Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Usaha Mainan Anak Pasar Malam, Job Sampingan Nan Menjanjikan

Pasar malam bisa jadi tempat hiburan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Biasanya, pasar malam diadakan di alun-alun atau juga di sepanjang jalan pada hari-hari tertentu. Keberadaannya tak lepas dari adanya kebutuhan masyarakat akan hiburan murah. Oleh karena itu, usaha mainan anak pasar malam tampak menggiurkan untuk dicoba.

Pengunjung pasar malam memang rata-rata dari kelas ekonomi menengah kebawah. Tanpa maksud mengecilkan arti sebuah pasar malam, justru inilah cerminan perputaran uang yang sebenarnya. Terjadi banyak sekali transaksi dan interaksi di sana. Bagi orang yang ingin usaha sampingan, usaha mainan anak pasar malam layak dicoba.

Mengingat pasar malam diadakan pada hari-hari tertentu, maka ini cocok dijadikan usaha sampingan. Jika seseorang memiliki perkerjaan tetap di pagi sampai sore hari, maka malam hari ia bisa berusaha di pasar malam. Pasar malam selalu ramai dikunjungi orang dewasa dan juga anak-anak. Rata-rata mereka datang untuk menyewa mainan dan juga membeli makanan.

Usaha Mainan Anak Pasar Malam Sebagai Usaha Sampingan


Usaha mainan anak pasar malam cenderung aman untuk dijalankan. Alasannya adalah karena modalnya kecil dan barang yang dijajakan tidak basi. Misalnya tidak habis dalam satu malam, masih bisa digunakan untuk malam-malam selanjutnya. Selain itu, tidak terlalu menguras waktu dan tenaga karena hanya dijalankan satu sampai dua hari saja dalam seminggu.

Untuk bisa terjun berjualan di pasar malam, pelajari dulu situasinya. 


Caranya adalah dengan mendatangi dulu pasar malam yang ada di dekat rumah. Cari tahu bagaimana agar bisa berjualan di situ, berapa sewanya, mainan apa saja yang dijual disana, dan juga potensi penjualannya. Situasi di pasar malam seringkali tidak menentu, oleh karena itu orientasi sangatlah penting.

Pasar malam merupakan pasar yang ramai namun tidak pasti angka penjualannya. Pada tanggal-tanggal tertentu, misalnya sehabis gajian, pasar malam bisa jadi tempat usaha yang gemah ripah. Namun ada kalanya pengunjung hanya sebatas lihat-lihat saja karena kantong cekak. Pasar malam juga terkenal akan harga barang yang murah, jadi jangan sampai menjual barang yang mahal di sana.

Seorang karyawan kantoran sangat bisa menjalankan usaha sampingan di pasar malam. 


Alasannya adalah karena pengelolaannya mudah dan tidak rumit. Selain itu, berjualan di pasar malam tidak terlalu menyita waktu dan tenaga. Tentunya dengan catatan berjualan hanya di satu pasar malam saja. Seperti diketahui, pedagang pasar malam seperti tim sirkus. Mereka biasa berjualan bersama dan berpindah-pindah bersama pula.

Dari segi rupiah yang dihasilkan, usaha mainan anak pasar malam cukup menggiurkan. Jika pernah mengunjungi pasar malam, tentu bisa dilihat banyak anak-anak yang jajan di sana. Mereka juga sering membeli atau menyewa mainan yang ada di pasar malam. Jadi kesimpulannya usaha ini layak dicoba.

Info Menarik Lainnya : Usaha Mainan Anak Keliling Dan Tips Agar Jualan Laris Manis

Jenis Mainan yang Bisa Dijual di Pasar Malam

Ada banyak jenis mainan yang bisa dijual di pasar malam. Selain dijual, mainan ini juga bisa disewakan. Karena yang kita bahas adalah usaha sampingan, maka pilihan mainan yang ditampilkan di artikel ini juga yang cocok dengan topik utama.

Berikut ini mainan yang bisa dijadikan usaha sampingan di pasar malam:

Penyewaan Mainan Memancing Ikan


Lapak ini selalu ramai dengan anak-anak yang berkerumun. Dengan membayar 2000-5000 rupiah anak bebas memancing ikan di kolam. Modal usaha ini juga kecil. Hanya perlu membeli sejumlah ikan mainan bermagnet, kolam mini, kompresor, pancing, dan air tentunya. Jika masih ragu, cobalah datang ke pasar malam kemudian carilah persewaan mainan ini. Dan lihat bagaimana ramainya spot ini.

Usaha Mainan Anak Pasar Malam, Job Sampingan Nan Menjanjikan
Ilustrasi
Memancing ikan mainan di kolam air yang berputar memiliki tantangan tersendiri bagi anak. Biasanya, penjual akan memberikan hadiah kepada anak yang paling banyak mendapat ikan. Atau jika si penjual tergolong baik hati, ia akan memberikan hadiah pada anak. Normalnya hadiahnya berupa makanan ringan. Namun begitu anak-anak sudah cukup senang.

