Postingan Unggulan

25 Panduan Cara Jual Pulsa Online Yang Benar Dan Menguntungkan

Anda Ingin Jualan Makanan Online Terlaris? Inilah Rincian Produk + Tips Sukses

Saat ini tampaknya semakin banyak orang yang memilih usaha berjualan makanan. Maraknya orang berjualan makanan karena bisnis kuliner merupakan salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan. Apalagi dengan semakin berkembangnya zaman, membuat banyak orang yang melakukan kegiatan bisnisnya dengan cara online. Jualan makanan online terlaris sudah banyak sekali contohnya, mulai dari makanan ringan hingga makanan berkategori berat.

Alasan Orang Jualan Makanan Secara Online.


Anda Ingin Jualan Makanan Online Terlaris? Inilah Rincian Produk + Tips Sukses
Ilustrasi Nasi Goreng. Salah satu contoh jenis kuliner yang bisa di jual secara online.

Saat ini hampir setiap aspek dan kegiatan di masyarakat modern telah semakin akrab dengan dunia online. Termasuk dalam masalah kuliner. Banyak masyarakat modern (terutama di perkotaan) yang tidak punya waktu untuk pergi ke gerai makanan. Akhirnya mereka lebih suka memesan makanan melalui online. Hal inilah salah satu penyebab utama yang membuat semakin banyak orang menjalankan bisnis makanan secara online. Banyak pedagang yang produk makanannya justru laris manis setelah dia jual melalui online. 

Selain itu, alasan lain mengapa jualan makanan online makin diminati pada saat ini, karena keuntungan yang didapatkan cukup lumayan. Hal ini cukup masuk akal. Sebab jualan makanan secara online tidak membutuhkan modal yang besar. Di toko online seperti market place Anda tidak perlu menyewa tempat sebagaimana layaknya warung/toko fisik. Market place terkenal di Indonesia di antaranya adalah Bukalapak dan Tokopedia.

Satu-satunya modal Anda adalah kuota internet dan produk makanan yang akan di jual. Dengan modal dan biaya oprasional yang minim tersebut, tentu saja membuat keuntungan yang akan Anda peroleh menjadi lebih besar. Selain itu, teknologi internet telah banyak membantu sistem bisnis online di market place, sehingga resiko terjadinya penipuan sudah semakin kecil. Hal ini karena pada toko online di market place sudah ada sistem 'rekening bersama' dari pihak situs jual beli online tersebut. Sehingga transaksi jual beli dijamin 100% aman. 

Dan yang pasti, segmentasi dan pangsa pasar berjualan online tergolong luas. Karena mampu menjangkau ke seluruh wilayah Indonesia. Sehingga peluang penjualan dan perolehan keuntungan akan lebih cepat didapatkan. Hal itulah yang membuat semua orang ingin memasarkan produknya secara online, termasuk diantaranya produk makanan/kuliner.

Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Untuk Jualan Online.


Berjualan memang tidaklah mudah, baik itu dilakukan secara online ataupun offline. Oleh karena itu,  perlu menyiapkan beberapa hal penting sebelum menjalankan jualan online. Salah satunya tekad yang kuat mesti dibangun terlebih dahulu. Semua itu karena berjualan online membutuhkan mental yang kuat.

Harus sabar. 


Berjualan secara online berarti harus siap mental jika sewaktu-waktu mendapatkan komentar pedas dari konsumen (misal cercaan terhadap produk Anda). Tentu feedback negatif itu juga akan dapat dibaca oleh semua orang yang mengunjungi toko online Anda. Jadi Anda mesti sabar menghadapi cercaan itu, dan harus mampu menjelaskannya dengan smart.

Tips Berjualan Makanan Secara Online.


Setelah merasa yakin akan jualan makanan online terlaris, maka diperlukan untuk mengetahui beberapa tips, sehingga jualan online Anda bisa berjalan lancar. Selain itu, dengan mengetahui tips ini, maka dapat membantu Anda untuk meminimalisir kesalahan. 

Berikut tips berjualan makanan online yang disarankan untuk diketahui:


1. Tentukan Merek Produk Anda.


Merek adalah sebuah simbol dan pengenal pada sebuah produk maupun bisnis. Untuk itu, tips pertama jika ingin jualan makanan online terlaris, adalah dengan menentukan merek dari produk dagangan Anda. Merek tersebut harus unik, sehingga mudah menarik minat orang. Selain itu, merek yang unik juga akan membuatnya lebih mudah untuk di ingat.

