Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Klik dan Kunjungi

 Advertisement Here

Fitur yang Tersedia di Google Slide dan Kegunaannya

Fitur yang Tersedia di Google Slide dan Kegunaannya

Fitur yang Tersedia di Google Slide - Pembuatan presentasi kini bisa dilakukan secara online dengan menggunakan tool bernama Google Slide. Tool ini dipersembahkan oleh Google dan banyak sekali manfaatnya. Diantaranya yaitu dapat membantu semua orang untuk membuat presentasi bebas biaya, dan bisa diselesaikan secara online. 

Cukup banyak fitur yang tersedia di Google Slide, sehingga mempermudah penggunanya dalam membuat presentasi. 

Mari cari tahu apa saja pilihan fitur tersebut dan seperti apa kegunaannya. Simak hingga tuntas yuk!

Tentang Google Slide

Sebelumnya, penting untuk mengenal terlebih dahulu apa itu Google Slide. Ini merupakan sebuah layanan presentasi online dari Google (bagian dari produk office Google Suite). 

Tool ini mulai dirilis pada tahun 2006 lalu, dan sekarang sudah bergabung dengan sebuah layanan yang disebut Google Workspace.

Google menghadirkan layanan ini untuk membantu penggunanya dalam menyusun presentasi secara online. Proses pembuatan presentasi bisa dilakukan bersama teman-teman satu tim secara real-time. 

Jadi semua anggota tim bisa menyusun presentasi bersama-sama tanpa harus berkumpul di satu tempat. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, kehadiran tool tersebut benar-benar sangat bermanfaat.

Menariknya lagi, Google Slide juga menawarkan dukungan cloud storage yang cukup besar. File akan disimpan di Google Drive dengan kapasitas penyimpanan utama sebesar 15 GB untuk masing-masing pengguna. 

Kapasitas itu terbilang besar dan bisa membuat penggunanya lebih leluasa. Google Slide juga bisa diakses melalui berbagai jenis browser, sehingga sangat fleksibel untuk semua pengguna.

Fitur yang Tersedia

Tentunya Google Slide juga dilengkapi dengan berbagai jenis fitur yang mendukung. Fitur yang tersedia di Google Slide ini bisa dioptimalkan oleh pengguna untuk menghasilkan presentasi yang bagus dan berkualitas sesuai kebutuhan. 

Berikut ini beberapa jenis fitur yang tersedia di Google Slide:

1. Share dan Comment


Fitur yang Tersedia di Google Slide dan Kegunaannya


Google Slide memungkinkan penggunanya untuk membagikan file hasil presentasi yang sudah dibuat kepada orang lain melalui fitur Share. Pengguna bisa membagikan presentasi ke teman-teman satu tim. 

Nantinya ada dua fitur yang bisa dipilih yaitu Can View dan Can Comment. Artinya, ada pengguna lain yang hanya bisa melihat hasil presentasi saja, dan ada pengguna lain yang bisa melihat sekaligus menambahkan komentar.

Kemudian ada fitur Comment dimana pengguna lain atau rekan dalam satu tim tadi bisa saling memberi komentar. Pengguna bisa berbagi komentar untuk tiap slide presentasi yang sudah dibuat. 

Semua fitur itu sangat efektif digunakan sebagai media diskusi (ketika presentasi harus dibuat oleh satu tim yang terdiri dari beberapa orang).

2. Voice Type Speaker Notes

Fitur yang Tersedia di Google Slide dan Kegunaannya


Berikutnya ada fitur Voice Type Speaker Notes yang ternyata sangat mempermudah proses pembuatan presentasi. Fitur ini sangat cocok digunakan oleh para pengguna yang malas mengetik secara manual. 

Jadi pengguna tinggal merekam suara dan mengucapkan kalimat yang ingin ditampilkan di slide presentasi. Bahkan pengguna bisa memilih jenis bahasa yang akan digunakan.

