Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Software Flashing Semua Merk HP (Direkomendasikan)

5 Software Flashing Semua Merk HP


5 Software Flashing Semua Merk HP - Flashing menjadi salah satu tahap penting yang dibutuhkan oleh sebuah perangkat HP. Proses ini biasanya dilakukan untuk memperbaiki error atau kerusakan dalam sistem. Saat ini cukup banyak pilihan software flashing semua merk HP yang bisa diandalkan.

Nah artikel ini akan mengulas secara khusus tentang 5 software flashing semua merk HP yang direkomendasikan. 

Simak hingga tuntas yuk!

Kenapa Perlu Melakukan Flashing?

Proses flashing ini sebenarnya bisa dilakukan secara berkala, hanya saja banyak pengguna HP yang sering melupakannya. Penting diketahui bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan Anda perlu dilakukannya flashing. 

Misalnya, perangkat HP sering mengalami hang atau error. Bisa juga dibutuhkan ketika perangkat loading-nya terlalu lama (lemot).

Flashing juga dibutuhkan pada saat ada kesalahan yang dilakukan oleh pengguna HP. 

Misalnya ketika pengguna lupa kunci pola atau password yang digunakan untuk mengakses HP. Intinya langkah flashing ini dibutuhkan ketika perangkat mulai menunjukkan kesulitan akses dan tidak bekerja secara optimal.

Flashing berfungsi untuk memperbaiki kinerja sistem yang ada di dalam sebuah perangkat. Langkah ini akan membantu memperbaiki fitur-fitur yang dinilai lemah, sehingga menyebabkan performa HP tidak bisa optimal. 

Selain itu flashing juga berfungsi untuk membuat perangkat jadi lebih user friendly, artinya mudah digunakan.

Tujuan lain dari flashing adalah untuk mengubah tampilan sistem operasi yang digunakan oleh perangkat. Nantinya flashing ini akan membuat performa perangkat jauh lebih baik dan bisa bekerja lebih cepat. Disamping itu, flashing juga akan membantu mengurangi bug atau ketidaksempurnaan sistem operasi dalam sebuah perangkat HP.

Pilihan Software Flashing

Proses flashing ini memang seringkali dibutuhkan, apalagi jika pengguna sudah merasa kinerja HP sangat menurun. Ada beberapa pilihan software yang bisa digunakan untuk membantu proses flashing berjalan lancar. 

Berikut ini ada 5 pilihan software flashing semua merk HP yang direkomendasikan:

1. SP FLash Tool


5 Software Flashing Semua Merk HP

Pilihan pertama adalah software SP Flash Tool

Software ini sebenarnya lebih banyak digunakan oleh para profesional. Sehingga software ini cukup sulit digunakan, namun bukan berarti tidak bisa diaplikasikan oleh pemula. 

Pengguna baru yang ingin mencoba flashing dengan SP Flash Tool bisa belajar lebih dulu, agar terbiasa dan bisa melakukan flashing dengan lancar menggunakan software ini.

SP Flash Tool sangat efektif digunakan untuk melakukan recovery ROM yang mengalami kendala. Selain itu, software ini juga bisa diandalkan untuk melakukan test memori atau Flash Firmware. Fitur-fitur yang tersedia memang masuk ke kelas advanced, yang artinya sangat efektif dipakai oleh para ahli.

Salah satu fitur unggulan dari software ini adalah fitur auto detect. Fitur ini bisa membantu menyelesaikan beberapa kendala dalam waktu yang singkat. 

SP Flash Tool juga banyak difavoritkan karena relatif aman untuk digunakan dan tidak membebani kinerja komputer. Selain itu SP Flash Tool juga kompatibel untuk perangkat Android yang memakai sistem operasi chipset MediaTek.

2. SPD Flash Research Download Tool


5 Software Flashing Semua Merk HP


Jika dibandingkan dengan SP Flash Tool, software flashing yang satu ini jauh lebih mudah untuk digunakan. Jadi memang software ini lebih direkomendasikan untuk para pengguna awam. Tampilan menu atau fiturnya terbilang simple namun tetap lengkap sehingga efektif untuk dipakai flashing.

Software ini memiliki fitur pemulihan stock firmware. Selain itu ada juga fitur pemulihan untuk spreadtrum devices. 

Pengguna juga bisa mengakses fitur Flash Recovery yang bisa dipakai untuk memulihkan Stock ROM. Update ROM juga bisa dilakukan lewat software ini termasuk melakukan upgrade sistem operasi perangkat.

Info Menarik Lainnya : 5 Software untuk Membuat Jadwal Kerja Shift

3. LiveSuit


5 Software Flashing Semua Merk HP


Rekomendasi software flashing semua merk HP berikutnya adalah LiveSuit

LiveSuit ini bisa dipakai untuk flash firmware dan flash stock firmware. 

Secara keseluruhan memang software ini menawarkan fitur-fitur yang hampir sama dengan software flashing lainnya. Hanya saja memang ada beberapa jenis fitur yang menarik untuk digunakan. 

Contohnya adalah fitur Upgrade Wizard yang membantu loading dan flash firmware lebih cepat.

Info Menarik Lainnya : 6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)

4. RockChip Batch Tool


5 Software Flashing Semua Merk HP

Berikutnya ada RockChip Batch Tool yang juga cukup banyak direkomendasikan. 

Software ini menyediakan beberapa fitur unggulan, salah satunya adalah Portable Application

Fitur tersebut memungkinkan pengguna agar tidak perlu mengekstrak aplikasi saat perangkat dihubungkan ke komputer. Fitur itu membuat pemakaian jadi terasa jauh lebih mudah dan proses flashing bisa berjalan lebih cepat.

Selain itu, RockChip Batch Tool juga menyediakan fitur Flash Firmware. Fitur ini bisa digunakan untuk flash atau install stock firmware secara praktis. 

Flashing bisa dilakukan dengan klik menu Upgrade atau Restore setelah proses loading firmware dinyatakan selesai. Sangat mudah untuk digunakan dan cocok bagi pengguna awam.

Info Menarik Lainnya : Macam Macam Software Firewall, Pelindung Komputer dari Malware

5. Odin


5 Software Flashing Semua Merk HP


Bagi pengguna perangkat Samsung, ada satu software flashing yang sangat direkomendasikan yaitu Odin

Sebenarnya software ini bisa juga diaplikasikan di merk HP lainnya. Hanya saja, fitur-fiturnya lebih mendukung untuk proses flashing perangkat Samsung secara optimal.

Secara garis besar, Odin juga menawarkan fitur flashing yang sama seperti pilihan software lainnya. Dari segi tampilan fiturnya, Odin cukup simple untuk digunakan. Selain itu performa kerja software ini juga memuaskan, sehingga dapat diandalkan untuk melakukan flashing HP.

Pilihan software flashing semua merk HP ini bisa membantu perangkat bekerja lebih optimal. Silakan pakai jenis software yang dinilai paling kompatibel dengan perangkat HP dan fiturnya paling lengkap sesuai kebutuhan. 

Pastikan sudah melakukan back up data terlebih dahulu sebelum melakukan flashing (demi keamanan).

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Software Flashing Semua Merk HP (Direkomendasikan)"