Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Penalti Ganti Kurir Tokopedia Beneran Ada? Seperti Apa?

Pernahkah terpikir untuk mengganti kurir sesaat setelah checkout dan telah membayar pesanan melalui e-Commerce Tokopedia? Ya, terkadang karena terburu-buru, perihal ekspedisi pengiriman produk yang diperjualbelikan jarang diperhatikan. Saat tersadar, ingin mengganti namun takut penalti ganti kurir Tokopedia mahal.

Sebagai penjual maupun pembeli, ada baiknya bila mengetahui alasan, resiko, dan hal-hal yang perlu diketahui saat mengganti kurir dalam transaksi jual beli melalui Tokopedia. Berbeda dengan e-commerce lainnya, dana yang telah dibayar melalui rekening virtual account Tokopedia akan diteruskan ke penjual setelah barang diterima.

Tapi seperti apa sih penalti ganti kurir Tokopedia itu?


Penalti Ganti Kurir Tokopedia Beneran Ada? Kita Ulas Yuk!
Ilustrasi.

Sebelum kita ulas lebih jauh, mari kita bahas terlebih dahulu penyebab terjadinya ganti kurir ekspedisi.

Alasan Ganti Kurir Ekspedisi

Nah, pasti untuk sebagian orang baik penjual maupun pembeli, tentu memiliki alasan yang kuat untuk mengganti ekspedisinya. Ya, alasan-alasan yang sering menyebabkan penjual maupun pembeli mengganti jasa ekspedisinya dikarenakan hal-hal berikut ini:

1. Harga lebih murah

Penyebab pertama dari banyaknya penjual maupun pembeli mengganti jasa ekspedisi adalah persaingan harga yang lebih murah. Setiap ekspedisi pasti memiliki tarif sesuai dengan durasi waktu tertentu. Biasanya, pembeli terkadang terburu-buru dalam menentukan jasa ekspedisi sehingga tak sadar bila ada ekspedisi yang menawarkan harga murah.

2. Keterjangkauan jasa ekspedisi

Berikutnya, tidak semua ekspedisi menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Hanya beberapa saja yang menjangkau Indonesia terutama luar pulau Jawa. Terkadang, dari sisi penjual pun tidak mengetahui hal ini. Biasanya pembeli dari luar Jawa akan memberikan rekomendasi ekspedisi logistik yang menjangkau wilayahnya sebagai jalan keluar untuk pengiriman paket.

3. Kepercayaan dan loyalitas pada ekspedisi tertentu

Baik penjual maupun pembeli pasti sudah memiliki keterikatan dengan perusahaan ekspedisi tertentu. Biasanya hal ini terjadi dikarenakan pengalaman dan pelayanan selama menggunakan ekspedisi tersebut tidak pernah mengecewakan. Selain itu, kemudahan akses yang diberikan seperti pick up paket dan pelacakan yang mudah.

Baca Juga : Pesanan Tidak Sesuai? Simak Cara Komplain Tokopedia Yuk!

Penalti Ganti Kurir Tokopedia Bukan Berbentuk Uang 

Di e-Commerce Tokopedia, ketika pembeli maupun penjual mengganti kurir ekspedisi paketnya apakah bisa? Bisa. Tokopedia memberikan keleluasaan untuk mengganti kurir ekspedisi sebelum barang benar-benar dikonfirmasi oleh penjual. Sedangkan, bila penjual yang mengganti kurir ekspedisi yang dipilih pembeli juga bisa dilakukan.

Dari semua keleluasaan ini pasti banyak yang bertanya apakah tidak ada sanksinya? Bagaimana dengan penalti ganti kurir Tokopedia? Jawabannya tidak ada sanksi. Kemudian, penalti juga tidak ada.

Ketika pembeli mengganti kurir setelah proses transaksi pembayaran selesai, maka hanya dikenakan biaya penyesuaian dan proses pengiriman mungkin bisa lebih lama apabila proses penggantian kurir tidak segera dilakukan. Kemudian, untuk para penjual yang mengganti kurir tentu pasti akan memiliki konsekuensi tersendiri. 

Penalti ganti kurir Tokopedia bagi para penjual bukan berupa uang yang telah dibayarkan. Namun berupa reputasi toko.

Berdasarkan penjelasan di situs resmi Tokopedia, dari sisi penjual dapat mengirimkan pesanan pembeli dengan kurir yang berbeda atas persetujuan dari pembeli. Bila pengiriman menggunakan jasa ekspedisi yang biayanya lebih murah dibandingkan yang tertera pada sistem maka penjual wajib mengembalikan kelebihan bayar untuk biaya pengiriman tersebut. Begitu pula sebaliknya, bila biaya pengiriman lebih mahal maka penjual wajib menanggung kelebihan biaya tersebut.

