Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Transfer Uang Lewat ATM: Mudah & Cepat

Cara transfer uang lewat atm - Di masa lalu, pengiriman uang tidak bisa dilakukan dengan cepat. Butuh waktu hingga berhari-hari bahkan berminggu agar uang yang dikirim bisa sampai ke tangan penerima. Namun, sekarang uang bisa dikirim dengan cepat berkat adanya ATM.

Cara Transfer Uang Lewat ATM: Mudah & Cepat
Ilustrasi ATM.



Lalu, bagaimana cara transfer uang lewat ATM?

Anjungan Tunai Mandiri atau ATM adalah sebuah alat elektronik yang fungsinya mirip seperti teller. Nasabah bisa melakukan pengambilan uang, pembayaran berbagai tagihan, hingga transfer uang ke rekening lain lewat ATM.

Yang membuat banyak nasabah lebih memilih melakukan transaksi lewat ATM adalah ketersediaannya selama 24 jam, berbeda dengan teller di bank yang bekerja sesuai jam kerja. Selain itu, ATM banyak dipilih karena nasabah tidak perlu antri ketika akan melakukan transaksi.

Dalam rangka transfer uang, keberadaan ATM sangat membantu nasabah karena pengiriman uang bisa dilakukan sewaktu-waktu dan prosesnya pun sangat cepat.

Langkah-langkah Transfer Uang Lewat ATM

Cara transfer uang lewat ATM sangatlah mudah. Meskipun demikian, nasabah perlu berhati-hati dan teliti. Apabila nasabah teledor, bukan tidak mungkin kartu ATM akan termakan mesin atau kartu diblokir.

Nah, agar hal-hal tersebut tidak terjadi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Masukan Kartu Ke Dalam Slot Mesin ATM

Agar bisa menggunakan mesin ATM untuk mentransfer sejumlah uang, nasabah harus memasukan kartu ATM terlebih dahulu ke slot mesin. Pastikan posisi kartu telah sesuai dengan instruksi. Apabila posisi kartu terbalik, biasanya kartu ATM tidak bisa masuk.

Perhatikan pula apakah terdapat benda-benda yang tidak seharusnya ada di sekitar slot kartu ATM. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian data nasabah.

2. Memilih Bahasa Pada ATM

Beberapa mesin ATM akan meminta nasabah untuk memilih bahasa yang digunakan. Meski demikian ada juga mesin ATM yang langsung menampilkan bahasa Indonesia. Umumnya pilihan bahasa yang ada di ATM adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

3. Masukan PIN ATM

Cara transfer uang lewat ATM yang selanjutnya adalah memasukan PIN kartu ATM nasabah. PIN terdiri dari enam digit angka yang bersifat rahasia. Oleh karena itu, pastikan bahwa tidak ada satu pun yang mengetahui nomor PIN nasabah. Untuk lebih berjaga-jaga ubah nomor PIN secara berkala.

Info Menarik Lainnya : Cara Transfer Uang Lewat Hp, Sangat Mudah dan Praktis

4. Memilih Jenis Transaksi

Setelah nasabah memasukan nomor PIN, di layar mesin ATM akan ditampilkan beberapa menu transaksi. Untuk mengirimkan uang ke rekening lain, pilih menu Transfer.

5. Memilih Bank Tujuan

Pilihan yang akan muncul pertama kali setelah nasabah memilih menu transfer adalah bank tujuan dimana nasabah akan mentransfer uang. Terdapat dua options yang bisa dipilih oleh nasabah, yakni:
  • Ke sesama Bank: Nasabah dapat memilih menu atau pilihan ini apabila rekening tujuan berada dalam satu bank yang sama dengan nasabah. Jika transfer dilakukan pada bank yang sama, maka nasabah tidak perlu membayar biaya administrasi.
  • Ke Bank Lain: Menu ini dapat dipilih jika nasabah berniat mentransfer uang ke rekening yang memiliki bank berbeda dengan nasabah. Pengiriman uang beda bank akan dikenai biaya administrasi. Untuk bisa mentransfer uang yang berbeda bank, nasabah juga perlu memasukan kode bank yang bisa dilihat pada layar mesin ATM.
Setelah memilih bank tujuan dan melihat kode bank, nasabah dapat memasukan nomor rekening tujuan.

Info Menarik Lainnya : Cara Transfer Uang Antar Negara, Mudah & Cepat Sampai

6. Memasukan Nominal Yang Akan Dikirim

Agar bisa melakukan transfer, tentu nasabah harus menentukan berapa jumlah nominal yang akan dikirim. Langkah ini bisa dilakukan setelah nasabah memasukan nomor rekening tujuan. Sebelum menekan tombol benar, maka teliti lagi jumlah nominalnya. Tujuannya agar jangan sampai salah ketik angka, sehingga uang yang dikirimkan jadi terlalu banyak, atau sebaliknya.

