Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Desain Rumah Panggung Beton Terbaik & Kekinian

Desain rumah panggung beton - Bagaimana menurut Anda dengan konsep hunian rumah panggung? Sepertinya konsep ini cukup unik juga kalau diterapkan pada rumah hunian kita ya? Jadinya nanti akan tercipta sebuah arsitektur rumah yang anti mainstream. Bagaimana menurut Anda? Apakah berani mencobanya? Hhe 😉

Sebenarnya konsep rumah panggung ini bukanlah sebuah hal yang aneh pada bangsa kita kok. Di Indonesia sendiri cukup banyak provinsi yang menggunakan konsep rumah panggung pada huniannya. Diantaranya seperti di provinsi Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan, Jakarta tempo dulu, dll.  

Pada awalnya tujuan dibuat rumah panggung ini adalah untuk melindungi penghuni rumah dari air pasang atau serangan bintang buas. Oleh karena itulah pada zaman dahulu rumah panggung ini identik berada dikawasan pinggir pantai dan daerah hutan rimba/pegunungan. Biasanya rumah panggung ini terbuat dari bahan kayu dan papan.

Perkembangan dan ide desain rumah panggung beton

Namun seiring perkembangan zaman, keberadaan rumah panggung sudah tidak lagi jadi dimonopoli kawasan diatas. Kini rumah panggung sudah mulai tampak berdiri di kawasan perkotaan. Bedanya, rumah panggung ini terbuat dari bahan beton.

Tentu saja fungsinya juga sudah bergeser jauh. Rumah panggung yang ada dikawasan perkotaan ini fungsinya bukan untuk menghindari air pasang atau bintang buas lagi. Tapi tujuannya lebih ke nilai artistik dan gaya arsitektur yang unik.  

Rumah panggung dari bahan beton ini memiliki struktur bangunan yang kuat serta tampilan yang menarik. Oleh karena itulah desain rumah panggung ini banyak diterapkan oleh masyarakat modern perkotaan. Karena pastinya bahan beton jauh lebih kuat dan awet daripada kayu. Selain itu, penggunaan bahan beton juga akan membuat bangunan terlihat lebih modern.

Jika Anda tertarik ingin mencoba ide hunian unik ini, yuk simak 5 rekomendasi desain rumah panggung beton berikut.

Anda bebas memilih desain mana saja yang paling Anda sukai,

diantaranya:

1. Rumah Panggung Beton di Lahan Terbatas


5 Desain Rumah Panggung Beton Terbaik & Kekinian

Siapa bilang rumah panggung hanya bisa diaplikasikan pada lahan yang luas saja? Kini banyak desain rumah panggung beton yang bisa digunakan di lahan terbatas. Misalnya, seperti desain rumah panggung yang satu ini yang memanfaatkan bagian bawah rumah sebagai ruangan untuk bersantai.

Sementara untuk ruangan lainnya terdapat di bagian atas rumah, seperti kamar tidur, dapur, bahkan kamar mandi. Desain rumah panggung ini pun terlihat modern karena pada bagian bawah rumah menggunakan banyak kaca. Dengan begitu, rumah ini tidak menampakkan berada di lahan yang terbatas.

Info Menarik Lainnya : 5 Dekorasi Rumah Kayu Kampung ini Unik & Keren Abis

2. Rumah Panggung Beton Minimalis


5 Desain Rumah Panggung Beton Terbaik & Kekinian
Sumber : Living Asean

Rumah panggung identik memiliki desain yang rumit, namun jika anda menyukai desain yang simple, kini ada desain rumah panggung minimalis. Desain rumah panggung minimalis ini sangat apik karena terdapat jajaran roster pada fasadnya. Roster tersebut tidak hanya sebagai pembatas ruang saja tetapi juga menciptakan kisi-kisi yang apik ketika terkena sinar matahari.

Desain rumah panggung ini terlihat minimalis karena pengaplikasian warna putih. Namun, untuk menghalau kebosanan warna putih pada desain rumah panggung, aplikasikan tangga dengan berwarna hitam atau warna kontras lainnya.

Info Menarik Lainnya : 5 Desain Rumah Minimalis Tampak Depan Dengan Batu Alam

3. Rumah Panggung Beton dengan Banyak Kaca


5 Desain Rumah Panggung Beton Terbaik & Kekinian

Ciri khas dari rumah modern yaitu memiliki banyak kaca di rumah sehingga menghemat listrik dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Begitupun dengan rumah panggung yang mulai mengaplikasikan hal yang sama. Desain rumah panggung beton yang satu ini juga memiliki banyak kaca yang digunakan sebagai pengganti tembok.

Namun, tidak semua rumah panggung cocok menggunakan desain yang satu ini. Desain rumah panggung dengan banyak kaca cocok untuk rumah panggung yang disekelilingnya memiliki pemandangan yang luar biasa cantik dan jauh dari pemukiman.

Info Menarik Lainnya : 5 Pilihan Warna Cat Rumah Kayu Kampung (Unik & Artistik)

4. Rumah Panggung Beton dengan Aksen Kayu


5 Desain Rumah Panggung Beton Terbaik & Kekinian

Desain rumah panggung yang satu ini memiliki suasana yang natural dan hangat. Pasalnya, rumah panggung beton ini memiliki aksen kayu pada temboknya. Adanya kombinasi warna hitam pada tembok membuat rumah panggung ini tidak terlihat monoton.

Di bagian bawah terdapat carport untuk melindungi mobil ketika cuaca sedang buruk. Ada pula area kosong di bagian bawah yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan semi-outdoor. Meskipun terdapat aksen kayu, namun rumah panggung beton ini terlihat sangat modern dan elegan.

Info Menarik Lainnya : Trik Desain Tangga Rumah Minimalis di Lahan Sempit

5. Rumah Panggung Modern Anti Banjir


5 Desain Rumah Panggung Beton Terbaik & Kekinian

Terdapat beberapa wilayah pemukiman yang menjadi langganan banjir. Namun, jika sudah terlanjur membeli lahan di daerah tersebut, bisa mengaplikasikan desain rumah panggung anti banjir. Dengan menggunakan desain rumah panggung, maka akan meminimalisir air memasuki rumah utama.

Terlebih lagi menggunakan beton pada bagian bawah rumah menjadikan rumah panggung tersebut menjadi lebih kuat dan amat. Hal ini tentu penting karena biasanya air yang berasal dari banjir memiliki arus yang cukup kuat.

Itulah ulasan yang menarik mengenai desain rumah panggung beton yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi. Pilihkan desain rumah panggung yang sesuai dengan luas lahan dan juga kondisi wilayah. Misalnya, jika wilayah yang sering dihuni rawan banjir, maka Anda bisa mengaplikasikan rumah panggung anti banjir ini. 

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya. 

Post a Comment for "5 Desain Rumah Panggung Beton Terbaik & Kekinian "