Widget HTML Atas

Tingkatkan Ranking Website dengan 7 Tips SEO Berikut

Salah satu keinginan terbesar dari pemilik website toko online adalah berada di ranking atas pencarian Google. Selain memanfaatkan cara membuat website toko online gratis untuk menghemat pengeluaran modal, Anda juga perlu cerdik dalam mencari kata kunci dimasukkan ke mesin pencari agar website berada di urutan nomor satu atau beberapa nomor di bawahnya.

Berada di posisi atas pada mesin pencarian Google akan membuat website memiliki kesempatan besar untuk diklik. Kalau Anda seorang penjual produk online, kemungkinan terjadi closing akan besar. Sementara itu Anda yang mencari uang lewat iklan bisa dapat traffic yang besar.

Tingkatkan Ranking Website dengan 7 Tips SEO Berikut
Baca juga: Konsep Bisnis Digital Minim Modal yang Bisa Dimulai dari Rumah

Sayangnya untuk berada di posisi atas mesin pencarian Google, sebuah website harus memiliki sistem SEO yang baik. Segala hal harus diatur dengan sempurna agar mesin pencari menyukai website yang Anda bangun.



Simak 7 cara meningkatkan ranking website dengan tips SEO berikut ini.


Cekidot!

1. Perbaiki Kecepatan Website


Hal pertama yang harus diperhatikan kalau ingin website-nya berada di posisi atas dari mesin pencari adalah kecepatan. Kalau kecepatan akses sangat lama, kemungkinan besar calon pengunjung akan segera pergi begitu membukanya. Hal seperti ini tidak disukai oleh mesin pencari karena dianggap kekurangan.

Apalagi kecepatan internet di Indonesia tidak sama dengan negara maju lain yang cepat. Loading dari website bisa semakin lama, apalagi diakses dengan ponsel. Lebih dari satu menit loading, pengguna akan memilih membuka website lain. Selain itu kemungkinan untuk membuka lagi kecil.

Baca juga: 3 Tips SEO untuk Meraup Keuntungan Lebih Banyak dari Website Toko Online

Halaman pada website bisa lama loading karena konten di dalamnya berat. Misal ada banyak gambar yang tidak dikompres dan tetap memakai ukuran aslinya. Selain itu ada juga embed video yang resolusinya tinggi. Media memang membuat konten jadi menarik, tapi pertimbangkan ukurannya.

2. Website Harus Mobile Friendly


Laporan terbaru dari We Are Social menyebutkan kalau penetrasi penggunaan internet Indonesia tahun 2020 mencapai 64% atau 175 juta jiwa. Sekitar 96% dari jumlah ini menggunakan smartphone untuk kebutuhan harian. Artinya untuk melakukan browsing sampai mengakses media sosial, ponsel banyak digunakan.

Berdasarkan data di atas, website atau situs yang dibuat haruslah yang mobile friendly. Artinya, situs harus memiliki versi mobile tersendiri dan konten yang disajikan tidak berat saat dibuka dari ponsel.
Konten berupa tulisan juga harus sesuai dengan layar dari ponsel. Artinya satu paragraf tidak terlalu panjang sehingga saat tampil di layar ponsel bisa nyaman saat dibaca dan tidak memicu rasa bosan dan malas.

3. Usia Domain dan Page Authority


Disadari atau tidak kalau usia dari domain juga menentukan ranking dari suatu website. Semakin lama usia dari domain semakin mudah pula mesin pencari mengenali dan menganggapnya baik. Kalau Anda baru saja membuat website, kemungkinan berada di posisi atas akan kecil meski bisa dimaksimalkan dengan cara lain di artikel ini.

Selain usia dari domain, page authority juga menentukan ranking SEO pada mesin pencari. Semakin tinggi skor yang didapatkan oleh website, kemungkinan besar berada di posisi atas mesin pencari seperti Google.

Baca juga: 5 Keutamaan Website Untuk UMKM Agar Bisa Berkembang

Skor page authority umumnya memiliki skala 0-100. Semakin besar skor yang didapatkan oleh website, semakin tinggi posisinya dalam mesin pencari. Nilai tinggi dari page authority didapatkan dari konten relevan yang ada di dalamnya. Jadi, selama konten yang dibuat tidak asal-asalan, skor bisa meningkat.

4. Optimasi Konten


Konten harus dioptimasi dengan sempurna. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menyisipkan kata kunci pada artikel yang dibuat. Selanjutnya penyisipan LSI atau sinonim dari kata kunci juga bisa mendongkrak peluang website untuk rangking lebih tinggi.

5. Mengaplikasikan Teknik SEO


Selain konten secara umum, SEO yang teknikal juga harus diterapkan pada website dan page. Maksud dari SEO yang teknikal ini adalah penyisipan kata kunci pada heading, membuat meta deskripsi maksimal 160 karakter, sampai penyisipan kata kunci serta LSI pada gambar dan tag.

6. Memperbaiki User Experience


User experience sangat menentukan apakah website bisa berada di ranking atas atau tidak. Kalau website memiliki bounce rate tinggi, desainnya berantakan, dan banyak iklan yang membuat loading jadi berat, Google akan sulit menaruhnya di posisi atas. Selain itu pengguna yang memakai ponsel juga malas membukanya lagi.

Jika Anda ingin lebih mudah dalam mengelola website dengan konten yang UX friendly, manfaatkan WordPress, salah satunya dengan mencari cara install WordPress XAMPP.

7. Tautan pada Website


Tautan yang ada pada website bisa menaikkan status SEO agar ditempatkan pada posisi atas saat dicari. Website dikatakan baik kalau tidak banyak link keluar yang menuju website yang kurang berkualitas. Selain itu tautan yang relevan antar halaman dalam satu website juga mampu meningkatkan posisi ketika dicari dengan kata kunci tertentu.

Baca juga: Mahir Coding dengan Belajar 3 Bahasa Pemrograman Ini

Pengelolaan SEO untuk mendapatkan posisi ranking atas tidak mudah. Apalagi dilakukan secara organik tanpa bantuan iklan semisal AdWords. Kalau Anda memiliki cara ini lakukan dengan konsisten agar hasilnya memuaskan. Terus ikuti perkembangan SEO agar bisa memperbaiki kesalahan dan terus disukai oleh mesin pencari.

Demikianlah 7 tips SEO untuk meningkatkan rangking website. Semoga bermanfaat.

No comments for "Tingkatkan Ranking Website dengan 7 Tips SEO Berikut"

Berlangganan via Email