7. Memasukan Nomor Referensi

Pada tahap ini, nasabah bisa melewatinya saja, karena menu ini bersifat opsional.

8. Mengkonfirmasi Ulang

Apabila nomor rekening tujuan, dan jumlah nominal uang yang akan ditransfer telah dimasukan, nasabah akan diminta untuk mengkonfirmasi ulang proses transfer.

Nantinya layar monitor menampilkan data-data seputar penerima seperti nama pemilik rekening tujuan dan jumlah transaksi. Teliti dengan benar data-data tersebut sebelum mengkonfirmasi. Jika terdapat kesalahan, maka anda bisa pilih tombol Correct.

Info Menarik Lainnya : Cara Transfer Uang ke Luar Negeri & Permasalahan Umumnya

9. Proses Transfer Selesai

Sesudah menekan tombol Ya pada tahap konfirmasi ulang, maka uang telah ditransfer kepada rekening tujuan. Tidak lama kemudian, nasabah akan melihat pertanyaan lanjutan terkait dengan transaksi lain yang ingin dilakukan. Pilih tombol “Tidak” apabila nasabah telah selesai melakukan transaksi. Jika masih ada transaksi lain yang ingin dilakukan tekan tombol “Ya”.

10. Ambil Bukti Transfer

Langkah terakhir dalam cara transfer uang lewat ATM adalah mengambil bukti transfer. Untuk itu, nasabah perlu menunggu beberapa saat setelah kartu ATM keluar dari slot, karena setelahnya bukti transfer akan keluar.

Simpan dengan baik bukti tersebut. Mungkin saja penerima akan meminta nasabah mengirimkan bukti transfer. Dan jangan sampai lupa untuk mengambil kembali kartu ATM Anda.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Transfer Uang

Pada dasarnya cara transfer uang lewat ATM tidaklah sulit dan rumit. Namun, terkadang proses ini jadi lebih lama karena keteledoran nasabah. Agar tidak terjadi hal-hal demikian, nasabah perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Ingat Nomor PIN

Nomor PIN kartu ATM adalah hal yang paling penting dalam proses transaksi dengan ATM. Tanpa nomor PIN nasabah tidak bisa melakukan apa pun. Maka dari itu, nomor PIN tidak boleh terlupakan.

Catat pada selembar kertas atau simpan nomor PIN pada gawai untuk menghindari nomor PIN yang terlupa. Apalagi jika nasabah suka mengganti nomor PIN secara berkala. Mencatat nomor PIN bisa membantu nasabah mengingat nomor PIN.
Info Menarik Lainnya : Cara Kirim Uang dari Luar Negeri Menggunakan PayPal

2. Nomor Rekening Tujuan

Proses transfer uang tidak akan berhasil jika nomor rekening tujuan keliru. Oleh karena itu, nasabah harus benar-benar memasukan dan mengingat nomor rekening tujuan. Apabila nomor rekening terlalu panjang, nasabah bisa menuliskannya di sebuah catatan.

3. Jumlah Uang di Tabungan

Sebelum melakukan transfer, nasabah perlu memastikan bahwa jumlah uang di tabungan lebih besar dibandingkan nominal transfer. Jika jumlah tabungan kurang dari nominal transfer, maka nasabah tidak bisa melakukan transfer uang.

Di beberapa bank, apabila jumlah tabungan sama besar dengan nominal transfer, maka proses transfer tidak bisa dilakukan. Oleh sebab itu, lebih baik jika uang tabungan nasabah lebih dari nominal transfer.

4. Nama Bank Tujuan

Yang tidak kalah penting dari nomor rekening pada saat proses transfer adalah bank tujuan. Meskipun nasabah mengingat nomor rekening dan nama pemilik nomor rekening, jika bank yang dituju tidak diketahui, maka nasabah tidak akan bisa mengirim uang.

Oleh sebab itu, nasabah tidak perlu terburu-buru saat akan mentransfer uang. Baca baik-baik kemana uang akan ditransfer, baik rekening maupun bank yang menaungi. Dengan begitu proses transfer dapat berjalan lancar.

Keberadaan ATM memang sangat memudahkan semua orang dalam melakukan transaksi, terutama transfer. Jadi, tidak heran jika banyak orang memilih untuk menggunakan mesin ATM. Cara transfer uang lewat ATM yang mudah dan cepat sampai menjadi alasan utama mengapa nasabah lebih senang bertransaksi di ATM.
Info Menarik Lainnya : Cara Mencicil Barang di Tokopedia Tanpa Kartu Kredit
Demikianlah info tentang cara transfer uang lewat ATM. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.
Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Transfer Uang Lewat ATM: Mudah & Cepat "