Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Tips Pengiriman Barang Dagangan ke Luar Negeri Menggunakan Jasa Ekspedisi

Tips Pengiriman Barang Dagangan ke Luar Negeri Menggunakan Jasa Ekspedisi


Pengiriman Barang Dagangan ke Luar Negeri - Sebuah bisnis yang dikelola dengan baik pasti akan lebih mudah menguasai pasar. Selain itu juga akan berpeluang mendapatkan banyak konsumen. Bahkan tidak menutup kemungkinan datang pesanan dari luar negeri. 

Biasanya seorang yang baru menerima order dari luar negeri akan sedikit merasa bingung, karena belum tahu prosedur atau cara mengirim barang keluar negeri. 

Nah agar tidak kebingungan, maka penting untuk mengetahui cara pengiriman barang dagangan ke luar negeri secara keseluruhan. 

Mulai dari tipsnya hingga pemilihan jasa ekspedisi. 

Menyelesaikan pesanan orang luar negeri tidak semudah seperti melayani orderan di negara sendiri. Keterbatasan penjual dalam mengakses lokasi membuatnya mau tidak mau harus menggunakan jasa ekspedisi. Belum lagi persyaratan yang rumit. 

Tapi tenang saja, karena artikel ini akan mengulas tips dan daftar beberapa jasa ekspedisi yang bisa memberikan pelayanan kirim internasional secara mudah.

Simak terus yuk!

Tips Mengirim Barang Dagangan ke Luar Negeri 

Berhasil masuknya produk yang dijual hingga pasar internasional, tentu menghadirkan rasa senang. Itu tandanya bisnis yang sedang dijalankan sudah berjalan dengan baik, karena mampu menjangkau pelanggan hingga luar negeri. 

Supaya tidak mengecewakan customer Anda, simak beberapa tips berikut:

1. Mengemas Barang dengan Aman

Hal pertama dan paling krusial untuk diperhatikan sebelum mengirimkan barang dagangan ke lintas negara adalah soal pengemasan. 

Proses packaging tidak bisa dilakukan asal kemas, karena produk akan melewati waktu dan jarak tempuh yang lama. Jadi Anda tidak bisa menyamakannya seperti melayani orderan didalam negeri.

Supaya barang yang dikirim sampai secara utuh di tangan pemesan, maka harus dikemas dengan aman. 

Pastikan menggunakan selotip ganda agar terbungkus kuat. Akan lebih baik lagi jika Anda menambahkan plastik di dalamnya. 

Apabila barang yang dipesan adalah jenis produk yang mudah rusak akibat benturan, maka Anda bisa melakukan packing memakai bubble wrap, kayu, atau kardus. 

2. Memperkirakan Biaya dan Waktu Pengiriman 

Tips kedua yaitu membuat estimasi biaya untuk proses pengiriman barang dagangan ke luar negeri yang akan dihabiskan. Ini dapat diperkirakan dengan melakukan riset menggunakan beberapa jasa ekspedisi terlebih dahulu. 

Jadi kumpulkan perusahaan yang melayani kirim internasional dan bandingkan biaya ongkirnya. Cari yang paling murah supaya bisa menekan pengeluaran.

Selain biaya, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah jangka waktu pengiriman. Karena hal tersebut akan memengaruhi kualitas barang dagangan yang dipesan pelanggan. 

Jika berupa produk makanan basah atau buah-buahan, maka tentu memerlukan waktu pengiriman yang cepat untuk sampai ke tangan konsumen. Paling tidak produk harus sudah diterima dalam waktu 2-4 hari.

Info Menarik Lainnya : Cara Merubah Nomor Whatsapp Menjadi Nomor Luar Negeri

3. Memilih Jasa Ekspedisi Terpercaya 

Melayani pesanan yang datang dari luar negeri memang sudah bukan hal yang mustahil lagi saat ini. 

Tapi sebelum menerimanya, maka Anda perlu pertimbangan dan persiapan yang matang. Salah satunya yaitu terkait jasa ekspedisi yang bisa diberi kepercayaan untuk mengantarkan barang. 

Anda harus memastikan bahwa ekspedisi tersebut sudah memiliki pengalaman bagus untuk mengirim barang secara internasional. 

Pengiriman ke luar negeri sangat mungkin beresiko barang hilang atau rusak. Solusinya, Anda bisa memilih jasa ekspedisi yang menyediakan asuransi (agar bisa mengklaim ganti rugi). 

Salah satu ciri lainnya dari perusahaan ekspedisi yang bagus adalah memiliki sistem tracking paket. Sehingga baik penjual maupun si pemesan dapat memantau proses pengiriman barangnya setiap saat. 

