Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Olshop Banyak Kiriman? Simak! Cara Dapat Ongkos Cargo Murah

Online shop yang bersistem grosir seringkali harus mengirim barang dalam jumlah besar. Selain online shop, banyak pelaku usaha lain yang juga sangat membutuhkan jasa cargo.  Oleh karena itu, kebutuhan akan cargo murah sangat penting.

Cargo murah sering dicari oleh pemilik usaha grosir, atau orang-orang yang harus mengirim barang dengan cepat dan banyak ke penerima.



Bagaimana sebenarnya pengiriman cargo ini? Dan apa tipsnya agar mendapat ongkos pengiriman cargo yang murah?

Artikel kali ini akan mengulasnya sampai tuntas!

Mengenal Lebih Lanjut Pengiriman Cargo


Cargo bisa diartikan sebagai muatan yang dikirim melalui jalur darat, laut dan udara. Jadi, semua pengiriman barang melalui jalur tersebut di atas kecuali bagasi penumpang dan benda-benda pos, akan dikategorikan sebagai cargo.

Cargo biasanya merupakan barang-barang yang akan diperjualbelikan atau diperdagangkan baik keperluan ekspor atau impor. Cargo juga bisa merupakan barang untuk keperluan lain selain perdagangan selama dilengkapi dengan surat-surat atau dokumen pengangkutan.

Perbedaan pengiriman cargo dan ekspedisi adalah pada berat muatan. Pengiriman cargo, ada minimum berat yang harus dipenuhi supaya barang bisa dikirim yaitu sekitar 10 atau 50 kilogram. Jadi, pengiriman cargo memang pengiriman dalam jumlah besar. Sedangkan ekspedisi, tidak ada minimum berat ketika melakukan pengiriman.

Pelaku bisnis yang ingin mengirim barangnya dalam jumlah besar selalu memanfaatkan pengiriman cargo. Jasa pengiriman cargo murah biasanya diburu orang-orang yang akan mengirim barang dalam jumlah besar. Di Jakarta, daerah Tanah Abang dikenal sebagai sentra cargo mengingat ada Pasar Tanah Abang yang menjadi tempat perputaran barang terbesar di Asia Tenggara.


Olshop Banyak Kiriman? Simak! Cara Dapat Ongkos Cargo Murah
Ilustrasi Cargo.
 

Penanganan cargo ada dua yaitu general cargo dan cargo special. 


Pada penanganan general cargo, barang-barang yang dikirim biasanya tidak memerlukan perhatian khusus. Tetapi bukan berarti pengiriman pada general cargo mengabaikan aspek keamanan dan syarat-syarat lain. Muatan untuk general cargo biasanya adalah garment, produk keperluan rumah tangga, dan peralatan kantor.

Sedangkan untuk cargo spesial, pengiriman muatan memerlukan special handling atau penanganan khusus. Barang-barang yang memerlukan special handling bisa diangkut melalui udara setelah memenuhi persyaratan yang sesuai dengan regulasi IATA.

Pihak-pihak yang terkait dalam hal pengiriman cargo adalah pengirim (shipper), pengangkut (carrier), dan juga penerima (consignee). Shipper adalah orang atau badan usaha yang memiliki muatan untuk dikirimkan ke consignee. Sedangkan carrier adalah penyedia jasa pengiriman cargo baik sebagai sales agent, airline atau air charter.

Info Menarik Lainnya : 8 Ekspedisi Murah Ini Ampuh Tingkatkan Penjualan Online Shop

Cara Cerdas Mendapatkan Cargo Murah


Ongkos pengiriman merupakan komponen biaya yang bisa jadi sangat besar. Ongkos kirim yang besar bisa berpengaruh pada harga jual produk yang tentunya akan semakin mahal. Maka, tak jarang pelaku bisnis yang mati-matian menekan ongkos kirim dengan mencari cargo yang murah.

Ada beberapa tips yang bisa dicoba agar mendapatkan cargo yang murah untuk pengiriman muatan.

Berikut cara cerdasnya:

1. Capai Berat Minimal

Pengiriman cargo mensyaratkan berat minimum, maka penuhi berat minimum itu agar mendapat ongkos murah. Jika tidak sampai pada berat minimal yaitu sekitar 10, 50, bahkan 100kg, tentu tidak bisa dikirim melalui cargo. Jika barang yang dikirim tidak mencapai batas minimal, dipastikan harus menggunakan ekspedisi yang pastinya lebih mahal.

2. Pilih Jalur Darat


Pengiriman melalui jalur darat memang lebih lama jika dibandingkan dengan jalur lain. Namun, jika tujuan pengiriman masih bisa dijangkau dengan jalur darat, maka kirim saja muatan dengan jalur darat. Ongkos kirim cargo ke kota-kota di Jawa dari Jakarta cukup murah menggunakan jalur darat.