Kemudian, penggantian jasa pengiriman sebaiknya yang masih bekerjasama dengan Tokopedia agar mudah dilacak. Penalti ganti kurir Tokopedia apabila menggunakan jasa ekspedisi yang tidak bekerjasama dengan Tokopedia. Hal tersebut akan beresiko pada reputasi toko karena paket tidak dapat dilacak baik oleh pembeli maupun Tokopedia.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Komplain Bukalapak (Terima Barang Tidak Sesuai Pesanan)

Hal yang Perlu Dicermati Saat Ganti Kurir di Tokopedia

Saat ganti kurir, ada hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para penjual dan pembeli. Bila mengabaikan hal-hal ini maka akan beresiko pada pemberian penalti ganti kurir Tokopedia seperti penurunan performa toko bahkan ulasan buruk dari pembeli. Sedangkan, bagi para pembeli beresiko barang susah dilacak pada saat proses pengiriman bila mengabaikan hal-hal berikut ini.

Bagi Penjual

Bagi para penjual di Tokopedia harus mengikuti langkah-langkah berikut ini. Hal ini dikarenakan agar penjual tidak dikenakan penalti ganti kurir Tokopedia. Seperti yang disampaikan sebelumnya, penalti bukan berupa uang melainkan reputasi toko yang akan mempengaruhi tingkat penjualan pada toko tersebut.

Konfirmasi pada pembeli 

Hal pertama yang harus dilakukan ketika akan melakukan pergantian kurir adalah memberikan informasi bahwa pengiriman akan dilakukan dengan ekspedisi yang berbeda. Jelaskan pada pembeli mengenai alasan mengapa kurir yang dipesan pembeli harus diganti. Pembeli biasanya akan bersedia melakukan penggantian kurir apabila penjual menjelaskan dengan jelas.

Sampaikan kendala pengiriman

Berikutnya, sampaikan kendala pengiriman yang penjual hadapi. Biasanya untuk toko yang memiliki domisili yang sama dengan penjual, akan menawarkan kurir sendiri dengan biaya yang lebih murah. Ada juga, penggantian kurir dilakukan karena letak jasa ekspedisi yang dipilih pelanggan terlampau jauh dari tempat penjual.

Selain itu, penjual terkadang memiliki preferensi sendiri terhadap kurir ekspedisi. Hal ini dikarenakan kekhawatiran penjual akan barang yang dikirimkan tidak sampai di tangan pelanggan dengan kondisi yang baik.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Komplain Shopee (Barang Rusak, Hilang, Tak Sesuai, dll)

Beritahu pembeli 

Lalu beritahu pembeli mengenai proses penggantian kurir melalui aplikasi maupun website Tokopedia yang dilakukan oleh penjual. Pastikan memberikan no. resi yang baru dan informasi yang lengkap mengenai jasa pengiriman dan no. resi tersebut agar dapat dilacak oleh pembeli.

Bagi Pembeli 

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan oleh pembeli ketika ingin mengganti kurir. Tiga hal ini wajib dilakukan oleh pembeli sebelum proses pengiriman dilakukan oleh penjual. Ketiga hal tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

Lakukan penggantian kurir via aplikasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengganti kurir melalui aplikasi ataupun website Tokopedia. Caranya dengan melakukan chat ke penjual mengenai barang yang dipesan ingin diganti kurir ekspedisinya. Jangan lupa untuk memberi tahu penjual mengenai alasan, pilihan kurir dan jenis pengiriman yang dikirim agar dapat disesuaikan oleh penjual dan sistem di Tokopedia.

Konfirmasi ulang ke penjual tentang pergantian kurir

Bila penjual bersedia mengganti kurir tersebut maka pastikan untuk mengkonfirmasi ulang tentang penggantian kurir tersebut. Jika no. resi dan pelacakan paket kiriman belum berubah, sebaiknya menanyakan terlebih dahulu pada admin penjual.

Simpan no. resi ekspedisi lama dan baru

Jangan lupa, sebelum mengganti pilihan paket pengiriman, pastikan pembeli menyimpan no. resi yang digunakan dengan ekspedisi sebelumnya. Hal ini diperuntukkan untuk pengaduan komplain bila barang yang dibeli belum sampai. Selain itu, jangan lupa juga untuk menyimpan no. resi yang baru agar dapat terlacak.

Artikel Menarik Lainnya : Reputasi Tokopedia, Acuan Utama Buyer Dalam Memilih Seller

Pada proses penggantian kurir ini kesepahaman antara penjual dan pembeli sangat dibutuhkan. Hal ini menjadi penting karena dengan perubahan kurir yang dilakukan akan berpotensi pada menurunnya performa toko. Maka, sebagai penjual dan pembeli yang baik dengan rasa kepercayaan satu sama lain diharapkan penjual dan pembeli membuat kesepakatan yang jelas terlebih dahulu bila memang harus mengubah pengiriman.

Ya, hal ini dikarenakan untuk menghindari penalti ganti kurir Tokopedia yang bisa menurunkan reputasi toko. Semoga artikel ini dapat membantu baik penjual dan pembeli untuk bertransaksi di Tokopedia ya!

Penulis by : Bang izal.

Post a Comment for "Penalti Ganti Kurir Tokopedia Beneran Ada? Seperti Apa?"