Namun jangan asal unik saja. Kalau bisa merek tersebut juga harus mewakili nama si penjual sekaligus karakteristik makanan yang dijual.

Apa maksudnya?

Jadi merek tersebut sebaiknya harus mampu mewakili si penjual serta produk yang dijualnya. Merek jangan sampai melenceng dari jenis produk itu sendiri. Contohnya seperti merek : "Siomay Kang Asep", atau "Mie Ayam Mas Joko". Itulah contoh terbaik dari merek yang dapat mewakili nama si penjual, dan jenis produknya sekaligus.

Pemberian nama merek juga sebaiknya ditambahkan logo di dalamnya, sehingga merek itu benar-benar menjadi ciri khas produk Anda. Nantinya logo itu harus dipasang pada toko online Anda, boleh ditaruh di foto profil, atau bisa juga di foto sampul toko. Sehingga hal itu akan bisa mencegah para pelaku plagiat untuk mencontek, atau mengaku-ngaku atas nama Anda.

2. Buatlah Website Untuk Jualan Online.


Baik itu jualan makanan atau pun hal lainnya secara online, website sangatlah dibutuhkan. Dengan adanya website, maka akan membuat penjual menjadi lebih dekat dengan pembeli. Selain itu, dengan adanya website, maka akan menunjukan kesungguhan serta profesionalitas si penjual. Sehingga hal ini tentunya akan membuat toko online si penjual lebih dipercaya oleh calon pembeli. Sehingga pembeli tidak perlu berfikir panjang lagi untuk membeli produk makanan tersebut.

Desainlah website toko online Anda semenarik mungkin. Sesuaikan tema website dengan produk yang dijual. Sehingga hanya dengan membuka websitenya, pembeli sudah bisa langsung tahu produk apa yang dijual. Lalu buatlah sebuah domain website yang sesuai dengan nama merek dari produk Anda tersebut. Hal ini akan membuat tampilan website Anda menjadi keren, dan terlihat meyakinkan dimata pembeli.

3. Beri Kesan Pertama Yang Baik.


Kesan pertama dalam sebuah bisnis, baik produk makanan ataupun produk lainnya, itu sangat penting. Anda sebaiknya harus mampu menciptakan kesan pertama yang menarik. Jika Anda berhasil melakukannya, tentu akan membuat pembeli semakin tertarik dengan produk yang Anda jual. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melampirkan foto di toko online Anda dalam resolusi yang baik. Resolusi yang baik akan membuat kualitas foto menjadi bagus dan tajam, sehingga makanan yang dijual akan terlihat lebih menarik.

Selain foto produk jualan, dapat juga ditambahkan foto produksi pembuatan produk. Sehingga pembeli akan merasa yakin dengan makanan yang dijual. Apa lagi jika produksi memperlihatkan proses pembuatan yang bersih dan higienis. Tentunya proses pembuatan produk tidak harus ditampilkan mulai dari awal pembuatan. Ambil saja momen-momen penting yang menarik, dan dirasa mampu membuat konsumen tertarik.

4. Tentukan Menu Yang Menjadi Andalan.


Jualan makanan online terlaris memang mengharuskan penjual memiliki berbagai macam menu. Namun tentu saja dari banyaknya menu tersebut harus dipilih satu menu yang menjadi andalan Anda. Nantinya menu inilah yang akan dipromosikan paling banyak pada website, atau toko online Anda.

Jika menu andalan Anda telah banyak disukai, maka akan relatif lebih mudah untuk menambahkan menu lainnya. Biasanya pasti pembeli akan mencari sendiri menu makanan apa lagi yang dijual di toko online Anda.

Tambahkan testimoni, komentar dan feedback positif dari konsumen. Yaitu mereka yang telah pernah mencoba, dan merasa puas dengan cita rasa menu tersebut. Sehingga hal ini akan lebih menarik minat calon pembeli yang lainnya. Cara ini akan membuat konsumen semakin percaya dengan toko online kuliner Anda. 

5. Tambahkan Deskripsi Makanan Yang Dijual.


Menjual makanan secara online merupakan transaksi yang dilakukan secara tidak langsung. Artinya konsumen tidak dapat melihat dan mengamati secara langsung produk yang akan dibelinya. Oleh karena itu, agar dapat membuat orang tertarik dengan produk kuliner yang Anda jual, maka harus ditambahkan deskripsi yang lengkap mengenai makanan tersebut.

