Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Cocok Untuk Pemula

7 Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Cocok Untuk Pemula


Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil - Bisa memasukkan produk ke pasar internasional merupakan harapan semua pebisnis. Mungkin bagi pengusaha besar itu adalah hal yang mudah, karena mereka memiliki modal besar dan sudah berpengalaman. Tapi untuk pemula, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Nah bagi pemula, sebaiknya mengetahui apa saja contoh bisnis ekspor modal kecil, tapi peluang keuntungannya besar. Tujuannya agar dapat meminimalisir resiko kerugian.

Produk-produk Indonesia merupakan komoditi ekspor yang cukup diminati masyarakat luar negeri. Bukan hanya dari segi keunikan, tapi kualitas bahan juga terjamin. Kesempatan inilah yang membuka jalan para pebisnis untuk memasukkan produknya ke pasar ekspor.

Semua pebisnis memiliki kesempatan yang sama untuk bisa menjadi salah satu pemasok pasar luar negeri. Kuncinya yaitu pandai memilih jenis komoditi ekspor yang paling dibutuhkan dan bisa dijalani dengan modal kecil. 

Berikut ini Adalah 7 Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil

Diantaranya: 

1. Handycraft

Indonesia dikenal dunia sebagai negara yang kaya dengan orang-orang berjiwa seni. Tidak heran jika banyak produk kerajinan hasil karya tangan warga Indonesia yang sudah mendunia. Keunikan dari bentuk dan pola menjadi daya tarik sendiri. 

Untuk memenuhi permintaan pasar, maka bisa dimulai dengan membuat kerajinan tangan dari bahan-bahan alam. Pelaku usaha dapat menggunakan bambu, rotan, atau eceng gondok yang tidak membutuhkan modal besar. Semua bahan baku itu ketersediaannya cukup melimpah.

Bahan-bahan murah tersebut selanjutnya disulap menjadi produk yang memiliki nilai jual (estetika-nya tinggi). Contohnya membuat boneka jahit, lampion, tas, dan pernak-pernik lainnya. Kerajinan tangan mempunyai keunikan tersendiri sehingga memiliki harga jual yang bagus (tidak sama dengan produk hasil pabrik).

2. Benda-Benda Seni

Peluang selanjutnya yang dapat dimaksimalkan agar bisa masuk ke pasar ekspor yaitu benda-benda bernilai seni. Terlebih lagi jika membuat produk langka yang tidak terdapat di suatu negara. Angka penjualan yang akan diperoleh bakal berpotensi naik.

Untuk modal yang kecil, benda-benda seni dibuat dari bahan tak terpakai dan daur ulang. Setelahnya dijadikan produk yang memiliki keunikan sendiri. Contohnya yaitu membuat lukisan yang berasal dari ampas kopi.

Langkah awal agar produk dikenal masyarakat luar negeri yaitu dengan mengikuti pameran. Bisa juga menawarkannya lewat situs jualan online dan pelelangan. Masuk ke pasar seni internasional juga dapat dijadikan langkah (strategi) pemasaran yang jitu.

3. Kuliner

Contoh bisnis ekspor modal kecil bagian ketiga yang tidak boleh dilewatkan yaitu dalam bidang kuliner. Mungkin di luar negeri sudah ada berbagai jenis makanan. Tapi kuliner yang memiliki cita rasa khas Indonesia bisa jadi belum banyak tersedia di sana.

Kuliner Indonesia dijamin mampu bersaing dengan produk mancanegara, karena mempunyai keunikan dalam hal rasa. Terlebih saat ini banyak negara yang sedang menerapkan hidup sehat tanpa makanan siap saji. Jadi para pebisnis kuliner di Indonesia bisa memanfaatkan peluang tersebut.

Contoh makanan yang paling digemari di luar negeri adalah tempe, sambal, dan rendang. Bisnis tersebut dapat dimulai dengan modal yang kecil terlebih dahulu, asal bisa memenuhi permintaan pasar ekspor. Strategi jitu lainnya yaitu dengan cara memasukkan produk ke supermarket mancanegara. 

Info Menarik Lainnya : Tips Pengiriman Barang Dagangan ke Luar Negeri Menggunakan Jasa Ekspedisi

4. Perabotan

Kayu jati yang berasal dari Indonesia dipercaya mempunyai kualitas bagus. Tidak mengherankan jika banyak negara luar yang meminta pasokan dari Indonesia. Termasuk juga hasil-hasil perabotan rumah tangganya.

