Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Mencari Akun Twitter yang Hilang, Simak Yuk!

Cara Mencari Akun Twitter yang Hilang dengan Cepat dan Aman


Cara Mencari Akun Twitter yang Hilang - Twitter termasuk media sosial terpopuler selain Facebook. Sehingga tidak mengherankan jika medsos ini banyak digunakan orang. Platform Twitter memiliki satu ciri khas, yaitu penggunanya rata-rata berasal dari kalangan pejabat, politisi, influencer, hingga artis yang semuanya berkumpul disana.  

Intinya platform Twitter itu banyak di huni orang berpengaruh di bidangnya masing-masing. 

Nah karena sudah tertanam image bahwa pengguna Twitter terdiri dari kalangan yang saya sebutkan diatas, sehingga jarang diantara mereka yang mau aktif di platform medsos lain. Sebab mereka merasa lebih cocok untuk berinteraksi, diskusi, hingga berdebat di platform Twitter tersebut.  

Oleh karena itu, kalau ada seorang influencer di Twitter yang cukup lama 'menghilang', maka biasanya dia akan memilih untuk kembali lagi menggunakan platform tersebut. 

Lalu, bagaimana cara mencari akun Twitter yang hilang dan mengaktifkannya kembali? 

Mari simak seperti apa langkah yang dapat dilakukan agar akun Twitter kembali bisa digunakan.

Penyebab Akun Twitter Hilang

Sebelumnya perlu kita ketahui dulu, bagaimana ceritanya kok bisa sebuah akun Twitter hilang? 

Sebenarnya jika sang pemilik terus aktif menggunakan akunnya, maka pasti akan terus bisa di akses. 

Namun bila pengguna sudah lama tidak aktif (tidak pernah login dan tidak pernah mengakses akun Twitter-nya), maka akun tersebut bisa 'hilang'. 

Artinya akun itu tidak dapat ditemukan oleh pengguna lain dan tidak bisa diakses oleh pemiliknya sendiri.

Akun Twitter juga bisa hilang karena di-suspend oleh pihak Twitter. 

Namun Twitter tidak akan melakukan suspend apabila tidak ada pelanggaran oleh pengguna. 

Untuk penyebab suspend, maka bisa sangat beragam. Mulai dari akun terdeteksi palsu, penyalahgunaan konten oleh pengguna akun, atau bisa juga terjadi karena ada indikasi peretasan akun. Saat akun di-suspend maka akun tersebut tidak akan bisa ditemukan.

Pengguna lain tidak akan bisa menemukan akun yang sudah di-suspend tadi. Selain itu pemilik akun juga tidak akan bisa melakukan aktivitas dengan akun tersebut. Tindakan suspend ini hanya berlangsung untuk sementara. Sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan oleh Twitter.

Mencari Akun yang Hilang

Lalu bagaimana jika akun Twitter hilang? Apakah bisa dicari akun Twitter tersebut? 

Sebenarnya cara mencari akun Twitter yang hilang ini tidaklah mudah. 

Jika akun Twitter sudah hilang karena penyebab tertentu, maka akun tersebut tidak akan bisa dicari melalui fitur pencarian di Twitter. Ketika pengguna mengetikkan nama akun, maka tidak akan ada hasil yang terlihat.

Jadi cara paling mudah untuk mengetahui sebuah akun Twitter sudah hilang atau belum, yaitu dengan mencarinya di kolom pencarian. 

Apabila akun tersebut tidak ada dan tidak bisa ditemukan, maka akun itu bisa dikatakan hilang. Bisa jadi karena memang sudah tidak diaktifkan lagi oleh pemiliknya, atau kena suspend oleh pihak Twitter.

Pencarian akun Twitter yang hilang ini akan jauh lebih sulit lagi jika nama akun tidak tepat. Artinya nama akun yang di ketik ke kolom pencarian ternyata salah. 

Oleh karena itu, pada saat mencari hendaknya ketik nama akun dengan benar. Biasanya Twitter juga akan memberikan sugesti kepada pengguna ketika memasukkan nama sebuah akun. Coba perhatikan sugesti tersebut dan cek satu per satu sebagai alternatif.

Cara Mengembalikan Akun Twitter

Bagaimana jika akun Twitter memang hilang? 

