Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Klik dan Kunjungi

 Advertisement Here

Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Kekinian

Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Kekinian


Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic - Instagram termasuk platform medsos yang paling banyak digunakan pada saat ini. Pengguna terbesarnya terutama dari kalangan anak muda. Agar bisa menarik followers dalam jumlah banyak, salah satu caranya adalah dengan membuat feeds Instagram yang tampak lebih aesthetic. 

Lalu apa itu yang dimaksud dengan aesthetic?

Aesthetic adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan keindahan dan rasa. Biasanya seringkali berhubungan dengan konsep seni. Nah tampilan feeds Instagram yang aesthetic (baca: rapi dan indah) tentu akan cenderung memancing perhatian. 

Artikel ini akan membahas secara lengkap cara membuat feeds Instagram aesthetic.

Tentu diterangkan dengan cara yang mudah dan bisa diterapkan oleh siapa saja.

Simak hingga tuntas yuk!

Seperti Apa sih Feeds yang Aesthetic itu?

Sebelum membahas seperti apa caranya untuk mengatur feeds Instagram agar terlihat aesthetic, maka perlu dipahami dulu apa sebenarnya feeds aesthetic itu. 

Ini merupakan sebutan untuk feeds Instagram yang rapi dan terlihat indah dalam sekali pandang. Tampilan feeds seperti ini sangat diminati karena dianggap bisa menarik perhatian para pengguna Instagram lainnya.

Biasanya desain feeds yang aesthetic ini diterapkan oleh akun-akun bisnis dengan tujuan untuk meningkatkan engagement. 

Namun kini mulai banyak akun personal yang juga ikut-ikutan menggunakan feeds Instagram bergaya aesthetic. Mereka merasa perlu untuk mengatur feeds Instagramnya, karena dapat membangun personal branding dan bisa mendapatkan keuntungan dari hal tersebut.

Memang benar sesuatu yang disajikan secara rapi akan jauh lebih menarik daripada yang tampilannya acak-acakan. Oleh sebab itu, para pengguna Instagram harus tahu hal apa saja yang harus dilakukan agar feeds mereka jadi terlihat indah. 

Bila ingin dapat inspirasi, maka Anda bisa mencari referensi dari akun-akun Instagram yang sudah populer (agar tahu seperti apa contoh tampilan feeds yang aesthetic).

Cara Mengatur Feeds Aesthetic

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengubah feeds Instagram menjadi aesthetic. Jadi saat ini tak hanya influencer saja yang feeds-nya bisa aesthetic. Siapa saja bisa memiliki feeds yang bagus asalkan tahu caranya. 

Berikut ini petunjuk dan cara membuat feeds Instagram aesthetic:

1. Tentukan Grid Layout


Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Kekinian

Tahap pertama, silakan tentukan dulu seperti apa grid layout yang akan diterapkan. 

Grid layout merupakan tata letak postingan yang akan ditampilkan di feeds Instagram. Desain grid layout inilah yang akan menentukan seperti apa tampilan feeds secara keseluruhan. Selain itu penentuan desain grid layout ini juga akan mempermudah pengguna untuk membuat feeds yang konsisten.

Ada beberapa tips grid layout yang dapat digunakan di akun Instagram. 

Contohnya adalah Puzzle Feed, kalau Anda pilih ini maka nanti gambar di satu unggahan akan nyambung dengan unggahan yang lain. 

Lalu ada juga Tiles Feed, kalau model feed ini unggahannya dibuat berselang-seling menyerupai tampilan papan catur. 

Selain itu ada beberapa pilihan grid layout lainnya yang bisa digunakan. Anda bebas tinggal pilih model mana saja yang dirasa paling aesthetic.

2. Tentukan Tema


Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Kekinian

Selanjutnya pilih jenis tema apa yang akan diterapkan di feeds Instagram tersebut. 

Pilihan tema ini juga akan menentukan apakah tampilan feeds bisa jadi lebih aesthetic atau tidak. Pilihlah tema yang bisa menunjukkan kepribadian Anda, sehingga memiliki makna yang bagus untuk personal branding.