Pasir Mainan


Pasir mainan warna-warni yang bisa dicetak sangat menarik bagi anak. Penjual mainan ini biasanya juga menyediakan bangku dan meja untuk anak-anak mencetak pasirnya. Satu anak bisa mendapatkan satu set pasir dan bebas mencetaknya ke dalam bentuk apapun.

Usaha Mainan Anak Pasar Malam, Job Sampingan Nan Menjanjikan
Ilustrasi
Pasir yang sudah dibeli bisa dibawa pulang. Biasanya, penjual di pasar malam mematok harga 5000 untuk anak bermain pasir sepuasnya. Jangan khawatir, mereka tidak akan betah berlama-lama karena ingin mencoba mainan lain.

Info Menarik Lainnya : Tips Usaha Rental Mainan Anak Agar Bisa Sukses

Menjual Action Figure


Usaha mainan anak pasar malam lainnya yang bisa dijadikan sampingan adalah menjual action figure. Karakter superhero sangat digemari anak-anak. Beruntung bahwa mainan ini banyak yang harganya murah sehingga cocok dijual di pasar malam. Action figure seperti karakter Manga Jepang, Avenger atau DC selalu diminati anak-anak.

Usaha Mainan Anak Pasar Malam, Job Sampingan Nan Menjanjikan
Ilustrasi
Di lapak ini bisa juga dilengkapi dengan menjual flashcard bertemakan action figure. Supaya lapak ramai dan laris maka jajakan dagangan dengan cara yang unik. Misalnya dengan membuat tenda terang benderang dengan lampu warna-warni atau hal lain yang membuat lapak tampak menonjol. Jangan lupa untuk bersikap ramah kepada konsumen.

Menyewakan Odong-Odong 


Usaha Mainan Anak Pasar Malam, Job Sampingan Nan Menjanjikan
Ilustrasi
Modal untuk membeli satu unit odong-odong memang cukup besar. Namun mengingat odong-odong selalu laris maka menginvestasikan uang untuk ini layak dicoba. Jika diperhatikan, selalu ada antrian di lapak odong-odong. Jadi, peluang usaha ini cukup menjanjikan. Lebih lagi perawatan mainan odong-odong ini tidak terlalu sulit.

Jika membeli satu unit odong-odong dirasa terlalu berat, maka sewa saja. Saat ini tersedia jasa penyewaan odong-odong untuk disewakan kembali. Konsekuensi menyewa adalah keuntungan harus dibagi dengan pemilik mainan. Namun tidak mengapa, toh ini usaha sampingan. Jadi ketika dirasa harus berhenti menjalankan usaha sampingan ini, kerugian tidak terlalu besar.

Info Menarik Lainnya : Digempur Teknologi, Tips Agar Mainan Odong-Odong Bertahan

Menjual Aneka Mainan Mobil-Mobilan Murah


Usaha Mainan Anak Pasar Malam, Job Sampingan Nan Menjanjikan
Ilustrasi
Mainan mobil-mobilan dari bahan plastik bisa dibeli dengan harga murah jika dalam jumlah banyak. Tentu keuntungan menjual mainan ini di pasar malam bisa sangat menjanjikan. Banyak anak-anak yang akan mendatangi lapak mobil-mobilan bersama orang tua mereka. Biasanya jika orang tua tau harga di pasar malam lebih murah, maka mereka akan membelinya.

Dart / Lempar Paser


Usaha Mainan Anak Pasar Malam, Job Sampingan Nan Menjanjikan
Ilustrasi
Lapak untuk permainan ini memang perlu didekor agar permainan bisa berjalan lancar. Tidak perlu mahal namun memang perlu sedikit usaha. Diperlukan papan untuk memasang dart. Selain itu, modal lainnya adalah membeli beberapa unit dart dan hadiah bagi pemenang. Dengan harga sewa 5000 untuk tiga kali lemparan anak-anak pasti menyukainya.

Menjual Boneka


Usaha Mainan Anak Pasar Malam, Job Sampingan Nan Menjanjikan
Ilustrasi
Boneka selalu menarik perhatian anak-anak. Jualah boneka yang cocok untuk semua gender. Boneka lucu untuk anak perempuan dan boneka karakter kartun untuk anak laki-laki. Ada banyak distributor boneka dan carilah yang memiliki harga murah namun tetap berkualitas.

Meraup untung dengan menjalankan usaha mainan anak pasar malam cukup layak dicoba. Sebagai usaha sampingan, maka jangan terlalu ngoyo dalam menjalankannya. Santai namun tetap pikirkan strategi penjualan yang tepat. Sebuah usaha sampingan akan berbuah manis jika dijalankan dengan benar. Seperti telah dikatakan di atas bahwa pasar malam adalah tempat yang tepat untuk menjalankan usaha sampingan. Selamat mencoba!

Info Menarik Lainnya : Grosir Mainan Serba 5000 Dan Contoh Produk Yang Laku Sepanjang Masa

Demikianlah info tentang usaha mainan anak di pasar malam. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda semuanya. Jangan lupa untuk terus nantikan artikel menarik selanjutnya. Salam.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Usaha Mainan Anak Pasar Malam, Job Sampingan Nan Menjanjikan"