Agar lebih meyakinkan, maka selipkanlah kalimat bujukan yang menarik. Diantaranya Anda dapat menjelaskan sedikit tentang kelebihan dari bumbu dan resep makanan yang Anda jual. Sehingga dengan bumbu rahasia tersebut, membuat cita rasa masakan Anda berbeda dengan produk kuliner orang lain.

Terkadang bahkan ada orang yang sampai memasukkan resep cara membuatnya. Namun jika dirasa resep itu terlalu pribadi, maka Anda bisa juga mengakalinya dengan menyebutkan bahan pokok saja.

Intinya ; melampirkan foto makanan saja tidak-lah cukup jika tanpa adanya keterangan yang mendukung. Tentu saja keterangan yang mendukung harus dengan kata-kata yang menarik juga.

6. Jangan Lupa Manfaatkan Sosial Media.


Dalam menjalankan jualan secara online, tentunya peran sosial media adalah bekal utama yang harus dikuasai. Jika Anda punya modal berlebih, maka promosi secara besar-besaran dapat Anda lakukan melalui sosial media. Yaitu dengan cara mengiklankan produk makanan Anda di Facebook Ads. Teknik promosi yang ampuh di sosial media adalah dengan cara menyusun kalimat yang menarik pada deskripsi produk yang Anda iklankan. Tentu saja jangan sampai lupa untuk melampiran foto yang menarik dan berkualitas baik.

Sosial media yang dapat digunakan saat ini sudah cukup banyak. Ada baiknya agar fokus di satu sosial media terlebih dahulu. Misalnya di Facebook. Nanti setelah produk Anda telah dikenal luas di Facebook, gunakanlah sosial media yang lainnya. Hal ini dimaksudkan agar tahapan/proses promosi dapat lebih fokus, dan tertata dengan baik.

7. Kepercayaan Konsumen Harus Diutamakan.


Walaupun konsumen tidak dapat mencicipi makanan sebelum membeli, bukan berarti Anda dapat mengolah makanan secara asal-asal saja. Deskripsi 'sempurna' yang telah Anda cantumkan pada foto makanan itu (demi untuk menarik pembeli), tentu Anda juga harus mampu mempertanggung jawabkannya.

Jadi cita rasa makanan harus sesuai dengan deskripsi tersebut. Kepercayaan konsumen adalah hal paling yang utama dalam jualan online. Jadi jangan sampai Anda membuat deskripsi yang tidak sesuai. Rayuan kata-kata berlebihan demi menarik minat pembeli itu boleh-boleh saja, asalkan Anda dapat membuktikannya.

8. Respon Dan Pelayanan Harus Cepat.


Memang kekurangan dari jualan online itu adalah ; apa yang ditanyakan konsumen tidak dapat langsung dijawab pada saat itu juga (seperti layaknya transaksi secara langsung). Namun jangan jadikan itu sebagai alasan untuk berbuat lalai dan slow respon. Tetap pastikan setiap orderan atau pertanyaan dari konsumen harus di respon secepatnya. 

Berikan pelayanan yang terbaik, walaupun konsumen hanya sekedar bertanya-tanya saja. Bahkan jika ada yang memberi kritikan, maka Anda harus tetap memberikan respon secara sopan. Dengan melakukan hal itu, tentu akan membuat toko online Anda terlihat lebih profesional dimata pelanggan.

9. Berikan Jaminan Pengiriman Barang.


Makanan memang cukup banyak jenisnya. Namun secara umum, makanan dapat dibedakan dalam 2 kategori, yaitu ; makanan yang dapat dikonsumsi dalam waktu lama, dan makanan yang harus langsung dikonsumsi. Untuk itu berikanlah deskripsi mengenai itu, apakah produk makanan yang dijual mampu bertahan lama saat proses pengiriman. 

Jika menjual makanan yang mampu dikonsumsi lama, fikirkan apakah pengorderan dapat dilakukan untuk luar kota atau hanya dalam kota saja.

Lalu yang terpenting, jika ada kerusakan saat pengiriman, apakah konsumen dapat mengajukan penukaran. Dimana jika makanan yang datang tidak dalam keadaan baik, tentunya ada syarat dan ketentuannya. Pastikan juga waktu perkiraan (estimasi) makanan sampai ke tujuan telah tertera dengan jelas.

