Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Klik dan Kunjungi

 Advertisement Here

Rahasia Jualan Laris di Facebook Dalam Waktu Cepat

Rahasia Jualan Laris di Facebook Dalam Waktu Cepat

Rahasia Jualan Laris di Facebook - Facebook menempati urutan pertama sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Sehingga membuat platform medsos ini sangat bermanfaat untuk berbagai keperluan. Kini Facebook tidak hanya terbatas untuk menghubungkan teman-teman saja, tapi juga sangat efektif untuk menawarkan produk. 

Nah agar penjualan produk lebih optimal, maka seorang pebisnis harus mengetahui rahasia jualan laris di Facebook yang paling jitu. 

Sehingga barang atau jasa yang ditawarkannya lebih mendapatkan perhatian dari pelanggan.

Mari kita ulas sampai tuntas yuk!

Meskipun telah banyak hadir platform lain, namun bisa dikatakan Facebook masih menjadi rajanya media sosial. Terbukti dengan jumlah penggunanya di Indonesia mencapai 175,3 juta (tercatat di akhir Maret 2022). 

Jadi semua itu yang harus bisa dijadikan peluang emas untuk memasarkan produk Anda. 

Ingin tahu apa saja rahasia jualan laris di Facebook? 

Beginilah caranya:

1. Memanfaatkan Grup Jual Beli

Dalam Facebook tersedia komunitas yang menyatukan semua orang berdasarkan profesi atau minat yang sama, biasanya dibentuk sebuah grup. 

Keberadaannya menjadi tempat yang tepat untuk menjual produk agar bisa laris. Caranya yaitu dengan bergabung di grup khusus jual beli supaya cepat mencapai konsumen.

Jenis grup jual beli yang ada di Facebook tentu sangat beragam. Jadi pengguna harus memilih grup yang tepat dan relevan, tujuannya agar produk Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. 

Misalnya bergabung dengan grup berdasarkan letak geografis untuk meminimalkan jumlah ongkir. Bisa juga mencarinya sesuai dengan jenis produk yang dijual. Jadi intinya jangan sampai Anda menjual produk gamis di komunitas pecinta hewan. ☺

2. Memanfaatkan Fitur Marketplace

Selain grup, dalam Facebook terdapat satu fitur yang diperuntukkan khusus untuk berjualan. Menunya terletak di bar atas sebelah kiri profil dengan ikon seperti gerai toko. 

Layaknya marketplace pada umumnya, di sini pun memiliki fungsi yang sama. Pengguna dapat mengunggah produknya dengan tambahan informasi secara detail.

Jika dibuka pertama kali, pengguna akan memperoleh tampilan sederhana. Penjual bisa menambahkan gambar produknya ke bagian foto. Dapat juga menulis deskripsi dan harga pada kolom yang disediakan. 

Agar konsumen memperoleh informasi lebih jelas, maka Anda bisa mencantumkan kontak dan metode pembayaran.

3. Membuat Akun Fanpage

Sebenarnya tidak masalah jika seorang penjual ingin menggunakan Facebook pribadinya untuk menawarkan produk. Tapi akan lebih efektif kalau Anda membuat akun fanpage khusus, sehingga jadi terlihat lebih profesional. 

Meskipun bagi sebagian penjual metode ini tidak perlu, tapi sebenarnya ini termasuk salah satu rahasia jualan laris di Facebook yang paling jitu.

Pembuatan fanpage akan membantu penjual lebih terfokus dengan tujuannya berjualan. Jika menggunakan akun pribadi, akan sangat mungkin tercampur dengan postingan yang tidak berhubungan dengan penawaran produk. 

Di dalam fanspage, penjual juga bisa menambahkan katalog dan informasi lengkap mengenai kontak dan promo terbaru.

Info Menarik Lainnya : Bagaimana Cara Jualan Online di Facebook? Yuk Simak Panduan Lengkapnya

4. Menambah Kualitas Konten

Berjualan di Facebook termasuk dalam strategi digital marketing. Dan kunci utama agar barang laris terjual adalah menghadirkan konten yang berkualitas. 

Untuk menarik atensi pelanggan, maka produk bisa difoto dengan gaya artistik. Karena itulah Anda perlu juga sedikit belajar fotografi, sehingga Anda tidak perlu menyewa jasa foto produk.