3. Gabungkan dengan Pengiriman Lain


Bisa juga menggabungkan barang dengan kiriman lain, apabila tidak mencapai berat minimal. Misalnya, ada juga rekanan usaha yang akan mengirim ke kota yang sama, maka muatan bisa digabungkan. Ongkos cargo murah dengan penggabungan muatan juga bisa didapatkan dari penyedia jasa cargo itu sendiri.

Kiriman akan digabungkan dalam satu pengiriman dengan muatan lain agar mencapai berat minimal. Banyak jasa cargo yang menawarkan hal seperti ini dan terbukti tidak menyebabkan masalah yang berarti. Nah, coba gabungkan pengiriman dengan rekanan agar ongkos lebih murah.

Info Menarik Lainnya : Pola Kemitraan dan Cara Menjadi Agen Pos Indonesia

4. Pilih Cargo Jalur Laut

Jalur laut adalah pengiriman cargo yang paling banyak dipilih oleh pengirim. Jalur laut memungkinkan pengirim mengirim dalam jumlah yang sangat besar dengan ongkos yang murah. Selain itu, pengiriman jalur laut lebih cepat jika dibandingkan dengan jalur darat.

5. Pilih Perusahaan Cargo yang Tidak Terlalu Ramai


Perusahaan pengiriman cargo baru biasanya memberikan banyak diskon kepada shipper. Nah, shipper bisa menggunakan jasa mereka untuk menekan cost. Selain itu, dengan menjadi rekanan dari perusahaan cargo baru ini, biasanya mereka akan memberikan layanan prima agar shipper puas dan kembali menggunakan jasa mereka.

Jasa Cargo Murah yang Bisa Dipilih untuk Tekan Ongkos Kirim


Setelah mengetahui tips mendapatkan ongkos cargo murah, sekarang saatnya mengetahui perusahaan cargo mana saja yang bisa dipercaya dan murah. Di bawah ini beberapa rekomendasinya:

1. Wahana Prestasi Logistik


Wahana sudah menjadi partner banyak sekali pelaku bisnis untuk mengirimkan muatannya. Dengan minimal berat hanya 10 kilogram, shipper sudah bisa mengirimkan barangnya. Online shop atau pemilik usaha grosir bisa memanfaatkan Wahana untuk mengirimkan barang. Semakin berat muatan, maka ongkos cargo makin murah.

Info Menarik Lainnya : Cara Menjadi Agen Wahana Dan Keuntungan Sebagai Mitranya

2. Deliveree


Untuk solusi cargo yang murah, Deliveree adalah pilihan yang tepat. Selain itu, dukungan teknologi untuk pemantauan pengiriman juga cukup baik. Harga yang diberikan Deliveree juga transparan sehingga shipper bisa menentukan budget pengirimannya dengan tepat. Ongkos kirim ditentukan dari berat dan jenis ekspedisi yang dipilih oleh shipper.

3. Klik Logistics


Layanan Klik Logistics sangat banyak mulai dari pengiriman cargo laut, darat dan udara sampai ke pengiriman kontainer. Ongkosnya pun sangat murah. Misalnya, untuk jalur darat Jakarta-Surabaya, dengan minimum berat 100 kilogram, shipper hanya dikenakan Rp3.000/kg. Estimasi waktu pengiriman darat Jakarta-Surabaya adalah 1-3 hari. Murah, bukan?

4. LION Cargo

Pengiriman jalur udara memang paling mahal. Namun, tetap ada pengiriman udara yang murah yaitu melalui Lion Cargo. Ketika barang dibutuhkan sampai dalam waktu cepat, pengiriman lewat udara adalah yang paling tepat. Untuk menekan cost, pilih pengiriman cargo dengan jalur udara yang murah seperti Lion Cargo. Lion Cargo bisa mengirim muatan sampai ke seluruh wilayah Indonesia.

Info Menarik Lainnya : 6 Peluang Kemitraan Jasa Ekspedisi, Sudahkah Anda Bergabung?

5. Indah Logistik


Indah Logistik sudah dikenal sebagai penyedia cargo murah yang memiliki jangkauan pengiriman luas. Pelayanan Indah Logistik sangat baik sehingga pemilik usaha grosir ataupun online shop yang harus mengirim dalam jumlah besar bisa menggunakan jasa Indah Logistik. Sebagai contoh, pengiriman ke Medan dari Jakarta, hanya sekitar Rp7.000 per 10 kilogram pertama.

Kesimpulannya, penggunaan cargo murah sangat penting untuk menekan cost ongkos kirim bagi para pelaku usaha. Namun, ada baiknya memilih perusahaan cargo yang sudah jelas dan terjamin kualitas pengirimannya. Selain itu, carilah perusahaan cargo yang cakupan pengirimannya luas agar bisa memenuhi permintaan lebih banyak lagi.

 Demikianlah info tentang tips cara mendapatkan harga Cargo murah. Semoga bermanfaat.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Olshop Banyak Kiriman? Simak! Cara Dapat Ongkos Cargo Murah "