10. Teruslah Berinovasi.


Baik itu berjualan secara online, atau pun offline tentu sebuah inovasi sangatlah diharuskan. Sehingga konsumen tidak akan merasa bosan dengan apa yang Anda jual. Selain itu, inovasi tanpa henti juga menunjukan bahwa Anda sebagai penjual adalah orang yang kreatif, dan mampu mengikuti trend. Inovasi yang dapat  Anda lakukan diantaranya bisa dengan ber-eksperimen resep masakan, hingga penambahan beberapa menu baru yang sedang booming.

Cara Membuat Jualan Makanan Online Menjadi Laris.


Mengetahui tips berjualan online agar berjalan lancar saja tidak cukup, penjual harus mengetahui juga cara membuat jualan makanan online terlaris, dalam jangka waktu lama. Dimana cara ini akan membuat bisnis mampu berjalan dalam waktu lama dimasa depan. 

Berikut caranya:


Fokus menjaga kualitas dari makanan. Kebanyakan saat ini para pedagang hanya membuat makanan enak saat di awal penjualannya dan lama kelamaan menjadi berkurang kualitasnya. Jangan jadikan alasan bahan naik untuk mengurangi kualitas, pastikan fokus dan konsisten untuk rasa.

Mampu memanfaatkan momentum. Walau berjualan dilakukan secara online bukan berarti penjual harus bersantai-santai saja jika tidak ada yang order. Sebagai penjual yang sigap, haruslah mampu memanfaatkan momentum dimana dengan mengikuti acara bazar makanan yang saat ini populer. Dimana pembayaran dilakukan secara online.

Promosi melalui media sosial dengan brosur menarik. Selain gambar dan deskripsi yang diberikan, ada baiknya buat brosur mengenai jualan yang dilakukan. Lalu promosikan melalui media sosial, sehingga pelanggan akan merasakan betapa semangatnya penjual.

Sering berikan promo. Promo dengan pemotongan harga atau pemberian hadiah memang cukup mampu menarik minat pelanggan. Untuk itu tidak ada salahnya sering memberikan promo kepada pelanggan.

Membuat kemasan produk yang menarik. Nama dan juga logo tidak akan cukup untuk menarik minat pembeli, pastikan kemasan produk juga menarik. Sehingga konsumen yang telah membeli merasa tertarik untuk membeli kembali.

Bergabung dengan komunitas yang sama. Memang benar jika komunikasi dikatakan sangatlah penting, hal itu juga dibutuhkan untuk para penjual online. Dimana dengan bergabung dengan komunitas tentunya akan sangat membantu bisnis.

Memperkenalkan produk pada instansi tertentu. Walaupun dilakukan secara online tidak ada salahnya menjalin silaturahmi dan mencoba memperkenalkan produk dengan cara bergabung pada suatu instansi. Baik itu milik pemerintah atau swasta.

Bekerja sama dengan tour. Melakukan kerjasama dengan tour atau agen perjalanan wisatawan tentu akan sangat membantu. Saat ini jasa tour juga menjalankan bisnis secara online, tidak ada salahnya jika berkerjasama.

Beberapa Produk Jualan Makanan Online Terlaris.


Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa penjual makanan online harus menentukan produk apa saja yang akan dijual. Tentunya hal ini harus difikirkan dengan matang karena akan menentukan nasib bisnis ke depannya. 

Berikut beberapa produk jualan makanan online terlaris yang dapat dijadikan referensi:


1. Cookies.


Sejak dahulu cookies sangatlah digemari, makanan yang tergolong cemilan ini, disukai oleh banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak ayal hal ini dimanfaatkan oleh penjual untuk menarik minat pembeli, yaitu dengan menghadirkan cookies yang unik serta menarik. Dimana cookies dapat divariasikan dengan karakter dan rasa yang beranekaragam.

2. Keripik.


Cemilan ini memiliki begitu banyak keunggulan, dimana cemilan ini mampu bertahan lama untuk dikonsumsi. Sehingga hal ini membuatnya sangat cocok untuk dijual secara online. Pengolahannya yang mudah membuat penjual dapat menambahkan keripik dengan berbagai rasa dan juga bahan pokoknya. Keripik juga merupakan makanan yang memiliki penggemar yang cukup banyak.

