Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Membersihkan Noda Kaca yang Membandel, Lihat Yuk!

Cara membersihkan noda kaca yang membandel - Bagi seorang ibu rumah tangga, pandemi selama beberapa bulan belakangan ini merupakan masa yang cukup merepotkan. Apa sebab? Karena tugasnya jadi bertambah banyak. Selain harus melayani keperluan suami, mengasuh anak, memasak, mencuci, dan,,,,, sejak adanya pandemi Covid-19, tugasnya jadi bertambah satu lagi, yaitu; mengajarkan tugas sekolah anaknya. 

Seperti yang telah sama-sama kita ketahui, bahwa sejak merebaknya wabah Corona, maka sistem ajar-mengajar di rubah secara online oleh Mendikbud Nadiem Makarim. Akibatnya tentu para orang tua murid jadi kerepotan, sehingga ada hal lain dirumah yang jadi terabaikan. 

Misalnya ada bagian-bagian rumah yang jarang, bahkan mungkin tidak pernah dibersihkan selama masa pandemi. Salah satu contohnya seperti membersihkan perabotan kaca yang ada di ruangan dapur.   

Biasanya di ruang dapur ada beberapa perabotan rumah tangga yang terbuat dari kaca. Contohnya seperti rak piring (pintunya dari bahan kaca), oven (biasanya pintunya juga terbuat dari kaca), toples kaca, hingga ventilasi dapur seperti kaca nako dan jendela yang umumnya dari bahan kaca.

Cara Membersihkan Noda Kaca Yang Membandel


Cara Membersihkan Noda Kaca yang Membandel, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Shopback.co.id


Nah, semua perabotan kaca yang ada di dapur itu sangat mudah sekali kotor. Ini hal wajar sebenarnya. Karena yang namanya di dapur itu pasti penuh dengan kepulan asap dan uap yang mengandung minyak masakan. Semua itu akan menempel di setiap permukaan kaca yang ada di dapur tersebut.

Tapi jika tidak rutin dibersihkan, maka partikel dari asap dan uap itu akan terus menumpuk di permukaan kaca. Lama kelamaan akhirnya berkerak dan jadi sulit dibersihkan. Oleh karena itulah setiap perabotan kaca di dapur itu harus di lap dan dibersihkan secara rutin (setidaknya seminggu sekali).  

Namun bagaimana jika noda kacanya sudah terlanjur berkerak? Sudah berbagai cara di coba untuk membersihkannya, tapi noda kerak itu belum juga bisa sepenuhnya hilang.

Jangan terlalu khawatir,,,, karena berikut ini ada beberapa cara membersihkan noda kaca yang membandel.

Yuk simak penjelasan selengkapnya.

Cekidot!

1. Memakai Campuran Air dan Cuka Apel

Selain berguna untuk menyedapkan masakan, ternyata cuka apel juga banyak memiliki kegunaan lain. Salah satunya manfaatnya adalah berguna untuk membersihkan noda pada kaca. Cara membersihkan noda kaca yang membandel dengan cuka apel pun sangat mudah untuk dilakukan.



Cara Membersihkan Noda Kaca yang Membandel, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Pinterest.com


Cukup dengan mencampur air dan cuka apel kemudian gosokkan pada noda yang menempel dengan menggunakan kain microfiber. Dijamin semua noda pada kaca akan hilang. Jika ingin lebih bersih bisa dengan menambahkan perasan lemon.

2. Menggunakan Alkohol

Di masa pandemi begini pasti sering dong menggunakan yang namanya hand sanitizer?. Hand sanitizer sebagian besar kandungannya adalah alkohol yang ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan noda pada kaca. 

Cara Membersihkan Noda Kaca yang Membandel, Lihat Yuk!
Ilustrasi.


Sama seperti cara di atas, cukup dengan mencampurkan alkohol dengan sedikit air dan gunakan pada kaca dengan noda yang membandel. Pastikan agar kandungan alkohol tidak terlalu berlebihan. Minimal batas kadar maksimumnya adalah 50% - 80%.

3. Menggunakan Irisan Kentang dan Bawang

Coba sedikit melongok ke dapur, barangkali ada stok kentang dan bawang berlebih yang bisa digunakan untuk membersihkan noda kaca. Tidak perlu ribet, cukup dengan mengiris kentang dan bawang menjadi beberapa potong lalu gosokkan pada noda yang ada. 


Cara Membersihkan Noda Kaca yang Membandel, Lihat Yuk!
Ilustrasi.


Setelah digosok, diamkan selama beberapa saat dan bersihkan dengan kain yang lebih bersih. Selain membersihkan noda, bawang dan kentang juga bisa membuat kaca menjadi lebih berkilau.

4. Menggunakan Campuran Cuka dan Baking Soda

Mungkin sudah banyak orang tahu bahwa baking soda bisa digunakan untuk membersihkan noda kaca. Namun kebanyakan orang mencampur baking soda dengan air biasa. Cara ini memang tidak salah, namun ada cara yang sekiranya lebih efektif. Caranya adalah dengan mencampur baking soda dengan campuran air cuka.


Cara Membersihkan Noda Kaca yang Membandel, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Seringbaca.com


Rendam cuka didalam air selama 15 menit. Setelah itu masukkan baking soda secukupnya. Sebelum digunakan pastikan kaca sudah dibersihkan dari debu dan kotoran. Gosokkan air campuran tadi ke noda yang ada. Jika perlu, lakukan pengulangan agar lebih bersih. Setelah selesai, keringkan kaca dengan menggunakan kain yang lebih bersih.

5. Memakai Pasta Gigi

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan pasta gigi. Bersihkan debu pada kaca terlebih dulu. Kemudian oleskan pasta gigi pada permukaan kaca yang memiliki noda. 


Cara Membersihkan Noda Kaca yang Membandel, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Viva.co.id


Semakin tebal pasta gigi yang dioleskan maka semakin bersih pula. Tunggu hingga pasta gigi mengering dan bilas dengan air bersih lalu kemudian dilap dengan kain kering. Mudah sekali bukan?

6. Menggunakan Koran

Cara yang satu ini mungkin sudah menjadi rahasia umum. Cukup rendam kertas koran ke dalam air selama beberapa detik dan tinggal digosokkan langsung ke noda yang membandel. 


Cara Membersihkan Noda Kaca yang Membandel, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : M.medcom.id


Jangan terlalu lama merendam koran ke dalam air karena bisa menyebabkan koran malah hancur. Selain itu, bisa juga dengan mencelupkan koran kedalam cuka apel untuk untuk noda yang susah dibersihkan.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan noda kaca yang membandel yang bisa dicoba. Sangat mudah dilakukan bukan? Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah referensi dan memberikan manfaat. 

Selamat mencoba!

Post a Comment for "Cara Membersihkan Noda Kaca yang Membandel, Lihat Yuk! "