Info Menarik Lainnya : 7 Marketplace untuk Jualan ke Luar Negeri, Bisa Menjual Semua Produk

Beberapa Jasa Ekspedisi yang Bisa Mengirim Barang Dagangan ke Luar Negeri 

Tidak semua jasa ekspedisi menyediakan layanan pengiriman barang dagangan ke luar negeri. Jadi Anda sebagai penjual harus cermat memilih perusahaan ekspedisi yang bisa membantu Anda mengirimkan paket dengan selamat sampai tujuan. 

Berikut ini daftar jasa ekspedisi terpercaya yang bisa mengirim barang ke luar negeri:

1. JNE Internasional

Warga Indonesia pastinya sangat familiar dengan JNE. Hampir semuanya pernah menggunakan jasa ekspedisi tersebut untuk melakukan transaksi secara online. Tapi apakah Anda sudah tahu  bahwa JNE juga menyediakan produk layanan mengirim barang lintas negara?

JNE memudahkan penjual melayani order pelanggan luar negeri dengan memberikan layanan JNE Internasional. Pengirim hanya perlu datang ke kantor cabang terdekat untuk menggunakan layanan tersebut. Biaya ongkirnya cukup terjangkau, yakni Rp200.000 dengan berat di bawah 50 kilogram. 

Info Menarik Lainnya : Mau Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat ATM BCA? Baca Dulu Penjelasan Ini

2. Pos Indonesia

Anda juga bisa mengandalkan Pos Indonesia untuk mengantarkan paket dengan utuh tanpa cacat kepada pembeli dari luar negeri. Prosesnya sangat mudah. Setelah mengemas dengan aman, silahkan bawa barang kiriman Anda ke kantor Pos. Nanti di sana akan dibantu oleh petugas untuk pengisian formulir. 

Selanjutnya pihak Pos akan memberikan dua jenis resi, yaitu dalam dan luar negeri. 

Beberapa produk pengiriman internasional yang bisa dipilih adalah:

  • Quick International Express.
  • Pos Ekspor.
  • EMS.
  • Paket Pos Cepat Internasional. 

3. TiKi

Jasa ekspedisi ketiga yang bisa memberikan pelayanan serupa adalah TiKi. 

Ekspedisi ini tidak perlu diragukan lagi bagaimana kredibilitasnya. Karena sejak dulu sudah melayani ribuan pelanggan dan memastikan barang dagangan sampai ke tujuan dengan aman. Terlebih lagi tarif pengiriman internasional di TiKi sangat terjangkau.

Produk yang disediakan oleh TiKi untuk layanan ini bernama INT (International Service). Penjual bisa mengirim barang dagangan ke beberapa negara. Contohnya seperti ke Singapura, Malaysia, maupun Arab Saudi. Waktu estimasi pengirimannya tergantung kemana tujuan pengiriman barang tersebut. 

Info Menarik Lainnya : Cara Transfer Uang ke Luar Negeri & Permasalahan Umumnya

4. DHL

Anda juga bisa mempercayakan paket tujuan luar negeri kepada DHL. Jasa ekspedisi ini memiliki jangkauan hampir ke seluruh negara. Pengalamannya terbukti bisa dipercaya dan barang akan sampai hanya dalam waktu 1-5 hari. 

Anda cukup membawa produk kiriman Anda ke service point DHL dan melakukan pengemasan. Setelahnya Anda bisa melacak proses pengiriman paket secara online dalam waktu 24 jam.

5. FedEx

Pengalaman dan jam terbang FedEx tidak kalah saing dengan jasa ekspedisi sebelumnya diatas. Cakupan yang luas dan juga biayanya paling murah, membuat cukup banyak pebisnis yang lebih suka memilih FedEx. 

Pengirim dapat memilih produk sesuai dengan berat barang yang dikirim, ada ekonomi atau prioritas. 

Demikianlah uraian tentang tips melakukan pengiriman barang dagangan ke luar negeri dan daftar jasa ekspedisi yang menyediakan layanan tersebut. 

Jika sewaktu-waktu Anda memperoleh pesanan dari warga asing, maka sudah tidak perlu bingung lagi. Cukup percayakan kepada salah satu jasa ekspedisi di atas. Pilihlah yang sudah berpengalaman dan mampu menjaga paket dengan aman hingga sampai ke tangan pelanggan Anda.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tips Pengiriman Barang Dagangan ke Luar Negeri Menggunakan Jasa Ekspedisi"