Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Pasang Lampu LED Strip di Plafon Secara Praktis

Cara pasang lampu LED strip di plafon - Sudah tahukah Anda apa itu lampu LED strip? Ini adalah sejenis lampu yang terdiri dari susunan chip SMD LED. 

Ciri khas lampu ini yaitu terpasang pada sirkuit yang panjang, elastis, dan biasanya ada perekatnya. Oleh karena itulah lampu LED strip ini sering juga disebut "lampu selang" oleh masyarakat Indonesia.

Lihat foto ilustrasi lampu tersebut dibawah ini.


Cara Pasang Lampu LED Strip di Plafon Secara Praktis
Ilustrasi. Foto by : Alfaruq Tukang Aceh (Youtube).

Jenis lampu ini banyak digunakan orang untuk keperluan dekorasi ruangan, aksen pencahayaan, dan sebagai lampu backlight. Dalam dunia seni interior rumah, maka lampu ini banyak digunakan untuk mempercantik ruangan kamar dan plafon.

Itulah sebabnya lampu LED strip ini tampak marak digunakan dimana-mana. Lampu LED Strip banyak dipakai di kamar pribadi, plafon, atau ruang pesta/diskotik (indoor). Lampu ini juga banyak digunakan orang diruang terbuka (outdoor) seperti pasar malam, lampu hias taman, pelataran rumah, dll.

Sebenarnya tidak mengherankan jika lampu LED Strip ini banyak disukai orang. Karena berkat pantulan cahayanya yang sangat unik itu dapat membuat suasana menjadi lebih menarik.

Cara Pasang Lampu LED Strip di Plafon

Nah, pada artikel ini penulis akan fokus mengulas secara spesifik tentang penggunaan lampu LED strip untuk pencahayaan plafon rumah.

Topik pembahasannya yaitu tentang cara pasang lampu LED strip di plafon secara praktis.

Simak sampai tuntas yuk.

Cekidot!

1. Rencanakan di Mana Lampu akan Dipasang

Pada umumnya, lampu LED strip dipasang pada floating plafon (baca: "plafon menggantung"), sehingga hasilnya terlihat lebih menarik. Namun jika tidak memiliki floating plafon, pemilik rumah dapat menentukan sendiri di mana lampu nantinya akan ditempelkan sesuai dengan keinginan.

Lihat contoh salah satu floating plafon pada foto dibawah ini.


Cara Pasang Lampu LED Strip di Plafon Secara Praktis
Ilustrasi. Foto by : Pinterest.

2. Ukur LED Strip yang akan Digunakan


Cara Pasang Lampu LED Strip di Plafon Secara Praktis
Ilustrasi. Foto by : Tokoonline88.com

LED Strip memiliki banyak variasi ukuran. Maka dari itu, penting untuk mengukur terlebih dahulu kira-kira seberapa panjang lampu yang akan dipasang. Ukuran panjang lampu dapat disesuaikan berdasarkan rencana pada tahap sebelumnya.

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC? Yuk Cek Disini

3. Pasang Lampu dengan Baterai atau Power Supply


Cara Pasang Lampu LED Strip di Plafon Secara Praktis
Ilustrasi. Foto by : Electronik Murah Cahaya Teknik (Youtube).

Solder ujung lampu dengan kabel, lalu sambungkan kabel ke saklar dan power supply. Jangan lupa untuk memperhatikan positif atau negatifnya, jika salah maka nantinya dapat mengakibatkan korsleting listrik dan sangat membahayakan. Power supply ini disesuaikan dengan daya yang dibutuhkan oleh lampu LED. 

Selain power supply, baterai juga dapat digunakan sebagai sumber daya untuk lampu. Namun baterai ini hanya dapat disarankan untuk lampu LED strip yang pendek dan tidak memakan daya yang besar. Jika lampu LED sangat panjang dan memakan daya yang banyak, sebaiknya gunakan power supply.

Info Menarik Lainnya : Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)

4. Tempel Lampu di Tempat yang Diinginkan


Cara Pasang Lampu LED Strip di Plafon Secara Praktis
Ilustrasi.

Selanjutnya tempelkan lampu ke tempat yang tadi sudah direncanakan. 

Memasang Lampu LED strip di plafon bukan hal yang sulit. Pada umumnya, saat membeli LED strip akan disediakan pula double tape untuk menempel led strip. Namun jika tidak, pemilik dapat menggunakan double tap sendiri. Perhatikan untuk tidak melipat lampu led strip di bagian sudut ruangan.

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat? Cek Disini Yuk!

5. Uji Coba Lampunya

Jika lampu sudah dipasang sesuai dengan keinginan, maka selanjutnya adalah untuk memastikan lampu menyala dengan baik tanpa masalah. Jika ada, hubungkan ponsel dengan lampu atau dapat juga menggunakan remote yang tersedia dan uji lampu. Cobalah untuk mengubah-ubah warna dan tingkat kecerahan untuk memastikan lampu bekerja.

Kelebihan Memasang LED Strip di Plafon Rumah

Sebelum masuk ke dalam pembahasan mengenai cara pasang lampu LED strip di plafon, sebaiknya ketahui dahulu apa saja kelebihannya. Ternyata banyak sekali lho keuntungan yang bisa didapat dari memasang lampu LED strip dibandingkan dengan lampu biasa. Berikut adalah beberapa keuntungannya:

1. Pencahayaan yang Lebih Baik

Dibandingkan dengan lampu bohlam biasanya, lampu LED strip di plafon akan memberikan kesan pencahayaan yang membuat rumah menjadi lebih mewah. Lampu LED strip biasanya dipasang di sekeliling ruangan. Hal ini membuat cahaya mencapai semua sudut ruangan, bahkan sampai ke sudut-sudutnya.

Info Menarik Lainnya : Kelebihan & Kekurangan Bahan Plafon Kalsiboard untuk Rumah

2. Opsi yang Lebih Variatif

Lampu LED strip datang dengan banyak sekali variasi fitur. Pada umumnya, lampu LED strip dapat diubah warnanya sesuai dengan keinginan pemilik. Selain itu, tingkat cahaya dari lampu LED strip biasanya juga dapat diatur sendiri. Hal ini pastinya akan sangat menarik. 

Pemilik rumah dapat mengubah warna lampu sesuai dengan suasana hati pemilik dan kebutuhannya. Terlebih lagi, semua fitur ini akan dilengkapi dengan fitur yang menyambungkan ponsel pemilik dengan lampu. Dengan fitur ini, pemilik dapat mengubah pengaturan lampu dalam genggaman.

Sekian pembahasan mengenai cara pasang lampu LED strip di plafon rumah dengan mudah dan anti ribet. Semoga informasi-informasi yang telah disebutkan di atas dapat bermanfaat dan membantu pembaca yang berkeinginan untuk memasang lampu LED strip ini.

Post a Comment for "Cara Pasang Lampu LED Strip di Plafon Secara Praktis"