Lebih menarik lagi jika Anda membuat konten yang lebih bervariasi. Misalnya dengan memadukan antara audio dengan visual. Jadi produk dihadirkan dalam bentuk video dan diberi backsound yang sedang tren. 

Ini juga termasuk salah satu rahasia jualan laris di Facebook yang perlu Anda ketahui. Jadi Anda harus benar-benar serius mengelola toko online Anda.

Konten yang dihadirkan asal-asalan akan membuat konsumen jadi malas membeli, karena sang penjual sendiri tidak menunjukkan keseriusannya.

Info Menarik Lainnya : Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Hingga Sukses (Super Lengkap)

5. Mempelajari Target Pasar

Rahasia kelima supaya barang yang dijual di Facebook bisa laris adalah Anda harus mengetahui siapa target konsumen Anda. Ini sangat diperlukan untuk memudahkan Anda saat menyusun strategi marketing. 

Mempelajari target pasar tujuannya tidak hanya untuk meningkatkan jumlah pelanggan, tapi juga agar produk Anda bisa diarahkan pada orang yang tepat.

Di dalam Facebook pasti banyak penjual lain yang menawarkan barang serupa. Jadi Anda harus pintar mengatur strategi agar pangsa pasar bisa Anda kuasai. 

Untuk menentukan target yang tepat, maka dapat dimulai dengan mengelompokkan berdasarkan genre dan usia. Contohnya jika Anda menjual gamis gaya kekinian, maka tentu sasaran yang paling potensial adalah muslimah milenial.

6. Mempelajari Copywriting

Rahasia jualan laris di Facebook yang keenam yaitu memahami teknik copywriting. Penjual tidak bisa asal membuat kata-kata yang menyertai kontennya. Dan ini bukanlah hal sepele, karena sangat memengaruhi minat pelanggan untuk membeli produk yang sedang dilihatnya.

Berbeda dengan caption biasa, dalam copywriting ada teknik yang bisa dipelajari untuk menarik perhatian konsumen. Melalui kata-kata menarik yang ditampilkan, akan dapat membuat minat calon pembeli lebih meningkat untuk memesan produk Anda. 

Usahakan hindari penggunaan hard selling agar calon pembeli tidak merasa dipaksa.

Info Menarik Lainnya : 10 Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 Juta

7. Membagikan Testimoni

Satu rahasia lagi yang tidak boleh diabaikan saat berjualan di Facebook yaitu membagikan testimoni dari pelanggan yang pernah bertransaksi. 

Testimoni tersebut biasanya berisi kesan dan kesaksian nyata konsumen selama membeli atau penggunaan produk. Cara ini sangat ampuh untuk meyakinkan pelanggan baru, karena ada orang lain yang sudah membuktikannya.

Testimoni bisa dibagikan dalam bentuk tangkapan layar isi chatting antara penjual dengan pembeli. Lalu digabung menjadi satu di sebuah folder khusus testimoni. Jika dimaksimalkan dengan baik, maka teknik ini akan dapat meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan baru Anda.

8. Merespon Baik Pelanggan

Apa kunci utama agar produk Anda cepat laris? Jawabannya adalah respon penjual yang sangat baik kepada pelanggannya. 

Jadi ketika calon pembeli tertarik dengan produk yang Anda posting, biasanya mereka akan menghubungi Anda. Maka berikanlah tanggapan yang ramah kepada mereka. Ini sangat penting sekali untuk dilakukan, karena disitulah kunci kesuksesan Anda.

Setiap pertanyaan yang diajukan oleh pembeli harus dijawab dengan bahasa yang baik, mulai dari detail barang sampai harga. Sehingga menghadirkan kesan dihargai dan rasa kenyamanan bagi calon pelanggan. 

Itulah diatas rahasia jualan laris di Facebook yang terbukti ampuh dan jitu untuk mendatangkan konsumen. 

Saat pertama kali mencoba berjualan dengan teknik digital marketing, mungkin agak terasa sulit bagi Anda untuk mendapatkan pembeli. Tapi jika Anda telah menemukan cara yang tepat, maka Insya Allah para pelanggan setia akan mulai berdatangan. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Rahasia Jualan Laris di Facebook Dalam Waktu Cepat"