Bagi pengusaha pemula, kayu jati mungkin dirasa terlalu mahal. Lalu bagaimana kalau punya modal minim, tapi ingin bisa masuk ke pasar ekspor? Adakah caranya?

Tentu saja ada! Caranya yaitu dengan membuat perabotan berbahan baku benda daur ulang. 

Meminimalkan modal juga bisa dilakukan dengan cara memilih bambu sebagai bahan pengganti kayu jati. Para pengrajin bisa menciptakan perabotan dari bambu. Tentunya dengan cara membuat bentuk perabotan yang unik, sehingga konsumen dari luar negeri jadi tertarik untuk membelinya. 

Info Menarik Lainnya : Cara Import Barang dari China Dan Beberapa Tips Rahasia

5. Rempah-Rempah

Para pemula mungkin dapat mencoba contoh bisnis ekspor modal kecil selanjutnya ini. Sejak dulu Indonesia sudah dikenal sebagai penghasil rempah-rempah yang bagus. Bahkan karena kualitasnya yang bagus tersebut, sehingga jadi pendorong masyarakat luar negeri untuk mencari rempah-rempah itu hingga ke nusantara.

Keberadaan rempah-rempah yang banyak membuka peluang untuk membuka bisnis. Karena harganya relatif murah, sehingga bisnis rempah-rempah ini bisa dimulai dengan modal kecil. Enaknya lagi, keuntungan bisnis rempah ini tergolong besar lho, apalagi kalau dipasarkan ke luar negeri.

Biasanya rempah-rempah dipasarkan ke mancanegara masih dalam bentuk mentah. Nah kalau ingin memperoleh nilai jual tinggi, maka harus melakukan pengolahan. Misalnya rempah mentah itu dijadikan bubuk, bumbu masakan, ramuan, minuman sehat, dll.

6. Olahan Batik 

Kekhasan batik Indonesia menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat luar negeri. Kualitas yang dihasilkan juga sudah dikenal bagus. Jadi ini menjadi peluang besar untuk memenuhi permintaan pasar ekspor.

Para pengusaha bisa mengolah batik menjadi produk-produk bernilai seni dan memiliki tingkat permintaan tinggi. Paling umum yaitu dijadikan baju dan gaun-gaun cantik. Bisa juga mengekspor tas dan dompet berbagai motif.

Usaha pakaian dari kain batik bisa dimulai dengan modal kecil. Jika seorang pengusaha bisa membuatnya sendiri, maka tentu akan lebih menghemat modal. 

Info Menarik Lainnya : Usaha Kecil Menengah Yang Sedang Trend, Plus Tips Suksesnya

7. Ikan

Ada beberapa negara yang tidak memiliki laut yang luas seperti Indonesia. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan warganya (terkait hasil laut), maka mereka perlu melakukan impor, salah satunya yaitu dari Indonesia. Nah kesempatan ini dapat digunakan sebagai peluang untuk membuka usaha.

Para warga pesisir dapat melakukan pengolahan dari hasil lautnya untuk dipasarkan ke luar negeri. Perlu adanya inovasi dalam jenis produk dan rasa. Selain itu, cara pengemasan dan standar kesehatan juga tidak boleh dilupakan.

Menghasilkan produk ikan bisa dimulai juga dengan membudidayakan sendiri. Modal yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu besar. Cukup sediakan kolam di pekarangan rumah, bibit ikan, dan pakannya. Ini juga termasuk peluang usaha yang bagus, karena ikan air tawar juga banyak diminati oleh masyarakat luar negeri.

Itulah diatas 7 contoh bisnis ekspor modal kecil yang memiliki peluang bagus di pasar internasional. Tidak hanya pengusaha besar yang bisa memasarkan produknya ke luar negeri. Para pebisnis pemula pun juga dapat memulainya.

Keberadaan bahan baku yang melimpah di Indonesia merupakan keuntungan tersendiri. Tidak perlu mengeluarkan uang besar jika ingin menghasilkan suatu produk. Agar bisa memenuhi permintaan masyarakat luar negeri, harus menyesuaikan standar dan kualitasnya. 

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Cocok Untuk Pemula"