat! Tidak semua orang bisa jadi target promosi. Tentunya target ini harus disesuaikan juga dengan jenis produk dan target konsumen, atau target pasar yang sudah ditetapkan sebelumnya. Oleh sebab itu, pilihlah dulu daftar kontak mana saja yang cocok untuk dikirimi pesan promosi.

Saat menandai kontak target promosi ini, maka pastikan Anda benar-benar selektif. 

Pilih mana saja orang-orang yang memang cocok menerima promosi atau penawaran tersebut. Dan singkirkan orang-orang yang tidak berpotensi untuk menjadi konsumen. Dengan begitu pesan promosi tidak akan dianggap spam dan hasilnya jauh lebih efektif.

2. Susun Kalimat Promosi yang Lengkap

Segera susun rencana kalimat promosi yang akan dikirimkan kepada kontak-kontak potensial tadi. 

Dalam hal ini dibutuhkan kata-kata yang tepat dan kalimat yang bisa secara efektif membuat orang tertarik sekaligus merasa penasaran. Jika masih bingung, maka Anda bisa menggunakan contoh kata kata promosi lewat Whatsapp sebagai inspirasi (nanti akan diberikan contohnya dibawah).

Usahakan kalimat promosi yang akan dikirimkan kepada target audiens Anda tidak terlalu panjang atau bertele-tele. 

Sangat disarankan untuk membuat pesan promosi yang padat dan sarat akan informasi penting mengenai produk yang di iklankan. Posisikan saja diri sendiri sebagai penerima pesan promosi, kemudian Anda nilai apakah pesan tersebut sudah cukup efektif atau belum.

3. Jelaskan Informasi dan Kelebihan Produk

Dalam sebuah pesan promosi Whatsapp, harus disertakan informasi lengkap mengenai produk yang dijual, sekaligus kelebihan yang dimiliki. Hal ini jelas menjadi poin penting yang harus diketahui oleh konsumen sebelum membeli produk. 

Intinya berikan informasi produk atau layanan secara lengkap dan sebutkan semua kelebihannya.

Target utamanya yaitu agar audiens bisa terpancing untuk melihat isi pesan. Sesuai dengan tujuan promosinya, yakni untuk membuat orang merasa tertarik dan kemudian ingin memiliki barang atau layanan jasa yang dipromosikan. 

Pastikan semua informasi yang tertera dalam pesan promosi itu memang sesuai dengan kenyataan. Jangan pernah memberikan harapan palsu kepada konsumen, karena akibatnya akan fatal. Kalau hal ini sampai dilakukan, maka bisa-bisa Anda akan kehilangan kepercayaan dari mereka.

Info Menarik Lainnya : 7 Cara Jualan Online Laris di Whatsapp, Simak Yuk!

4. Siapkan Call to Action

Dalam sebuah langkah promosi, siapkan dulu teknik CTA (Call To Action) yang akan disampaikan kepada audiens atau target. 

Call to action ini merupakan bentuk ajakan kepada target promosi agar melakukan apa yang diinginkan oleh marketer. Kalimat call to action harus bersifat persuasif atau bersifat mengajak. Sebaiknya buat call to action yang singkat namun jelas, sehingga dapat memberikan hasil yang efektif.

Call to action ini akan berpengaruh pada keberhasilan atau efektivitas kalimat promosi yang disebarkan. Sebenarnya bagian inilah yang akan diperhatikan oleh para pembaca. Bagian ini pula yang akan menjadi ajakan bagi pembaca untuk mau melakukan apa yang diinginkan oleh marketer.

5. Sebarkan Promosi Melalui Grup

Cara paling mudah untuk melakukan promosi lewat Whatsapp adalah dengan mengirimkan pesan ke grup. 

Pastikan grup Whatsapp yang akan dikirimi iklan itu memiliki anggota yang memenuhi syarat sebagai konsumen (target potensial). Jangan melakukan spam dengan mengirimkan pesan promosi ke grup yang anggotanya sama sekali bukan target audiens yang potensial.

Selain itu, pastikan Anda menerapkan etika saat mengirimkan pesan promosi ke grup Whatsapp. Jangan sembarangan mengirim pesan promosi (jadi harus ada aturan waktu berpromosi yang jelas agar tidak mengganggu anggota grup). 

