Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris

Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris


Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris - Performa monitor LCD pasti akan berpengaruh pada tampilan visual (gambarnya). Monitor LCD yang berkualitas prima pasti akan menghasilkan gambar yang bagus. Namun terkadang perangkat ini tidak bisa berfungsi normal dan mengalami kendala. Misalnya terlihat muncul garis-garis pada monitor LCD tersebut. 

Oleh karena itu, mari kita ulas cara memperbaiki monitor LCD bergaris dengan mudah. 

Sehingga bisa menampilkan gambar atau visual yang bagus seperti semula.

Simak hingga tuntas yuk!

Penyebab Muncul Garis pada Monitor LCD

Sebelum kita bahas cara mengatasi monitor bergaris ini, maka perlu dipahami dulu apa penyebabnya. 

Sebenarnya faktor penyebab monitor bergaris sangat beragam. Salah satunya bisa jadi karena monitor terkena benturan keras. Benturan ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan dan menimbulkan munculnya garis pada layar.

Selain itu, garis pada monitor LCD juga bisa disebabkan oleh paparan air. Monitor LCD yang terkena air bisa menjadi rusak dan muncul garis-garis, sehingga mengganggu tampilan visualnya. 

Sebenarnya sangat penting untuk melindungi monitor LCD agar tidak terpapar faktor eksternal yang bisa menyebabkan kerusakan. Seperti benturan serta paparan air yang jelas-jelas akan merusak monitor LCD.

Tak hanya karena faktor eksternal, ternyata munculnya garis-garis pada monitor LCD juga bisa disebabkan oleh faktor internal.

Diantara faktor internal itu adalah error pada monitor LCD yang bisa menyebabkan munculnya garis. Dan perlu ditelisik lebih jauh apa yang menyebabkan error, serta apakah ada bagian lain yang ikut mengalami kerusakan.

Monitor LCD bergaris juga bisa terjadi karena kerusakan RAM. Selain RAM, VGA juga dapat berpengaruh pada performa monitor LCD. 

Jika terjadi kerusakan pada VGA, maka biasanya tampilan LCD akan jadi error dan bergaris. Masalah seperti ini biasanya disebut dengan VGA artifak dan dibutuhkan tindakan lebih lanjut untuk mengatasinya.

Bagaimana Solusi Memperbaikinya?

Ada beberapa solusi yang bisa diambil untuk mengatasi masalah monitor LCD bergaris. Tentu saja solusinya harus disesuaikan dengan penyebab munculnya garis pada monitor tersebut. 

Berikut ini beberapa cara memperbaiki monitor LCD bergaris secara mudah dan cepat:

1. Ganti RAM


Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris

Jika kemunculan garis pada monitor LCD disebabkan oleh kerusakan RAM, maka gantilah RAM-nya. 

Sebenarnya sebelum mengganti RAM, pengguna disarankan untuk membersihkan RAM terlebih dahulu. Caranya dengan menggosok bagian kuningan RAM menggunakan penghapus karet. Setelah itu coba di tes dulu apakah RAM tersebut masih error atau tidak. Yaitu dengan cara memasangnya di perangkat lain.

Jika memang terbukti sudah error, maka segera ganti RAM yang digunakan tadi. Gantilah dengan RAM baru. Kemudian cek lagi apakah RAM baru tersebut bisa mengatasi masalah monitor LCD yang bergaris itu. 

Jangan lupa, pilih jenis RAM yang kompatibel dan sesuai dengan kapasitas perangkat yang digunakan.

2. Tekan bagian Bergaris di Monitor


Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris

Cara berikutnya cukup mudah dan dinilai efektif mengatasi masalah monitor bergaris. Pengguna bisa menekan bagian monitor yang muncul garis secara perlahan. Biasanya solusi ini manjur diterapkan jika kerusakan monitor terjadi karena adanya benturan keras. 

Cobalah untuk memberikan tekanan ringan saja pada bagian yang bergaris. Jika tampilan garis mulai berkurang, maka lakukan terus hingga garis-garis tersebut menghilang.

Biasanya cara ini sangat efektif untuk diterapkan pada LCD ponsel atau smartphone. Namun jika garis-garisnya tidak menghilang ketika monitor ditekan ringan, maka hentikan langkah tersebut. Jangan sampai tekanan yang diberikan justru menambah parah kerusakan monitor.

Info Menarik Lainnya : Perbedaan Monitor LCD dan LED (Perlu untuk Diketahui)

3. Lakukan Penggantian VGA


Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris

Langkah lain yang bisa dicoba adalah mengganti VGA. 

Telah disebutkan sebelumnya diatas bahwa kerusakan monitor LCD bisa disebabkan oleh rusaknya VGA. Biasanya pada kondisi seperti ini monitor tetap bisa menyala, namun muncul garis-garis yang tidak jelas. 

Sebelum mengganti VGA, maka sangat disarankan agar mengecek kondisinya terlebih dahulu. Apabila masih bisa diperbaiki, maka lebih baik perbaiki saja.

Jika memutuskan untuk mengganti dengan VGA dengan yang baru, maka pilihlah VGA yang tepat. 

Pastikan keaslian VGA-nya pada saat akan membeli. Jangan membeli VGA yang palsu atau kualitasnya buruk, sehingga malah menimbulkan masalah baru. Kalau perlu tanyakan dulu kepada orang yang berpengalaman soal VGA, sehingga Anda tidak sampai salah membeli.

Info Menarik Lainnya : Cara Cek Power Supply PC dengan Software (Mudah & Efektif)

4. Bawa ke Tempat Servis


Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris


Cara memperbaiki monitor LCD bergaris yang paling mudah adalah dengan membawanya ke tempat servis. Terutama jika pengguna benar-benar tidak tahu apa penyebab dari kerusakan monitor tersebut. 

Misalnya RAM dan VGA masih dalam kondisi bagus, namun monitor tetap terlihat bergaris. Oleh sebab itu perlu dilakukan perbaikan monitor untuk menghilangkan tampilan bergaris tersebut.

Pilih tempat servis yang berkualitas dan sudah berpengalaman. Lakukan konsultasi terlebih dahulu agar tahu apa sebenarnya kerusakan yang menyebabkan munculnya garis pada monitor LCD. Tanyakan juga seberapa besar kemungkinan monitor LCD kembali pulih setelah dilakukan perbaikan.

Info Menarik Lainnya : Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

Kegagalan Perbaikan Monitor

Memang ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki monitor LCD bergaris. Namun bisa saja semua cara tersebut tidak bekerja secara efektif dan masalah monitor masih tetap ada. Jika hal ini terjadi, maka sangat disarankan untuk mengganti monitor dengan yang baru.

Pilihan ini harus diambil ketika sudah sangat sulit menemukan penyebab kerusakan pada monitor. Mengganti monitor adalah pilihan yang terakhir, terutama ketika semua solusi sudah dicoba, namun masalah yang sama kembali muncul lagi. 

Pilihlah jenis monitor LCD yang berkualitas dan kompatibel dengan perangkat yang digunakan.

Itulah beberapa cara memperbaiki monitor LCD bergaris yang dapat dilakukan. 

Jika tidak ada pengalaman sama sekali dalam memperbaiki perangkat keras seperti ini, maka jangan melakukan pembongkaran sendiri. Mintalah bantuan orang yang lebih berpengalaman untuk mengatasi masalah kerusakan tersebut.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Monitor LCD Bergaris"