Minimalis jadi salah satu tema yang dinilai aesthetic dan sangat cocok digunakan untuk feeds Instagram. Kemudian ada juga tema hitam putih atau monokrom. Kesan aesthetic juga bisa diperlihatkan dengan pilihan tema feeds yang vintage. 

Carilah tema yang paling sesuai dengan kepribadian dan pastikan bahwa tema tersebut cocok dengan konten yang ingin dibagikan.

3. Pakailah Filter yang Seragam

Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Kekinian


Banyak orang seringkali asal saja memakai filter Instagram. Padahal penggunaan filter yang seragam jauh lebih disarankan karena bisa memberikan kesan aesthetic. 

Jika memungkinkan, maka pakailah filter yang sama. Tentu saja harus dipilih dulu filter seperti apa yang paling cocok dengan konsep feeds Anda. Pilihan filter bisa disesuaikan dengan tema yang sudah ditentukan sebelumnya.

Pemakaian filter yang seragam termasuk salah satu cara membuat feeds Instagram aesthetic yang hasilnya cukup efektif. Sekarang sudah banyak aplikasi editing yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan filter favorit dan mengaplikasikannya secara otomatis. 

Bahkan pengguna juga bisa membuat filter sendiri dan menyimpannya untuk diaplikasikan.

Info Menarik Lainnya : 5 Cara Promosi di Instagram Story & Tips Pemasarannya

4. Gunakan Skema Warna


Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Kekinian


Selain keindahan fotonya, pemilik akun juga harus memperhatikan skema warna yang digunakan. 

Komposisi warna ini akan memberikan pengaruh besar dalam tampilan feeds Instagram yang dikelola. 

Pilihlah 2 sampai 3 warna untuk diaplikasikan di feeds Instagram. Jangan terlalu banyak memasukkan warna, karena akan membuat tampilan feeds terlalu ramai, sehingga malah jadi terlihat tidak menarik lagi.

Pemilihan skema warna ini juga harus disesuaikan dengan tema yang sudah dipilih. Jangan sampai jenis warnanya merusak tema feeds yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Misalnya feeds Instagram Anda memiliki tema minimalis, maka pilihlah skema warna yang melibatkan warna-warna minimalis. Contohnya seperti warna abu-abu, putih, dan juga krem.

Info Menarik Lainnya : Cara Promosi di Instagram Ads dan Manfaat yang Diperoleh Pebisnis

5. Cek Kualitas Foto


Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Kekinian


Sebelum mengunggah foto, cobalah cek dulu seperti apa kualitasnya. 

Untuk menghasilkan feeds Instagram yang aesthetic, pengguna tak harus mengambil foto dengan menggunakan kamera profesional. Hanya saja memang dibutuhkan jenis foto yang kualitasnya cukup baik dan sesuai dengan tema feeds Instagram tersebut. 

Biasanya foto-foto yang kualitasnya bagus bisa lebih menarik perhatian di Instagram.

Info Menarik Lainnya : Cara Melihat Akun Instagram Private, Simak Yuk!

6. Buat Rencana Posting


Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Kekinian


Sebuah feeds yang aesthetic pasti butuh perencanaan yang tepat dan matang. Selain desainnya, pemilik akun juga harus memperhatikan konten dan waktu posting. Buatlah rencana posting yang tepat, sehingga bisa menghasilkan feeds yang indah dan menarik. 

Tentukan apa saja yang akan diunggah dalam kurun waktu tertentu. Misalnya Anda sudah punya stok foto yang banyak, maka buatlah rencana mau foto mana dulu yang akan diunggah.

Itulah diatas cara membuat feeds Instagram aesthetic yang dapat dilakukan para pemilik akun Instagram. 

Sebenarnya ini mudah sekali untuk diterapkan, asalkan Anda konsisten dengan pilihan tema dan paham konsepnya. Bila masih merasa bingung, maka coba lihat lagi beberapa referensi akun yang sudah menerapkan tampilan feeds aesthetic sebagai inspirasi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Feeds Instagram Aesthetic Kekinian"