Jika pengguna tak ingin menggunakan akun itu lagi maka biarkan saja. Namun jika pengguna ingin menggunakannya lagi, maka perlu dilakukan pengembalian. 

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengembalikan akun Twitter yang hilang:

1. Batalkan Penangguhan


Cara Mencari Akun Twitter yang Hilang dengan Cepat dan Aman


Apabila akun Twitter hilang karena di-suspend, maka pengguna bisa mengajukan pembatalan. 

Silakan lakukan login kembali dengan akun yang di-suspend tersebut. Pastikan email dan password yang digunakan sudah tepat. Lakukan verifikasi ulang dengan menggunakan nomor telepon. 

Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk yang sudah diberikan oleh Twitter.

Perlu diketahui bahwa pengajuan pembatalan ini bisa saja ditolak oleh Twitter. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan pembatalan (coba lakukan beberapa kali). 

Jika masih ditolak, maka coba langkah berikutnya yaitu mengajukan pengembalian akun. Simak terus yuk!

Info Menarik Lainnya : Simak! Cara Download Video Twitter Yang Diproteksi

2. Ajukan Pengembalian


Cara Mencari Akun Twitter yang Hilang dengan Cepat dan Aman


Perlu diketahui bahwa akun Twitter yang sudah di-suspend tidak akan bisa diakses dan tidak bisa mengirimkan tweet. Oleh sebab itu pengajuan pengembalian akun hanya bisa dilakukan lewat cara lain. 

Caranya mudah, yaitu langsung saja menuju ke Pusat Bantuan Twitter dan pilih Sub-Menu Suspend. 

Kemudian pilihlah opsi Pengajuan Pengembalian Akun yang sudah di-suspend.

Nantinya pengguna akan menerima formulir pengajuan banding atau keberatan. Isikan data diri secara lengkap, mulai dari nama, email, juga nomor HP. 

Setelah data dipastikan lengkap, maka langsung kirimkan formulir ke pihak Twitter (agar bisa segera diproses). Pihak Twitter akan memberikan balasan atau tanggapan pengajuan banding ini dalam waktu 1 x 24 jam.

Info Menarik Lainnya : Cara Download Video Twitter tanpa Aplikasi, Kita Ulas Yuk!

3. Aktifkan Kembali


Cara Mencari Akun Twitter yang Hilang dengan Cepat dan Aman


Banyak pengguna Twitter yang memang sengaja tidak aktif  untuk jangka waktu yang lama. Jika pengguna Twitter secara sengaja menonaktifkan akunnya, maka proses pengaktifan kembali akan lebih mudah dilakukan. Apalagi jika akun Twitter non-aktif kurang dari 30 hari lamanya. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti untuk mengaktifkan kembali akun Twitter tersebut:

  • Masuk ke Twitter dan lakukan Login memakai akun yang akan diaktifkan.
  • Masukkan kredensial login.
  • Sebelum masuk, lakukan konfirmasi bahwa akun memang akan diaktifkan kembali.

Setelah berhasil login, maka pengguna akan langsung diarahkan ke halaman home atau beranda. Perlu diketahui bahwa dibutuhkan waktu untuk mengembalikan semua data yang berhubungan dengan akun tersebut.

Cara ini bisa saja tidak berhasil untuk sebagian pengguna. Jika memang tidak berhasil, maka cobalah untuk mengulang login beberapa kali. Ketika login pengembalian akun masih ditolak, maka hubungi pusat bantuan untuk mengatasi masalah ini. 

Pastikan data yang dimasukkan memang benar. Jika lupa password, maka Anda bisa diambil opsi Lupa Password untuk mengganti dengan yang baru.

Info Menarik Lainnya : Cara Download Video Twitter Android, Mau Tau? Simak Yuk!

Itulah diatas pembahasan singkat mengenai cara mencari akun Twitter yang hilang dan langkah untuk mengembalikannya. 

Tentunya akun Twitter ini pasti akan bisa dikembalikan, dengan syarat tidak ada pelanggaran aturan dari pihak pengguna. Jika akun sudah kembali, gunakan sebaik mungkin dan jangan lakukan pelanggaran agar akun tidak hilang lagi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mencari Akun Twitter yang Hilang, Simak Yuk!"