3. Seblak Kering.


Makanan yang mulanya dari Bandung ini perlahan menyebar dan populer hingga ke beberapa daerah di Indonesia. Mula-mula seblak yang dibuat kuahlah yang booming, namun biasanya penjualannya hanya di sekitaran dalam kota saja. Untuk itu kekreatifan penjual kembali diuji dengan meluncurkan sebuah seblak dalam keadaan kering. Seblak yang memang bahan dasar utamanya adalah kerupuk, membuatnya cukup mudah dan memiliki rasa yang enak saat dibuat kering.

4. Basreng.


Tidak jauh berbeda dengan seblak, basreng atau bakso goreng ini lebih dulu booming dibandingkan seblak. Bahkan basreng hingga saat ini masih digemari banyak kalangan. Hal itu tentunya karena basreng memiliki rasa yang unik, dimana anak-anak hingga orang dewasa dapat mengonsumsinya. Semua itu tentunya dapat dijadikan alasan untuk jualan makanan online terlaris dengan produk utama basreng.

5. Makroni.


Sebenarnya makroni merupakan bahan pembuatan sop, namun sudah sejak lama bahan ini diolah dan dijadikan cemilan. Cemilan yang sebenarnya sudah ada sejak dulu ini memang sudah memiliki banyak peminatnya. Hal ini membuat penjualan makroni cukup mudah dilakukan, apa lagi jika menyediakan makroni dengan berbagai olahan rasa. Tentu akan membuat rasa khasnya sendiri, serta awet dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

6. Mie Lidi.


Untuk yang besar ditahun 90-an pasti sangat akrab dengan cemilan satu ini, biasanya setiap sekolah dasar ada saja yang menjualnya. Ternyata cemilan satu ini cukup banyak penggemarnya hingga saat ini. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa bahkan orang tua sangat gemar menjadikannya cemilan. 

Cemilan satu ini saat ini telah diolah dengan berbagai rasa yang bervariasi sehingga akan membuatnya semakin unik dan nikmat. Hal ini tentu peluang yang cukup besar jika dijadikan produk jualan.

7. Katering Bento.


Beranjak ke makanan yang tahan lama, mari bahas makanan yang harus langsung dimakan namun memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Katering bento merupakan bekal makanan anak yang berisikan berbagai macam makanan. Dimana biasanya katering bento dibentuk sedemikian rupa hingga menarik untuk anak-anak.

8. Nasi Kotak.


Saat ini banyak orang yang tidak mau ribet dan memilih memesan nasi kotak saat ada acara. Hal ini membuat nasi kotak termasuk jualan makanan online terlaris, semua itu tentunya karena banyak yang mencarinya. Usahakan nasi kotak yang dijual memiliki banyak variasi menu di dalamnya, sehingga konsumen akan merasa puas. Pastikan juga menu merupakan makan yang sedang populer dan digemari banyak kalangan.

9.  Aneka Cemilan Buah.


Masih mengenai olahan makanan yang harus langsung dimakan namun cukup populer adalah beraneka macam cemilan dari buah. Cemilan dari buah ini dapat berupa salad ataupun jus buah yang memang sedang banyak peminatnya ini. Walau hanya dapat diorder di dalam kota namun tidak dapat dipungkiri cemilan olahan buah sangat diminati. Semua itu tentunya karena cemilan buah terkenal dengan nutrisi dan vitamin yang terkandung.

Artikel Menarik Lainnya : 5 Jenis Bisnis Online dan Cara Mendapatkan Penghasilan dari Internet

Itulah beberapa hal mengenai jualan makanan online terlaris yang wajib diketahui. Dengan mengetahui serta memahami berbagai macam hal yang dijelaskan diatas tentunya bisnis akan berjalan baik. Intinya tetap percaya diri, jangan mudah menyerah, selalu sabar, dan harus kreatif.

Demikianlah uraian lengkap tentang jualan makanan online terlaris. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

Sampai berjumpa lagi di artikel selanjutnya. Salam.


Penulis by : Bang izal.

0 Response to "Anda Ingin Jualan Makanan Online Terlaris? Inilah Rincian Produk + Tips Sukses"

Post a Comment

-Di izinkan untuk membagikan artikel/konten yang ada di blog Bang Izal Toy ini.
- Mohon maaf sebelumnya : no iklan, no spam, no titip link
Semua akan masuk folder spam
- Penjelasan aturan selengkapnya silahkan lihat T.O.S
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel