Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

6 Software Cek Hardisk Terbaik dan Mudah Digunakan

6 Software Cek Hardisk Terbaik dan Mudah Digunakan

6 Software Cek Hardisk Terbaik - Hardisk merupakan jenis komponen PC atau laptop yang memiliki peran sangat penting. Jika hardisk mengalami kerusakan, maka sistem operasi dalam PC atau laptop pasti akan terganggu. 

Nah ada beberapa pilihan software cek hardisk yang bisa diandalkan dan mudah untuk dipakai. 

Artikel kali ini akan membahas lebih lengkap mengenai jenis-jenis software tersebut.

Simak hingga tuntas yuk!

Tentang Fungsi dan Kendala Hardisk

Sebelumnya mari pahami dulu apa sebenarnya fungsi hardisk dalam sebuah perangkat PC atau laptop. 

Hardisk ini memiliki peran yang sangat penting dan cukup beragam. Hardisk digunakan untuk menyimpan data dari software, sehingga software tersebut nantinya bisa di-instal di perangkat. Selain itu hardisk juga akan menyimpan berbagai jenis file yang diakses oleh pengguna.

Hardisk memiliki kapasitas penyimpanan yang besar. Oleh sebab itu hardisk akan difungsikan sebagai alat untuk back up data. 

Pengguna PC atau laptop bisa menyimpan berbagai jenis data secara aman melalui hardisk. Itulah mengapa kerusakan pada hardisk benar-benar akan sangat merugikan penggunanya.

Masalah pada hardisk bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa jadi karena pemakaian yang berlebihan, overheat, benturan karena terjatuh, maupun arus listrik yang tidak stabil. 

Saat terjadi kendala pada komputer atau laptop, maka penting sekali untuk memeriksa kondisi hardisk-nya terlebih dahulu. Sekarang sudah ada beberapa jenis software cek hardisk yang dapat diandalkan dalam situasi seperti ini.

Pilihan Software yang Dapat Digunakan

Pemeriksaan hardisk dilakukan agar pengguna tahu apa sebenarnya gangguan yang dialami oleh hardisk tersebut. Jika memang terjadi gangguan pada hardisk, maka bisa dideteksi sedini mungkin dan segera dicari solusi yang tepat. 

Berikut ini beberapa pilihan software cek hardisk yang direkomendasikan:

1. Seagate Seatools


6 Software Cek Hardisk Terbaik dan Mudah Digunakan

Pertama ada Seagate Seatools yang sangat efektif digunakan untuk memeriksa kesehatan dari sebuah hardisk. 

Software ini bisa didapatkan secara gratis dan sudah banyak digunakan oleh para pengguna perangkat komputer maupun laptop. Sangat kompatibel untuk diaplikasikan pada berbagai jenis atau merek hardisk, sehingga terbilang mudah digunakan.

Salah satu poin menarik dari Seagate Seatools ini adalah kemudahan pemakaian yang ditawarkan. Para pemula diharapkan bisa dengan mudah melakukan pemeriksaan hardisk menggunakan software ini. 

Fungsi diagnostik hardisk pada software ini sangat mudah dijalankan dan kompatibel untuk berbagai jenis Windows.

2. HDDScan


6 Software Cek Hardisk Terbaik dan Mudah Digunakan
 

Berikutnya ada HDDScan yang juga sudah sangat sering dipercaya untuk memeriksa kondisi hardisk. 

HDDScan ini menyediakan beberapa pilihan menu yang sangat mudah untuk digunakan. Pengecekan kesehatan hardisk bisa berjalan lebih mudah, efektif, dan cepat berkat sistem HDDScan yang berjalan dengan sangat baik.

Salah satu keunggulan dari software ini adalah bisa mendukung berbagai jenis atau tipe HDD. Menariknya lagi, software ini juga mendukung untuk digunakan dalam berbagai versi Windows. Jadi sangat fleksibel dan bisa diaplikasikan di berbagai jenis perangkat komputer maupun laptop.

3. GSmart Control


6 Software Cek Hardisk Terbaik dan Mudah Digunakan


Selanjutnya ada software GSmart Control yang juga sangat direkomendasikan. 

Aplikasi ini menyediakan banyak pilihan tipe pengecekan yang bisa digunakan sesuai kondisi hardisk. Ada jenis short self-test, dimana hardisk akan diperiksa selama  2 menit untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak.

Software ini juga menyediakan tipe pemeriksaan extended self-test dimana prosesnya kurang lebih berlangsung selama 70 menit. Nantinya akan didapatkan hasil pemeriksaan yang jauh lebih dalam. 

Lalu ada pula conveyance self-test yang hampir sama seperti short self-test dan berlangsung selama 5 menit pemeriksaan.

Info Menarik Lainnya : Butuh Pengganti Microsoft Office? Ini 6 Software yang Direkomendasikan!

4. Macrorit Disk Scanner

6 Software Cek Hardisk Terbaik dan Mudah Digunakan

Rekomendasi software cek hardisk berikutnya adalah Macrorit Disk Scanner

Software yang satu ini dikenal dengan kecepatan pemeriksaan hardisk yang sangat baik. Selain itu software ini juga fleksibel karena bisa diterapkan pada berbagai jenis versi Windows. 

Pengguna bisa mengunduh dan memakai software ini secara gratis dan performanya juga sama sekali tidak mengecewakan.

Info Menarik Lainnya : 6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)

5. Ariolic Disk Scanner


6 Software Cek Hardisk Terbaik dan Mudah Digunakan

Pilihan selanjutnya adalah Ariolic Disk Scanner

Software ini sangat sederhana dan efektif untuk dipakai memeriksa kondisi kesehatan hardisk laptop dan perangkat komputer. 

Ukurannya juga relatif kecil karena hanya 1 MB, sehingga tidak akan memakan ruang penyimpanan yang terlalu besar. Ukuran yang kecil ini juga membuat proses pengunduhan software bisa berjalan lebih singkat.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh Ariolic Disk Scanner adalah sifatnya yang portable. Dengan begitu pengguna tidak perlu melakukan instalasi ulang dan langsung bisa menjalankannya. Sangat efektif dan mudah digunakan karena fitur-fiturnya simple, cocok bagi para pemula.

Info Menarik Lainnya : Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

6. HD Tune


6 Software Cek Hardisk Terbaik dan Mudah Digunakan

Cek hardisk juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan software bernama HD Tune

Software yang satu ini bisa memeriksa berbagai jenis hardisk. Baik itu jenis hardisk eksternal maupun internal. Jadi sangat fleksibel untuk dipakai memeriksa memory card serta SSD. Fitur pemeriksaannya juga terbilang lengkap dan mudah digunakan (bahkan oleh para pemula).

HD Tune juga kompatibel untuk berbagai jenis sistem operasi komputer, termasuk untuk jenis Windows versi terbaru. Pengguna tak perlu membayar karena software ini bisa diunduh secara gratis. 

Melalui software ini, pengguna juga dapat mendeteksi berbagai jenis kondisi error atau bad sector yang sering menimbulkan masalah pada hardisk. Dengan begitu, berbagai jenis masalah hardisk bisa diberantas tuntas sampai akarnya.

Ternyata ada banyak pilihan software cek hardisk yang efektif untuk digunakan. Silakan pilih jenis software yang paling kompatibel, mudah dipakai, dan memberi hasil pemeriksaan yang akurat. 

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan hardisk secara berkala demi memastikan kesehatannya. Jika terdapat kendala atau indikasi gangguan maka segera ambil solusi terbaik untuk mengatasinya.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "6 Software Cek Hardisk Terbaik dan Mudah Digunakan"