Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Mau Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat ATM BCA? Baca Dulu Penjelasan Ini

Banyak orang yang ingin transfer uang ke luar negeri lewat ATM BCA. Alasannya karena ATM BCA sangat mudah dijumpai (bahkan hingga ke pelosok Indonesia). Dan mengirim uang ke luar negeri sekarang ini sudah umum dilakukan, tidak terkecuali oleh orang-orang yang ada di kota kecil.


Mau Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat ATM BCA?  Baca Dulu Penjelasan Ini

Namun sayangnya, bank swasta ini ternyata belum memiliki fitur transfer uang ke luar negeri lewat ATM BCA.

Padahal ATM BCA sangat banyak sekali jumlahnya dimana-mana. Namun semua itu tidak bisa digunakan untuk mengirim uang ke luar negeri.

Lantas adalah solusinya?

Tenang saja,,,, karena ada cara lain agar bisa transfer ke luar negeri melalui BCA. Yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Remittance BCA, Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Lewat BCA

Ketika tidak bisa transfer uang ke luar negeri lewat ATM BCA, nasabah tidak perlu khawatir. BCA memiliki produk yang bernama Remittance BCA. Produk perbankan ini ditujukan bagi nasabah yang ingin mengirim uang dalam berbagai valas ke luar negeri.

Nasabah bisa mengirim uang ke luar negeri melalui kantor-kantor cabang bank BCA yang ada di seluruh Indonesia. BCA menawarkan waktu pengiriman uang ke luar negeri yang cepat. Selain itu, BCA memiliki sistem yang handal sehingga transaksi pengiriman ke luar negeri bisa cepat dan aman.

Di seluruh dunia, Remittance BCA memiliki jaringan bank korespondensi yang luas. Bagi pelaku bisnis, jaringan yang luas ini sangat menguntungkan. Di Indonesia saat ini banyak importir-importir yang merata baik skala besar, menengah maupun kecil.

Kantor cabang Bank BCA yang tersebar di seluruh Indonesia melayani pengiriman uang ke luar negeri ini. Jadi, walaupun tidak bisa transfer uang ke luar negeri lewat ATM BCA, nasabah bisa dengan mudah datang ke kantor cabang untuk transfer uang.

Namun perlu diketahui bahwa mengirim uang melalui BCA hanya bisa dilakukan oleh nasabah BCA saja. Bagi yang tidak memiliki rekening BCA, maka tentu saja harus menggunakan cara lain seperti ke agen-agen pengiriman uang seperti MoneyGram atau Western Union. Tentu ada biaya transfer yang berbeda dengan BCA dan agen-agen pengiriman uang.

Baca juga : Cara Transfer Uang Antar Negara, Mudah & Cepat Sampai

Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Melalui BCA

Walaupun tidak bisa transfer uang ke luar negeri lewat ATM BCA, ternyata ada beberapa cara yang lain. Cara-cara ini akan bersangkutan dengan Bank BCA itu sendiri ataupun yang bermitra dengan Bank BCA. Simak langkah-langkah dan dokumen apa saja yang harus disiapkan oleh nasabah.

1. Transfer Melalui Kantor Cabang BCA

Di kantor cabang BCA, pengirim uang bisa melakukan transfer ke luar negeri dengan cara DD (Demand Draft) atau tunai. Selain itu ada juga cara transfer uang dari rekening BCA yang sudah dimiliki pengirim atau TT (Telegraphic Transfer).

Uang tunai yang dikirim ke luar negeri bisa dalam bentuk Rupiah yang nantinya akan disesuaikan dengan mata uang negara tujuan. Namun mengirim dalam mata uang asli negara asal juga diperbolehkan. Pengiriman dengan cara TT dari rekening dollar BCA bisa juga dilakukan di cabang dan bebas biaya. Pengiriman uang ini akan dikenakan biaya Telex Outward Remittance sebesar Rp35.000.

Caranya, nasabah datang ke cabang kemudian mengisi form pengiriman uang. Lengkapi dokumen pengiriman uang dengan buku rekening, KTP asli dan juga kartu ATM. Biasanya, ada loket khusus yang menangani pengiriman valas.

Dokumen akan diperiksa dulu di loket baru setelah itu nasabah diminta memasukkan PIN ATM pada mesin EDC yang ada di meja teller. Cara yang sama berlaku untuk pengiriman uang secara tunai. Simpan baik-baik slip pengiriman uang.

