Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Tau Cara Cek Stalker Twitter? Simak Yuk!

Mau Tau Cara Cek Stalker Twitter? Simak Yuk!

Cara Cek Stalker Twitter - Pengguna Twitter mungkin sering merasa penasaran siapa saja orang yang mengintip profil akunnya. Ternyata ada caranya lho untuk mengetahui siapa saja yang sudah berkunjung ke profil akun Twitter. Jadi pengguna bisa tahu bila ada stalker alias pengintip di akun Twitter-nya. 

Artikel ini akan membahas beberapa cara cek stalker Twitter yang bisa Anda lakukan.

Simak hingga tuntas yuk!

Mengapa perlu cek stalker Twitter?

Penyebabnya tidak hanya sebatas karena ingin tahu atau penasaran. Ada manfaat lain yang bisa didapatkan. 

Dengan mengetahui siapa saja orang yang sudah stalking di akun Twitter tersebut, maka pemiliknya bisa lebih berhati-hati. Apalagi di zaman serba modern ini, dimana kejahatan cyber semakin banyak dan pelakunya seringkali memanfaatkan akses media sosial.

Cek stalker ini bisa dilakukan sebagai bentuk antisipasi. Siapa tahu ada orang-orang jahat di luar sana yang memang ingin mengawasi akun Twitter tersebut. Itulah sebabnya dibutuhkan sebuah cara yang efektif untuk mengecek siapa saja yang sudah stalking ke akun Twitter kita.

Lalu, apa tandanya jika stalker tersebut mencurigakan? 

Lihat saja akunnya, jika tidak dikenali maka patut dicurigai. Lalu lihat berapa banyak akun tersebut melakukan stalking. Jika stalking dilakukan berulang kali setiap hari, maka itu perlu ditelusuri lebih jauh. 

Coba kunjungi akun stalker tersebut dan cari lebih banyak informasi tentangnya, kemudian simpulkan apakah memang mencurigakan atau tidak.

Apabila memang ditemukan akun-akun asing melakukan stalking (dan dirasa mengganggu), maka kita bisa melakukan tindakan lebih lanjut. Misalnya dengan report akun tersebut ke pihak Twitter, atau bisa juga dengan memblokir akun tadi agar tidak bisa stalking lagi. 

Namun hendaknya pastikan benar tindakan report dan pemblokiran itu memang tepat (sudah didukung oleh bukti petunjuk yang kuat).

Cara Cek Stalker Twitter

Ada beberapa pilihan cara cek stalker Twitter yang dapat dilakukan. Memang saat ini ada beberapa jenis fitur yang memungkinkan pengguna Twitter untuk mengetahui siapa saja yang berkunjung ke akunnya. 

Berikut ini ada 3 pilihan cara yang dinilai paling aman dan efektif:

1. Gunakan Twitter Analytics


Mau Tau Cara Cek Stalker Twitter? Simak Yuk!

Pilihan pertama adalah dengan menggunakan fitur Twitter Analytics

Fitur ini sangat mudah dipakai karena merupakan fitur bawaan dari Twitter sendiri. Jadi dapat dikatakan tools ini sangat aman untuk dipakai. 

Namun perlu diketahui bahwa tools ini hanya bisa menunjukkan jumlah orang yang berkunjung ke sebuah akun. Jadi tidak ada nama akun yang akan diperlihatkan.

Fitur ini cukup efektif untuk mengetahui seberapa banyak orang yang menjadi stalker di sebuah akun Twitter. Agar bisa cek stalker Twitter dengan tools ini, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti:

  • Login ke akun Twitter menggunakan perangkat laptop atau PC.
  • Klik menu More yang ada di sidebar sebelah kiri.
  • Tekan opsi Analytics.
  • Dalam hitungan detik akan muncul halaman utama analisis Twitter, termasuk jumlah stalker di akun tersebut.

Twitter tentunya akan menjamin kerahasiaan data pengguna. Itulah sebabnya mengapa kita tidak bisa dilihat nama-nama akun yang menjadi stalker secara spesifik. Jadi hanya bisa diperlihatkan jumlahnya saja. Jika pengguna masih ingin mencari tahu nama akunnya, maka dapat menggunakan tools lain di luar Twitter.

Tools ini sangat bermanfaat bagi pengguna Twitter yang menggunakan akunnya untuk keperluan bisnis. 

Influencer di Twitter (sering disebut seleb-tweet) banyak yang memanfaatkan Twitter Analytics ini. Data yang didapat dari fitur ini bisa menjadi acuan bagi para influencer tersebut. Terutama berguna untuk membuat konten yang tepat, sehingga dapat meningkatkan performa akun Twitter-nya.

Info Menarik Lainnya : Cara Mencari Akun Twitter yang Hilang, Simak Yuk!

2. Gunakan Chirpty.com


Mau Tau Cara Cek Stalker Twitter? Simak Yuk!


Platform Chirpty.com bisa jadi pilihan jika pengguna ingin mengetahui secara detail nama akun yang menjadi stalker. Tools ini memungkinkan pengguna untuk bisa melihat daftar orang, atau akun mana saja yang melakukan stalking di profil Twitternya. 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Masuk ke laman website chirpty.com
  • Setelah masuk, silahkan input Username Twitter di kolom yang sudah tersedia (masukkan saja username tanpa menggunakan tambahan @).
  • Klik tombol Generate lalu tunggu beberapa detik hingga proses pengambilan data selesai.
  • Jika sudah selesai, maka pengguna bisa langsung mendapatkan daftar nama akun Twitter yang menjadi stalker.

3. Pakai Tweepspect.com


Mau Tau Cara Cek Stalker Twitter? Simak Yuk!

Selain Chirpty.com, ternyata ada juga Tweepspect.com yang memungkinkan kamu untuk mencari tahu stalker di Twitter. Di platform ini pengguna juga bisa melihat daftar orang-orang yang melakukan stalking. 

Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya:

  • Akses laman situs tweepspect.com
  • Login menggunakan akun Twitter.
  • Masukkan nama akun di kolom yang tersedia di bagian atas (tanpa menggunakan awalan @).
  • Tekan menu Enlighten me kemudian tunggu sampai muncul tulisan Done.
  • Akan muncul data lengkap mengenai stalker dan mutual dari akun tersebut.

Sayangnya platform ini sering mengalami gangguan dan tidak bisa diakses. Namun tunggu saja beberapa saat, karena biasanya akses bisa kembali dilakukan dengan lancar. 

Pastikan data yang dimasukkan sudah benar, sehingga proses pengambilan data juga bisa efektif. Jika pengambilan data gagal, maka periksa koneksi internet dan coba ulangi lagi (setelah menunggu beberapa menit).

Pastikan penggunaan tiga tools ini dilakukan untuk hal-hal yang bermanfaat. Jangan menyalahgunakan fasilitas yang sudah diberikan oleh tools tersebut. 

Jika memang ada stalker yang mengganggu dan merugikan maka bisa langsung di-report saja. Selain itu cek stalker sebaiknya dilakukan secara berkala, jangan terlalu sering.

Info Menarik Lainnya : Cara Download Video Twitter tanpa Aplikasi, Kita Ulas Yuk!

Itulah diatas pilihan cara cek stalker Twitter yang aman dan efektif. Tak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan stalker, apalagi jika pengguna merasa diganggu oleh akun-akun tertentu. Jika ada kendala ketika cek stalker dengan satu tools, maka Anda bisa mencoba tools lain yang sesuai dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Mau Tau Cara Cek Stalker Twitter? Simak Yuk!"