Hindari mengirimkan pesan promosi terlalu sering (karena bisa terindikasi sebagai spam). 

Info Menarik Lainnya : Cara Membalas Pesan WA Otomatis Paling Praktis

6. Manfaatkan Fitur Status

Selain menyebarkan pesan promosi melalui grup, bisa juga dimanfaatkan fitur status Whatsapp. Mengunggah promosi melalui status juga bisa jadi pilihan tepat dan hasilnya juga cukup efektif. 

Status Whatsapp ini akan bertahan dalam waktu 24 jam setelah diunggah. Oleh sebab itu, cara promosi ini sangat cocok untuk dilakukan secara rutin sebagai promosi harian.

Promosi lewat fitur status di Whatsapp akan membuat banyak orang kenal dengan bisnis atau brand yang Anda iklankan. Selain itu, fitur ini juga akan membantu menjaring lebih banyak konsumen dengan mudah. 

Coba carilah contoh kata kata promosi lewat Whatsapp yang potensial dan cocok untuk diunggah lewat fitur status. Atau Anda boleh juga meniru beberapa kata promosi yang akan di uraikan dibawah ini.

Contoh Kata Promosi

Lalu seperti apa sih kata-kata yang cocok untuk dijadikan sebagai promosi di Whatsapp? 

Sebenarnya tidak ada kriteria khusus, karena penyusunan kalimat promosi ini akan kembali lagi pada kreativitas sekaligus kebutuhan promosi yang ingin dipenuhi. Sebagai referensi, berikut ini ada beberapa contoh kata-kata yang pas dimasukkan dalam kalimat promosi di Whatsapp.

Diantaranya:

Tunjukkan kualitas: “Halo, selamat siang Kakak! Kami menawarkan jasa desain logo profesional dengan harga terjangkau dan kualitas dijamin orisinal. Langsung hubungi kami ya untuk informasi lebih lengkap!”

Tonjolkan keuntungan: “Yuk, pesan paket catering harian dari kami sekarang juga! Ada diskon 30% untuk pemesanan yang masuk mulai tanggal 20 sampai 25 Desember 2021.”

Berikan ajakan: “Hai, Ladies! Produk perawatan bibir dari kami siap dipesan mulai besok ya! Yuk, langsung order sekarang karena stock sangat terbatas!

Paparkan keunggulan: “Camilan kriuknya, Kakak! Kamu punya banyak stok camilan kriuk yang dijamin bikin ketagihan. Toko camilan kamu yang terlengkap dan termurah. Selain itu kakak juga bisa dapat free ongkir untuk pemesanan tanggal 21-22 Desember 2021.”

Kriteria Kalimat Promosi

Dari beberapa contoh kata kata promosi lewat Whatsapp yang disebutkan diatas, bisa dilihat bahwa ada ciri khas dari kalimat promosi tersebut. Kalimat promosi sebaiknya dibuat singkat namun bisa langsung memberikan informasi secara jelas. 

Gunakan kata-kata yang seru dan sesuaikan pilihan katanya dengan target audiens. Misalnya untuk target anak muda maka pakailah kata-kata dan kalimat yang terkesan santai dan akrab.

Ada beberapa kata dan frasa penting yang akan sangat efektif dimasukkan dalam sebuah pesan promosi dan menjadi ciri khasnya. Sebut saja seperti Voucher, Gratis, Beli 1 Gratis 1, Cashback, Garansi, Ayo Dapatkan Sekarang, dan lain sebagainya. 

Semua kata diatas akan langsung menarik perhatian orang yang membacanya karena merupakan sebuah penawaran yang sangat menguntungkan. Jadi cobalah Anda masukkan kata maupun frasa tersebut.

Ada lebih banyak lagi contoh kata kata promosi lewat Whatsapp yang bisa digunakan. 

Sebagai pengguna Whatsapp, coba cari sendiri contoh kalimat promosi yang pernah masuk ke nomor Whatsapp Anda. Pastikan kalimat promosi yang akan digunakan sudah benar-benar dianggap efektif dan memang bisa menarik perhatian target. Terus lakukan evaluasi sehingga bisa melakukan promosi secara efektif.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Contoh Kata Kata Promosi lewat Whatsapp & Tips Membuatnya"