Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Komplain Pos Indonesia (Terlambat, Salah Kirim, dll)

Komplain Pos Indonesia - Bagi yang terlahir sebelum era 90-an tentunya tidak asing dengan Pos Indonesia. Ini adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dulunya berlayanan mengirimkan surat antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Namun, seiring berkembangnya jaman, pos Indonesia saat ini juga memiliki jasa lainnya seperti pengiriman barang.

Moment Paling Banyak Terjadi Komplain Pos Indonesia

Sayangnya, usaha ini tidak selalu berjalan dengan lancar. Adakalanya komplain dari pengguna jasa ekspedisi ini banyak yang masuk ke Customer Service Pos Indonesia. Terutama saat kiriman sangat padat seperti moment Bulan Puasa, Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Hal ini wajar sebenarnya. Karena pada saat hari-hari besar tersebut pengiriman barang sangat padat sekali. Sehingga pasti ada saja kasus seperti barang yang terlambat, rusak, bahkan hilang pada saat pengiriman.

Namun, Pos Indonesia terus berusaha untuk memajukan usahanya dengan meningkatkan berbagai layanannya seperti memiliki halaman situs dan Customer Service 24 jam. Dengan begitu, para pengguna bisa melaporkan komplain Pos Indonesia dengan lebih cepat dan mudah.

 

Cara Komplain Pos Indonesia (Terlambat, Salah Kirim, dll)

Jenis Komplain Pos Indonesia yang Biasanya Masuk ke Customer Service

Bagi para pengusaha yang sedang ingin menggunakan Pos Indonesia, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis komplain yang telah masuk. Sehingga ketika memutuskan menggunakan jenis pengiriman tersebut, para pengusaha tidak kecewa. 

Berikut ini adalah sebagian besar komplain Pos Indonesia yang banyak dikeluhkan oleh pengguna:

1. Waktu Pengiriman yang Lama

Salah satu hal yang dikeluhkan oleh pengguna Pos Indonesia adalah pengirimannya yang cukup lama. Jika biasanya menggunakan ekspedisi pengiriman sesama Jawa hanya membutuhkan 3-4 hari, maka penggunaan Pos bisa memakan waktu hingga lebih dari 6 hari. Lamanya waktu pengiriman inilah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna Pos Indonesia.

Oleh karena itu, jika memutuskan menggunakan Pos Indonesia, jangan berharap bisa datang dengan cepat. Karena berdasarkan pengalaman para pengguna, Pos Indonesia biasanya tiba paling cepat 4-7 hari setelah diproses.

2. Paket Salah Kirim.

Terkadang ada kasus paket yang salah dikirimkan oleh kurir. Hal ini terjadi (biasanya) karena alamat yang tertera tidak jelas, atau ambigu. Misal penulisan nomor RT/RW atau nomor rumah alamat tujuan tertulis terbalik. Parahnya lagi, nomor telepon penerima juga tidak dicantumkan oleh si pengirim (biasanya karena lupa). Alhasil paket kiriman tidak kunjung diterima oleh penerima aslinya.

Untuk menyelesaikan masalah ini, maka si pengirim harus menghubungi Customer Service Pos Indonesia untuk memberikan alamat yang benar. Selanjut pihak Pos Indonesia akan mem-follow-up kasus ini. Biasanya pihak Pos Indonesia akan memerintahkan si kurir untuk mengambil kembali paket yang salah alamat tadi, kemudian mengantarkan ke penerima aslinya. 

2. Tidak ada Garansi

Sebaiknya Anda menggunakan jasa pengiriman Pos Indonesia hanya untuk produk dan barang yang berukuran kecil saja. Dan sebaiknya harga produk/barang itu juga tidak terlalu mahal. Jadi tidak disarankan untuk mengirimkan barang elektronik berupa layar monitor PC, televisi dan smartphone, dll melalui pos Indonesia.

Apa sebab?

Hal ini dikarenakan belum adanya garansi pada pengiriman menggunakan Pos Indonesia. Maka dari itu, para pengguna tidak bisa melayangkan komplain Pos Indonesia jika barangnya ada yang rusak atau tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Baca juga : Cara Komplain TIKI ini Wajib Diketahui Pebisnis Online Shop

3. Tidak Beroperasi Pada Hari Libur & Weekend

Jenis komplain Pos Indonesia yang banyak masuk adalah waktu operasional dari usaha ini. Jika perusahaan lain biasanya beroperasi 24/7, maka berbeda dengan Pos Indonesia. Mengikuti aturan pemerintah, Pos Indonesia hanya beroperasi pada hari biasa dengan 8 jam kerja. Hal ini membuat paket menjadi lebih lama untuk diproses.

Apabila ingin paket segera diproses, maka ada baiknya untuk mengirimkan produk pada pagi hari. Sehingga pada hari tersebut atau maksimal H+1, paket dapat diproses agar bisa segera tiba di tempat tujuan.

Cara Mengajukan Komplain ke Pos Indonesia

Meskipun banyak kekurangan yang ada, namun Pos Indonesia memberikan kemudahan untuk pengguna menyampaikan komplainnya. Hal ini bertujuan untuk kemajuan Pos Indonesia agar dapat berkembang lebih baik dan pesat kedepannya. 

