Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

7 Contoh Relief Dinding Rumah untuk Hunian Modern

Contoh relief dinding rumah - Relief merupakan karya seni 3 dimensi yang biasanya banyak terdapat di monumen atau bangunan bersejarah kuno. Sebagaimana karya seni yang lain, maka relief ini mampu menghadirkan sisi keindahan pada sebuah bangunan.

Itulah sebabnya, karya seni yang mirip seperti relief ini banyak digunakan orang untuk penghias bagian dinding rumahnya. Mulai dari rumah dengan desain klasik, hingga rumah-rumah yang bergaya modern.

Bahan yang digunakan untuk membuat relief ini biasanya bermacam-macam. Ada orang yang membuat relief dari campuran bahan pasir, semen, dan bebatuan. Ada juga orang yang membuat relief dari bahan gypsum, kuningan, tembaga. Dll.

Lalu, apa sih sebenarnya fungsi dari relief ini?

Jawabannya: Jika konteks pertanyaannya ditunjukan pada hiasan relief pada bangunan kuno dimasa lalu, maka relief ini memiliki beberapa fungsi utama. 

Diantaranya:

  • Untuk menceritakan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di masa lalu (melalui media gambar yang terdapat pada relief tersebut). Itulah sebabnya kebanyakan relief bangunan kuno biasanya berbentuk gambar manusia. 
  • Untuk menggambarkan budaya dan kehidupan sehari-hari masyarakat pada zaman dahulu.
  • Sebagai penanda suatu peradaban, kebudayaan, agama, dll.

Diatas adalah penjelasan tentang fungsi relief pada bangunan kuno di zaman dahulu. Lantas, apa fungsi dari relief-relief yang terdapat pada bangunan atau perumahan modern di zaman sekarang?

Jawabannya: Relief yang ada pada zaman sekarang pada umumnya hanya berfungsi sebagai penghias saja. Jadi fungsinya murni bertujuan untuk menambah nilai artistik sebuah bangunan. Oleh sebab itulah, kebanyakan relief rumah-rumah di zaman sekarang biasanya menggunakan motif bunga, hewan, dan pemandangan alam. Jarang sekali hiasan relief di zaman sekarang yang menggunakan motif gambar manusia.

Contoh Relief Dinding Rumah

Nah, apakah Anda juga tertarik untuk memberi hiasan relief pada rumah Anda?

Jika Anda tertarik, maka berikut ini ada beberapa contoh relief dinding rumah yang direkomendasikan.

Cekidot!

1. Relief dengan Motif Bunga Lotus Besar


7 Contoh Relief Dinding Rumah untuk Hunian Modern
Ilustrasi. Foto by : Aliexpress.com


Contoh relief dinding rumah ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada ruangan yang lebih luas. Jika pemilik rumah adalah penggemar bunga, maka penggunaan relief  dengan motif tersebut dapat menggambarkan karakter sang pemilik rumah. Orang yang suka menggunakan motif ini biasanya memiliki berkarakter kuat, namun di sisi lain juga ada kelembutan di dalam dirinya.

2. Relief Simpel untuk Rumah Modern


7 Contoh Relief Dinding Rumah untuk Hunian Modern
Ilustrasi. Foto by : Etsy.com

Contoh relief dinding rumah yang satu ini,  memiliki desain yang sederhana sehingga cocok untuk digunakan pada dinding rumah minimalis modern. Walaupun demikian, tetap memberikan kesan yang elegan. Ciri yang nampak jelas terlihat adalah penggunaan bahan dari batu paras Yogya berwarna putih, dengan bentuk persegi yang sederhana namun tetap terlihat mewah.

3. Relief dengan Motif Cut Off


7 Contoh Relief Dinding Rumah untuk Hunian Modern
Ilustrasi. Foto by : Amara.com

Adakalanya tembok yang tidak bermotif menjadi sangat membosankan. Kali ini tidak akan terjadi lagi, sejak adanya relief dengan motif cut off ini. Desain relief ini sangat sederhana, sehingga cocok diaplikasikan pada ruangan minimalis modern. Walaupun terlihat simpel dan sederhana, namun tetap elegan dan membuat ruangan lebih artistik.

4. Relief Modern Dengan Motif Daun


7 Contoh Relief Dinding Rumah untuk Hunian Modern
Ilustrasi. Foto by : Aliexpress.com

Berbeda dengan bahan relief yang banyak digunakan pada umumnya, yang terbuat dari campuran semen atau penggunaan batu andesit. Relief modern ini menggunakan bahan logam. Di China sendiri, sudah banyak yang menjual dan menggunakan motif relief ini. Penggunaan relief modern ini membuat tampilan ruangan lebih mewah dan unik.

Info Menarik Lainnya : 8 Model Profil Tiang Teras Rumah yang Direkomendasikan

5. Relief Modern dengan Motif Bunga


7 Contoh Relief Dinding Rumah untuk Hunian Modern
Ilustrasi. Foto by : Es.aliexpress.com

Contoh relief dinding rumah yang satu ini memiliki kesamaan dengan relief pada poin sebelumnya, yaitu menggunakan bahan logam. Perbedaannya terletak pada motifnya, yang satu ini menggunakan motif model bunga. Keunggulan penggunaan relief dengan bahan ini memiliki variasi warna yang beraneka ragam.

Info Menarik Lainnya : Cara Membuat Dinding Unfinished (Berkesan Klasik & Unik)

6. Relief 3 Dimensi Motif Wanita


7 Contoh Relief Dinding Rumah untuk Hunian Modern
Ilustrasi. Foto by : Inaarts.com

Motif yang satu ini biasa dipilih oleh pemilik rumah yang memiliki jiwa seni yang tinggi. Pasalnya, motif yang satu ini menggabungkan nilai seni abstrak dan unsur seni pahat 3 dimensi, yang membuatnya bernilai seni tinggi. Walaupun identik dengan seniman,namun motif yang satu ini pun bisa diaplikasikan untuk rumah dengan gaya modern. Baik rumah minimalis maupun rumah mewah.

Info Menarik Lainnya : Tiang Teras Minimalis Batu Alam untuk Mempercantik Rumah

7. Relief Motif 3 Teratai


7 Contoh Relief Dinding Rumah untuk Hunian Modern
Ilustrasi. Foto by : Leonid Kim.

Contoh motif relief ini sangat cocok untuk memberikan sentuhan feminin pada ruangan. Pasalnya bunga teratai tanpa daun, seperti pada motif tersebut identik dengan wanita. Relief teratai ini sangat indah sekali dipandang mata.

Apalagi jika motif bunga teratai itu dibuat seindah mungkin menggunakan bahan semen atau gypsum. Tentunya hal ini akan semakin meningkatkan nilai estetika rumah Anda. Hunian Anda akan semakin tampak indah dan artistik dengan adanya hiasan relief dari bunga teratai tersebut.

Info Menarik Lainnya : Berbagai Pilihan Motif Granit untuk Teras Rumah

Menghadirkan unsur seni di rumah dapat membuat rumah tersebut enak dilihat. Oleh sebab itu, jika ingin mempercantik rumah menggunakan relief bisa menjadi sebuah solusi. Itulah sebabnya, penting sekali mengetahui lebih banyak contoh relief dinding rumah. Kehadirannya menjadi sebuah solusi untuk membuat rumah cantik tanpa banyak furniture.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

Post a Comment for "7 Contoh Relief Dinding Rumah untuk Hunian Modern"