Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Desain Rumah Joglo Modern yang Unik & Minimalis

Desain rumah joglo modern - Rumah joglo adalah sebuah rumah tradisional masyarakat Jawa. Bangunan tradisional yang khas ini terbuat dari bahan kayu. Pada zaman dahulu, model bangunan joglo ini sudah biasa digunakan oleh masyarakat Jawa pada umumnya. Namun di zaman sekarang bangunan tradisional ini sudah agak jarang ditemukan. Kalaupun masih ada, biasanya hanya tersisa di daerah pedesaan.

Namun kita patut bersyukur, karena masih ada sebagian generasi muda yang mau melestarikan bangunan khas Jawa ini. Jadi meskipun rumah joglo ini tergolong bangunan tradisional, namun justru banyak kalangan muda yang tertarik dengan keunikan desainnya. Sehingga banyak diantara mereka yang memakai desain gaya rumah joglo pada kediamannya sendiri.

Ide Desain Rumah Joglo Modern

Cerdasnya mereka, yaitu bisa merancang desain rumah joglo modern dengan beberapa gaya dan cara baru yang unik. Sehingga terciptalah desain rumah joglo baru yang lebih modern, unik dan tetap artistik. 

Nah, bagaimanakah caranya? 

Salah satu ciri khas dari rumah joglo ini 'kan bahannya yang didominasi dengan kayu dan atapnya yang unik. Jadi, jika ingin membangun rumah joglo, paling tidak kedua hal diatas harus tetap digunakan. Selanjutnya, untuk mendapatkan kesan modern, maka tambahkan kreasi lainnya; seperti lampu, warna cat, dan material lainnya. Intinya tambahkan segala hal yang sekiranya bisa membuat bangunannya jadi tampak lebih modern.

Berikut ini ada beberapa contoh desain rumah joglo modern tersebut. 

Diantaranya:

1. Pemilihan Warna dan Jenis Kayu


Desain Rumah Joglo Modern yang Unik & Minimalis

Salah satu cara desain rumah joglo modern adalah dengan menggunakan jenis dan warna kayu yang tepat. Untuk mendapatkan kesan modern, gunakanlah warna kayu yang minimalis seperti warna yang gelap dan mengkilap. Namun, jika tidak menemukan warna kayu seperti itu, maka catlah warna kayu dengan warna yang modern.

2. Kombinasi Material


Desain Rumah Joglo Modern yang Unik & Minimalis

Meskipun rumah joglo memiliki bahan utama kayu, namun untuk mendapatkan kesan modern pada rumah, kombinasikan material yang digunakan. Selain kayu, usahakan untuk menggunakan batu bata, cement bahkan keramik untuk mendapatkan kesan modern. Pilihlah material dengan warna yang cerah seperti abu-abu untuk membuat rumah tampak lebih kekinian.

Salah satu contoh yang bisa digunakan adalah kayu pada bagian atas rumah sedangkan pada bagian bawahnya dapat menggunakan keramik marble. Atau gunakan material beton untuk kolom bangunannya. Usahakan untuk memilih material yang sedikit bermotif natural untuk dipadukan dengan kayu yang tradisional.

Info Menarik Lainnya : 5 Dekorasi Rumah Kayu Kampung ini Unik & Keren Abis

3. Desain Rumah dengan Open Roof


Desain Rumah Joglo Modern yang Unik & Minimalis

Buatlah desain rumah joglo modern dengan open roof. Model ini tidak akan mengubah desain dasar dari rumah joglo, melainkan ada sedikit modifikasi pada materialnya. Bahan utama yang digunakan tetap kayu, namun desainnya tidak akan dibuat tertutup melainkan open roof. Jadi, pada bagian atap rumah biasanya ada kombinasi antara kayu dengan kaca.

Info Menarik Lainnya : 5 Pilihan Warna Cat Rumah Kayu Kampung (Unik & Artistik)

4. Ruang Terbuka & Dominasi Warna Putih


Desain Rumah Joglo Modern yang Unik & Minimalis

Cara lain membuat rumah joglo modern adalah dengan memberikan banyak ruang terbuka. Salah satu ciri dari rumah modern adalah ruangannya yang tanpa sekat sehingga membuatnya tampak luas dan besar. Jadi minimalisir penggunaan tembok maupun sekat di dalam rumah joglo.

Jika ingin membuat rumah joglo yang modern dan minimalis maka gabungkan kedua desain tersebut. Pada bagian atapnya, gunakan kayu dan model atap dari rumah joglo. Sedangkan untuk bagian bawahnya, desain rumahnya bisa dibuat dengan model rumah pada umumnya. Gunakan dominasi warna putih untuk kesan minimalis dan modern.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Dinding Unfinished (Berkesan Klasik & Unik)

5. Fasilitas Modern


Desain Rumah Joglo Modern yang Unik & Minimalis

Untuk mendapatkan kesan modern, maka tambahkan fasilitas-fasilitas modern seperti kolam renang maupun taman yang minimalis. Tambahan ini dapat memperkuat kesan modern pada rumah joglo terutama yang menggunakan dominasi kayu. Selain kolam renang, tambahkan pula kursi atau bangku-bangku dengan desain minimalis sebagai tempat istirahat.

6. Lampu Berwarna Terang


Desain Rumah Joglo Modern yang Unik & Minimalis

Rumah joglo seringkali identik dengan warna yang gelap dengan lampu yang redup. Hal ini jugalah yang memberikan kesan tua dan traditional. Untuk menghilangkan kesan ini, maka pasanglah lampu terang yang cukup. Hal ini untuk membuat rumah tampak lebih terang sehingga memberikan kesan luas dan tidak tua.

Info Menarik Lainnya : Tiang Teras Minimalis Batu Alam untuk Mempercantik Rumah

Meskipun rumah joglo adalah rumah tradisional khas dari Jawa, namun orang bisa membuatnya menjadi lebih modern. Buatlah desain rumah joglo modern dengan menggabungkan beberapa material seperti kayu dan beton. Selain itu, tambahkan beberapa ruang terbuka pada desain ruangannya agar cahaya bisa masuk dan terlihat terang.

Demikianlah info tentang desain rumah joglo yang unik dan minimalis. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Desain Rumah Joglo Modern yang Unik & Minimalis "