Bagi yang ingin melakukan komplain Pos Indonesia, maka dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

1. Surat Elektronik/ Email

Cara pertama yang bisa dilakukan para pengguna ketika ingin mengajukan komplain adalah dengan mengirimkan email. Ada 5 email yang aktif hingga saat ini dan akan membantu merespon keluhan pengguna. Berikut adalah kelima email yang bisa dikontak:

Care1@posindonesia.co.id
Care2@posindonesia.co.id
Care3@posindonesia.co.id
Care4@posindonesia.co.id
Careleader@posindonesia.co.id

Baca juga : Simak! Cara Komplain J&T Agar Cepat Direspon

Pada saat pengiriman email, pastikan untuk memasukkan email yang terakhir dalam kolom cc. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi jika pada email pertama tidak masuk. Selanjutnya, pada isi email, tuliskan secara detail resi, identitas pengirim, penerima serta alamatnya. Lalu, lanjutkan dengan masalah yang terjadi.

Dengan menuliskan secara terstruktur dan jelas, maka CS dari Pos Indonesia dapat membantu melacak keberadaan pengiriman. Biasanya maksimal 2x24 jam setelah komplain diajukan, pelapor akan ditelpon oleh CS Pos Indonesia untuk diberikan solusi lebih lanjut.

2. Call Center Customer Service 224 Jam

Jika ingin cara yang lebih cepat dalam menyampaikan komplain Pos Indonesia, maka hubungilah call centernya. Silahkan menghubungi nomor 161 atau layanan Halopos. Ini adalah call center dari Pos Indonesia yang beroperasi selama 24 jam. Untuk bisa menghubungi call center ini, maka pelanggan akan dikenakan tarif telepon lokal seperti biasa.

Pada saat menelpon ke nomor tersebut, pilihlah opsi untuk berbicara dengan pihak customer service. Jika sudah terhubung, maka informasikan masalah yang sedang terjadi beserta tanggalnya. Dan jangan lupa, yang terpenting adalah mengetahui detail resi pengiriman.

Baca juga : Cara Komplain SiCepat (Ketika Paket Kiriman Terkendala)

3. Live Chat

Sebagai salah satu perusahaan yang sedang mengembangkan teknologinya, maka saat ini pelanggan juga dapat mengajukan komplain melalui Live Chat. Fitur ini dapat digunakan pada halaman situs Pos Indonesia, yang berada pada bawah kanan layar yang ada gambar seorang petugas.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah klik Live Chat dan selanjutnya akan muncul kotak dialog. Selanjutnya pilih menu yang dibutuhkan, diantaranya adalah info layanan, alamat kantor, hingga pengaduan. Tuliskan pesan yang ingin ditanyakan pada kotak tersebut dan pihak Pos Indonesia akan segera membalasnya ketika sudah mendapatkan jawaban.

4. Melalui Sosial Media

Pos Indonesia menyadari bahwa pengguna jasa ini sebagian besar adalah kalangan muda. Oleh karena itu, agar dapat terhubung dengan mereka, Pos Indonesia memiliki sosial media sebagai wadah keluhan. Hingga saat ini Pos Indonesia memiliki beberapa media sosial diantaranya adalah Facebook, Twitter hingga Instagram.

Jadi, bagi pengguna bisa mengajukan komplain dengan menuliskan posting atau di kolom komentar. Jangan lupa untuk menyebut atau mention Pos Indonesia, agar adminnya dapat membantu proses masalah yang terjadi. Nantinya, admin akan meminta untuk pengguna menyebutkan resi serta nomor yang dihubungi.

Jika ingin lebih cepat dibaca, maka pelapor juga bisa mengirimkan pesan melalui Direct Message. Cara ini lebih efisien karena admin bisa membacanya lebih cepat. Namun, kekurangan dari fitur ini adalah jam pelayanannya yang terbatas dari Senin-Jumat dari pukul 08:00 - 17:00 saja.

Baca juga : 7 Ekspedisi Paling Cepat Ini Bikin Toko Online Ramai Pembeli

5. Langsung Menuju ke Kantor Pos Indonesia

Jika ingin cara yang paling cepat, maka datanglah ke kantor Pos Indonesia. Ketika datang, informasikan ke bagian informasi mengenai tujuan kedatangan. Nanti, pengguna akan diarahkan menuju customer service untuk lebih lanjut.

Pada umumnya, pengguna diharuskan untuk mengisi form mengenai isi pengiriman serta keluhan yang dihadapi. Jika hanya sekedar tracking dan informasi posisi paket, maka biasanya akan diinformasikan saat itu juga. Namun, untuk kasus kehilangan atau kerusakan biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Jadi, terlepas dari banyaknya kekurangan dan komplain Pos Indonesia, namun perusahaan ini terus berusaha untuk meningkatkan layanannya. Salah satunya adalah dengan menyediakan situs online yang dapat diakses oleh semua orang. Di situs ini, para pengguna bisa melacak serta melakukan pemesanan jasa. Hal ini diharapkan dapat mempermudah pengguna dalam menggunakan Pos Indonesia.

Bagi yang mengalami issue atau kendala dalam paketnya, jangan ragu untuk menghubungi salah satu cara diatas. Customer Service dari Pos Indonesia akan membantu dan segera menghubungi kembali pelapor untuk menyelesaikan masalah.

Apabila dari pihak perusahaan tidak segera membalas, maka cobalah untuk menghubungi Halo Pos pada 161. Ini merupakan salah satu tercepat untuk menyampaikan komplain Pos Indonesia agar segera direspon. Untuk mendapatkan respon tercepat, ada baiknya melaporkan keluhan pada saat jam dan hari kerja.

Baca juga : 8 Ekspedisi Murah Ini Ampuh Tingkatkan Penjualan Online Shop

Demikianlah info tentang cara komplain Pos Indonesia. Semoga bermanfaat untuk Anda Semua.

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Cara Komplain Pos Indonesia (Terlambat, Salah Kirim, dll)"