Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Twitter Tidak Bisa Login? Simak Jawabannya Disini


Kenapa Twitter Tidak Bisa Login? - Media sosial Twitter saat ini semakin ramai digunakan oleh masyarakat. Sebagaimana platform digital lainnya, maka Twitter pun juga tak bisa terlepas dari gangguan. Salah satu kendala yang sering ditemui oleh pengguna Twitter adalah gagal login. 

Nah kira-kira kenapa Twitter tidak bisa login? .

Artikel kali ini akan membahas penyebab pengguna Twitter tidak bisa login. Nanti juga akan di ulas solusinya secara lengkap.

Simak hingga tuntas yuk!

Penyebab Gagal Login

Sebenarnya kegagalan login di akun Twitter ini bisa disebabkan oleh banyak hal. 

Penyebab yang paling umum terjadi adalah karena pengguna lupa password-nya. Password akun seharusnya dicatat dan disimpan agar bisa digunakan untuk login di lain waktu. 

Selain lupa password, bisa juga kegagalan login terjadi karena akun di-hack oleh orang lain, sehingga password-nya sudah berganti.

Pengguna yang mendaftarkan beberapa akun di Twitter dengan nomor telepon yang sama juga bisa mengalami gagal login. 

Biasanya Twitter akan memberi peringatan bahwa telah ditemukan beberapa nama akun yang memakai satu nomor telepon. Ini sebenarnya merupakan cara Twitter dalam menjaga keamanan privasi penggunanya.

Kegagalan login juga bisa disebabkan oleh pihak Twitter sendiri. Jadi Twitter berhak memberlakukan protokol dimana pengguna tidak bisa login demi alasan keamanan. Ini biasanya dilakukan ketika Twitter mendeteksi adanya kegiatan yang mencurigakan terkait dengan akses ke akun tersebut.

Itulah beberapa alasan kenapa Twitter tidak bisa login dengan lancar. Masalah login ini jelas akan sangat menjengkelkan, karena pemilik akun jadi tidak bisa masuk mengakses akunnya sendiri. 

Akibatnya pemilik akun tidak bisa memperbarui Tweet, melihat timeline, dan lain sebagainya. Jadi dibutuhkan solusi yang tepat sehingga pengguna bisa segera masuk lagi ke akunnya.

Cara Mengatasi Gagal Login

Lalu apa yang bisa dilakukan jika terjadi kegagalan saat login Twitter? 

Solusi yang diambil tentu harus disesuaikan dengan alasan kenapa Twitter tidak bisa login. Berikut ini ada beberapa solusi yang bisa diambil oleh pemilik akun:

1. Ganti Password Twitter



Jika kegagalan login Twitter disebabkan oleh lupa password, maka secara otomatis pengguna harus mengganti password agar bisa login. Pemilik akun harus punya password baru untuk bisa login ke akun. 

Proses penggantian password ini sangat mudah untuk dilakukan. Ketika terjadi kegagalan login, biasanya Twitter akan langsung menampilkan pilihan menu Lupa Password.

Langsung saja klik opsi tersebut, nanti pengguna akan diarahkan ke laman penggantian password. 

Umumnya pengguna akan diminta untuk memasukkan data username, kemudian membuat password yang baru. 

Ingat, pastikan untuk membuat password yang aman sesuai petunjuk dari Twitter. Selain itu sebaiknya password baru ini dicatat dan disimpan, sehingga nanti tidak akan terulang lagi kejadian lupa password.

2. Lakukan Update Aplikasi



Hal berikutnya yang bisa dicoba ketika Twitter gagal login adalah lakukan update aplikasi. 

Setiap aplikasi mobile pasti butuh diperbarui secara berkala. Termasuk aplikasi Twitter ini harus diperbarui sehingga tidak terjadi kendala-kendala yang mengganggu. 

Mungkin saja kegagalan login tersebut disebabkan oleh adanya gangguan akibat aplikasi. Karena sudah lama tidak diperbarui dan sistemnya tidak update.

Solusinya langsung saja masuk ke PlayStore atau AppStore untuk mengunduh pembaruan dari aplikasi Twitter. Setelah selesai diperbarui, silakan coba kembali untuk login. 

Pastikan username dan password-nya benar. Jika masih gagal, maka berarti masalahnya bukan terletak pada sistem aplikasi yang tidak update. Maka dari itu, pengguna bisa mencoba solusi berikutnya dibawah ini.

Info Menarik Lainnya : Cara Mengecek Akun Twitter Sehat atau Tidak

3. Restart Perangkat



Seringkali sebuah aplikasi tidak bisa bekerja dengan lancar karena ada gangguan pada perangkat yang digunakan. Oleh sebab itu, cobalah untuk melakukan restart perangkat. 

Restart ini dilakukan untuk mengembalikan sistem perangkat ke default. Biasanya setelah dilakukan restart, maka aplikasi akan kembali bekerja secara normal, sehingga mungkin bisa membantu mengatasi masalah login.

Setelah melakukan restart perangkat, cek dulu koneksi internet apakah stabil atau tidak. 

Jika sudah dipastikan stabil, kemudian tunggu beberapa saat. Setelah itu masuk ke aplikasi Twitter dan coba lakukan login kembali. Cara ini biasanya berhasil jika memang tidak ada kendala internal atau kerusakan pada akun.

Info Menarik Lainnya : Cara Melihat Akun Twitter yang di Private tanpa Follow

4. Buat Laporan ke Twitter



Telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab kegagalan login adalah akun diretas atau diserang oleh hacker. 

Jika hal itu terjadi, maka cobalah untuk membuat laporan atau report ke pihak Twitter. Langsung informasikan saja bahwa akun telah mengalami gangguan login dan ada indikasi diretas oleh pihak lain.

Bagaimana cara mengetahui bahwa akun Twitter telah diretas orang yang tidak bertanggung jawab? 

Tandanya adalah ketika pengguna sudah memastikan bahwa username dan password yang dimasukkan benar, serta tidak ada masalah lain, namun tetap gagal login, maka ini adalah indikasi kuat akun telah diretas. 

Pengguna juga bisa cek akun Twitter melalui akun lain atau pinjam akun teman. Biasanya jika akun memang diretas, maka akan muncul jejak aktivitas yang mencurigakan.

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Cek Stalker Twitter? Simak Yuk!

5. Ubah Data yang Didaftarkan



Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah mengubah data Twitter. 

Sebelumnya diatas sempat disebutkan, salah satu masalah login yaitu akibat nomor telepon yang telah dipakai untuk membuat banyak akun. Solusinya ganti saja dengan nomor telepon yang berbeda. Namun untuk melakukan hal ini maka butuh bantuan Twitter, karena pemilik akun tidak bisa login sendiri.

Kini sudah diketahui alasan kenapa Twitter tidak bisa login dan apa saja solusi yang bisa dilakukan. 

Jika sudah berhasil login ke Twitter, pastikan untuk menjaga betul keamanan data username dan password. Selain itu pakailah Twitter secara bijak dan jangan langgar aturan yang bisa menyebabkan akun diblokir.

Semoga bermanfaat.

Rianda
Rianda Saya seorang penulis freelance

Post a Comment for "Kenapa Twitter Tidak Bisa Login? Simak Jawabannya Disini"