Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)

6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)

Software Anti Virus Terbaik - Performa perangkat laptop atau komputer bisa mengalami kendala akibat adanya serangan virus atau malware. Itulah mengapa dibutuhkan anti virus yang tepat untuk mencegah kondisi tersebut terjadi. 

Ada beberapa pilihan software anti virus terbaik yang saat ini bisa diandalkan. 

Nah artikel kali ini akan membahas secara detail tentang software tersebut. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi bagi pengguna laptop maupun komputer.

Simak hingga tuntas yuk!

Gejala dan Dampak Serangan Virus Pada Sebuah Perangkat

Sebelumnya, mari kenali dulu bahaya serangan virus pada perangkat laptop maupun komputer. 

Sama seperti tubuh manusia yang akan jatuh sakit ketika terkena virus, maka perangkat laptop dan komputer pun juga akan mengalami hal yang sama. Ciri-cirinya; perangkat tidak bisa difungsikan secara normal akibat adanya serangan virus tersebut.

Pengguna perangkat bisa saja menemui kendala yang berbeda-beda, tergantung jenis virus yang menyerang. Biasanya virus ini akan menyerang data-data yang ada di perangkat tersebut. 

Data-data itu bisa hilang atau sulit untuk diakses kembali. Selain itu, virus juga dapat menyerang software atau aplikasi yang tersedia. Jadi bisa dikatakan serangan virus ini akan menurunkan performa kerja perangkat.

Lalu dari mana virus ini berasal? 

Virus yang menyerang sistem kerja perangkat laptop atau komputer bisa datang dari berbagai sumber. 

Paling sering virus ini datang bersama file yang diunduh dari browser. Selain itu, virus juga bisa datang bersama media penyimpanan yang dihubungkan ke perangkat. Misalnya seperti flashdisk, hardisk eksternal, dan media penyimpanan lainnya.

Pilihan Software Anti Virus

Untuk mencegah terjadinya serangan virus, maka bisa digunakan beberapa software pelindung. Cukup banyak pilihan software yang tersedia saat ini. Dan untuk efektivitasnya, maka bervariasi tergantung jenis perangkat yang dipakai. 

Berikut ini ada beberapa pilihan software anti virus terbaik yang dapat diandalkan:

1. Avast Free Antivirus

6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)

Pilihan pertama adalah Avast Free Antivirus yang menyediakan perlindungan dari serangan virus secara efektif. 

Ada fitur Behavior Shield di software ini yang akan melindungi perangkat dari ancaman yang tidak diketahui (tidak teridentifikasi). Sesuai dengan namanya, software ini bisa digunakan secara gratis dan
efektivitasnya terbilang cukup baik dalam menangkal ancaman.

Avast Free Antivirus juga memiliki fitur yang bisa menghentikan perangkat lunak. Saat perangkat lunak tersebut menunjukkan tanda-tanda abnormal (aktivitas yang mencurigakan), maka biasanya langsung dihentikan secara otomatis. Dengan begitu tidak akan terjadi kerusakan yang lebih jauh, karena kerja perangkat lunak tadi sudah dihambat.

2. Kaspersky Security Cloud

6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)


Nama Kaspersky sudah sangat populer sebagai anti virus di kalangan pengguna komputer. 

Menurut data dari SE Labs Independen, disebutkan bahwa Kaspersky ini menduduki posisi pertama berdasarkan kemampuan perlindungannya (terhadap komputer berbasis Windows). 

Ada dua versi yang ditawarkan, yaitu versi gratis dan berbayar. Keduanya sama-sama efektif untuk menghalau serangan virus.

Kaspersky Security Cloud ini memungkinkan adanya perlindungan pada file, email, juga website. 

Selain bisa digunakan pada perangkat komputer, ternyata anti virus ini juga berlaku untuk perangkat Android. Jadi untuk para pengguna smartphone Android, Anda bisa menggunakan software ini untuk mencegah serangan virus pada perangkat Anda.

3. Avira Free Security


6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)

Software anti virus terbaik berikutnya adalah Avira Free Security (juga menyediakan versi berbayar dengan nama Avira Prime). 

Pada versi gratisnya, software ini memakai mesin pendeteksi malware yang sangat canggih. Jadi meskipun gratis, tetap terbilang efektif untuk menghalau serangan virus pada perangkat.

Avira Free Security ini bisa jadi pilihan jika pengguna tidak ingin menyerahkan informasi apapun selama pemakaian software anti virus. Software ini tidak akan meminta informasi pribadi pengguna seperti alamat email misalnya. 

Selain itu, Avira juga merancang software ini agar kompatibel (bisa dipakai) pada perangkat Windows maupun MacOs.

Info Menarik Lainnya : Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

4. Bitdefender Antivirus

6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)


Berikutnya, ada produk penghalau ancaman virus bernama Bitdefender

Software ini bisa digunakan untuk berbagai jenis perangkat, baik Windows, MacOs, Android, maupun iOS. 

Tersedia dalam versi gratis dan berbayar, sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk versi gratisnya sudah terbilang lengkap, sehingga tak masalah jika Anda ingin menggunakannya tanpa harus keluar biaya.

Bitdefender ini menyediakan beberapa fitur menarik. Mulai dari fitur pemantauan secara real time (agar tidak ada ancaman virus yang masuk ke perangkat). Kemudian ada juga fitur perlindungan yang berbasis artificial intelligence. 

Keunggulan lainnya dari software ini adalah ukurannya tidak terlalu besar, sehingga tidak akan membuat kinerja perangkat berjalan lambat.

Info Menarik Lainnya : Cara Hapus Virus di Laptop Secara Cepat & Ampuh

5. AVG Antivirus

6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)


Penghalau virus lainnya bernama AVG Antivirus

AVG ini merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Avast

Seperti produk Avast yang disebutkan sebelumnya, maka AVG ini punya kinerja yang sama-sama bagus dan tingkat perlindungannya juga tak jauh berbeda. Software AVG akan melindungi perangkat dari virus, malware, ransomware, dan lain sebagainya.

AVG ini juga cukup efektif, karena bisa memberikan notifikasi peringatan ketika ada link yang tidak aman. Selain itu AVG juga bisa memblokir lampiran email yang dianggap tidak aman dan bisa berbahaya bagi perangkat. 

AVG Antivirus ini hadir dalam versi gratis dan berbayar.

Info Menarik Lainnya : Cara Menghilangkan Malware di Android Dengan Mudah

6. Adaware Antivirus

6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)

Terakhir akan kita ulas tentang Adaware Antivirus.

Software ini juga bisa diandalkan untuk menghalau berbagai jenis virus dan malware. 

Produk software ini bahkan sudah memenangkan penghargaan sebagai pelindung terbaik dari berbagai virus. Tersedia dalam versi gratis dan berbayar serta menyediakan 24/7 bantuan teknis bagi pengguna. 

Jika fitur bawaan yang tersedia dirasa kurang lengkap, maka pengguna juga bisa membeli paket fitur tambahan (premium).

Itulah beberapa pilihan software anti virus terbaik yang bisa diandalkan untuk melindungi perangkat Anda. Pakailah software dengan fitur yang memadai dan pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan. Juga jangan lupa untuk mengecek segi kompatibilitas-nya dengan perangkat yang Anda pakai.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Post a Comment for "6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)"