Baca juga : Cara Transfer Uang Lewat Alfamart: Dijamin 100% Mudah!

2. Transfer Melalui KlikBCA

Untuk bisa melakukan transfer ke luar negeri melalui KlikBCA, daftarkan diri dulu di web KlikBCA. Setelah akun dan proses registrasi selesai, maka transfer bisa dilakukan. Proses pengirimannya cukup mudah. Pilihan menu transfer dana kemudian pilih valas ke rekening bank lain.

Ada dua jenis KlikBCA yang bisa digunakan untuk mengirim uang ke luar negeri yaitu KlikBCA Bisnis dan KlikBCA Bisnis Integrated Solution. Cara ini sangat praktis dan nasabah akan sangat terbantu. Pengiriman bisa dibebaskan dari biaya transfer jika dijalankan dari rekening dollar BCA.

3. Fire Cash BCA

Fire Cash BCA merupakan cara transfer valas secara online dan berbasis web dengan memanfaatkan jaringan correspondence bank BCA. Jika penerima uang tidak memiliki rekening BCA, tetap dapat menggunakan layanan ini secara tunai di kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.

Metode ini cukup aman, cepat dan mudah. Setidaknya ada 300 ribu outlet mitra Fire Cash. Keamanan dalam layanan ini terjamin karena menggunakan PIN. PIN ini akan didapatkan setelah proses pengiriman uang dan harus diberikan kepada penerima. Penerima membutuhkan PIN ini untuk mencairkan uang dalam waktu maksimal 21 hari.

Baca juga : Cara Transfer Uang Lewat ATM: Mudah & Cepat

Hal-hal Seputar Transfer Valas Lewat BCA yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui cara-cara transfer ke luar negeri melalui BCA, ada beberapa hal yang perlu diketahui seputar biaya dan waktu penerimaan uang yang dikirim. Simak penjelasan di bawah ini, ya:

1. Full Payment

Full payment adalah layanan mengirim valas dimana penerima menerima uang secara utuh. Tidak ada potongan yang dikenakan kepada penerima. Untuk bisa menikmati layanan ini (bagi penerima), maka pengirim perlu membayar sejumlah biaya yaitu sejumlah USD 10 serta biaya telex sebesar Rp50.000.

Full payment melayani mata uang USD, HKD, SGD, AUD dan juga DKK. Sampai 31 Desember 2020, biaya telex pengiriman Full Amount dibebaskan. Maksimal uang yang bisa untuk Full Amount per transaksi adalah USD 25,000. Tetapi, Full Amount ini tidak bisa ditujukan untuk virtual account.

Baca juga : Cara Transfer Uang Lewat Hp, Sangat Mudah dan Praktis

2. Transaksi ke Malaysia dan Thailand

Pengiriman ke Malaysia dan Thailand bisa menggunakan mata uang Rupiah, Baht, dan juga Malaysian Ringgit. Kurs untuk transaksi kedua negara ini sangat kompetitif karena mata uang tidak perlu dikonversi ke USD.

Nasabah yang akan mengirim uang ke dua negara ini perlu menyerahkan dokumen underlying. Ada biaya telex sebesar Rp50.000 dan juga biaya full amount sebesar USD 25. Jika ingin Full Amount dalam IDR, ada biaya sebesar Rp350.000. Transaksi ini hanya bisa dilakukan di kantor cabang BCA.

3. Value Today

Layanan Value Today adalah layanan dimana penerima akan langsung menerima uang segera setelah uang dikirim. Jika pengirim memilih untuk tidak menggunakan layanan ini, maka uang akan diterima dalam waktu 2-3 hari.

Biaya yang harus dibayar pengirim untuk bisa menggunakan layanan Value Today ini adalah sebesar Rp30.000. Jika uang harus segera sampai atau untuk kebutuhan yang urgent, maka disarankan menggunakan layanan ini. Biayanya tidak begitu besar namun uang bisa diterima dalam waktu yang cepat.

Jadi, tidak perlu khawatir jika tidak bisa transfer uang ke luar negeri lewat ATM BCA. Pasalnya ada banyak cara lain yang bisa dilakukan nasabah BCA untuk bisa mengirim valas ke luar negeri. Silakan dicoba!

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Mau Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat ATM BCA? Baca Dulu Penjelasan Ini "