3. Activity Dashboard


Fitur yang Tersedia di Google Slide dan Kegunaannya


Untuk melihat perkembangan aktivitas pembuatan slide presentasi, maka fitur Activity Dashboard ini bisa digunakan. Fitur tersebut akan memberikan informasi mengenai progress pembuatan presentasi. 

Jadi aktivitas semua anggota tim dalam menyusun presentasi akan terlihat melalui Activity Dashboard. Dengan begitu, bisa diketahui apa saja perubahan yang sudah diberikan, dan siapa saja yang membuat perubahan tersebut.

Intinya fitur Activity Dashboard ini fungsinya sangat penting sekali. 

Apa sebab?

Karena pembuatan presentasi yang dibuat oleh tim biasanya membutuhkan input dari semua anggota tim. Sehingga akan sulit jika harus mengirim file presentasi dan meminta anggota lain untuk mengedit. 

Pengguna seringkali kesulitan memeriksa siapa saja yang sudah melakukan perubahan di presentasi tersebut. Nah semua kendala itu akan dapat teratasi berkat adanya fitur Activity Dashboard. 

Info Menarik Lainnya : 6 Fitur Google Classroom untuk Menunjang Kelancaran Belajar

4. Master


Fitur yang Tersedia di Google Slide dan Kegunaannya


Fitur yang tersedia di Google Slide memang semuanya mempermudah pengguna untuk menghasilkan slide presentasi yang bagus. Selanjutnya ada fitur Master yang sangat membantu pengguna dalam menyusun desain presentasi. 

Ada banyak sekali desain presentasi yang tersedia di Google Slide. Tinggal pilih saja mana yang paling sesuai dengan kebutuhan (sekaligus tema atau topik presentasi).

Fitur Master ini juga memungkinkan penggunanya untuk melihat tampilan preview. Jadi sebelum diisi dengan materi, desain presentasi bisa dilihat terlebih dahulu. Dengan begitu bisa ditentukan apakah desain tersebut memang cocok atau tidak. 

Fitur ini bisa mempersingkat waktu pembuatan presentasi, karena desainnya sudah tersedia dan tinggal diisi dengan materi.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengupload Tugas di Google Classroom untuk Belajar Daring

5. Add-on Shutterstock Editor


Fitur yang Tersedia di Google Slide dan Kegunaannya


Jika pengguna ingin menambahkan gambar di slide presentasi, maka fitur Add-on Shutterstock Editor bisa digunakan. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menjelajahi semua koleksi gambar yang tersedia di Shutterstock. 

Gambar-gambar tersebut juga royalty-free sehingga bebas digunakan secara aman. Fitur ini akan mempermudah pengguna dalam melengkapi slide presentasinya agar terlihat lebih cantik dan menarik.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Soal di Google Classroom & Menunjukkan Nilainya

6. Animasi


Fitur yang Tersedia di Google Slide dan Kegunaannya


Selain gambar, animasi pada slide presentasi juga bisa membuat tampilan jadi lebih menarik. Google Slide juga menghadirkan fitur animasi yang akan membuat proses transisi slide tampak lebih menarik. Cukup banyak jenis model transisi slide yang bisa digunakan dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Jenis animasi transisi yang ingin dipakai bisa diaplikasikan pada satu slide maupun beberapa slide. Pengguna juga bisa melihat hasil preview untuk jenis animasi yang sudah diaplikasikan. Ini akan sangat membantu pengguna untuk menilai apakah pilihan animasi transisi slide sudah cukup bagus atau belum.

Semua fitur yang tersedia di Google Slide benar-benar membuat pengguna merasa dimudahkan dalam menyusun presentasi. Tampilan presentasi jadi lebih menarik dan tentu saja materinya bisa lebih matang (karena ada tim yang sama-sama bekerja untuk menyusun materi tersebut). 

Google Slide juga sangat efektif digunakan untuk meeting online maupun belajar online yang berlangsung jarak jauh.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "Fitur yang Tersedia di Google Slide dan Kegunaannya"